sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Kata/Kalimat yang Digunakan Guru dan Siswa di Dalam Kelas

Ketika kita bersekolah, atau mungkin ada dari teman-teman yang kini telah berprofesi menjadi seorang guru, kita pasti pernah memerhatikan ada bahasa-bahasa khusus yang digunakan baik oleh guru maupun siswa ketika berada di dalam kelas.

Bahasa-bahasa khusus tersebut biasanya berupa instruksi-instruksi yang diucapkan di berbagai kesempatan selama proses belajar mengajar berlangsung. Bahasa-bahasa atau ekspresi-ekspresi tersebut merupakan salah satu cara guru dan siswa saling berinteraksi di dalam kelas dan dari interaksi itu juga, siswa dapat belajar bersama.

Ekspresi atau bahasa yang digunakan di dalam kelas antara lain:

  • Please… (tolong….)
  • Good morning, Mr. … /Mrs. …/ Ms. … (selamat pagi, Pak… / Bu…)
  • Stand up and greet! (berdiri dan beri salam!)

Nah, dalam artikel kali ini, kita akan membahas beberapa ragam ekspresi atau bahasa di dalam kelas yang dipergunakan oleh guru dan juga siswa dengan menggunakan Bahasa Inggris. Mengetahui ekspresi-ekspresi yang digunakan di dalam kelas dalam Bahasa Inggris akan sangat bagus untuk menambah kosa kata Bahasa Inggris kita, yang membuat proses belajar Bahasa Inggris akan semakin mudah.

Ekspresi-ekspresi yang ada akan diterapkan dalam kalimat-kalimat berbahasa Inggris untuk memudahkan teman-teman agar teman-teman dapat mengetahui dalam kalimat seperti apa ekspresi-ekspresi tersebut digunakan.

Baiklah, mari kita langsung mulai dan memperhatikan contoh kalimat-kalimat yang sudah disiapkan di bawah ini.

Ekspresi di dalam kelas yang digunakan oleh guru kepada siswa (classroom expressions used by teachers to students)

  • Good morning, students. My name is Alfonso Gomez and I am a Chemistry teacher and also your new homeroom teacher. I hope we will have a good teacher-students relationship in the future and nice to meet each and every one of you.

(Selamat pagi, para siswa sekalian. Nama saya Alfonso Gomez dan saya adalah guru Kimia dan juga wali kelas kalian yang baru. Saya harap kita akan memiliki hubungan guru-siswa yang baik ke depannya dan senang bisa bertemu kalian semua).

  • Alright, before we move to the second part of our topic today, is there anything that you don’t understand yet? If so, please raise your hand, stand up, and state yor question.

(Baiklah, sebelum kita berpindah ke bagian kedua dalam topik kita, apakah ada yang belum kalian pahami? Jika ada, tolong angkat tangan kalian, berdiri, dan katakan pertanyaan kalian).

  • There are many William Shakespeare’s masterpieces that we can still find today— Doni and Jon, right? Guys, may I have your attention, please? We’re in the middle of an interesting topic and I will appreciate it if you listen to me.

(Ada banyak mahakarya William Shakespeare yang masih bisa kita temukan hingga hari ini— Doni dan Jon, benar? Bisakah kalian memerhatikan saya, tolong? Kita sedang berada di tengah-tengah topik yang menarik dan saya akan menghargai apabila kalian mau mendengarkan saya).

  • Alright, then, class. Now, please open your textbook page 148. Please read the passage quietly and after 10 minutes, I will ask one of you to read it loudly and clearly in front of the classroom.

(Baiklah, kalau begitu, anak-anak. Sekarang buka buku cetak kalian halaman 148. Bacalah paragraf dalam halaman itu dengan tenang dan setelah 10 menit, saya akan meminta salah satu dari kalian membacakannya dengan lantang dan lancar di depan kelas).

  • Thank you so much for paying attention during our learning process, class. You have done an excellent job and I must say I’m impressed with all of you because you guys are very smart and polite. Very well, let’s wrap up for today and we will meet again next week!

(Terima kasih banyak sudah memerhatikan selama proses belajar berlangsung, anak-anak. Kalian sudah melakukan yang terbaik dan harus saya katakan saya terkesan dengan kalian karena kalian sangat pintar dan sopan. Baiklah, demikian pertemuan kita hari ini dan kita akan bertemu lagi minggu depan!).

Ekspresi di dalam kelas yang digunakan oleh siswa kepada guru dan kepada sesamanya (classroom expressions used by students to teachers and also the fellow students)

  • Excuse me, Miss Suskins. It feels cold suddenly. May I close the window near me, please?

(Permisi, Bu Suskins. Mendadak saja cuaca terasa dingin. Dapatkah saya menutup jendela yang ada di dekat saya?).

  • Hey, Jessi! Mrs. McDonal asked us to work on this exercise in pairs. Do you mind if we can work together for this topic?

(Hei, Jessi! Bu McDonal meminta kita mengerjakan latihan ini secara berpasangan. Apakah kau tak keberatan kalau kita mengerjakan topik ini bersama-sama?).

  • Mr. Gomez? I think I know the answer for question number 3. May I wirte down the answer on the board, please, Sir?

(Pak Gomez? Saya rasa saya tahu jawaban untuk pertanyaan nomor 3. Dapatkah saya menuliskan jawabannya di papan tulis, Pak?).

  • Natalie, I was sick yesterday so I couldn’t come to school. Can I ask you about what did I miss yesterday?

(Natalie, kemarin aku sakit makanya aku tidak bisa masuk sekolah. Bolehkah aku bertanya tentang apa yang ku lewatkan kemarin?).

  • Mrs. Diaz, I couldn’t catch what you were saying earlier. Could you please explain it again to us?

(Bu Diaz, saya tidak dapat menangkap apa yang Ibu jelaskan sebelumnya. Dapatkah Ibu menjelaskan kembali kepada kami?).

Itulah contoh-contoh ekspresi Bahasa Inggris yang dipergunakan oleh guru dan juga siswa di dalam kelas. Ada baiknya apabila contoh-contoh ini dipraktekkan agar teman-teman lebih menguasainya. Selamat belajar dan semoga sukses selalu!

 

Frasa/Kata/Kalimat yang Hanya Digunakan di Kanada (Canadian English)
Cara Membuat Kalimat tentang Keharusan (Necessity) dalam Bahasa Inggris
Speaking TOEFL: Kenali Perbendaharaan Kata untuk Debat
Kata Benda Abstrak Dalam Bahasa Inggris
Penggunaan Kata Could
Kosakata Kata Tentang Nama-Nama Kejahatan / Kriminal
Macam-macam Kata Tanya dalam Bahasa Inggris (8W+1H)
Contoh Kalimat “Past Future Perfect Tense”
Contoh Kalimat Himbauan & Larangan dalam Bahasa Inggris
Memahami Perbedaan Kata Addict, Junkie, Dependent, Abusive, dan Abduct