sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Bagaimana Menanggapi Tawaran Pekerjaan Lewat E-Mail

How to Respond Job Offer

Apabila Anda berhasil mengambil hati perusahaan saat wawancara kerja, Anda biasanya akan mendapat surat penawara kerja dari perusahaan tersebut. Surat ini berfungsi sebagai tanda bahwa perusahaan menerima Anda untuk bekerja bersama mereka.

Saat Anda menerima surat ini, alangkah baiknya untuk segera meresponnya, sebab itulah yang diharapkan oleh perusahaan. Bahasa yang digunakan untuk merespon sebaiknya mengikuti bahasa yang digunakan dalam surat penawaran kerja. Jika surat penawaran dalam bahasa Inggris, maka gunakanlah bahasa Inggris untuk meresponnya.

Jika Anda tidak tahu bagaimana cara merespon penawaran kerja tersebut dalam bahasa Inggris, pembahasan singkat berikut ini bisa menjadi panduan Anda untuk menyusun responnya.

1. Expressing Your Gratitude for the Offer

Respon penawaran kerja yang baik adalah respon yang diawali oleh ucapan terima kasih kepada perusahaan atas kesempatan yang diberikan kepada Anda. Di bawah ini adalah beberapa contoh mengungkapkan rasa terima kasih atas penawaran kerja:

  • Thank you for offering me the position of [position name] with your company. (Terima kasih telah menawarkan saya posisi [nama posisi] di perusahaan Anda)
  • I would like to thank you for offering me a position at your company. (Saya ingin berterima kasih telah menawarkan saya posisi di perusahaan Anda)
  • I want to thank you for offering me this exciting opportunity. (Saya ingin berterima kasih pada Anda telah menawarkan saya kesempatan yang menyenangkan ini)

2. Responding the Terms of the Offer

Surat penawaran kerja bisanya berisi ketentuan-ketentuan atau keuntungan apabila Anda bekerja sebagai pegawai perusahaan. Ketentuan ini juga biasanya berdasarkan atas negosiasi yang Anda lakukan saat wawancara kerja. Bacalah baik-baik ketentuan tersebut. Apabila Anda paham akan ketentuannya, tuliskanlah bahwa Anda paham terhadap kondisi-kondisi yang ditawarkan. Jika tidak, mintalah klarifikasi atas apa yang masih belum Anda pahami. Berikut adalah contoh untuk merespon ketentuan-ketentuan dalam penawaran kerja:

  • I fully understand the terms of the offer. (Saya sangat paham atas ketentuan-ketentuan penawarannya)
  • I understand the terms of employment stated in the offer letter. (Saya mengerti ketentuan-ketentuan pekerjaan yang tercantum dalam surat penawaran)
  • I am overall pleased with the conditions stated, but I think further negotiation is needed for certain conditions. (Saya secara keseluruhan puas dengan ketentuan-ketentuan yang tercantum, tetapi saya pikir negosiasi lebih lanjut dibutuhkan untuk ketentan-ketentuan tertentu)
  • I understand the terms of offer. However, I did not see any [benefit name] mentioned in the offer. I would like to know if this is included in my employment package. (Saya paham atas ketentuan-ketentuan penawarannya. Namun, saya tidak melihat [jenis tunjangan] disebutkan dalam penawarannya. Saya ingin tahu jika itu termasuk dalam tunjangan saya)

3. Accepting the Job

Apabila Anda menerima pekerjaannya, maka Anda harus menuliskan pernyataan bahwa Anda menerima pekerjaannya yang diikuti dengan tanggal Anda akan memulai kerjanya. Contoh:

