sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Pidato Bahasa Inggris: Mahasiswa Sebagai Agen Perubahan (Student as A Change Agent)

Mahasiswa sebagai agen perubahan sering kita dengar belakangan ini. Tapi agen perubahan seperti apa yang dimaksud? Berubah kemana? Menjadi apa? Nah pertanyaan-pertanyaan tersebut perlu dijawab ketika menyampaikan pidato dengan topik agen perubahan. Berikut adalah contoh teks pidato mahasiswa sebagai agen perubahan dalam Bahasa Inggris dan Indonesia.

English

SPEECH FOR UNIVERSITY STUDENT AS AGENT OF CHANGE

With all due respect the rector, dean, colleagues, and student of the University that we are proud of the most. In this meeting, I stand in front of you not to teach you like in the class. This time I will highlight about the importance of University students’ role as agent of change.

Why we can conclude University student as agent of change? Being the student at the highest level, University, it means that you are students with sharpest way of thinking and analyzing, compared to regular students. You, the students in front of me, are not those who merely swallow what is stated in front of the class. You are required to think deeper, analyzing and finding the most effective solution to answer a problem.

Also in this phase, University students have to be the leader of themselves. Number one requirement of University students is being independent. No one will provide you the schedule or suggesting you about priority scale. It is on your own. You are the one who decide which one is an obligation and which one is not. Which one is a priority and which one is not? Which one is legal and which one is forbidden.

Dear students that I love,

Within yourself, you have important role. It is not only studying responsibly, but also the role as agent of change. The world will perceive the output from this University, not the rector, dean, or others. You are the frontline of this college. The students, as the representation of University. If you score an achievement, the University will be known. The same thing will happen when you do a shame, the world will pay attention to this University.

Later when you left this college, that’s the time when you will get the benefit of what you’ve learned here. The way you finish a task within deadline; the way you speak in front of public; and the way you solve a riddle and find solution. Maybe for now you have no idea how to implement it. But later, when you enter the real life, you will conquer how soft skill and attitude are two important things that will shape you as agent of change.

If later you work and sit in strategic position, you are the only one who can make a change. University student is the engine of change. You can change a bad system. You can take a decision to solve the long-known problem. Youth who can think wisely is the best agent of change. Being a University student is not an easy task. There are many things that can bring you from the role of agent of change, to become a trouble maker. But please do remember, it is only one chance that you can be agent of change in this position. This is a golden opportunity.

Dear students that I’m proud of,

A University student can map current situation and think about its appropriateness. You can see how a system should operate. By your role as University student, change is possibly happen. Look what happened during Reformasi, everything happened from the thinking of University students. At this era, the implementation of your role may be slightly different from what happened during 1998. But with your own way, University student can be agent of change, for a better Indonesia.

Thank you for your attention. Cheers.

Indonesian

PIDATO MAHASISWA SEBAGAI AGEN PERUBAHAN

Yang saya hormati jajaran rektor, dekan, karyawan, dan mahasiswa Universitas yang kita banggakan. Pada pertemuan kali ini, saya berdiri di hadapan Anda semua bukan untuk mengajarkan hal seperti layaknya di kelas. Kali ini saya akan mengangkat tentang pentingnya peran para mahasiswa sebagai agen perubahan.

Mengapa mahasiswa disebut agen perubahan? Menjadi siswa di tingkat tertinggi level Universitas, artinya menjadi siswa yang memiliki pemikiran dan kemampuan analisa yang jauh lebih tajam dibandingkan dengan siswa biasa. Anda, para mahasiswa yang ada di hadapan saya saat ini, bukan siswa yang serta merta menelan apa yang diajarkan begitu saja. Anda dituntut untuk berpikir lebih panjang, menganalisa hingga menemukan solusi yang mutakhir untuk menjawab sebuah persoalan.

Di tahap ini pula mahasiswa dituntut untuk menjadi pimpinan bagi dirinya sendiri. Menjadi seorang yang mandiri adalah syarat mutlak seorang mahasiswa. Tidak ada yang membuatkan jadwal atau memberi saran atas skala prioritas yang harus disusun. Anda sendirilah yang bisa mengatur mana yang harus dilakukan dan tidak. Mana yang harus dijadikan prioritas dan mana yang tidak. Mana yang boleh dilakukan dan mana yang tidak.

Adik-adik mahasiswa yang saya sayangi,

Dalam tiap diri kalian ada peran penting yang diemban. Bukan hanya menjalani proses perkuliahan dengan bertanggung jawab, namun juga peran sebagai agen pembawa perubahan. Output dari para lulusan Universitas inilah yang akan dipandang oleh dunia. Bukan pengajarnya, bukan pula rektor atau dekannya. Tapi kalian yang akan menjadi garda terdepan. Mahasiswa adalah representasi dari nama sebuah kampus. Jika kalian mencetak prestasi, tentu Universitas akan ikut dikenal. Sama halnya dengan jika kalian melakukan sesuatu yang memalukan, nama kampus ini yang akan menjadi sorotan.

