sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Cara Mendeskripsikan Pekerjaan Menggunakan Bahasa Inggris

Dalam hidup ini, kita harus bekerja bila ingin mendapatkan uang untuk memenuhi segala macam kebutuhan kita dan juga keluarga. Pekerja sendiri memiliki makna seseorang yang melakukan aktivitas tertentu dengan jaminan akan dibayar berupa sejumlah uang oleh atasan atau klien yang bekerja sama dengannya.

Di dunia ini ada banyak macam tipe pekerjaan, seperti pekerja tetap dan pekerja kontrak yang bekerja dalam suatu perusahaan atau kantor dan ada pula pekerja lepas yang menerima pekerjaan setelah mendapatkan seorang klien kemudian mengerjakan pekerjaan yang diminta dan dibayar berdasarkan kesepakatan atau tawaran yang telah disetujui bersama

Nah, teman-teman, kali ini kita akan membahas tentang bagaimana mendeksripsikan atau menggambarkan ragam jenis pekerjaan menggunakan Bahasa Inggris. Deskripsi sebuah pekerjaan dapat berupa tipe pekerjaan, hari-hari apa sajakah kita melakukan pekerjaan kita, apa yang kita lakukan dalam pekerjaan kita, dan hal-hal lainnya yang berhubungan dengan apa yang kita kerjakan.

Baiklah, mari kita mulai pembahasan kita dengan memerhatikan beberapa contoh deskripsi pekerjaan di bawah berikut ini.

  1. Pekerja lepas (freelance worker)

My name is Fajar Handoko and I am a freelance worker. Just like other people with their own job, I work from Monday until Saturday, and Sunday is my day off. The difference between my job and their job lies on the workplace. While most people work at companies or offices, I work from home by accepting certain works from certain clients. I translate articles and documents for them from Bahasa Indonesia to Japanese and vice versa. I also write articles according to the topics they give me. The payment is good enough to support my life.

(Nama saya Fajar Handoko dan saya adalah seorang pekerja lepas. Seperti orang lain dengan pekerjaan mereka masing-masing, saya bekerja dari hari Senin hingga hari Sabtu, dan hari Minggu adalah hari libur saya. Perbedaan pekerjaan saya dan pekerjaan mereka terletak pada tempat kerjanya. Ketika kebanyakan orang bekerja di perusahaan-perusahaan atau perkantoran, saya bekerja dari rumah dengan menerima pekerjaan tertentu dari klien-klien tertentu. Saya menerjemahkan artikel dan dokumen untuk mereka dari Bahasa Indonesia ke Bahasa Jepang dan sebaliknya. Saya juga menulis artikel berdasarkan topik yang mereka berikan. Bayarannya cukup bagus untuk menopang kehidupan saya).

  1. Pemandu wisata (tour guide)

My father works at a tourism agency in Medan as a tour guide. He has been doing this job well for 12 years. As a tour guide, he obviously has to guide the tourists around the tourism sites in Medan and also has to take care of their needs during the travel. Yes, he has a broad knowledge about Medan and all the tourism sites, as well as speaking English fluently because we all know that there are foreign tourists from countries around the world, too. My father enjoys his job and I am so proud of him.

(Ayahku bekerja pada sebuah agensi pariwisata di Medan sebagai seorang pemandu wisata. Ayahku telah melakukan pekerjaan ini dengan baik selama 12 tahun. Sebagai pemandu wisata, tentunya beliau harus memandu para turis di beragam situs wisata di medan dan juga harus memenuhi semua kebutuhan mereka sepanjang perjalanan. Ya, beliau memiliki pengetahuan yang luas tentang Medan dan semua situs wisatanya, juga berbicara Bahasa Inggris dengan lancar karena kita semua tahu bahwa ada juga turis-turis mancanegara. Ayahku menikmati pekerjaannya dan aku bangga padanya).

  1. Fisioterapis (physiotherapist)

I work as physiotherapist in a special clinic for physiotheraphy for around 2 years now. In my job, I have to treat patients with a variety of symptomps, such as stroke, Parkinson’s disease, injuries in various parts of their body, cardiovascular disorders like a heart disease, and also their rehabilitation after heart attack or stroke. Yes, I give them a theraphy according to their needs until they feel well and educate them and their family about the disease. I work 6 days a week using a shift system with all my colleagues.

(Saya bekerja sebagai seorang fisioterapis pada sebuah klinik khusus fisioterapi selama 2 tahun. Dalam pekerjaan saya, saya harus menangani pasien dengan beragam keluhan, seperti stroke, penyakit Parkinson, injuries on various parts of their body, cardiovascular disease like a heart disease, and also rehabilitation after a heart attack and stroke. Ya, saya juga memberikan terapi sesuai kebutuhan mereka hingga mereka merasa lebih baik dan mengedukasi pasien beserta keluarganya mengenai penyakit mereka. Saya bekerja 6 hari dalam seminggu menggunakan sistem pertukaran bersama semua kolega saya).

  1. Koki (chef)

My name is Arman Mendoza and I work as a professional chef in a 5-star hotel here in Bogota, Colombia. My signature dish is Colombian cuisines, although I master differents types of cuisine from across the globe. I also take care of  the appetizers, main courses, and desserts as well as guiding my team on how to create a delicious and aesthetically pleaseing foods and drinks.

(Nama saya Arman Mendoza dan saya bekerja sebagai seorang koki professional di sebuah hotel bintang 5 di Bogota, Kolombia. Keahlian utama saya adalah masakan Kolombia, walaupun saya menguasai ragam makanan yang berbeda dari seluruh dunia. Saya juga menangani pembuatan ragam makanan pembuka, makanan utama, dan makanan penutup dan membimbing tim saya tentang bagaimana menciptakan aneka makanan dan minuman yang lezat dan enak dipandang mata).

Demikian contoh penggambaran atau deksripsi tentang sebuah pekerjaan. Melalui artikel ini, semoga teman-teman mendapatkan tambahan pengetahuan mengenai Bahasa Inggris.

 

Cara Melakukan Proofreading (How to Proofread)
Cara Menyela / Menginterupsi Pembicaraan Seseorang
Cara Menulis Email yang Sopan (How to Write a Polite Email)
Cara Bertanya dengan Sopan (How To Ask A Polite Question)
Memperkenalkan dan Mendeskripsikan Diri dalam Wawancara Organisasi
Rumus Mendeskripsikan Film dalam Bahasa Indonesia
Cara Merubah Kalimat Pasif Menjadi Aktif
Percakapan Memberi Contoh Cara/Tindakan yang Benar
Cara Mengakhiri Percakapan (How to Finish Conversation)
Words Describe Someone Voice