  • I’m thrilled to accept this job offer. I will be able to start to work on May 30 as requested in the letter. (Saya senang menerima penawaran kerja ini. Saya bisa memulai kerja tanggal 30 Mei sesuai dengan permintaan dalam surat)
  • I am excited to accept the position of [position name] with your company. I am eager to make positive contributions to the company and so looking forward to starting working on May 30. (Saya senang untuk menerima posisi [nama posisi] di perusahaan Anda. Saya sangat ingin membuat kontribusi positif untuk perusahaan dan tidak sabar untuk mulai bekerja tanggal 30 Mei)
  • I have always wanted to work for your company. Therefore, I am thrilled to accept the offer. My start date will be May 30 as we discussed. (Saya selalu ingin bekerja di perusahaan Anda. Untuk itu, saya senang untuk menerima penawarannya. Waktu kerja saya akan dimulai tanggal 30 Mei seperti yang telah kita diskusikan)

4. Declining the Job

Jika Anda menolak pekerjaannya, maka cantumkanlah bahwa Anda menolak pekerjaannya disertai dengan alasan penolakan Anda tersebut. Contoh:

  • I must regretfully decline the offer as it does not suit the path I am taking to pursue my career goals. (Dengan menyesal saya menolak penawarannya karena tidak sesuai dengan jalan yang saya ambil untuk mengejar tujuan karir saya)
  • I am afraid I must decline the position, because I have accepted a position with another company. (Saya khawatir saya harus menolak posisinya, karena saya telah menerima posisi di perusahaan lain)
  • I will not be accepting the offer since I suddenly had to move out of town. (Saya tidak akan menerima penawarannya karena tiba-tiba saya harus pindah ke luar kota)

5. Extending the Response

Terkadang Anda membutuhkan waktu lebih banyak lagi untuk mempertimbangkan apakah Anda akan menerima atau menolak penawarannya. Saat ini terjadi, tuliskanlah dalam respon kapan Anda akan memberitahu keputusan akhir Anda atau mintalah waktu perpanjangan untuk memberikan keputusan akhir. Contoh:

  • I will be able to give you my response by [date]. (Saya akan memberikan respon saya sebelum tanggal [tanggal])
  • I am currently taking my time to consider this offer, and I would be able to give my final decision by [date]. (Saya sedang mengambil waktu saya untuk mempertimbangkan penawaran ini, dan saya akan memberitahu keputusan akhir saya sebelum tanggal [tanggal])
  • It is not an easy decision to make. Therefore, I am asking to extend my acceptance deadline. (Ini bukanlah keputusan yang mudah. Oleh karena itu, saya meminta untuk memperpanjang batas waktu penerimaan saya)

6. Example

Berikut adalah contoh respon penawaran kerja:

Dear Hiring Manager,

I would like to thank you for offering me a position with your company. I am excited to formally accept this position, and very eager to give positive contributions to the company. I fully understand the terms of the offer, and I will be able to start to work on May 30 as requested.

Once again, thank you so much for this opportunity. Should you need any additional information from me, please let me know.

Best,

Adam

Terjemahan:

Kepada Manajer HRD,

Saya ingin berterima kasih kepada Anda yang telah menawarkan saya posisi di perusahaan Anda. Saya senang untuk menerima posisi ini dan bersemangat untuk memberikan kontribusi positif untuk perusahaan. Saya sangat paham akan ketentuan-ketentuan penawaran, dan saya bisa memulai kerja tanggal 30 Mei sesuai permintaan.

Sekali lagi, terima kasih banyak atas kesempatan ini. Apabila Anda membutuhkan informasi tambahan dari saya, tolong hubungi saya.

Salam Hormat,

Adam

 

Frasa/Kata/Kalimat untuk Mengungkapkan Pendapat/Opini
English Idiom: Idiom yang Berkaitan dengan Sakit
Speaking TOEFL: Mengenal Idiom
Idiom atau Ungkapan Bahasa Inggris yang Menggunakan Makanan pada Kalimatnya
Kata Mutiara Bahasa Inggris tentang Uang
Frase/Kalimat Bahasa Inggris yang Biasa Digunakan di Kelas/Sekolah
Kata Mutiara tentang Percintaan dalam Bahasa Inggris
English Idiom: Idiom tentang Umur
Contoh Percakapan Inggris: Menanyakan Pekerjaan pada Teman yang Baru Dikenal
Kata, Kalimat, atau Ungkapan untuk Menggambarkan Kebahagiaan dalam Bahasa Inggris