sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Cover Letter Bahasa Inggris: Pengertian dan Contohnya

Cover letter adalah salah satu dokumen yang penting untuk melamar pekerjaan. Terlebih lagi di era global seperti sekarang ini, cover letter berbahasa Inggris akan sangat berguna. Pembahasan kali ini akan mengulas mengenai cover letter Bahasa Inggris beserta contohnya.

Memahami Cover Letter Bahasa Inggris

Cover letter bisa disebut juga sebagai surat pengantar saat hendak melamar sebuah pekerjaan. Dengan menyisipkan cover letter, kita memberikan gambaran mengenai diri kepada perusahaan. Dalam cover letter juga bisa mencantumkan nilai-nilai lebih yang kita miliki untuk menjadi bahan pertimbangan perusahaan tersebut.

Berikut beberapa hal yang perlu diketahui tentang cover letter Bahasa Inggris:

  • Cover letter berbeda dengan CV

Hal pertama yang perlu diingat adalah cover letter berbeda dengan CV (curriculum vitae) atau resume. Dalam CV, kita menuliskan informasi seperti pengalaman kerja, latar belakang pendidikan, dan spesifikasi lainnya dalam bentuk daftar yang rinci.

Sedangkan dalam cover letter, kita menuliskan dalam bentuk paragraf sebagaimana sebuah surat. Cover letter dapat mencakup hal-hal yang ingin ditekankan lebih spesifik, terutama yang berkaitan dengan pekerjaan atau perusahaan yang dilamar. Meski begitu, pastikan cover letter tidak terlalu panjang dan hanya satu halaman saja.

  • Sesuaikan dengan pekerjaan atau perusahaan

Seperti yang disebutkan pada bagian sebelumnya, cover letter dapat disesuaikan dengan pekerjaan dan/atau perusahaan yang dilamar. Misalnya kita ingin melamar di bagian Finance Analyst, maka pastikan kata tersebut dimasukkan dalam cover letter.

Begitu juga dengan nama perusahaan yang dituju, pastikan untuk mencantumkan dalam cover letter. Akan lebih baik kalau kita tahu kepada siapa lamaran tersebut ditujukan, atau minimal jabatan orang yang akan menerima lamaran kita.

  • Gambarkan pengalaman kerja sebelumnya

Meskipun dalam CV sudah ada pengalaman kerja sebelumnya, tapi dalam cover letter pengalaman kerja tersebut bisa digambarkan lebih jelas dan spesifik. Terutama untuk pengalaman kerja yang sama atau berhubungan dengan posisi yang akan dilamar.

Kita bisa menuliskan apa saja yang dilakukan pada pekerjaan sebelumnya, atau capaian yang didapat dalam pekerjaan tersebut. Atau kalau posisi yang dilamar berbeda, kita bisa menjelaskan profesionalisme saat menjalankan tugas dalam pekerjaan sebelumnya.

  • Tuliskan nilai lebih untuk perusahaan

Dalam cover letter, kita bisa menuliskan nilai lebih diri yang bisa diberikan untuk perusahaan. Nilai lebih ini bisa berupa prestasi dan pencapaian yang dilakukan di pekerjaan sebelumnya. Bisa juga berupa hal-hal yang tidak tercantum dalam CV, seperti karakteristik dan kemampuan lainnya.

Agar nilai lebih yang dituliskan tepat sasaran, kita bisa mencari tahu nilai-nilai perusahaan yang akan dilamar. Bisa melihat dari website maupun media sosial perusahaan tersebut. Dengan begitu, kita dapat mencantumkan nilai lebih diri yang dirasa sejalan dengan nilai-nilai yang dipegang perusahaan.

  • Pastikan penggunaan grammar tepat

Hal terakhir yang tidak kalah pentingnya mengenai cover letter Bahasa Inggris adalah penggunaan susunan kalimat yang tepat dan sesuai dengan kaidah. Jangan sampai kita mengirimkan cover letter dengan Bahasa Inggris yang berantakan sehinga malah akan membuat kita malu sendiri.

