sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

English Vocabulary: Entertainment (Hiburan)

Belajar Vocabulary Mengenai “Entertainment(s)” dan Contoh-Contoh Kalimatnya Pada Artikel Ini, Yuk!

Secara harafiah, “entertainment(s)” artinya “hiburan” dalam bahasa Indonesia. Ada banyak bentuk “entertainment(s)” dengan berbagai vocabulary-nya. Kendati demikian, agar kita yang masih baru belajar bahasa Inggris mudah mencerna, kita akan membahas beberapa vocabulary yang terdapat dalam 3 poin “entertainment(s)” di artikel kali ini.

Ketiga poin tersebut mencakup serba-serbi di dalam bioskop, museum, dan serba-serbi hiburan dalam rumah. Selengkapnya mengenai vocabulary dan contoh-contoh kalimatnya dapat kita lihat pada uraian poin berikut ini:

1. Ragam Vocabulary untuk “Entertainment(s)” Dalam Bioskop

Bioskop sendiri memiliki artian “cinema (theatre(s))” dalam bahasa Inggrisnya. Daftar pemutaran film di bioskop namanya adalah “movie(s)”. Dalam menonton film-film di bioskop, kita memerlukan reservasi tempat, dan vocabulary untuk tempat duduk dalam bioskop ini adalah “seat(s)” dengan berbagai “jenis spesial”-nya seperti yang akan diungkapkan dalam contoh kalimat.

Bersamaan dengan memberikan contoh-contoh penerapan variasi “seat(s)” yang berbeda-beda, kita juga akan berkesempatan untuk mempelajari variasi vocabulary terkait bioskop lainnya, seperti “cinema (theatre(s))” dan “movie(s)”. Berikut ini adalah uraian untuk tiap contoh kalimatnya:

Contoh Kalimat untuk Variasi VocabularyCinema (Theatre(s))”:

  • We will go to the cinema theatre (Kita akan pergi ke gedung bioskop).
  • The cinema is playing new movies every day (Bioskopnya memainkan film-film baru tiap harinya. “Cinema” merupakan alternatif informal untuk menyebut “cinema theatre(s)” dengan artian yang sama).

Contoh Kalimat untuk Variasi VocabularyMovie(s)”:

  • That blockbuster movie is popular (Film yang menghabiskan dana banyak itu laris. “Blockbuster movie(s)” atau film yang menghabiskan dana banyak merupakan salah satu variasi vocabularymovie(s)”).
  • Do you see those box offices? (Apakah kamu melihat film-film berpendapatan tinggi tersebut? Sama halnya dengan “blockbuster movie(s)”, “box office(s)” atau jenis “movie(s)” papan atas yang meraup pendapatan tinggi juga merupakan variasi vocabularymovie(s)”).

Contoh Kalimat untuk Variasi VocabularySeat(s)”:

  • All of you have to reserve seats (Setiap dari kamu / kalian harus memesan kursi. Kata kerja atau verb untuk “seat(s)” adalah “reserve(s)” atau memesan jauh-jauh hari).
  • He books the “C” seat at the cinema (Dia memesan kursi “C” di bioskop. “C” merupakan jenis dari “seat”, menjadikannya variasi vocabularyseat(s)”. “Book(s)” adalah kegiatan memesan yang dilakukan saat itu juga, jadi berbeda dengan “reserve(s)” yang butuh memesan jauh-jauh hari).

Itulah kumpulan vocabulary mengenai bioskop atau “cinema (theatre(s))” dan serba-serbi penerapannya dalam bentuk kalimat yang dapat kita pelajari. Berikutnya, kita akan bergerak menuju bentuk “entertainment(s)” yang lain, yakni museum.

2. Ragam Vocabulary Mengenai Benda-Benda Dalam Museum yang Umum Dijumpai dan Perlu untuk Kita Ketahui

Tidak ada perbedaan antara bahasa Inggris dan bahasa Indonesia untuk museum, karena itu, pembahasan vocabulary kita akan langsung masuk ke dalam benda-benda yang dapat dijumpai dalam museum.

Ada banyak vocabulary untuk benda-benda dalam museum, dan beberapa di antaranya yang umum kita jumpai akan kita bahas dalam poin kedua vocabularyentertainment(s)” ini. Vocabulary untuk benda-benda umum dalam museum tersebut adalah “gallery” atau “galleries” yang berarti “galeri” dan “antique(s)” yang berarti “(aneka macam) barang-barang kuno”. Berikut ini adalah berbagai macam contoh kalimat untuk vocabularyentertainment(s)” mengenai museum yang perlu kita ketahui:

Contoh Kalimat untuk Variasi VocabularyGallery” Atau “Galleries”:

  • The National Arts museum has an extensive art gallery (Museum Kesenian Nasional memiliki daftar galeri seni yang panjang. “Art gallery” atau “art galleries” merupakan salah satu variasi vocabularygallery” atau “galleries”. “Extensive” atau “panjang” merupakan kata penjelas untuk kondisi atau keadaan “art gallery” tersebut).
  • The science galleries attract the museum’s visitors (Galeri ilmiahnya menarik bagi pengunjung-pengunjung museum tersebut. Sama seperti “art gallery” atau “art galleries”, “science gallery” atau “science galleries” merupakan salah satu variasi vocabularygallery” atau “galleries” yang perlu kita ketahui).

