sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

5 Pertanyaan Interview dan Jawabannya dalam Bahasa Inggris Beserta Artinya

Sebuah perusahaan multinasional biasanya mewajibkan calon pelamar untuk bisa berbahasa Inggris pasif dan aktif. Kemampuan bahasa Inggris pasif adalah kemampuan membaca dan menulis.

Sedangkan kemampuan bahasa Inggris aktif adalah kemampuan mendengarkan dan berbicara. Jika sebuah perusahaan mengharuskan calon pelamar memiliki kemampuan bahasa Inggris aktif, maka Anda harus bersiap karena wawancara kerja kemungkinan besar akan dilakukan dalam Bahasa Inggris.

Namun, Anda tidak perlu khawatir karena berikut adalah kumpulan pertanyaan yang biasanya ditanyakan dalam interview kerja beserta jawabannya.

1. Can You Tell Me About Yourself in Brief?

Artinya: bisakah Anda menceritakan tentang diri Anda secara singkat?

Mungkin ini adalah pertanyaan sederhana, tetapi Anda tidak boleh lengah dengan memberikan informasi yang biasa-biasa saja. Selain menyebutkan identitas, Anda juga harus menyebutkan keahlian, kemampuan dan pengalaman kerja (jika ada) yang berhubungan dengan posisi yang Anda lamar.  Jika perlu, sebutkan capaian apa yang sudah Anda buat.

Anda bisa menjawabnya seperti ini:

My name is Andy, My TOEFL score is 550 and I’m good in communicating. I’m currently an executive marketing at PT. Andy where I work with target. I used to be the best executive marketing at the company where I received bonus 5 times more than my basic salary.

Artinya:

Nama saya Andy. TOEFL score saya 550 dan saya memiliki kemampuan komunikasi yang bagus. Saat ini saya adalah marketing eksekutif di PT. Andy di mana tugas saya adalah memastikan saya mencapai target. Saya pernah menjadi marketing eksekutif terbaik di perusahan tersebut di mana saya menerima bonus 5 kali lebih besar daripada gaji pokok saya.

2. Why do you interested in applying on this department?

Artinya: Kenapa Anda tertarik melamar di posisi ini?

Perusahaan menginginkan karyawan yang sangat menyukai pekerjaannya. Jadi, berikan jawaban seputar hal menyenangkan apa yang ingin Anda capai dengan melamar di posisi itu. Kemudian, tambahkan kenapa Anda memilih perusahaan tersebut.

Anda bisa menjawabnya dengan:

I love being an executive marketing because I love achieving target and the satisfaction that comes from my achievement. Moreover, I also like to provide information, assisting customers when they find problems and make sure my customers are happy using the product I sell.

Artinya:

Saya suka menjadi marketing eksekutif karena saya suka mencapai target dan merasa puas ketika saya mencapai target. Selain itu, saya juga suka menyampaikan informasi, membantu pelanggan menyelesaikan masalah dan memastikan pelanggan saya senang dengan produk yang saya jual.

3. Why should we hire you?

Artinya: kenapa kami harus mempekerjakan Anda.

Pertanyaan ini adalah saatnya Anda menjual diri. Katakan segala hal positif dan seluruh pencapaian, kemampuan dan keunikan yang Anda miliki. Dalam hal ini Anda perlu memberikan kesan bahwa Anda dapat memenuhi seluruh deskripsi pekerjaan yang dituliskan oleh perusahaan.

Anda bisa menjawabnya dengan:

Because I have a good marketing and communication skills as well as broad connection. I can cope with the deadline and will work very hard to achieve target.

Artinya:

Karena saya memiliki kemampuan marketing dan komunikasi yang baik serta koneksi luas. Saya bisa memenuhi deadline dan akan bekerja keras untuk mencapai target.

4. Tell me about challenge or conflict you’ve faced at work and how you handle it.

Artinya: ceritakan tentang tantangan atau konflik yang Anda hadapi di tempat kerja dan bagaimana Anda mengatasinya.

Untuk menjawab pertanyaan ini, Anda perlu memilih cerita yang sesuai dengan kualifikasi dan deskripsi kerja posisi Anda. Pastikan Anda menekankan bahwa Anda dapat mengatasi masalah itu dengan profesional dan produktif.

