sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Frasa yang Dipakai Untuk Mengakhiri Sebuah Email

Mengakhiri sebuah email atau surat elektronik tidak sama dengan saat kita mengakhiri percakapan via telepon atau pesan singkat. Saat menutup percakapan via telepon misalnya, kita terbiasa menggunakan kata “bye” (selamat tinggal), “thanks” (terima kasih), dan “ok”.

Ketiga kata tersebut di atas sebenarnya bisa digunakan untuk menutup pembicaraan di sebuah email. Kalau saja kita sedang bertukar email dengan teman dekat atau membahas hal yang tidak penting.

Lalu bagaimana jika email yang kita kirimkan adalah email untuk urusan kantor yang tentu sifatnya profesional dan resmi ? Tentu  ketiga kata sebelumnya tidak mungkin dipakai karena akan terkesan tidak sopan.

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang bagaimana caranya mengakhiri atau menutup sebuah email dengan lebih sopan dan menghargai para pihak yang tersebut dalam email.

FRASA PENUTUP EMAIL

Di bawah ini adalah beberapa frasa yang sering digunakan untuk mengakhiri sebuah email dalam bahasa Inggris.

  • Regards

Mengakhiri email dengan regards termasuk salah satu hal yang paling sering dilakukan dan dianggap sangat wajar. Anda bisa menggunakan regards sendirian tanpa embel-embel kata-kata lain, tapi Anda juga bisa memodifikasinya dengan menambahkan kata-kata lain seperti best dan kind. Penambahan kedua kata tersebut menjadi best regards atau kind regards.

  • Best

Menggunakan kata best juga alternatif lainnya yang sebenarnya cukup klasik dipakai menutup sebuah email. Sama seperti halnya kata regards, best juga dapat dipakai sendiri atau ditambahkan kata-kata lain menjadi best wishes, all the best, ataupun best regards.

  • Looking forward to

Looking forward to… berarti Anda mengharapkan untuk mendengar kabar selanjutnya dari si penerima email. Mungkin saja Anda mengirim email untuk menanyakan hasil wawancara pekerjaan Anda di sebuah perusahaan, dan tentunya Anda tidak sabar mendengar hasilnya dari pihak rekrutmen perusahaan tersebut. Anda dapat menggunakan kalimat ini untuk mengakhiri email Anda.

Anda juga dapat menggunakan kalimat looking forward to hearing from you yang berarti “menantikan kabar dari Anda” atau “looking forward to dealing with you in the future” yang berarti “menantikan dapat berhubungan dengan Anda di kemudian hari”

  • Sincerely

Sincerely lazim digunakan untuk email yang sifatnya resmi. Namun begitu masih bisa digunakan untuk mengakhiri email yang sifatnya lebih kasual walaupun mungkin terkesan terlalu resmi. Sincerely biasanya juga dimodifikasi menjadi yours sincerely.

  • Love

Love digunakan untuk email yang tentu hanya bagi keluarga atau teman-teman dekat saja. Jangan pernah berpikir menggunakannya untuk email yang resmi ataupun profesional. Saat mengakhiri email dengan kata ini, Anda juga bisa mengubahnya menjadi lots of love.

  • Thank you

Memilih menggunakan kata terima kasih saat mengakhiri sebuah email adalah langkah yang sangat aman. Kata ini tetap akan terkesan sopan untuk hal-hal resmi dan tetap dapat menyesuaikan dalam email yang sifatnya kasual. Anda juga dapat memodifikasinya menjadi many thanks jika dirasa ucapan thank you terlalu datar.

  • Warm wishes

Warm wishes biasanya digunakan untuk email yang lebih kasual, misalnya ke keluarga ataupun teman-teman yang dekat.

  • With gratitude

Gratitude bisa diartikan sebagai ucapan terima kasih dan apresiasi pada seseorang. Sehingga jika menggunakan with gratitude sebagai cara mengakhiri email berarti Anda berterimakasih dan mengapresiasinya terkait email Anda.

  • Respectfully yours

Kalimat ini dianggap sangat resmi atau formal dan merupakan cara yang sopan untuk mengakhiri sebuah email. Itu artinya sangat sesuai untuk email yang resmi dan terkesan berlebihan jika digunakan di situasi yang santai.

  • Yours faithfully

Menurut Cambridge Dictionary, yours faithfully biasanya digunakan untuk mengakhiri email yang formal yang dimulai dengan “Dear Sir” ataupun “Dear Madam” pada awal emailnya.

Hindari menggunakan kata-kata yang seperti your friend, cheers, peace, thanks a bunch, ataupun yours truly saat mengakhiri email untuk seseorang. Karena kata-kata tersebut lebih cocok dipakai untuk email yang memang kasual.

Di bawah ini kami akan memberikan beberapa contoh bagaimana mengakhiri sebuah email dengan beberapa situasi.

  1. Melamar sebuah pekerjaan

Melamar sebuah pekerjaan biasanya dilakukan lewat email dengan disertai berkas-berkas yang dilampirkan via email juga. untuk mengakhirinya, Anda dapat menuliskannya seperti di bawah ini:

I have attached some documents as my portfolio as the requirements. You can find it on the attachment. I’m looking forward to hearing from you.

Yours sincerely,

Bella William
123456789

(Saya telah melampirkan beberapa dokumen portofolioku sebagai persyaratan. Anda dapat mengeceknya di bagian lampiran. Saya sangat menantikan mendengar kabar dari Anda)

(Hormat saya,)

Bella William
123456789

  1. Menerima lamaran pekerjaan

Terkadang pihak perusahaan memberitahukan bahwa Anda diterima bekerja via email. Untuk meresponnya, kalimat di bawah ini mungkin dapat Anda pertimbangkan.

I’m so honored and glad for this opportunity. I can’t wait to work with the people in the company. I look forward to meeting with you on Wednesday.

Thank you,

Bella William
123456789

(Saya merasa sangat terhormat dan senang untuk kesempatan ini. Saya tidak sabar untuk bekerja di perusahaan ini. Saya menantikan bertemu dengan Anda hari Rabu ini)

(Terima kasih,)

Bella William
123456789

  1. Meminta data

Permintaan data entah itu data penting ataupun tidak seringkali dilakukan via email, dan tidak ada salahnya untuk menghargai si penerima email karena Anda meminta pertolongan darinya.

I hope I’m not bothering you with this request. Thank you in advance for taking the time to respond to my request. I look forward to hear some good news from you related to my request.

Thank you,

Bella William
123456789

(Saya berharap saya tidak mengganggu Anda dengan permintaan ini. Terima kasih sebelumnya karena telah meluangkan waktu untuk merespon permintaan saya. Saya menantikan kabar baik dari Anda terkait permintaanku)

(Terima kasih,)

Bella William
123456789

Itulah beberapa hal yang sebaiknya Anda ketahui saat mengakhiri sebuah email untuk suatu keperluan apapun itu. Semoga membantu.

 

Frasa/Kalimat yang Digunakan untuk Memberi Arah
Contoh ‘English Euphemisms’
Frasa/Kalimat yang Digunakan untuk Memberi Saran
Frasa/Kalimat yang Digunakan untuk Membuka Pertemuan
Frasa Bahasa Inggris dalam Menyampaikan Pendapat
Menyatakan dan Menuliskan Waktu dalam Bahasa Inggris
Frasa/Kalimat yang Berhubungan dengan Dating
Merespon E-mail Interview
Frasa untuk Menyatakan Setuju dalam Bahasa Inggris
Menulis Pembukaan Esai