sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Cara Memperkenalkan Diri dalam Interview Bahasa Inggris dan Terjemahannya

Jika Anda mendapatkan panggilan interview yang mewajibkan Anda memiliki kemampuan berbahasa Inggris aktif, Anda harus bangga karena mungkin itu adalah perusahaan multinasional.

Walaupun mudah, memperkenalkan diri dalam Bahasa Inggris juga bisa dibilang susah. Apalagi jika Anda kurang percaya diri dengan kemampuan Anda.

Sebelum memulai, alangkah baiknya jika Anda mengucapkan salam, tersenyum ramah dan menjabat tangan orang yang mewawancarai Anda.

Setelah itu, perkenalkan diri Anda yang mencakup: nama, latar belakang pendidikan, pengalaman kerja dan organisasi (jika ada) dan kemampuan yang Anda miliki. Kalau perlu, jelaskan juga alasan mengapa Anda memilih untuk bekerja di perusahaan tersebut.

Contoh perkenalan diri yang bisa Anda pakai antara lain:

Contoh 1

Hi, My name is Raditya Dharma. You can call me Radit. I am 22 years old. I was graduated from Raditya Dharma University, majoring in accounting. I am a fresh graduate. I used to be a teacher assistant for a year and also a head of Student Organization for a year.

Artinya: Hai. Nama saya Raditya Dharma. Anda dapat memanggil saya Radit. Saya berusia 22 tahun. Saya lulusan Universitas Raditya Dharma, jurusan akutansi. Saya baru lulus kuliah. Saya pernah menjadi asisten dosen selama satu tahun dan juga ketua Organisasi Mahasiswa selama satu tahun.

Contoh 2

My name is Raditya Dharma. I am 25 years old. I have completed my Bachelor Degree in Department of English, minor in Education. I apply for tutor position as I have all teaching skills required for this job. I used to be a mentor for 4 months for National Examination preparation purpose. Besides, I used to be a tutor in an English institution for a year. With that qualification I believe I can be a good tutor.

Artinya: Nama saya Raditya Dharma. Saya berusia 25 tahun. Saya telah menyelesaikan kuliah studi S1 saya di jurusan Bahasa Inggris, prodi Pendidikan. Saya melamar sebagai tutor karena saya memiliki semua keterampilan yang diperlukan untuk pekerjaan ini. Saya pernah menjadi mentor selama 4 bulan untuk persiapan Ujian Nasional. Selain itu, saya pernah menjadi tutor di sebuah institusi Bahasa Inggris selama setahun. Dengan kualifikasi tersebut saya yakin saya bisa menjadi tutor yang baik.

Contoh 3

Good morning. Many name is Raditya Dharma. I am 28 years old. I apply for English News Writer because I have passion in writing. I am a member of a writing forum and I used to be the Head of the Forum for a year. I also won a National Writing Competition in 2012. Some of my articles are also published in national newspaper. I am currently a freelance translator.

Artinya: Selamat Pagi. Nama saya Raditya Dharma. Saya berusia 28 tahun. Saya melamar sebagai Penulis Berita Bahasa Inggris karena saya suka menulis. Saya adalah anggota sebuah forum kepenulisan dan saya pernah menjadi Ketua Forum selama satu tahun. Saya juga memenangkan Lomba Menulis Nasional pada tahun 2012. Beberapa artikel saya juga diterbitkan di koran nasional. Saat ini saya bekerja paruh waktu sebagai penerjemah.

Contoh 4

Thank you for giving me the opportunity. My name is Raditya Dharma. I have completed my study in Department Civil Engineering with GPA of 3.78. I have been passionate about being an Engineer since I was a kid. I think building apartments, hotels, and other infrastructure can help developing this country.

Artinya: terima kasih atas kesempatannya. Nama saya Raditya Dharma. Saya sudah menyelesaikan studi saya di Jurusan Teknik Sipil dengan IPK 3,78. Saya sudah berangan-angan menjadi seorang insinyur sejak saya kecil. Menurut saya, membangun apartemen, hotel dan infrastruktur lain dapat membantu membangun negara ini.

Contoh 5

First of all, I want to deliver my gratitude for the interview. My name is Raditya Dharma. I have completed my bachelor degree of Psychology. I have experience as a Customer Service for 2 years and I want to take part in your company because I want more challenge. Besides, your company provide opportunities for career development.

Artinya: pertama, saya ingin mengucapkan terima kasih karena mendapatkan kesempatan wawancara. Nama saya Raditya Dharma. Saya sudah menyelesaikan studi S1 saya di Jurusan Psikologi. Saya berpengalaman sebagai Customer Service selama 2 tahun dan saya ingin menjadi bagian dari perusahaan Anda karena saya ingin tantangan lebih. Selain itu, perusahaan Anda memberikan kesempatan untuk meningkatkan karir.

Itulah 5 contoh cara memperkenalkan diri dalam interview Bahasa Inggris beserta artinya yang bisa kamu coba. Semoga berhasil di interview.

Artikel Lainnya

Cara Menjawab Pertanyaan Interview: What Are Your Hobbies?
Jawaban Pertanyaan Interview: How Much Money Are You Looking to Earn?
Jawaban Pertanyaan Interview: Why do you want to work here?
Menjawab Pertanyaan Alasan Melamar Kerja dalam Bahasa Inggris
Jawaban Interview: How Do You Handle Success?
Apa Yang Harus Dikatakan dalam “Exit Interview”
Pertanyaan Interview: Describe a Difficult Work Situation or Project and How You Overcame It
Menjawab  “What’s Your Biggest Professional Achievement?”
Kalimat-Kalimat Penting Untuk Wawancara Kerja Dalam Bahasa Inggris
Kumpulan Kalimat Bahasa Inggris Untuk Interview Kerja

 

Contoh Percakapan Wawancara Kerja Sebagai Staf Admin dalam Bahasa Inggris
Percakapan Bisnis: Memberikan Informasi Sesuai Persyaratan dalam Interview Menggunakan Bahasa Inggris
Kosakata Bahasa Inggris yang Berhubungan dengan Kamar Mandi
Jawaban Pertanyaan Interview: “What do you like to do outside of work?”
Contoh Percakapan Bahasa Inggris Ketika Naik Grab
Contoh Wawancara Kerja Sebagai Resepsionis
Kata-Kata Kunci Jawaban Dalam Wawancara Kerja (Job Interview)
Belajar Bahasa Inggris Tanpa Aksen
Writing CV / Resume: Menceritakan Latar Belakang Pendidikan dan Pengalaman Kerja dalam Bahasa Inggris
Writing Tip: Membuat Kalimat Bahasa Inggris yang Baik