sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Frasa/Kata/Kalimat yang Digunakan dalam Menulis Essay

Phrases used in essay

Bagi mahasiswa Bahasa Inggris, membuat essay berbahasa inggris tentu saja sangat mudah. Mereka sudah familiar dengan hal itu. namun bagi anda yang bukan, dan dituntut untuk membuat suatu essay berbahasa inggris untu pekerjaan anda, syarat beasiswa atau hal lainnya, anda akan merasa kesulitan. Dalam esaay digunakan beberapa frase tertentu yang bisa memperkuat isi essay tersebut. Dalam artikel ini akan dijelaskan beberapa prase yang sering digunakan dalam essay berbahasa ingris.

1. To Start with, in the beginning, firstly, first of all (Untuk memulai/sebelumnya)

Frase ini digunakan untuk memulai essay,kalimat selanjutnya adalah kalimat awal atau pengenalan (introduction) yang akan berfungsi membuat pembaca tahu apa yang akan dibahas dalam essay tersebut.

Contoh:

  • To start with, I believe that everyone should know that healthy body coming from healthy mind. (Sebelumnya, aku percaya bahwa setiap orang pasti sudah mengerti bahwa tubuh yang sehat datang dari pikiran yang sehat)
  • First of all, let’s talk about the best way to choose the best book for children. (Sebelumnya, mari kita bicara tentang cara terbaik untuk memilih buku terbaik bagi anak-anak)

2. Furthermore, moreover, also, in addition (Terlebih lagi)

Digunakan untuk menyajikan bukti-bukti pendukung dari ide-ide atau argument-argument yang anda gunakan dalam essay tersebut.

Contoh:

  • Furthermore, there are research results that state if the body will remember everything. (Terlebih lagi, ada banyak hasil studi yang menyatakan bahwa tubuh akan mengingat apapun)
  • Also, child wills always copying the parents doing. (Terlebih lagi, anak akan selalu meniru perbuatan orang tuanya)

3. The most important thing, the most advantage of (Hal paling penting)

Digunakan untuk menunjukkan sisi positif dari pokok pikiran dan ide-ide yang anda tuangkan dalam essay tersebut. Usahakan untuk memberikan alasan-alasan terbaik yang akan membuat essay anda tidak terbantahkan.

Contoh:

  • The most important thing is that each region should have their regulations. (Hal paling penting adalah bahwa setiap daerah pasti memiliki peraturan mereka sendiri)
  • The most advantage of this study is to make sure that everyone understands the use of driving license. (Keuntungan terbesat dari studi ini adalah untuk memastika bahwa setiap orang mengerti kegunaan dari Surat Izin Mengemudi)

4. For instance, such as, like, for examples, therefore (Contohnya)

Setelah menyebutkan bukti-bukti yang mendukung, anda harus menunjukkan contoh-contoh peristiwa yang juga akan mendukung bukti-bukti tersebut.

Contoh:

  • It will be very useful if we can ride public transportation every day, for example we can ride the bus to minimize the pollution (Akan sangat berguna jika kita bisa mengendarai kendaraan umum setiap hari, contohnya kita bisa mengendarai bis untuk meminimalisir polusi)
  • There are many good places in the area, such as the river and the orchid garden (Ada banyak tempat bagus di daerah itu, seperti sungai dan kebun anggrek)

5. Despite, on the other hand, in contrast, however, even though, while, in fact (Bagaimanapun juga, nyatanya)

 Frase ini digunakan ketika anda menyatakan pandangan berlawanan yang juga akan memperkuat ide-ide anda.

Contoh:

  • On the other hand, public transportation also has the disadvantage in the term of time. (Di sisi lain, transportasi umum juga memiliki kekurangan dalam hal waktu)
  • However, it stills a good solution for anyone, to keep the temperature normal. (Bagaimanapun juga, hal tersebut masih menjadi solusi yang baik untuk setiap orang yang ingin menjaga suhu tetap normal)

6. Additionally ,again, as well, equally important (Lebih lengkapnya)

Untuk menambahkan lagi bukti-bukti lain untuk menambahkan essay.

Contoh:

  • Additionally, it also mentioned in many research that the best thing to make it clear is by giving it the best effort (Lebih lengkapnya, diberbagai penelitian juga telah disebutkan bahwa untuk memperjelas adalah dengan berusaha sebaik mungkin)

7. In other words, rather, better, with this in mind (Dengan kata lain)

Frase ini digunakan untuk menyebutkan ide yang memilki pokok pikiran yang sama dengan ide lain. Jadi ide-ide yang saling mendukung dalam satu essay.

Contoh:

  • In other words, the brick will fall if the foundation is not strong enough. So the foundation is the first thing that has to be strengthened. (Dengan kata lain, bata akan runtuh jika pondasinya tidak cukup kuat. Jadi, pondasi adalah hal utama yang harus dikuatkan)
  • With this is mind, it will give us understanding that build a great body isn’t just happen in one night. (Dengan pengertian ini, kita akan mendapat pemahaman bahwa untuk membentuk tubuh yang indah tidak terjadi dalam satu malam saja)

8. According to, referring to, based on (Menurut, berdasarkan, merujuk)

Frase tersebut digunakan untuk mencantumkan rujukan dari study orang lain, kata atau ppernyataan yang diberikan orang lain, atau ide dan pikiran yang telah tercantum di essay atau artikel lain.

Contoh:

  • According to Dr.X, it is not easy to decide whether the children are autism or the children just need more attention. (Menurut Dr.X, tidak mudah menentukan apakah anak-anak mengalami sindrom autism atau hanya membutuhkan perhatian)
  • Based on the study that had been held by the university, it is found that many people love to shops from home through their smart phone. (Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh universitas, ditemukan bahwa banyak orang yang lebih suka berbelanja dari rumah melalui telepon pintar mereka)

9. In conclusion, It can be conclude, in brief, in short (Kesimpulannya)

Frase ini berada di akhir essay yang bertujuan untuk menyimpulkan seluruh ide dan pembahasan pada essay tersebut.

Contoh:

  • In brief, we can understand that what important in building new business is to make sure that we already get the right marketing plan and costumer. (Singkatnya, kita bisa mengerti bahwa yang paling penting dalam membangun bisnis baru adalah untuk memastikan bahwa kita sudah ada pada strategi pemasaran yang temat dan target pembeli yang tepat)
  • In conclusion, it is not that bad to have extinguisher at home. (Kesimpulanya, tidak ada ruginya untuk memiliki alat pemadam kebakaran di rumah)

 

Writing Rule: Penggunaan Apostrof dan Tanda Petik (Punctuation)
Ungkapan Kepuasan dan Ketidakpuasan (Showing Satisfaction & Dissatisfaction)
Writing TOEFL: Variasi Kalimat, Cara “Mempercantik” Essay Writing
Contoh Frasa dan Percakapan untuk Front Office (Resepsionis) Di Kantor
Kalimat/Frasa untuk Menjelaskan “Safety, Rules, & Etiquettes” bagi Tour Guide
Contoh Surat Resign Umum dalam Bahasa Inggris
Membuat Surat Lamaran Pekerjaan dalam Bahasa Inggris (Cover Letter)
Cara Mudah Menulis Cerita Pendek Berbahasa Inggris
Contoh Surat Bahasa Inggris untuk Teman Tentang Liburan
Frasa Bahasa Inggris Saat Naik Kendaraan Umum