sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Apa Itu Asking For An Apology?

Dalam bahasa Inggris, terdapat beberapa hal yang berbeda dengan bahasa Indonesia. Sehingga banyak orang yang mengira bahwa mempelajari bahasa Inggris adalah hal yang sulit. Akan tetapi, bahasa Inggris sebenarnya merupakan salah satu bahas asing yang cukup mudah untuk dipelajari jika dapat dijelaskan dengan baik.

Penjelasan kali ini akan mempelajari bagaimana cara untuk meminta maaf atau asking for an apology dalam bahasa Inggris. Rasanya cukup normal untuk siapapun membuat kesalahan, namun tentu jika Anda melakukan kesalahan, Anda harus meminta maaf. Jangan khawatir jika Anda salah mengirimkan pesan atau telat datang ke suatu pertemuan, dalam penjelasan kali ini akan dijelaskan bagaimana cara untuk meminta maaf dengan menggunakan bahasa Inggris.

Bukan hanya meminta maaf dalam bahasa Inggris, penjelasan kali ini juga diharapkan dapat membuat Anda tahu cara untuk meminta maaf dan memecahkan masalahnya dengan baik. Permintaan maaf dalam bahasa Inggris ini dapat Anda aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam pekerjaan. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah penjelasan setiap tahap dalam meminta maaf dengan menggunakan bahasa Inggris.

Mengakui Kesalahan

Tahap ini terdengar mudah, akan tetapi, tidak banyak orang yang nyaman melakukannya tanpa beban. Membutuhkan orang yang sudah sangat dewasa untuk mengakui kesalahannya sendiri. Berusaha untuk menyembunyikan kesalahan Anda sendiri biasanya justru akan menimbulkan masalah lain lagi. Demi reputasi profesional dan sosial yang Anda miliki, akan jauh lebih baik jika Anda jujur dan mengakui kesalahan yang telah Anda lakukan.

Kesalahan sangatlah umum untuk dilakukan sehingga ada banyak cara untuk mengatakannya dalam bahasa Inggris. Berbagai macam kosakata itu akan sangat berguna untuk digunakan dalam mengakui kesalahan Anda. Berikut ini adalah beberapa contoh atau cara untuk mengakui kesalahan dengan menggunakan bahasa Inggris.

  • I have made a mistake unconsciously yesterday at work (Saya telah membuat kesalahan tanpa saya sadari kemarin di kantor)
  • I have messed up the documents that I gave to you this morning (Saya telah membuat kesalahan pada dokumen-dokumen yang telah saya berikan kepada Anda pagi hari ini)
  • I have slipped up and forgot to note your appointment for today (Saya telah membuat kesalahan dan lupa untuk mencatat pertemuan Anda untuk hari ini)
  • I have fudged up the task that you gave me (Saya telah melakukan kesalahan pada tugas yang telah Anda berikan kepada saya)
  • I have mucked up the responsibilities that you have trusted on me (Saya telah membuat kesalahan pada kewajiban-kewajiban yang telah Anda percayakan kepada saya)
  • I have bungled up the tasks that I should have been doing (Saya telah membuat kesalahan pada tugas-tugas yang seharusnya saya kerjakan)
  • I have a made a blunder in your order for next week (Saya telah membuat kesalahan pada pesanan Anda untuk minggu depan)
  • That was an oversight on my part last week (Itu adalah kelalaian dari pihak saya pekan lalu)
  • The report that I gave you yesterday was an epic fail (Laporan yang telah saya berikan kepada Anda kemarin sangatlah gagal)
  • The party that I held last weekend was a disaster! (Pesta yang telah saya adakan akhir pekan lalu sangatlah hancur!)
  • That was totally on me, please don’t worry about it (Itu sungguh kesalahan saya, tolong jangan mengkhawatirkan hal itu)
  • I forgot to save your phone number, my bad! (Saya lupa untuk menyimpan nomor telepon Anda, kesalahan saya!)
  • That was entirely my fault for mistaking you with someone else (Itu sepenuhnya kesalahan saya karena telah salah mengira Anda sebagai orang lain)

Meminta Maaf

Setelah Anda sudah menyadari dan mengakui kesalahan yang telah diperbuat dan mengutarakannya, selanjutnya tahap yang harus dilalui adalah meminta maaf.  Cara yang paling mudah adalah tentu saja hanya dengan mengatakan “I’m sorry” (saya meminta maaf). Akan tetapi, ada banyak cara dan pilihan untuk meminta maaf dalam bahasa Inggris.

