sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Cara Membuat Application Letter

Ada beberapa surat yang perlu dilampirkaan bila melamar kerja. Seringkali surat tersebut perlu ditulis dalam Bahasa Inggris. Ada application letter, resume, atau CV. Diantara ketiganya, application letter memberikan lebih sentuhan personal dan berikan lebih banyak info mengenai kepribadian pelamar kerja.

Oleh karena itu membuat application letter yang menarik dapat memberikan kesempatan untuk lamaran Anda direspond dan diundang untuk melakukan wawancara. Surat lamaran mencerminkan diri Anda sebagai individu, resume memperlihatkan kemampuan profesional sedangkan CV menekankan perjalanan karir Anda.

Membuat Application Letter yang Menarik

Memperkenalkan diri melalui surat lamaran atau application letter memberikan kesan mendalam pelamar kerja sebagai individual. Berikut adalah penjelasan bagaimana membuat application letter yang efektif dan efisien.

Lampiran surat ini dapat mengungkapkan minat terhadap posisi yang ditawarkan. Anda juga harus menekankan beberapa poin penting dalam surat tersebut agar pihak perusahaan tertarik untuk merekrut Anda. Kalau ditulis dengan baik, surat dapat menjelasan mengapa perusahaan harus menerima Anda.

Bagaimana Membuat Application Letter yang Baik dan Efektif

Saat membuat application letter ikuti beberapa poin penting yang penting untuk disertakan. Keterangan diri, pengalaman dan kemampuan adalah hal penting yang jangan lupa disertakan.

  • Informasi posisi pekerjaan

Cari informasi lebih detail tetang perusahaan dan posisi yang akan Anda lamar. Ketahui dengan jelas qualifikasi dan persyaratannya.

I learned that the your company is expending the business and opening a position for marketing officer. I would love to be a part such a progressive division (saya mendapatkan kabar bahwa perusahaan anda sedang mengembangkan usahanya dan membuka lowongan kerja untuk bagian marketing. Saya sangat berminat untuk menjadi bagian dari divisi yang sedang berkembang tersebut)

I understand the company held an open recruitment to support the up and coming ASEAN  in Indonesia. It would be a pleasure to be a part of the excitment. I am writing to apply for the content writer specialist. (Saya memahami bahwa perusahaan Anda membuat lowongan pekerjaan terbuka untuk mendukung kegiatan ASEAN di Indonesia. Sangat berarti bagi saya untuk menjadi bagian dari kegiatan tersebut. Saya menulis surat lamar ini untuk melamar posisi penulis konten spesialis)

I am a fan of your company product and campaign. This year product lauching for sustainable product facinate me the most. I am writing to apply for the position of product analyst in your company based on the job vacancy in indeed.com (Saya mengikuti dan menyukai produk dan kampanye yang perusahaan Anda jalankan. Peluncuran produk tahun ini yang mengeluarkan berbagai produk ramah lingkungan sangat menarik perhatian saya. Saya menulis surat lamaran  ini untuk melamar posisi produk alanisa di perusahaan Anda berdasarkan lowongan kerja yang dimuat di indeed.com)

  • Pakai format formal

Membuat application letter berarti membuat surat dengan format resmi. Perhatikan penggunaan tanda baca, spasi dan rata kanan dan kiri.

  • Buat heading

Surat lamaran versi terbaru membuat heading di atas surat mengenai nama, alamat, nomor kontak pelamar. Jadi bila application letter menarik, dapat langsung menghubungi pelamar dari headingnya.

  • Nama perusahaan

Tulis bagian Departmen, nama perusahaan dan bahkan alamatnya. Cari tahu apakah pimpinannya adalah pria atau wanita. Jadi bisa ditulis dengan sapaan Mr atau Mrs. Bila jenis kelamin tidak diketahui bisa diganti dengan “To Whom It May Concern” atau “Dear Hiring Manager.”

  • Kalimat pembuka menyatakan minat

Paragraf pertama menyebutkan posisi pekerjaan yang Anda lamar. Sebutkan pula minat untuk bergabung dengan perusahaan dan mengapa Anda adalah kandidat yang sesuai.

