sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Comparative Adverb (Kata Keterangan untuk Membandingkan)

Anda mungkin telah mengetahui bahwa adverb (kata keterangan) adalah jenis kata yang dapat memodifikasi adjective (kata sifat), verb (kata kerja), dan adverb lainnya. Namun, tahukah Anda bahwa sama halnya seperti adjective, adverb juga memiliki bentuk comparative atau bentuk perbandingannya? Bentuk perbandingan adverb ini lebih dikenal dengan sebutan comparative adverb.

Perbedaan Comparative Adverb dan Comparative Adjective

Penggunaan comparative adverb sering tertukar dengan penggunaan comparative adjective, karena kedua jenis comparative ini memiliki fungsi yang serupa, yakni untuk membandingkan dua hal. Meskipun demikian, ada perbedaan signifikan di antara fungsi keduanya. Comparative adjective berfungsi untuk membandingkan dua kata benda (orang, tempat, benda, dan sebagainya).

Sedangkan fungsi dari comparative adverb adalah untuk membandingkan dua kata kerja. Dalam kata lain, comparative adverb menjelaskan bagaimana, kapan, seberapa sering, dan sejauh mana suatu tindakan dilakukan. Lihatlah contoh di bawah ini untuk penjelasan lebih jelasnya:

  1. Tina is earlier than Sarah. (Tina lebih awal dari Sarah) –> Comparative adjective
  2. Tina comes earlier than Sarah. (Tina datang lebih awal dari Sarah) –> Comparative adverb

Pada kalimat nomor 1, kata earlier menerangkan Tina dan Sarah. Karena Tina dan Sarah adalah kata benda, maka earlier dalam kalimat nomor 1 termasuk ke dalam comparative adjective. Sedangkan pada kalimat nomor 2, kata earlier menerangkan kata kerja come. Anda bisa melihat di sini bahwa kata earlier menjelaskan bagaimana Tina dan Sarah datang, bahwa Tina datang lebih awal dibandingkan Sarah. Untuk itu, kata earlier pada kalimat nomor 2 adalah comparative adverb. Contoh lain:

  1. Mike is slower than Susan. (Mike lebih lambat dari Susan) –> Comparative adjective –> Menerangkan sifat Mike
  2. Mike runs more slowly than Susan. (Mike berlari lebih lambat dari Susan) –> Comparative adverb –> Menerangkan bagaimana Mike berlari

Cara Membentuk Comparative Adverb

Tidak hanya fungsinya saja yang serupa, untuk mengubah adverb menjadi bentuk comparative adverb pun memiliki cara yang serupa dengan cara mengubah adjective menjadi bentuk comparative adjective. Ada tiga metode untuk mengubah adverb menjadi comparative adverb, yakni:

  1. Metode 1: Tambahkan –er dibelakang adverb yang memiliki satu dan dua penggalan kata. Contoh: early –> earlier, soon –> sooner, fast–> faster
  2. Metode 2: Tambahkan more di depan adverb yang memiliki lebih dari dua penggalan kata. Contoh: carefully–> more carefully, seriously–> more seriously, quietly–> more quietly
  3. Metode 3: Metode menghafal untuk bentuk comparative adverb yang irregular (tidak beraturan). Contoh: badly –> worse, well–> better, much–> more

Keterangan: Terdapat beberapa adverb yang bisa menggunakan –er atau more dalam bentuk comparative-nya. Contoh: slowly–> slower/ more slowly, brightly–> brighter/ more brightly, closely–> closer/ more closely

Penggunaan Beberapa Comparative Adverb dalam Kalimat

  • Worse

Lebih buruk. Contoh: Without John, our team played worse than usual. (Tanpa John,tim kami bermain lebih buruk dari biasanya)

  • Brighter/ More Brightly

Lebih cerah. Contoh: The sun shines more brightly in this part of the world. (Matahari bersinar lebih cerah di bagian dunia ini)

  • Farther/ Further

Lebih jauh. Contoh: We drove farther than we should have. (Kita melaju lebih jauh dari seharusnya)

  • Deeper

Lebih dalam, lebih jauh. Contoh: They went deeper into an unexplored part of the forest. (Mereka pergi lebih jauh ke bagian hutan yang belum terjelajahi)

  • Closer/ More Closely

Lebih dekat. Contoh: We need to come closer so that we can enjoy the view. (Kita harus mendekat agar kita bisa menikmati pemandangannya)

  • Faster

Lebih cepat. Contoh: Time flies faster when we are together. (Waktu berjalan lebih cepat saat kita bersama)

  • Harder

Lebih keras, lebih kuat. Contoh: We have to try harder to achieve our goals. (Kita harus berusaha lebih keras untuk mencapai tujuan kita)

  • Later

Lebih lambat (dalam hal waktu). Contoh: It was so unusual that this morning my mother woke later than me. (Sungguh tidak biasanya bahwa pagi ini ibu saya bangun lebih lambat dari saya)

  • Less

Lebih sedikit. Contoh: Lisa promised herself to eat less in order to lose weight. (Lisa berjanji pada dirinya sendiri untuk makan lebih sedikit untuk menurunkan berat badan)

  • Louder/ More Loudly

Lebih keras (dalam hal suara). Contoh: Could you please talk more loudly? (Bisakah Anda berbicara lebih keras lagi?)

  • Lower

Lebih rendah, lebih bawah. Contoh: Some paintings hang lower on the wall so that children can look at them more clearly. (Beberapa lukisan menggantung lebih rendah di dinding sehingga anak-anak dapat melihatnya dengan lebih jelas)

  • More

Lebih banyak, lebih sering. Contoh: We all should exercise more to be healthier. (Kita semua harus lebih sering berolahraga untuk menjadi lebih sehat)

  • Quicker/ More Quickly

Lebih cepat. Contoh: The robbers moved more quickly as the police came. (Para perampok bergerak lebih cepat ketika polisi datang)

  • Sooner

Lebih awal, lebih cepat (dalam hal waktu). Contoh: They arrived sooner than expected. (Mereka tiba lebih cepat dari yang diperkirakan)

  • Better

Lebih baik, lebih bagus. Contoh: Edward sings better when he is alone. (Edward bernyanyi lebih baik ketika ia sendiri)

  • Earlier

Lebih awal. Contoh: The concert ended earlier due to technical problem. (Konsernya berakhir lebih awal karena ada masalah teknis)

  • Slower/ More Slowly

Lebih lambat. Contoh: The turtle wins the race although it runs slower than the rabbit. (Si kura-kura memenangkan balapannya walaupun ia berlari lebih lambat dari si kelinci)

Itu tadi penjelasan singkat tentang comparative adverb beserta dengan beberpa contoh penggunaannya dalam kalimat. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda semua.

 

Figure of Speech: Apa itu Hyperbole?
Verb -ing: Perbedaan Gerund vs Present Participle
Grammar-Adverb: Apa itu Manner Adverb?
Grammar-Conjunction: Apa itu Coordinating Conjunction?
Grammar: Apa itu Passive Voice (Kalimat Pasif)?
Grammar Tenses: Apa itu Past Perfect Tense?
Grammar: Apa Itu Determiner?
Grammar-Noun: Apa itu Collective Noun?
Perbedaan Simple Past & Past Participle
Sentence: What is Subject?