sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Anggota Keluarga (Perbedaan uncle, aunt, cousin, son, daughter, niece, nephew, dll)

Dalam silsilah keluarga atau family tree ada begitu banyak nama dari anggota keluarga yang berbeda-beda hubungannya. Dalam setiap bahasa, ada sebutan yang berbeda untuk anggota dalam keluarga.

Artikel kali ini akan membahas tentang beberapa anggota dalam keluarga yang menarik untuk dikenali lebih lanjut, termasuk perbedaannya.

Sebutan apa saja yang akan kita bahas dalam artikel kali ini? Di antaranya adalah uncle, aunt, cousin, son, daughter, niece, nephew, siblings, brother, sister, immediate family, brother in-law, dan yang terakhir adalah sister in-law.

Mari kita mulai bedah satu persatu untuk mendapat gambaran yang komprehensif, ya!

MENGENAL SEBUTAN “UNCLE”

Uncle adalah kata benda untuk menjelaskan saudara laki-laki dari orangtua, baik itu ayah maupun ibu. Dalam bahasa Indonesia, uncle sama dengan “paman” atau “om”.

Sebutannya bisa berbeda-beda dalam setiap keluarga. Namun panggilan uncle dalam perkembangannya bisa meluas ke banyak aspek termasuk orang asing yang lebih tua seumuran dengan ayah kita juga bisa mendapat sebutan itu.

MENGENAL SEBUTAN “AUNT”

Selanjutnya yang masih terkait dalam silsilah keluarga adalah sebutan “aunt” atau yang dalam bahasa Indonesia dikenal juga dengan “bibi” atau “tante”.

Secara definitif, pengertian dari aunt bisa diklasifikasikan menjadi dua hal yaitu:

  • Saudara perempuan dari orangtua (baik ayah maupun ibu)
  • Istri dari paman

Namun tidak terbatas itu saja, panggilan aunt juga dilekatkan pada sosok perempuan dewasa yang berinteraksi dengan orang yang lebih muda.

Sebutan aunt bersifat universal dan bisa juga dilontarkan dalam konteks di luar silsilah keluarga atau family tree.

MENGENAL SEBUTAN “COUSIN”

Selanjutnya anggota dalam keluarga adalah “cousin” atau yang dalam bahasa Indonesia disebut juga dengan “sepupu”.

Sebutan cousin adalah singular, versi jamaknya adalah cousins. Definisi dari cousin adalah anak dari paman atau bibi, atau the child of uncle or aunt.

 

Jelas bukan hubungannya? Selain untuk menyebut sepupu, cousins digunakan saat menyebutkan sekelompok sepupu yang sedang berkumpul, dengan setiap dari mereka punya hubungan saudara tidak sedarah.

MENGENAL SEBUTAN “SON”

Selanjutnya kita akan membahas tentang “son” dalam silsilah keluarga. Definisi dari son bisa bermakna beberapa hal seperti:

  • Someone’s son (anak laki-laki seseorang)
  • A man, especially a famous man, can be described as a son of the place he comes from (putra daerah)
  • Form of address when they are showing kindness or affection to a boy or a man who is younger than them (cara orang menyapa anak laki-laki yang lebih muda sebagai gesture keramahan atau perhatian)

Dari tiga definisi tersebut, yang fokus dalam silsilah keluarga adalah poin pertama, yaitu anak laki-laki seseorang. Jadi son juga bisa disebut dengan male child atau boy.

MENGENAL SEBUTAN “DAUGHTER”

Berbeda dengan son, daughter justru kebalikannya atau lawan jenis dari anak laki-laki, yaitu anak perempuan. Definisi dalam bahasa Inggris dari daughter adalah female child of someone. Mudah bukan memahaminya? Artinya daughter adalah putri dari seseorang, berlawanan dengan son.

MENGENAL SEBUTAN “NIECE”

Beranjak ke silsilah keluarga yang lebih rendah dari anak laki-laki (son) atau anak perempuan (daughter), kali ini kita akan membahas tentang niece.

Sebutan ini disematkan untuk anak perempuan dari saudara, baik itu saudara perempuan maupun laki-laki. Dalam definisi bahasa Inggris juga disebut dengan someone’s niece is the daughter of their sister or brother. Dalam bahasa Indonesia, kata niece juga dikenal dengan keponakan perempuan.

MENGENAL SEBUTAN “NEPHEW”

Berlawanan dengan niece yang merupakan keponakan perempuan, nephew adalah sebutan yang dalam bahasa Indonesia dikenal juga dengan keponakan laki-laki.

Jelas kemudian bahwa definisinya adalah someone’s nephew is the son of their sister or brother. Jadi bila untuk anak kandung laki-laki dan perempuan ada sebutan son dan daughter, maka untuk keponakan ada sebutan niece dan nephew.

