sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Frasa Untuk Mengungkapkan Kecantikan

Di dalam Bahasa Inggris terdapat frasa-frasa yang bisa dipakai untuk mengungkapkan kecantikan, baik itu untuk kecantikan diri sendiri maupun orang lain. Kali ini kita akan melihat frasa-frasa dalam Bahasa Inggris untuk mengekspresikan kecantikan tersebut. Berikut adalah frasanya:

Phrases for Expressing Beauty

  1. To be beautiful

Frasa pertama dan yang paling umum untuk mengungkapkan kecantikan adalah “to be beautiful”. Adapun pola untuk menggunakan frasa ini adalah: subject + are/ am/ is + beautiful. Contoh: You are beautiful. (Kamu cantik)

  1. To be pretty

Frasa selanjutnya untuk mengekspresikan kecantikan adalah “to be pretty”. Pola untuk menggunakan frasa ini: subject + are/ am/ is + pretty. Contoh: She is pretty. (Dia cantik)

  1. Look as pretty as always

Untuk menggunakan frasa ini, kita tinggal menambahkan subjek di depan “look as pretty as always”. Apabila subjeknya adalah orang ketiga tunggal (he/ she/ it), tambahkan s pada kata look (looks). Contoh:

    • They look as pretty as always. (Mereka terlihat cantik seperti biasa).
    • She looks as pretty as always. (Dia terlihat cantik seperti biasa)
  1. To be so adorable

“To be so adorable” adalah frasa pengungkap kecantikan selanjutnya. Ikuti pola ini untuk menyusun kalimat menggunakan frasa ini: subject + are/ am/ is + so adorable. Contoh: I am so adorable. (Aku sangat mengagumkan)

  1. Drop dead gorgeous

Frasa ini digunakan untuk mengekspresikan kecantikan yang luar biasa. Berikut adalah pola yang bisa diikuti:

I + am/ look + drop dead gorgeous

You/ we/ they + are/ look + drop dead gorgeous

He/ she/ it + is/ looks + drop dead gorgeous

Contoh:

    • I look drop dead gorgeous. (Aku terlihat sangat cantik)
    • You are drop dead gorgeous. (Kamu sangat cantik)
    • It looks drop dead gorgeous. (Itu terlihat sangat cantik)
  1. Beyond gorgeous

“Beyond gorgeous” sebenarnya adalah persamaan dari frasa “drop dead gorgous”. Contoh:

    • Tina is beyond gorgeous. (Tina sangat cantik)
    • I think my brother and I are beyond gorgeous. (Aku rasa saudaraku dan aku sangat memesona)
    • They look beyond gorgeous. (Mereka terlihat sangat cantik)
  1. I can’t take my eyes off you

Terjemahan dari frasa ini adalah “aku tidak bisa mengalihkan pandanganku darimu”. Dilihat dari terjemahannya, bisa kita lihat bahwa frasa ini secara tersirat mengungkapkan bahwa seseorang sangat cantik sehingga kita tidak bisa mengalihkan pandangan kita darinya.

  1. Take my breath away

Apabila kita melihat ada seseorang yang sangat cantik, kita bisa mendeskripsikannya dengan menggunakan frasa “take my breath away”. Arti harfiah frasa ini adalah kita sangat terpesona sehingga kesulitan bernapas. Contoh: You are so beautiful. You take my breath away. (Kamu sangat cantik. Aku tak bisa bernapas melihatmu)

  1. God’s own creation

Jika ada orang yang memuji kita dengan frasa ini, kita patut senang. Itu karena orang yang memberikan kita pujian menganggap kita luar biasa cantik. Secara harfiah, frasa ini berarti “ciptaan Tuhan sendiri”. Artinya adalah Tuhan memberikan perhatian khusus ketika menciptakan seseorang sehingga seseorang ini begitu sangat cantik memesona. Contoh penggunaan dalam kalimat: Diana is God’s own creation. I fell in love with her the first time I saw her. (Diana adalah ciptaan Tuhan yang sangat cantik. Aku jatuh cinta kepadanya saat pertama kali bertemu dengannya)

  1. Out of this world

Frasa ini mendeskripsikan kecantikan yang tiada tara. Jika diterjemahkan, frasa ini berarti “di luar dunia ini”. Itu artinya apabila seseorang adalah out of this world, berarti kecantikannya melebihi dunia ini. Contoh: I met Emma Watson in person. She’s out of this world. She’s almost unreal. (Aku bertemu Emma Watson secara langsung. Dia cantik luar biasa. Dia seperti tidak nyata)