Meski begitu, penulisan cover letter tidak harus terlalu kaku. Yang penting cover letter kita menunjukkan formalitas dan profesionalisme. Dan tentunya lagi-lagi, penggunaan grammar yang tepat.

Contoh Cover Letter Bahasa Inggris

Untuk menjadi gambaran dalam membuat cover letter, tentunya akan lebih lengkap dengan contohnya. Contoh cover letter Bahasa Inggris ini dapat digunakan sebagai referensi dan dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan. Kita juga bisa menambahkan atau mengurangi bagian yang dibutuhkan.

Berikut contoh cover letter Bahasa Inggris:

Dear Mr. Bagaskara Pramusudibyo,

I’m writing to apply for the position of Copywriter at PT. Berkah Jaya. Through my experiences and skills, I’m confident I will be an asset to your company.

I have two years of experience with the related field. In your job posting, you mention about hiring a Copywriter who can move the audience with several words. During my time in the previous job, I manage to move not only the audience, but also affect the product sales as well.

I enjoy being challenged and engaging with projects that require me to work outside my comfort and knowledge set. I also believe that learn new things and work with talented professionals are important to me and the success of your company.

I attached a copy of my resume that details my projects and experience in copywriting. I can be reached anytime via my cell-phone 0812345678 or via email at kaniaramadhani@gmail.com.

Thank you for your time and consideration. I’m looking forward to speaking with you about this opportunity.

Sincerly,

Kania Ramadhani

Berikut arti dari cover letter tersebut dalam Bahasa Indonesia:

Yth. Bapak Bagaskara Pramusudibyo,

Saya bermaksud melamar pada posisi Copywriter di PT. Berkah Jaya. Dengan pengalaman kerja dan kemampuan saya, saya percaya diri saya akan menjadi aset untuk perusahaan Anda.

Saya memiliki dua tahun pengalaman dalam bidang tersebut. Dalam postingan lamaran pekerjaan, Bapak menyebutkan mencari Copywriter yang dapat menggerakkan audience dengan beberapa kata. Pada pekerjaan saya sebelumnya, saya dapat menggerakan bukan hanya audience, namun juga penjualan produk.

Saya senang menantang diri dan bergabung dengan proyek yang membutuhkan saya bekerja diluar zona nyaman dan pengetahuan saya. Saya juga percaya bahwa mempelajari hal baru dan bekerjasama dengan para profesional yang bertalenta adalah hal penting untuk saya dan kesuksesan perusahaan Anda.

Saya melampirkan resume/ CV yang mencantumkan detail proyek dan pengalaman saya dalam copywriting. Saya dapat dihubungi kapanpun melalui telepon di 0812345678 atau email di kaniaramadhani@gmail.com.

Terima kasih atas waktu dan perhatian Anda. Saya menanti kabar untuk bisa diskusi lebih lanjut mengenai kesempatan ini.

Hormat saya,

Kania Ramadhani

Demikianlah pembahasan mengenai cover letter Bahasa Inggris, mulai dari apa saja yang harus dipahami hingga contohnya. Semoga informasi ini bermanfaat!

 

Contoh Surat Cinta Pendek dari Laki-Laki Ke Perempuan
Istilah-istilah Terkait Digital Printing dalam Bahasa Inggris Beserta Pengertiannya
Frasa Untuk Memberikan Contoh (Giving Example)
Contoh “Informal Contraction”
Contoh Dialog Expressing Intention dalam Bahasa Inggris beserta Artinya
Cara Membuat Kutipan Pada Paper / Tulisan
Contoh Daily Activity Pelajar Dalam Bahasa Inggris
Contoh Surat Bahasa Inggris untuk Teman
Contoh Deskripsi Buah-buahan
Contoh Kalimat Larangan Menggunakan Bahasa Inggris