Contoh Kalimat untuk Variasi VocabularyAntique(s)”:

  • A historical museum has many antiques (Sebuah museum bersejarah memiliki banyak barang kuno. Sekadar informasi, “historical museum” sendiri merupakan salah satu variasi museum. Jadi, vocabularyantique(s)” di sini memiliki pengertian barang-barangnya yang antik).
  • We can see lots of artifacts there (Kita dapat melihat banyak artefak di sana. “Artifact(s)” atau “artefak” dalam bahasa Indonesianya merupakan salah satu variasi vocabularyantique(s)” yang lebih spesifik pada barang peninggalan bersejarah).

Hanya 2 vocabulary atau vocabularies pada hiburan museum di poin kedua ini bukan berarti hal tersebut menyurutkan niat kita untuk belajar aneka vocabularyentertainment(s)” lainnya. Faktanya, masih ada poin ketiga yang membahas mengenai “entertainment(s)” dalam rumah, yang dituangkan dalam deskripsi sebagai berikut.

3. Ragam Vocabulary untuk “Entertainment(s)” Dalam Rumah

Hidup yang serba praktis saat ini menawarkan banyak bentuk “entertainment(s)” dalam rumah yang dapat kita pelajari. Dua di antara vocabularyentertainment(s)” dalam rumah tersebut adalah “television(s)” atau yang biasa disingkat “TV(s)” untuk “televisi” dengan berbagai bagiannya dan “doll(s)” untuk “boneka.

Kedua bentuk “entertainment(s)” dalam rumah ini memiliki variasi vocabulary-nya masing-masing tergantung dengan konteks kalimat yang ada, seperti yang tertuang pada contoh-contoh kalimat berikut ini:

Contoh Kalimat untuk Variasi VocabularyTelevision(s)” atau “TV(s)”:

  • There are no cable TVs in our house (Tidak ada televisi kabel di rumah kami. “Cable TV(s)” merupakan salah satu variasi vocabularytelevision(s)” atau “TV(s)”).
  • A smart television has many channels inside (Sebuah televisi pintar memiliki banyak saluran di dalamnya. “Smart television” atau “Smart TV” merupakan salah satu variasi vocabularytelevision(s)” atau “TV(s)” sebagaimana “cable TV(s)”. Sementara itu, “channel(s)” atau “saluran (televisi)” merupakan bagian dari televisi “cable” maupun “smart”).
  • Where is the remote? (Di mana remot televisinya? “Remote” atau “remot” merupakan bagian dari vocabularytelevision(s)” atau “TV(s)”).

Contoh Kalimat untuk Variasi VocabularyDoll(s)”:

  • My doll’s name is Charlotte (Nama boneka saya adalah Charlotte. Sekadar informasi, ada kalanya boneka memiliki nama).
  • My sister has many plushies in her room (Saudara perempuan saya memiliki banyak boneka di kamarnya. “Plushie(s)” adalah sebutan gaul untuk “doll(s)”, sehingga mereka terkesan lebih hidup).

Demikianlah 3 poin “entertainment(s)” pada bioskop, museum, dan dalam rumah yang dapat kita pelajari bersama. Untuk makin memperkaya pengetahuan kita mengenai serba-serbi vocabulary bahasa Inggris dan penggunaannya yang tepat, maka baiklah kita lanjut pada pelajaran selanjutnya.

Selanjutnya, kita akan membahas vocabulary, contoh kalimat, dan terjemahan pada topik “part(s) of house(s)”. Seperti apa contoh-contohnya? Ada baiknya kita menyimak artikel tutorial vocabularypart(s) of house(s) berikutnya.

Entertainment – Related Words

No English Indonesian
1 Cinema Bioskop
2 Museum Musium
3 Karaoke Karaoke
4 Pub Bar
5 Theater Panggung Sandiwara
6 Exhibition Pameran
7 Art Gallery Balai Kesenian
8 Night Club Klub Malam
9 Zoo Taman Safari
10 Café Kafe
11 Concert Konser
12 Circus Sirkus
13 Restaurant Restoran
14 Opera House Gedung Opera
15 Actor Aktor
16 Actress Aktris
17 Movie Film
18 Singer Penyanyi
19 Dancer Penari
20 Play Ground Taman Bermain

Artikel Terkait

 

English Vocabulary: Life’s Stuff (Tentang Kehidupan)
English Vocabulary: Package / Wrapper (Pembungkus)
English Vocabulary: Homeworks (Pekerjaan di Rumah)
English Vocabulary: Personality (Kepribadian)
English Vocabulary: Stuff at Office (Peralatan di Kantor)
English Vocabulary: Computer Parts (Bagian-Bagian Komputer)
English Vocabulary: Personal Care (Perawatan Pribadi)
Reading TOEFL: Konteks Reading dari Berita Entertainment
English Vocabulary: Cooking Equipment (Peralatan Memasak)
English Vocabulary: Jobs (Pekerjaan)


 
Vocabulary: Perasaan (Anger, Fear, Confusion)
Vocabulary: Situasi yang Sulit – Confess, Regret and Condolences
Vocabulary: Kosakata Penyakit Bahasa Inggris
Vocabulary: Senses Adjectives (Panca Indera)
Vocabulary: Alat Musik (Musical Instrument)
English Vocabulary: Greetings (Salam)
English Vocabulary: Baby (Bayi)
English Vocabulary: Part of Tree (Bagian Pohon)
English Vocabulary: Classroom (Ruang Kelas)
English Vocabulary: Part of Mobile Phone (Bagian Handphone)