sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

How To Express Thank You (Mengungkapkan Rasa Terima Kasih)

Berterima kasih tidaklah susah. Anda tidak mesti bersusah payah saat mengucapkannya. Cukup tempatkan posisi Anda di posisi orang yang melakukan sesuatu untuk Anda. Bagaimana ? Sadar atau tidak Anda juga akan sangat menghargai jika orang yang telah Anda tolong tidak lupa mengucapkan terima kasih bukan ?

Untuk itu kali ini kita akan membahas topik tentang cara mengungkapkan rasa terima kasih dalam bahasa Inggris. Selama ini yang akrab di telinga kita adalah kata thank you, thanks, thank you very much, dan thank you so much. