sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Comparative Only Adjective

Comparative adjective adalah bentuk kata sifat (adjective) dalam bahasa Inggris yang digunakan ketika kita ingin membandingkan dua kata benda (orang, tempat, benda, dsb). Misal: Rudi is taller than Agus (Rudi lebih tinggi dari Agus). “Taller” adalah bentuk comparative dari kata sifat “tall”.

Ada adjective yang hanya digunakan dalam bentuk comparative-nya saja, terutama jika bertemu dengan frasa tertentu. Jenis adjective ini dikenal dengan sebutan “comparative-only adjective”. Kata sifat yang termasuk ke dalam comparative-only adjective ini hanya ada beberapa saja. Kali ini kita akan melihat sebagiannya beserta dengan contoh penggunaan dalam kalimat.

Better than Nothing

Lebih baik daripada tidak sama sekali. Digunakan untuk mendeskripsikan situasi yang mana kita memiliki sesuatu yang tidak diperlukan atau tidak diinginkan tetapi lebih baik memiliki sesuatu tersebut daripada tidak memiliki apa-apa sama sekali. Contoh:

  • The dress is not in the shade of red I wanted, but it is better than nothing. (Gaunnya tidak dalam warna merah yang saya inginkan, tetapi itu lebih baik daripada tidak sama sekali)
  • We only managed to sell two products today, but it was better than nothing. (Kami hanya berhasil menjual dua produk hari ini, tetapi itu lebih baik daripada tidak sama sekali)
  • A: Hey, how was the food? (Hei, bagaimana makanannya?)
    B: Well, better than nothing, I guess. (Sepertinya lebih baik daripada tidak sama sekali)
    A: It was bad, eh? (Rasanya tidak enak ya?)

Better than a Kick in the Teeth

Berfungsi sama seperti “better than nothing”, yakni untuk menyatakan bahwa sesuatu itu tidak terlalu bagus dan tidak kita inginkan, tetapi itu lebih baik daripada tidak ada sama sekali. Contoh:

  • I actually need honey to sweeten my tea, but sugar is better than a kick in the teeth. (Saya sebenarnya butuh madu untuk memaniskan teh saya, tetapi gula lebih baik daripada tidak sama sekali)
  • Well, it is not what I expected, but it seems better than a kick in the teeth. (Itu bukan yang saya harapkan, tetapi sepertinya lebih baik daripada tidak sama sekali)
  • She couldn’t do things properly, but at least she was better than a kick in the teeth. (Dia tidak dapat melakukan segalanya secara benar, tetapi setidaknya dia lebih baik daripada tidak sama sekali)

Bigger than Life/ Larger than Life

Luar biasa. Digunakan untuk mendeskripsikan seseorang atau sesuatu yang memiliki penampilan, sikap, dan sifat yang lebih menonjol dari orang atau sesuatu pada umumnya.  Contoh:

  • Have you seen Mira’s new house? Its interior design is bigger than life. (Apakah kamu telah melihat rumah barunya Mira? Desain interiornya luar biasa)
  • Voldemort from Harry Potter movies is a larger-than-life character. (Voldemort dari film Harry Potter adalah tokoh yang luar biasa)
  • Lady Gaga is a unique fashion icon. Not anyone can pull off her larger-than-life fashion style. (Lady Gaga adalah ikon mode yang unik. Tidak semua orang dapat berhasil mengikuti gaya modenya yang luar biasa)

Easier Said than done

Lebih mudah dikatakan daripada dilakasanakan. Digunakan untuk mendeskripsikan sesuatu yang mudah dikatakan tetapi nyatanya sulit untuk dilakukan. Contoh:

  • Your idea is excellent, but it is easier said than done. (Ide kamu bagus sekali, tetapi itu lebih mudah dikatakan daripada dilakukan)
  • Losing weight is easier said than done. (Menurunkan berat badan lebih mudah diucapkan daripada dilakukan)
  • Do not promise something you cannot keep as some promises are easier said than done. (Jangan menjajikan sesuatu yang tidak bisa kamu tepati karena beberapa janji lebih mudah dikatakan daripada dilakukan)

More Like It

Digunakan untuk mendeskripsikan sesuatu yang lebih baik, lebih diinginkan, lebih dinikmati. Untuk menunjukkan bahwa seseorang atau sesuatu berubah menjadi lebih baik. Biasanya didahului oleh frasa “that is/ this is” dan digunakan secara lisan dalam situasi tidak formal. Contoh:

  • A: I’m finally having a date with him. (Aku akhirnya akan berkencan dengannya)
    B: That’s more like it! (Nah, begitu dong!)
  • I only spent eighty percents of my salary this month. Yep, this is more like it. (Aku hanya menghabiskan delapan puluh persen dari gajiku di bulan ini. Ya, ini lebih baik)
  • A: Here, have a taste. How is it? (Ini, silakan coba. Bagaimana?)
    B: That’s more like it! You’re getting better at making cookies. (Enak! Kamu menjadi lebih mahir dalam membuat kue)

More than One can Shake a Stick at

Banyak sekali. Digunakan untuk menunjukkan sesuatu yang memiliki jumlah yang sangat banyak. Contoh:

  • She has more sunglasses than one can shake a stick at. (Dia memiliki banyak sekali kacamata hitam)
  • We’re talking with a man with more titles than one can shake a stick at. (Kami akan berbicara dengan seorang pria yang memiliki banyak gelar)
  • There are more people in this part of building than one can shake a stick at. (Ada banyak sekali orang di bagian bangunan sebelah sini)

Older than Dirt

Sangat tua. Digunakan untuk menjelaskan sesuatu atau seseorang yang sangat tua. Contoh:

  • We’re living in a house which is older than dirt. (Kami tinggal di rumah yang sangat tua)
  • He looks older than dirt with his new hairstyle. (Dia terlihat sangat tua dengan gaya rambutnya yang baru)
  • Stop acting like you are older than dirt! (Berhenti bertingkah seperti kamu sudah sangat tua!)

Itu tadi beberapa comparative-only adjective beserta dengan contoh penggunaannya dalam kalimat. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua.

 

Clauses: Independent Clause dan Dependent Clause
Grammar-Pronoun: Apa itu Indefinite Pronoun?
Grammar: Apa itu Passive Voice (Kalimat Pasif)?
Grammar-Noun: Apa itu Noun?
Grammar Tenses: Apa itu Past Continuous Tense?
Preposition (Preposisi dalam Bahasa Inggris)
Speech: Apa itu Indirect Speech (Kalimat Tidak Langsung)?
Comparative Adverb (Kata Keterangan untuk Membandingkan)
Mengenal Lebih Jauh “Simple Past Tense”
Daftar Phrasal Verbs yang Sering Dipakai