MENGENAL SEBUTAN “SIBLINGS”

Sebutan dalam silsilah keluarga berikutnya yang juga menarik untuk dipelajari adalah siblings. Kata ini merupakan kata benda yang bisa dihitung yang mendefinisikan “saudara kandung”.

Artinya siblings bisa berarti saudara kandung perempuan maupun laki-laki yang ada dalam satu keluarga. Jika hanya satu saudara, maka disebut “sibling” namun jika lebih dari satu saudara kandung, maka menggunakan kata plural yaitu “siblings”.

Begitu universalnya sebutan ini bahkan ada hari yang disebut World Sibling Day setiap tanggal 10 April untuk menghargai hubungan dengan saudara kandung.

MENGENAL SEBUTAN “BROTHER”

Berbeda dengan siblings, brother lebih spesifik menjelaskan sosok saudara kandung laki-laki dalam silsilah keluarga. Dalam kamus, definisinya adalah a boy or a man who has the same parents as you.

Memang istilah brother dalam konteks lebih luas bisa mencakup mereka sesama pria yang berasal dari suku, agama, negara, profesi atau ada kesamaan latar belakang lainnya.

MENGENAL SEBUTAN “SISTER”

Berlawanan dengan brother, selanjutnya adalah sister yang akan kita bahas. Perbedaan dengan brother hanyalah jenis kelaminnya.

Dalam bahasa Indonesia, sister bermakna saudara kandung perempuan. Dalam kamus, definisinya adalah a girl or woman who has the same parents as you. Sama seperti brother, kata sister juga bisa mengacu pada konteks yang lebih luas.

MENGENAL SEBUTAN “IMMEDIATE FAMILY”

Selanjutnya istilah dalam silsilah keluarga atau family tree adalah immediate family. Arti dari sebutan ini adalah a person’s parents, brothers and sisters, husband or wife, and children.

Dalam bahasa Indonesia, istilah immediate family juga dikenal dengan keluarga inti yaitu anggota yang berasal dari keluarga kandung.

MENGENAL SEBUTAN “BROTHER IN-LAW”

Selanjutnya adalah istilah brother in-law yaitu the brother of one’s spouse atau the husband of one’s sibling. Dalam bahasa Indonesia, istilah ini juga dikenal dengan saudara ipar laki-laki, semisal suami dari saudara kandung perempuan.

MENGENAL SEBUTAN “SISTER IN-LAW”

Berlawanan dengan brother in-law, selanjutnya adalah sister in-law atau the sister of one’s spouse.

Dalam bahasa Indonesia, istilah ini dikenal juga dengan saudara ipar perempuan. Jelas ya bedanya, bahwa sister in-law adalah perbedaan jenis kelamin untuk sebutan brother in-law.

Itu tadi penjelasan tentang beberapa sebutan anggota keluarga dalam bahasa Inggris. Masih ada banyak lagi sebutan anggota keluarga yang tidak kalah menarik untuk dipelajari.

 

Perbedaan Preferensi: Like, Prefer, Would Prefer, Would Rather
Perbedaan: Rise vs Raise
Perbedaan Fraud, Abuse, dan Cheating
Perbedaan Abbreviations vs Acronyms
Perbedaan “Few” dan “A Few” dalam Tata Bahasa Inggris
Perbedaan Necessity, Expectation, dan Obligation
Perbedaan Wealth, Wealthy, Well-Off, Rich, Dan Affluent
Perbedaan Guilt, Guilty, Shame, Blame, Fault, dan Remose
Perbedaan Somehow Vs Anyhow Vs Somewhat Vs Somewhere
Perbedaan: Affect vs Effect


 
Kalimat Ucapan Selamat Pernikahan dalam Bahasa Inggris beserta Terjemahannya
Kalimat Ucapan Selamat Tahun Baru dalam Bahasa Inggris beserta Terjemahannya
Perbedaan IELTS Academic dan General Training
Tips Berlaku Sopan dalam Budaya Inggris
Perbedaan Though, Although, Even Though, Despite, In Spite Of
Perbedaan Safe vs Save, Safe vs Secure, Safety vs Security, Fail Save vs Fail Secure
Anggota Keluarga (Perbedaan uncle, aunt, cousin, son, daughter, niece, nephew, dll)
Ungkapan & Percakapan untuk Menyatakan Persetujuan (Expressing Agreement)
15 Cara Mengutarakan Maksud / Keinginan / Harapan (Expressing Intention) dalam Bahasa Inggris
Alternatif Mengucapkan “I Don’t Know” dalam Bahasa Inggris