Contoh :

Based on the job application in newspaper,  I am interested in the marketing position. It is align with my study and my previous working experience. I feel I have sufficient skill to fill in the position. (berdasarkan lowongan pekerjaan di surat kabar, saya berminat mengisi posisi pemasaran. Pekerjaan tersebut sesuai dengan studi saya dan pengalaman kerja saya sebelumnya. Saya rasa memiliki kemampuan yang dibutuhkan untuk mengisi posisi tersebut)

I am writing this application letter to apply for the kindergarten teacher in your school. I love children and currently still studying in my last semester in UNJ major in early childhood education. I feel it has prepared me to fullfil job as a teacher(saya menulis surat lamaran ini untuk mengisi posisi guru TK disekolah Anda. Saya sangat suka anak-anak dan sementara masih belajar di UNJ jurusan pendidikan dini. Semua hal tersebut saya fikir lebih dari cukup untuk menyiapkan saya untuk menjadi seorang guru)

  • Sertakan pengalaman dan kualifikasi

Tuliskan secara singkat informasi tentang kualifikasi Anda sesuai pekerjaan yang akan dilamar. Jadi menulis bagian ini seperti berikut

I am applying as a junior engineer in your company. I study electrical engineer and have done several intern job accordance to the major (saya melamar pekerjaan untuk posisi junior tehnik diperusahaan Anda. Saya kuliah tehnik elektrik dan telah menyelesaikan beberapa posisi magang pada bidang tersebut)

I would like to apply as a costumer service officer. I study communication and involve in many student union and community. I have many experience dealing with people (saya ingin melamar pekerjaan sebagai petugas pelayanan pelanggan. Saya kuliah jurusan komunikasi dan banyak terlibat dalam perkumpulan mahasiswa dan kemunitas. Saya memiliki banyak pengalaman berhubungan dengan orang)

  • Sertakan kepribadian

Paragrafnya menerangkan tentang kepribadian Anda. Sentuhan yang bersahabat dan memberikan kesan mengenai kepribadian pelamar maka akan menarik perhatian perusahaan untuk merekrut Anda.

Contoh:

I love traveling and going on adventures. That is why I can be a travel writer really well (Saya menyukai jalan-jalan dan suka pergi berpetualang. Oleh karena itu saya akan dapat jadi penulis perjalanan yang baik.)

I am good with kids and the love me. I will make the perfect teacher’s assistant. (saya sangat menyukai anak-anak dan mereka menyukai saya. Saya akan jadi asisten guru yang baik.

  • Apresiasi

Sebelum mengakhiri surat, Anda dapat mengungapkan rasa terima kasih dan harapan untuk segera bergabung dengan perusahaan. Contoh kalimat yang bisa dipakai adalah sebagai berikut.

Thank you for taking the time to read my appllication letter (terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca surat lamaran saya)

I appreciate the time to evaluate all the letter that come ini. I am very honour to be able come here (saya menghargai waktu yang anda sudah luangkan untuk mengevaluasi surat saya, Saya senang dapat datang untuk wawancara hari ini)

  • Penutup

Penggunaan kata formal untuk menutup sebuah lamaran kerja bisa dengan memakai kata sincerely, your truly, faithfully yours atau best yang artinya dalam bahasa Indonesia kurang lebih terima kasih atau salam. Di bawahnya harus menyertakan nama lengkaap Anda berserta tanda tangan.

Itulah format penulisan bila Anda akan membuat application letter. Ikuti tata caranya dan langkah-langkahnya dengan cermat. Untuk lebih jelas, berikut adalah contoh application letter dalam Bahasa Inggris.

Application Letter Template

Ada dapat memakai format surat aplikasi pekerjaan berikut. Tinggal mengganti beberapa bagian sesuai kebutuhan. Berikut adalah formatnya.

Nama
Alamat
Alamat email
Nomor telpon
Tanggal

Bagian perusahaan yang dituju
Nama orang yang berada dalam bagian perusahaan
Nama Perusahaan
Alamat perusahaan

Salam [Dear Mr./Ms.],

Jelaskan dimana Anda mendapat info tentang lowongan pekerjaan dan ekspresikan keinginan untuk melamar pekerjaan tersebut.

Sebutkan kualifikasi Anda yang sesuai dengan pekerjaan yang ingin dilamar.

Jelaskan pengalaman, latar belakang pendidikan dan kemampuan Anda dan kontribusi untuk perusahaan.