  1. Like an angel

Frasa yang bisa digunakan untuk mengekspresikan kecantikan selanjutnya yaitu “like an angel”. Apabila diterjemahkan, frasa ini berarti “seperti malaikat”. Seperti yang telah kita ketahui, malaikat adalah makhluk sempurna. Untuk itu, jika seseorang dikatakan seperti malaikat, orang itu adalah orang yang cantik luar dalam. Contoh: I have never met someone like you before. You are like an angel to me. (Aku belum pernah bertemu dengan orang sepertimu sebelumnya. Kamu seperti malaikat bagiku)

  1. Make my heart melt

“Make my heart melt” adalah frasa selanjutnya untuk mengungkapkan keindahan. Frasa ini jika diterjemahkan berarti “membuat hatiku meleleh”. Seseorang begitu indahnya sehingga membuat hati kita meleleh. Contoh dalam kalimat: I love him. He makes my heart melt. (Aku cinta padanya. Dia membuat hatiku meleleh)

  1. Look absolutely fantastic

Seseorang yang look absolutely fantastic adalah orang dengan penampilan yang luar biasa mendekati sempurna. Contoh: Mona looks absolutely fantastic without makeup. (Mona terlihat sangat luar biasa tanpa riasan wajah)

  1. Cut a dash

Frasa ini termasuk ke dalam idiom dalam Bahasa Inggris untuk mendeskripsikan penampilan seseorang yang sangat menarik. Contoh penggunaan dalam kalimat: Wearing a red dress to the ball, Anna cut a dash. (Mengenakan gaun merah di pesta dansa, Anna berpenampilan menarik)

  1. Dressed to kill

Frasa “dressed to kill” juga termasuk ke dalam idiom Bahasa Inggris. Frasa ini memiliki arti berpakaian sangat baik, mewah, fashionable, dan menarik perhatian. Contoh dalam kalimat: She is always dressed to kill in every occasion. (Dia selalu berpakaian sangat baik di setiap acara)

  1. Dressed up to the nines

Sama seperti frasa “dressed to kill”, frasa “dressed up to the nines” juga berkaitan dengan cara seseorang berpakaian. Orang yang dresses up to the nine adalah orang yang berpakaian mewah, glamor, dan menarik perhatian. Contoh: I was dressed up to the nines for the party. (Aku berpakaian glamor untuk pesta)

  1. Look like a million dollars

Frasa ini juga termasuk salah satu idiom Bahaa Inggris yang berhubungan dengan penampilan. Orang yang dideskripsikan oleh frasa ini adalah orang yang penampilannya sangat baik, bagus, dan indah sehingga terlihat mahal. Contoh:

A: Did you cut your hair? (Apakah kamu memotong rambutmu?)

B: Yeah, do I look weird in this new hairstyle? (Apakah aku terlihat aneh dalam gaya rambut baru ini?)

A: No, you look extremely cool. You look like a million dollars! (Tidak, kamu terlihat sangat keren. Kamu terlihat sangat mahal!)

  1. As pretty as a picture

Kita bia menggunakan frasa ini untuk mendeskripsikan penampilan seseorang yang sangat cantik dan menarik. Contoh: You look as pretty as a picture in that outfit. (Kamu terlihat sangat cantik menggunakan pakaian itu)

  1. A ten

“A ten” atau “a 10” adalah frasa lainnya dalam bahasa inggris untuk mengekspresikan penampilan seseorang yang sempurna. Contoh: Dave is a ten in that jacket. (Dave sempurna menggunakan jaket itu)

  1. Look attractive

“Look attractive” artinya “terlihat menarik”. Gunakanlah frasa ini untuk mengungkapkan kecantikan seseorang. Contoh: He looks attractive when jogging. (Dia terlihat menarik saat jogging)

Selain “look attractive”, versi lain dari frasa ini adalah “to be attractive”. Adapun pola kalimat yang bisa diikuti untuk membentuk kalimat dengan memakai frasa ini adalah: subject + are/ am/ is + attractive. Contoh:

    • I am attractive. (Aku menarik)
    • They are attractive. (Mereka menarik)
    • Justin is attractive. (Justin menarik)
  1. I love the way… look

Frasa ini termasuk ke dalam frasa untuk megekspresikan kecantikan penampilan dalam Bahasa Inggris. Titik-titik pada “I love the way… look” diisi dengan kata ganti atau nama seseorang. Contoh:

    • I love the way they look. (Aku suka penampilan mereka)
    • I love the way Jason looks. (Aku suka penampilan Jason)
    • I love the way my mother looks. (Aku suka penampilan ibuku)
  1. Easy on the eyes

