sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Bagaimana Merespon Ucapan Duka Cita

How To Respond to Condolences

Saat kita sedang berkabung, orang-orang terdekat kita pasti akan menyampaikan rasa belasungkawa mereka kepada kita, baik itu secara langsung maupun secara tertulis. Sebagai balasannya, kita harus memberikan mereka respon sebagai tanda terima kasih kita kepada mereka. Bagaimana cara merespon ungkapan belasungkawa tersebut terutama dalam bahasa Inggris? Kali ini kita akan belajar bagaimana cara merespon ucapan belasungkawa dalam bahasa Inggris melalui pembahasan di bawah ini:

1. Thank You

Apabila ungkapan belasungkawa diucapkan secara langsung, responlah dengan “thank you” (terima kasih). Kita juga bisa menambahkan kata-kata lain setelah “thank you”. Di bawah ini adalah beberapa kata tersebut:

  • Thank you very much. (Terima kasih banyak)
  • Thank you for your kind words. (Terima kasih atas kata-kata baik Anda)
  • Thank you for your support. (Terima kasih atas dukungan Anda)
  • Thank you for your sympathy. (Terima kasih atas simpati Anda)
  • Thank you for your comfort. (Terima kasih atas pelipur lara Anda)
  • Thank you for your words of encouragement. (Terima kasih atas kata-kata penyemangat Anda)
  • Thank you very much for your words of comfort. (Terima kasih banyak atas kata-kata pelipur lara Anda)
  • Thank you for your kindness. (Terima kasih atas kebaikan Anda)

2. Other Ways to Say Thank You

Selain “thank you”, terdapat juga cara lainnya untuk merespon ungkapan belasungkawa secara langsung dari orang yang menyampaikannya. Cara tersebut di antaranya yakni:

  • I appreciate it. (Saya menghargai itu)
  • It is very kind of you. (Anda baik sekali)
  • It is very nice of you. (Anda baik sekali)
  • Those are very kind words. (Itu adalah kata-kata yang baik)

Kita juga bisa menggunakan frasa-frasa di atas setelah kita mengucapkan “thank you”. Contoh:

  • Thank you very much. I really appreciate it. (Terima kasih banyak. Saya sangat menghargai itu)
  • Thank you. Those are very kind words. (Terima kasih. Itu adalah kata-kata yang baik)
  • Thank you so much. It is very kind of you. (Terima kasih banyak. Anda baik sekali)

Apabila orang yang mengucapkan belasungkawa kepada kita kenal dekat dengan orang yang meninggal dan berduka juga, kita bisa meresponnya dengan “this must be hard for you too” (ini pasti sulit untuk Anda juga). Contoh:

A: I am sorry to hear about your loss. (Saya turut berduka cita)

B: Thank you so much. This must be hard for you too. (Terima kasih banyak. Ini pasti sulit untuk Anda juga)

3. Replying to Letters and Messages

Ungkapan belasungkawa yang disampaikan secara tertulis, baik itu melalui surat, email, sms, media sosial, dan sebagainya, dapat direspon dengan cara tertulis juga. Dalam merespon ungkapan belasungkawa yang tertulis, kita tidak harus menjawabnya dengan panjang lebar dan secara detail.

Cukup tulislah respon yang singkat namun sarat akan ucapan terima kasih kita dan informasi bahwa kita telah menerima pesan belasungkawa dari mereka. Di bawah ini adalah beberapa contoh respon singkat untuk ungkapan belasungkawa tertulis:

  • Thank you very much for your sympathy and kind words during my time of loss. It gives me much comfort to know that I am in your thoughts as I grieve my sister’s death. (Terima kasih banyak atas simpati dan kata-kata baik Anda selama masa berkabung saya. Itu adalah pelipur lara di kala saya berduka atas kematian saudari saya)
  • I thank you all for your beautiful messages of comfort. Your words have helped me a lot in this time of grief. I do not know what I would do without each of you. (Saya berterima kasih atas pesan-pesan pelipur lara kalian. Pesan-pesan kalian sangat membantu saya di masa duka ini. Saya tidak tahu apa yang akan saya lakukan tanpa kalian semua)
  • You have given me words of encouragement and hope in this time of sorrow. I am very grateful for your support. Thank you for being there for me. (Anda telah memberikan saya kata-kata penyemangat dan harapan di masa berkabung ini. Saya sangat bersyukur atas dukungan Anda. Terima kasih sudah ada untuk saya)
  • I can hardly express how grateful I am for everything you have done for me during this difficult time. It was so good of you to take time to support me. Thank you so much, and God bless you. (Saya hampir tidak bisa mengungkapkan betapa saya bersyukur atas semua yang telah Anda lakukan untuk saya selama masa sulit ini. Anda baik sekali telah meluangkan waktu untuk membantu saya. Terima kasih banyak dan Tuhan memberkati Anda)
  • You are all really kind. I am a bit better now. It is all because of your support and words of comfort. Thank you so much. (Kalian semua sangat baik. Saya sekarang agak baikan. Itu semua karena dukungan dan kata-kata pelipur lara dari kalian. Terima kasih banyak)
  • Thank you for your touching and encouraging words. Your words have been very helpful to me in these days of pain. I hope you know that I am very grateful. (Terima kasih atas kata-kata menyentuh dan kata-kata penyemangat Anda. Pesan Anda sangat membantu saya di masa duka ini. Saya harap Anda tahu bahwa saya sangat berterima kasih)

Demikianlah cara untuk merespon ungkapan belasungkawa dari orang lain untuk kita. Semoga pembahasan kali ini bermanfaat bagi kita semua.

 

Frasa/Kata/Kalimat untuk Mengungkapkan Pendapat/Opini
Kata Mutiara Bahasa Inggris tentang Uang
Frasa/Kata/Kalimat yang Digunakan dalam Email Bisnis
Kata, Kalimat, atau Ungkapan Bahasa Inggris untuk Mengekspresikan Selamat Tinggal
Frase/Kalimat Bahasa Inggris untuk Menyatakan Simpati (Expressing Symphaty)
Ungkapan yang Mengandung Bagian Tubuh
Frasa/Kalimat yang Sering Digunakan di Hotel
Cara Mengekspresikan Ekspektasi dalam Bahasa Inggris
Speaking TOEFL: Mengenal Idiom
Contoh Surat Ucapan Terima Kasih Kepada Sponsor