sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Cara Mengatakan Saya Sedang Sakit

Kita semua pasti pernah atau sedang merasakan yang namanya sakit. Sakit adalah suatu masalah kesehatan yang tidak terpisahkan dari kita. Apakah sebenarnya makna atau pengertian dari kata sakit?

Sakit adalah suatu istilah untuk menggambarkan kondisi tubuh yang sedang tidak stabil atau tidak sehat, yang biasanya ditandai dengan menurunnya nafsu makan, tubuh yang terasa letih, lesu, dan lemas, serta diikuti oleh sakit kepala dan terkadang, diare. Istilah sakit dapat diterapkan pada tubuh, pikiran, dan juga jiwa.

Apabila kita mulai merasakan perasaan tidak nyaman yang diikuti kelelahan pada tubuh, bisa jadi itu merupakan pertanda kita sedang sakit. Yang harus kita lakukan ketika mulai merasakan sakit adalah beristirahat dan memakan makanan yang lebih sehat, serta meminum multivitamin agar sakit yang kita rasakan perlahan menghilang.

Namun, ketika sakit yang kita rasakan sudah membuat aktivitas kita terganggu, kita harus segera memeriksakan diri ke dokter agar dapat diketahui sakit apa yang tengah kita rasakan. Dokter akan memberikan resep obat dan kita harus patuh serta menghabiskan obat-obatan tersebut.

Di saat kita merasakan sakit, seperti yang disinggung di paragraf sebelumnya di atas, ada kalanya itu mengganggu aktivitas kita dan membuat kita tidak mampu menyelesaikan pekerjaan kita.

Apa yang harus kita lakukan ketika berhadapan dengan situasi seperti ini?

Jawabannya adalah dengan meminta izin atau memberitahu siapa saja dalam situasi dan kondisi apa saja bahwa kita sedang sakit dan harus beristirahat agar tidak semakin memperparah sakit yang kita rasakan. Ketika meminta izin atau mengatakan bahwa kita sedang sakit, kita harus mengutarakannya dengan kalimat yang baik, jelas, dan formal.

Lalu, bagaimana jika kita harus meminta izin sakit dalam Bahasa Inggris?

Tidak perlu panik atau cemas, karena artikel ini akan membantu menemukan beragam kalimat yang dapat kita gunakan untuk mengekspresikan keadaan di mana kita sedang sakit. Bersamaan dengan contoh kalimat juga akan diberikan contoh percakapan agar kita lebih mudah memahami dalam konteks seperti apa kalimat-kalimat tersebut digunakan.

Sudah siapkah? Mari kita langsung mulai saja!

  • I am having a terrible stomachache since 5 a.m. in the morning (saya merasakan sakit perut yang hebat sejak pukul 5 pagi)

Weni: Ruri, you look pale! What is happening with you?

Ruri: I am having a terrible stomachache since 5 a.m. in the morning and I feel like it will be more terrible by 12 p.m.

Weni: Why don’t you just go and tell the manager about this matter? He will probably send you home, especially in your current state. I swear you look terribly pale.

Ruri: But, I can’t just leave my works like this—

Weni: Go see the manager right now, Ruri! Or else, you will become paler and your stomachache will be getting worse.

Ruri: I… guess you’re right. It’s getting more terrible now, as we speak.

Weni: Then, what exactly are you waiting for? Hurry up and find our manager! Oh, I am coming with you. I don’t want you to faint while we try to find him.

(Weni: Ruri, kau terlihat pucat! Ada apa denganmu?

Ruri: Aku merasakan sakit perut yang hebat sejak pukul 5 pagi dan rasanya sakit perut ini akan semakin menjadi hingga pukul 12 siang.

Weni: Kenapa kau tidak pergi dan melaporkan pada manajer tentang perkara ini? Beliau mungkin akan menyuruhmu pulang, apalagi dengan keadaanmu yang seperti ini. Aku berani sumpah kau terlihat sangat pucat.