Kelak jika kalian telah meninggalkan kampus ini, di situlah semua yang kalian serap selama beberapa tahun di kampus akan terasa bermanfaat. Cara kalian menamatkan sebuah tugas dalam tenggat waktu tertentu; cara kalian berbicara di depan publik; cara kalian bekerja dalam tim dan membagi tugas; cara kalian bertingkah laku sehari-hari; hingga cara kalian menghadapi sebuah masalah dan menemukan solusi. Semua itu mungkin belum terasa implementasinya saat ini. Tapi nanti, jika kalian telah terjun dalam kehidupan sesungguhnya, akan terasa bagaimana soft skill dan attitude adalah dua hal penting yang akan membentuk kalian sebagai agen perubahan.

Jika kalian telah bekerja dan memiliki posisi strategis, perubahan hanya bisa dilakukan oleh kalian. Mahasiswa adalah motor penggerak perubahan. Kalianlah yang bisa mengubah sistem yang salah. Kalianlah yang bisa mengambil keputusan mutakhir untuk menghadapi masalah yang telah terjadi selama bertahun-tahun. Generasi muda yang mampu berpikir bijak adalah agen perubahan terbaik. Menjadi mahasiswa bukan perkara mudah. Ada banyak hal yang bisa menyeret kalian dari peran sebagai agen perubahan, menjadi agen pembuat onar. Hal itu mungkin terjadi. Tapi ingatlah kembali, hanya satu kali kalian berada di posisi ini, dan menjadi agen perubahan adalah sebuah kesempatan emas.

Adik-adik mahasiswa yang saya banggakan,

Seorang mahasiswa mampu memetakan situasi yang terjadi dan merumuskan dalam otak mereka tepat tidaknya kondisi ini. Kalian mampu melihat bagaimana seharusnya sebuah sistem berjalan. Lewat peran kalian sebagai mahasiswa, perubahan bisa terjadi. Lihatlah yang terjadi pada era Reformasi, semua terjadi karena buah dari pemikiran para mahasiswa. Di era saat ini, peran kalian mungkin berbeda implementasinya dengan tahun 1998, tapi dengan cara kalian masing-masing, mahasiswa bisa menjadi agen perubahan demi Indonesia yang lebih baik.

Terima kasih atas perhatiannya. Salam.

Pidato Lainnya

 

Pidato Bahasa Inggris: Lulusan Wisuda Terbaik Universitas (Best Graduate Speech)
Pidato Bahasa Inggris: Mahasiswa Sebagai Agen Perubahan (Student as A Change Agent)
Pidato Bahasa Inggris: Pemberantasan Korupsi untuk Mahasiswa (Corruption Eradication)
Pidato Bahasa Inggris: Visi Misi Calon Ketua Mahasiswa (Student Union President Candidate Speech)
Pidato Bahasa Inggris: Pelepasan Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata / KKN (Community Service Program)
Pidato Bahasa Inggris: Bahaya Narkoba bagi Mahasiswa (The Danger of Drug Abuse for Student)
Pidato Bahasa Inggris: Penerimaan Mahasiswa Baru di Universitas
Pidato Bahasa Inggris: Bahaya Sex Bebas bagi Mahasiswa (The Danger of Free Sex)
Pidato Bahasa Inggris: Perpisahan Kelulusan Wisuda Sarjana (College Graduation Speech)
Pidato Bahasa Inggris: Mahasiswa Berprestasi


 


Sederet Mobile

http://mobile.sederet.com


Pidato Bahasa Inggris: Kenakalan Remaja (Juvenile Delinquency)
Pidato Bahasa Inggris: Pemanasan Global (Global Warming)
Pidato Bahasa Inggris: Ulang Tahun Sekolah (School Anniversary)
Pidato Bahasa Inggris: Pentingnya Pendidikan Berkelanjutan (Continuing Educatio)
Pidato Bahasa Inggris: Hari Kesehatan Internasional (International Health Day)
Pidato Bahasa Inggris: Dampak Buruk Teknologi Kekinian (Negative Effects of Technology)
Pidato Bahasa Inggris: Hari Anak Sedunia (International Children’s Day)
Pidato Bahasa Inggris: Pentingnya KB (The Importance of Family Planning and Birth Control)
Pidato Bahasa Inggris: Perpisahan SMA Kelas XII (High School Graduation)
Pidato Bahasa Inggris: Calon Ketua OSIS SMA (President of Student Council Election)