Ucapkan terima kasih pada perusahaan untuk mempertimbangkan surat lamaran Anda.

Penutup [Sincerely, Best]
Tanda tangan
Nama

Contoh Application Letter

Sebagai gambaran application letter dalam Bahasa Inggris berikut adalah contohnya. Anda dapat menyesuaikan isinya sesuai kebutuhan.

Lena Ramirez
4 Jambu Street
Rawamangun, Jakarta Selatan 10221
(02) 584-889961
Lena.ramirez@gmail.com

September 10, 2020

Sarah Thomas
Head of Personalia Department
Laverna Architect
9 Mahabaratha Building
Sudirman, Jakarta Pusat  14334

Dear Ms. Thomas,

I am writing this letter regarding the job vacancy for the junior architect position I found on jobstreet.com. The position interest me and appreciate it if you can consider me as one of the candidate for the job. (saya menulis surat lamaran ini mengenai lowongan pekerjaan untuk posisi junior arsitek yang saya temukan di jobstreet.com. Saya berminat untuk melamar posisi tersebut dan sangat berterima kasih bila Anda dapat mempertimbangkan saya sebagai salah satu kandidat untuk posisi tersebut) .

I am an architect graduate from University of Indonesia. I previously work for two years for a small architect company in Bandung. I moved back to Jakarta and eager more then ever to find a reputable company to work with. (Saya adalah lulusan dari Universitas Indonesia jurusan arsitektural. Sebelumnya saya bekerja pada sebuah perusahaan arsitek di Bandung selama dua tahun. Saya pindah kembali ke Jakarta dan sedang mencari perusahaan kenamaan)

I am passionate about building functional and unique architect. Indonesian traditional buildings attracts me the most since I was little I have lived in several places following my parents. I also won several architectural competition which you can see on my resume. (saya sangat bertekad untuk membuat bangunan yang fungsional dan juga unik. Berbagai bangunan tradisional Indonesia adalah inspirasi saya, terutama setelah saya sering tinggal berpindah-pindah sejak kecil mengikuti kedua orang tua)

I am a hard worker and able to work in a team. I hope my skill in drawing can highlight my architectural skill to fit the job. Some of my strongest ability is explaining my design through digital presentation. I also retain some computer based design to perfecten the drawing. (saya seorang pekerja keras dan dapat bekerja sama dalam tim. Saya harap kemampuan saya dalam mengambar dapat menekankan kemampuan arsitektural tersebut yang dibutuhkan oleh posisi yang ditawarkan. Saya juga memiliki kemampuan membuat desain dengan memakai komputer untuk menyempurnakan gambar yang sudah dibuat)

Thank you for taking the time to review this letter. Hopefully I receive positive news in regard to the next steps in the hiring process. I am available for interview by arrangement. Feel free to contact me for further information.(Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca surat lamaran ini. Semoga saya segera menerima respond positif mengenai langkah selanjutnya pada proses penerimaan karyawan baru sesuai posisi yang ditawarkan. Saya bersedia untuk memenuhi undangan wawancara berdasarkan janji. Silahkan Anda menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut)

Sincerely,
Lene Ramirez

Application letter yang menarik akan meningkatkan peluang untuk dibaca dan di follow up. Buat surat aplikasi dalam Bahasa Inggris yang sesuai format, berkesan profesional dan juga memberikan gambaran tentang kepribadian Anda. Setelah itu Anda cukup menunggu untuk jawaban positif dari perusahaan dan posisi yang Anda inginkan.

 

Cara Membuat Kalimat tentang Kemampuan (Ability) dalam Bahasa Inggris
Contoh Surat Lamaran Kerja Engineer dalam Bahasa Inggris
Daftar Antonim Dalam Bahasa Inggris
Cara Memperkenalkan Diri saat Interview dalam Bahasa Inggris
Cara Memperkenalkan Keluarga Kepada Orang Lain
Bagaimana Menulis Paragraf yang Baik?
Contoh Surat Bahasa Inggris: Permohonan Maaf Kepada Pelanggan
Cara Menyampaikan Keharusan dalam Bahasa Inggris
Pengandaian dalam Bahasa Inggris (Conditional)
Contoh Surat Argumentatif dalam Bahasa Inggris