Anda bisa menjawabnya dengan:

As an executive marketing there was time when my account being blocked due to my customers not paying the installment on time. Then, I just worked with my friend and offered him additional customers. That way I was still able to achieve the target by contacting customer and processing the payment.

Artinya:

Sebagai marketing eksekutif ada saat ketika akun saya diblok karena pelanggan saya tidak membayar cicilan tepat waktu. Lalu, saya bekerja dengan teman saya dan menawarinya tambahan pelanggan. Dengan begitu saya bisa mencapai target dengan menghubungi pelanggan dan memproses pembayarannya.

5. Why are you leaving your current job?

Artinya: kenapa Anda meninggalkan pekerjaan Anda sekarang?

Saat mendapatkan pertanyaan ini, jawablah dengan positif. Jangan membawa sisi negatif perusahaan walaupun itu yang terjadi. Anda perlu menekankan bahwa Anda menginginkan kesempatan baru, bukannya melarikan diri dari situasi buruk.

Anda bisa menjawabnya dengan:

I believe that I suit working in a company that has strong commitment to mentoring and developing employees better. Because there will be a sense of loyalty on both sides and a culture to encourage employees’ career development and growth.

Artinya:

Saya yakin bahwa saya lebih cocok bekerja di perusahaan yang memiliki komitmen kuat untuk mengajari dan mengembangkan karyawan. Karena loyalitas di sisi perusahaan dan karyawan akan tercipta dan adanya budaya mendukung pertumbuhan dan pengembangan karir karyawan.

Itulah pertanyaan yang biasa ditanyakan saat interview dalam bahasa Inggris beserta jawabannya. Semoga interview Anda berhasil.

Artikel Lainnya

5 Pertanyaan Interview dan Jawabannya dalam Bahasa Inggris Beserta Artinya
Cara Memperkenalkan Diri dalam Interview Bahasa Inggris dan Terjemahannya
Percakapan Bisnis: Memberikan Informasi Sesuai Persyaratan dalam Interview Menggunakan Bahasa Inggris
Job Interview: Percakapan Wawancara Kerja
Job Interview: Percakapan dalam Bahasa Inggris di Telepon Menentukan Jadwal Interview Kerja
Percakapan Job Interview: Menjalani Wawancara Dalam Bahasa Inggris secara Efektif dan Baik
Percakapan Job Interview: Menceritakan Pengalaman Kerja & Latar Belakang Pendidikan dalam Bahasa Inggris
Percakapan Job Interview: Menyampaikan Deskripsi Pengalaman Kerja

 

Percakapan Kasir: Cara Kasir Melayani Pelanggan dalam Bahasa Inggris
Cara Mengekspresikan Simpati dalam Bahasa Inggris
25 Ucapan Lebaran dalam Bahasa Inggris dan Terjemahannya
Tip TOEFL: Preposisi Waktu dalam Bahasa Inggris
Aturan Penggunaan Huruf Kapital dalam Bahasa Inggris
English Idiom: Marah dalam Bahasa Inggris
Writing Tip: Jenis-Jenis Tanda baca dalam Bahasa Inggris (Punctuation)
Perbedaan Penggunaan Early, Fast, Soon, Quickly, Rapidly dalam Bahasa Inggris
Alternatif Mengucapkan “I Don’t Know” dalam Bahasa Inggris
Ungkapan & Percakapan untuk Menyatakan Persetujuan (Expressing Agreement)


 
Contoh Percakapan Membeli Tiket Pesawat di Indomaret/Alfamart & Terjemahannya
Contoh Percakapan Membeli Tiket di Bioskop & Terjemahannya
Contoh Percakapan Membeli Obat di Apotek & Terjemahannya
Kalimat Percakapan Memberi dan Menerima Pujian (Giving & Receiving Compliment)
Kalimat Percakapan untuk Meminta, Memberi, Menolak Sesuatu (Asking, Giving, Refusing)
Percakapan Driver Taksi / Grab / Gocar dengan Penumpang Bule
Percakapan Negosiasi Gaji dalam Bahasa Inggris
Percakapan Bahasa Inggris antara Polisi dan Terduga Kriminal
Percakapan Nasabah yang Akan Berhutang di Bank dalam Bahasa Inggris
Conversation: Percakapan Supir Taksi dan Penumpang dalam Bahasa Inggris