Ruri: Tetapi aku tidak bisa meninggalkan pekerjaanku seperti ini—

Weni: Temui manajer sekarang juga, Ruri! Kalau tidak, kau akan terlihat semakin pucat dan sakit perutmu akan semakin parah.

Ruri: Kurasa… kau benar. Sekarang saja, selagi kita mengobrol, sakit perutku semakin parah rasanya.

Weni: Lalu, apa lagi yang kau tunggu? Bergegaslah dan temui manajer kita! Oh, aku ikut saja denganmu. Aku tidak ingin kau pingsan selagi kita mencari beliau.)

  • I went through an awful pain since yesterday morning (saya mengalami sakit yang luar biasa sejak kemarin pagi)

Yano: This is getting out of hand and I hate being this kind of situation.

Kinan: Hey, what is wrong? Are you feeling alright?

Yano: No, Kinan. I’m not feeling alright. You see, I went through an awful pain since yesterday morning and because of the pandemic that is still going on, I can’t check myself up to the doctor.

Kinan: I know. But… maybe we can ask doctor Hilman whether he can come to our house or not. To check your condition, to be precise.

Yano: But, Kinan…

Kinan: Listen, Dear. I will only ask him whether he can come or not, and talking to him about your current health state. I won’t push him, okay?

Yano: Okay, fine. You can ask him, then.

(Yano: Ini sudah di luar kendali dan aku benci berada dalam situasi seperti ini.

Kinan: Hei, ada apa? Apa kau baik-baik saja?

Yano: Tidak, Kinan. Aku tidak merasa baik-baik saja. Kau tahu, aku mengalami sakit yang luar biasa sejak kemarin pagi dan karena pandemi yang masih berlangsung ini, aku tidak bisa memeriksakan diri ke dokter.

Kinan: Aku paham. Tapi… mungkin kita bisa menanyai dokter Hilman apakah beliau bisa datang ke rumah kita atau tidak. Untuk memeriksa kondisimu, pastinya.

Yano: Tapi, Kinan…

Kinan: Dengarkan, Sayang. Aku hanya akan menanyai beliau apakah bisa datang atau tidak, dan mengabarinya tentang kondisi kesehatanmu sekarang. Aku tidak akan memaksa beliau, oke?

Yano: Oke, baiklah. Tanyakanlah pada beliau, kalau begitu.)

  • My body is aching all over and it’s making me weak (seluruh badan saya sakit dan membuat saya menjadi lemah)

Mother: Gisel, wake up! You are going to be late for your morning online class, Honey.

Gisel: Can I skip today’s class, Mom?

Mother: Hey, you can’t say that! Unless you have a valid reason on why you want to skip today’s class, I forbid you to skip your online school.

Gisel: Mom, my body is aching all over and it’s making me weak. I’m afraid I can’t concentrate on today’s lessons. This is so painful, Mom!

Mother: Hmm, I do see that it’s hard for you to even get up from your bed. Let me check on your forehead first— ah, yes. Seems like you have a fever.

Gisel: See? That’s the valid reason why I can’t attend class for today. Please, let me rest for today and I will inform Miss Tania about this.

Mother: Alright, then. You can rest after you inform Miss Tania.

Gisel: Thank you, really appreciate it.

(Ibu: Gisel, bangun! Kamu bisa terlambat mengikuti kelas daring pagimu, Sayang.

Gisel: Bolehkah aku tidak mengikuti kelas hari ini, Bu?

Ibu: Hei, tidak boleh berkata seperti itu! Kecuali kamu punya alasan yang masuk akal kenapa kamu tidak ingin mengikuti kelas hari ini, Ibu melarang kamu untuk tidak mengikuti sekolah daring.

Gisel: Bu, seluruh badanku sakit dan membuatku jadi lemah. Aku takut aku tidak akan bisa berkonsentrasi pada pelajaran hari ini. Rasanya sakit sekali, Bu!

Ibu: Hmm, memang Ibu lihat kamu bahkan kesusahan untuk bangun dari tempat tidur. Biarkan Ibu mengecek dahimu sebentar— ah, ya. Kelihatannya kamu terkena demam.