Ditambah lagi, biasanya dalam meminta maaf dengan menggunakan bahasa Inggris, sering digunakan penekanan untuk menunjukkan betapa maafnya Anda dengan beberapa kosakata tertentu. Sebagai contohnya, Anda bisa menambahkan so atau really yang keduanya memiliki arti “sangat” untuk menunjukkan betapa tulusnya permintaan maaf Anda. Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengucapkan maaf dalam bahasa Inggris beserta terjemahannya.

  • I am really sorry for all of the mistakes that I did (Saya sungguh meminta maaf atas semua kesalahan yang telah saya perbuat)
  • I am so sorry, it was all my fault (Saya amat sangat minta maaf, itu semua kesalahan saya)
  • I am genuinely sorry for all the hurt that I have caused you (Saya sungguh meminta maaf atas semua rasa sakit yang telah saya sebabkan pada Anda)
  • You can’t believe how sorry I am for all of my mistakes (Anda tidak dapat percaya betapa maafnya saya atas semua kesalahan saya)
  • Please forgive me, I’m so sorry for all of my mistakes! (Mohon maafkan saya, saya sungguh meminta maaf atas semua kesalahan saya!)
  • I really want to apologize for that first and foremost (Saya sungguh ingin meminta maaf atas itu pertama-tama)
  • I really hope that you could accept my most sincere apologies (Saya sungguh berharap bahwa Anda dapat menerima permintaan maaf saya yang paling mendalam)
  • I would like to apologize for forgetting our agreement (Saya ingin meminta maaf karena telah melupakan tentang persetujuan kita)
  • Please accept my sincere apologies for the wrong documents that I have sent you (Mohon terima permintaan maaf saya yang paling mendalam atas dokumen-dokumen salah yang telah saya kirimkan kepada Anda)

Menjelaskan Penyebab Kesalahan

Setelah meminta maaf, akan ada baiknya jika Anda dapat menjelaskan secara singkat apa yang telah terjadi dan mengapa hal tersebut terjadi. Pastikan bahwa Anda dapat menjelaskannya secara singkat. Jika Anda menjelaskannya dengan terlalu panjang dan rumit, ada kemungkinan besar hal tersebut hanya akan terlihat seperti Anda sedang mencari-cari alasan.

Jaga agar penjelasan atau alasan kesalahan yang telah Anda buat tetap singkat, padat, dan jelas. Berikut ini adalah beberapa penjelasan singkat yang dapat Anda gunakan untuk meminta maaf lebih lanjut lagi dalam bahasa Inggris.

  • I really did not mean for that to happen under my watch (Saya sungguh tidak berniat agar itu terjadi di bawah pengawasan saya)
  • It was an accident that I had not seen coming before (Itu adalah kesalahan yang tidak saya perkirakan akan terjadi sebelumnya)
  • That was not what I intended to say at first (Itu bukanlah hal yang saya maksudkan untuk katakan pada awalnya)
  • I didn’t do it on purpose, if you must know (Saya tidak melakukannya dengan sengaja, jika Anda perlu tahu)
  • I never intent for it to happen that way (Saya tidak pernah bertujuan agar ini terjadi dengan cara seperti itu)

Pemecahan Masalah

Setelah Anda sudah mengakui bahwa Anda telah membuat kesalahan dan meminta maaf, hal terakhir yang harus Anda lakukan adalah memberitahu apa yang akan Anda lakukan untuk memperbaiki kesalahan Anda tersebut. Mungkin hal tersebut akan segera atau sedang Anda lakukan, atau mungkin juga hal itu baru akan Anda lakukan nantinya untuk menghindari kesalahan yang sama terulang kembali. Untuk mengutarakannya, Anda dapat menggunakan beberapa contoh di bawah ini.

  • To make up for all of my mistakes, I would to offer you a dinner, it’s on me (Untuk mengganti rugi semua kesalahan saya, saya ingin menawarkan Anda makan malam, saya yang traktir)
  • You have my word that I will not make the same mistake again in the future (Saya berjanji kepada Anda bahwa saya tidak akan melakukan kesalahan yang sama lagi di masa depan)
  • I will take care of this mess that I have made myself (Saya akan mengurus kesalahan ini yang telah saya buat sendiri)
  • I plan on doing all that I can to make this right again (Saya berencana untuk melakukan segala hal yang bisa saya lakukan untuk memperbaiki ini lagi)
  • I am working very hard to fix my faults by doing anything that I could do (Saya berusaha sangat keras untuk memperbaiki kesalahan-kesalahan saya dengan melakukan apapun yang dapat saya lakukan)
  • I will have this taken care of by the end of the week, you don’t have to worry about this (Saya akan sudah dapat memperbaiki ini pada akhir pekan ini, Anda tidak perlu mengkhawatirkannya)
  • Please don’t worry, I’m already taking care of my mistakes so you won’t have to take care of it (Mohon jangan khawatir, saya sudah mengurus kesalahan-kesalahan saya agar Anda tidak perlu mengurusnya)