Frasa ini untuk mendeskripsikan orang yang sangat cantik atau tampan. Karena cantik atau tampan, kita bisa dengan mudah dan betah untuk melihat wajahnya (easy on the eyes). Contoh: Who is he? He’s so easy on the eyes. (Siapa dia? Dia enak dipandang)

  1. Head turner

“Head turner” secara harfiah adalah memutarkan kepala. Frasa ini digunakan untuk orang yang berpenampilan sangat menarik sehingga orang-orang bisa memutarkan atau mengalihkan pandangan mereka padanya. Contoh: She is such a head turner. Everyone in the room turned their heads to look at her when she entered the room. (Dia pengalih pandangan. Setiap orang di ruangan mengalihkan pandangan mereka padanya ketika dia memasuki ruangan)

How to Form Phrases for Expressing Beauty

Pada dasarnya, kita sendiri bisa membuat frasa untuk mengekspresikan kecantikan versi kita sendiri. Caranya adalah hanya dengan menggunakan kata “look” yang diikuti dengan kata sifat yang berkaitan dengan kecantikan atau keindahan. Misal: “look” yang diikuti kata sifat “gorgeous” akan membentuk frasa pengungkap kecantikan “look gorgeous” (terlihat sangat cantik).

Di bawah ini adalah beberapa kata sifat terkait kecantikan yang bisa dijadikan frasa untuk mengekspresikan kecantikan apabila digabungkan dengan “look”:

  • Appealing: Menarik
  • Alluring: Menarik, memikat
  • Amazing: Luar biasa
  • Captivating: Memikat, memesona
  • Charming: Menarik
  • Dazzling: Memesona
  • Divine: Sangat cantik
  • Enchanting: Memikat
  • Fabulous: Menakjubkan
  • Glamorous: Glamor, cantik, sangat menarik
  • Graceful: Elegan
  • Magnificent: Sangat indah
  • Marvelous: Luar biasa
  • Nice: Bagus
  • Ravishing: Cantik luar biasa
  • Hot: Seksi
  • Spectacular: Spektakuler
  • Wonderful: Luar biasa
  • Stunning: Cantik
  • Radiant: Bersinar
  • Cute: Lucu

Selain dengan menggunakan “look”, kita juga bisa menggunakan auxiliary verb (kata kerja bantu) untuk menyusun frasa pengungkap kecantikan kita sendiri. Yang termasuk auxiliary verb diantaranya adalah am, is, are, was, dan were. Pola untuk membentuk frasanya adalah subjek + auxiliary verb + kata yang terkait dengan keindahan dan kecantikan. Misal: kata yang terkait kecantikannya adalah “divine”, maka frasa yang akan terbentuk adalah “she is divine.” (Dia sangat cantik).

Kita bisa menggunakan kata terkait kecantikan yang sudah tercantum di atas untuk digabungkan dengan auxiliary verb. Kita juga bisa menggunakan beberapa kata terkait kecantikan berikut ini:

  • Good-looking: Berpenampilan menarik, cantik, tampan
  • Lovely: Cantik
  • Exquisite: Sangat indah, sangat cantik
  • Foxy: Sangat menarik
  • Sexy: seksi
  • Babe: Sangat cantik
  • Beauty: Cantik
  • Bewitching: Memikat, memesona
  • Breathtaking: Memesona
  • Dreamy: Sangat indah seperti mimpi
  • Eye-catching: Menarik
  • A goddess: Dewi
  • Irresistible: Sangat menarik
  • Smoking hot: Sangat seksi

Itu tadi beberapa frasa yang dapat digunakan untuk mengekspresikan kecantikan. Ternyata cukup banyak frasa dalam Bahasa Inggris untuk mengungkapkan keindahan.Sering-seringlah menggunakan frasa tersebut dalam kehidupan sehari-hari agar lebih cepat memahami dan mengingatnya.

 

Frasa/Kata/Kalimat yang Digunakan untuk Mengekspresikan Rasa Takut
Frasa yang Sering Digunakan untuk Menanyakan Arah
Kalimat / Frasa Bahasa Inggris Ketika Belanja (Must-Know Shopping Phrases)
Frasa/Kalimat Sopan yang Digunakan oleh Resepsionis di Hotel
Frasa/Kalimat yang Digunakan untuk Pembukaan Meeting
Frasa/Kata/Kalimat yang Digunakan dalam Perbankan
Frasa/Kalimat yang Dipakai Ketika Berbelanja dalam Bahasa Inggris
Frasa/Kalimat yang Digunakan untuk Memberi Saran
Frasa/Kata/Kalimat yang Digunakan dalam Catur
Frasa yang Digunakan untuk Membandingkan Foto dalam Bahasa Inggris