sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Frasa/Kalimat yang Digunakan untuk Membuka Pertemuan

Phrases Used for Welcoming at Meeting

Di dunia bisnis dan usaha rasa-rasanya meeting atau pertemuan rutin diadakan. Bahkan beberapa pertemuan merupakan agenda tahunan dan juga dihadiri oleh banyak pihak termasuk relasi bisnis dan usaha. Di kantor pemerintahan sendiri agenda meeting juga sering sekali diadakan untuk melakukan koordinasi.

Nah, tidak menutup kemungkinan suatu saat akan dibutuhkan kemampuan anda dalam berbahasa Inggris pada sebuah meeting atau pertemuan perusahaan maupun kantor. Untuk mengantisipasi hal tersebut tidak ada salahnya jika anda mulai belajar untuk sedikit mengenal frasa yang berhubungan dengan acara meeting atau pertemuan. Apalagi jika anda saat ini atau suatu hari nanti berkesempatan untuk bekerja di perusahaan asing (multi national company) di Indonesia atau tinggal dan bekerja di luar negeri.

Kali ini kami akan mengajak anda mengenal beberapa frasa yang digunakan untuk menyambut tamu atau membuka sebuah agenda meeting atau pertemuan. Beberapa contoh akan kami sertakan agar anda lebih mudah dalam mempraktekannya sendiri. Yuk simak ulasan dalam artikel di bawah ini!

Apa yang harus diperhatikan?

Sebelum kita lanjut ke contoh-contoh ada baiknya kita memperhatikan beberapa hal dalam membuat frasa yang akan digunakan dalam meeting atau pertemuan:

  • Kenali apakah pertemuan tersebut merupakan acara yang formal atau informal
  • Bahasa formal cenderung serius, resmi, menghargai, dan memakai kata-kata yang sopan.
  • Bahasa informal lain lagi, bukan berarti anda menggunakan bahasa yang kasar ya atau tidak sopan. Big NO! Namun cukup gunakan saja bahasa yang membawa suasana menjadi riang, relaks, santai, nyaman dan akrab.
  • Jangan gunakan bahasa atau kalimat repititf yang membosankan.
  • Selalu pastikan siapa saja tamu yang datang dalam acara anda karena ini akan sangat berpengaruh terhadap gaya bahasa yang harus anda pakai.
  • Bersikaplah santai dan jangan mudah gugup ya, berhadapan dengan orang banyak dalam sebuah forum terkadang membuat orang grogi atau gugup.

Contoh frasa yang digunakan

Mudahnya, kita akan tampilkan beberapa contoh di bawah ini,

  • Good afternoon. On behalf of ABC’s company, it gives me great pleasure to welcome you all here this afternoon. (Selamat sore. Mewakili perusahaan ABC, sangat menyenangkan bagi saya untuk menyambut anda disini sore ini.)
  • Luckliy the weather looks in our side today. The sun and I are pleased to offer you a very warm welcome this morning. (Beruntungnya cuaca tampak mendukung kita hari ini. Matahari dan Saya senang untuk menyampaikan salam hangat menyambut anda pagi ini.)
  • All members, please join me in giving our guests today the most gracious of welcomes. (Semua anggota, mari bergabung dengan saya untuk menyampaikan kepada tamu kita hari ini sambutan yang paling ramah.)
  • Please welcome! It is heart warming to see you all gathered here today with an abundance of joy and blessed from God. (Selamat datang! Ini menghangatkan hati untuk melihat anda semua berkumpul disini hari ini dengan banyak sukacitan dan berkat dari Tuhan.)
  • Good evening. Welcome to our Company Family Gathering. It is an honor for me to share this great event with you and thank you very much for coming. (Selamat sore. Selamat datang di Pertemuan Keluarga Perusahaan. Ini adalah suatu kehormatan bagi saya untuk berbagi acara besar ini dengan anda dan terima kasih banyak atas kedatangannya.)
  • Well, good morning everyone. Since we’re all here. Let’s start the meeting today with an agenda of …….. (Baik, selamat pagi semuanya. Karena semua sudah hadir. Mari kita mulai rapat hari ini dengan agenda ……….)
  • Good evening, to make things short thanks for joining me in today’s coordination meeting. Let’s start with the presentation. (Selamat sore, untuk menyingkat waktu terima kasih sudah bergabung dengan saya pada rapat koordinasi hari ini. Mari mulai dengan presentasinya.)
  • Welcome and thanks for coming. We are here today to discuss about the upcoming event as well as evaluating our previous target achievement. (Selamat datang dan terima kasih kedatangannya. Kita disini hari ini untuk mendiskusikan tentang acara yang akan datang begitu juga dengan evaluasi terhadap pencapaian target kita yang lalu.)
  • Good morning, I thought that you all have received the copy of our agenda today. Shall we take the points in order? (Selamat pagi, saya pikir anda semua sudah menerima copy dari agenda hari ini. Haruskah kita mengambil poin-poinnya secara berurutan?)

Anda bisa menggunakan frasa yang cukup singkat dan padat seperti di atas jika membuka sebuah rapat koordinasi internal yang rutin diselenggarakan. Hal tersebut bertujuan untuk menghindari pembukaan yang bertele-tele dan cenderung menghabiskan banyak waktu.

Sedangkan untuk frasa penyambutan dalam pertemuan yang lebih informal, dan bisa digunakan untuk acara yang santai anda dapat menggunakan contoh di bawah ini,

  • Gidday! How’s it going? I though with all your happy face, today is an awesome day. Especially with so many of you guys and gals here. (Hai! Apa kabar? Kurasa dengan wajah gembira anda semua, hari ini adalah hari yang mengesankan. Khususnya dengan kehadiran anda semua disini.)
  • Hi there! Who’s ready to have a great time here? It’s gona be a terrific event. (Hi semua! Siapa yang siap untuk waktu yang menyenangkan disini? Ini sungguh akan menjadi acara yang menyenangkan.)

 

Frasa/Kalimat yang Digunakan dalam Rapat Bisnis
Four Types of Sentence in English: Empat Tipe Kalimat Inggris Berdasar Tanda Baca
Frasa/Kalimat yang Digunakan untuk Memberi Arah
Pertanyaan atau Kalimat yang Sering Diucapkan di Kebun Binatang
Kata-kata / Kalimat Percakapan Murid di Kelas
Frasa/Kalimat Meminta, Memberi, dan Menolak Opini (Ask, Give, Refuse Opinion)
Pertanyaan atau Kalimat yang Sering Diucapkan di Bandara dalam Bahasa Inggris
Percakapan Inggris: Membuat Janji Pertemuan (Making Appointment)
Frasa/Kata/Kalimat yang Digunakan dalam Perbankan
Contoh Frase dan Percakapan Ajakan Kencan dalam Bahasa Inggris