Contoh Meminta Maaf Dalam Bahasa Inggris

Setelah Anda mengetahui semua empat tahap untuk meminta maaf dalam bahasa Inggris dan melakukannya dengan benar, Anda sudah dapat meminta maaf secara lengkap dengan menggunakan bahasa asing satu ini. Mari lihat beberapa contoh yang telah ada sebelumnya seperti terlambat untuk sebuah pertemuan atau salah mengirimkan pesan ke seseorang.

Bisa jadi Anda terlambat karena terlambat bangun dan terjebak macet di jalan. Hal tersebut adalah hal yang tidak bisa Anda kendalikan namun dapat Anda hindari di lain waktu. Dengan mengikuti keempat tahap yang sudah dijelaskan, Anda bisa membuat permintaan maaf dengan lengkap seperti di bawah ini.

Oh my goodness, I have slipped up really badly. I am so sorry for being late. I have set my alarm but I still overslept because I have been working overnight to meet the deadline yesterday. And when I finally got on the road, I got stuck on traffic. It was all an accident that I had not seen coming before. You have my word that I will not make the same mistake as this again. I will make sure to wake up early to beat the traffic and arrive in time in the future.

(Ya ampun, saya telah membuat kesalahan yang sangat parah. Saya sangat meminta maaf karena telat. Saya sudah menyetel alarm namun saya masih terlambat bangun karena saya bekerja lembur semalaman untuk mengejar tenggat waktu kemarin. Lalu ketika saya akhirnya berada di jalan, saya terjebak macet. Itu semua adalah kesalahan yang tidak saya perkirakan sebelumnya. Saya berjanji kepada Anda bahwa saya tidak akan membuat kesalahan yang sama seperti ini lagi. Saya akan memastikan untuk bangun lebih awal agar dapat mendahului kemacetan dan tiba tepat waktu di masa depan)

Pada kasus lainnya, jika Anda salah mengirimkan pesan ke orang, lain Anda juga dapat menggunakan kerangka empat tahap seperti yang sudah dijelaskan. Bisa jadi Anda kurang teliti dan salah mengira penerimanya adalah orang lain yang Anda harus tuju. Untuk meminta maaf, Anda dapat menggunakan contoh seperti berikut ini.

I have made a blunder by thinking that you are the supposed recipient of this message. I am so sorry for the inconvenience. I did not do it on purpose, if you must know. You have my word that I will not make the same mistake anymore.

(Saya telah membuat kesalahan dengan mengira bahwa Anda adalah penerima yang seharusnya menerima pesan ini. Saya sungguh meminta maaf atas ketidaknyamanannya. Saya tidak melakukannya dengan sengaja, jika Anda harus tahu. Saya berjanji kepada Anda bahwa saya tidak akan melakukan kesalahan yang sama lagi)

Itulah dia penjelasan lengkap mengenai apa dan bagaimana cara untuk meminta maaf dalam bahasa Inggris beserta dengan contohnya. Semoga dengan penjelasan ini, Anda akan semakin mudah mempelajari bahasa Inggris untuk kegiatan sehari-hari. Jangan lupa untuk mempraktikannya langsung di dunia nyata agar Anda dapat menjadi semakin mahir dalam menggunakan bahasa Inggris ke depannya.

 

Percakapan Menanyakan Cuaca dalam Bahasa Inggris
Meminta Maaf Dalam Bahasa Inggris
Percakapan Menanyakan Kabar dalam Bahasa Inggris
Percakapan Menanyakan Fasilitas Hotel (Asking for Hotel Facility) dalam Bahasa Inggris
Percakapan Inggris Miminta Tolong / Meminta Bantuan
Contoh Percakapan Memohon Maaf (Making & Accepting Apology)
Percakapan Menanyakan Alamat dalam Bahasa Inggris
Percakapan Asking And Giving Suggestion
Apa Itu Asking For An Apology?
Percakapan Menanyakan atau Memberikan Kepastian (Conversation Asking and Giving Certainty)