Gisel: Benar, kan? Itulah alasan masuk akal mengapa aku tidak bisa ikut pelajaran pada hari ini. Tolong, izinkan aku beristirahat untuk hari ini dan akan kukabari Bu Guru Tania perihal kondisiku.

Ibu: Kalau begitu, baiklah. Kau boleh istirahat setelah mengabari Bu Guru Tania.

Gisel: Terimakasih, aku sungguh menghargainya.)

  • I feel like I catch a stomach flu (rasanya seperti saya terkena flu perut)

Patty: I feel like I catch a stomach flu and it’s getting harder for me to do even the simplest activity.

Kathleen: Then, what are you going to do? You realize that it’s almost impossible to go outside with this current situation and condition.

Kathleen: I don’t know anymore, Kat, to be really honest. If this illness won’t go away in two days, I will be seeing my doctor. Yes, despite the world is still upside down like this.

Kathleen: You fully know that it is risky because we don’t know if we carry the virus with us if you go out there.

Patty: I will make sure to be extra careful. I will obey all the health protocols, Kathleen, don’t you worry about that. I just want this sickness to leave my body.

Kathleen: Fine, fine, because I trust you I will let you see your doctor. Please make sure to follow all the recent rules and protocols.

(Patty: Rasanya seperti aku terkena flu perut dan semakin sulit rasanya untukku melakukan aktivitas, bahkan yang termudah sekalipun.

Kathleen: Lalu, apa yang akan kaulakukan? Kau sadar bahwa hampir tidak mungkin untuk pergi ke luar dengan situasi dan kondisi seperti sekarang ini.

Patty: Aku tidak tahu lagi, Kat, kalau aku boleh jujur. Jika penyakit ini tidak juga pergi dalam dua hari, aku akan menemui dokterku. Ya, walaupun keadaan dunia sekarang ini sedang tidak bagus.

Kathleen: Kau sadar betul bahwa hal ini sangat berisiko karena kau tidak tahu apakah kau sudah membawa virus itu bersamamu ketika kau ada di luar sana atau tidak.

Patty: Aku akan memastikan bahwa aku sangat berhati-hati. Aku akan mematuhi semua protokol kesehatan, Kathleen, jangan kau cemaskan itu. Aku hanya ingin penyakit ini pergi meninggalkan tubuhku.

Kathleen: Baik, baik, karena aku percaya padamu akan kubiarkan kau menemui doktermu. Tolong pastikan kau mengikuti semua aturan dan protokol yang ada sekarang.)

Itulah keempat ragam kalimat dalam Bahasa Inggris yang dapat kita gunakan ketika kita menyatakan diri kita sedang sakit. Contoh-contoh di atas dapat kita gunakan baik ketika kita belum mengetahui penyakit apa yang menyerang tubuh kita maupun ketika kita sudah mengetahui dengan pasti penyakit yang ada pada kita.

Demikian pembahasan kita dalam artikel kali ini. Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan dengan rutin berolahraga, tidur yang cukup selama 6 hingga 7 jam, makan banyak buah, dan mendukung sistem imun kita dengan mengkonsumsi multivitamin yang banyak dijual di apotek yang dapat kita jangkau.

Semoga sehat selalu!

 

Cara Membuat Tulisan Kita Terlihat Bagus dan Mudah Dibaca
Bagaimana Cara Meningkatkan Kemampuan Membaca dalam Bahasa Inggris
Cara Memesan Makanan dengan Bahasa Inggris di Luar Negeri
Cara Menceritakan Hobi Kita
Cara Belajar Berkomunikasi Dalam Bahasa Inggris untuk Orang Yang Pemalu
Cara Bercerita tentang Diri Sendiri dalam Bahasa Inggris
Cara Meminta Maaf dalam Bahasa Inggris
Mengatakan Harga Barang Terlalu Mahal Secara Sopan (Polite Way to Say Something is Too Expensive)
Cara Mengatakan Kamu Kasar! (How to Politely Say Someone Is Rude?)
Cara Memuji Teman Kerja (How to Compliment Colleagues at Work in English)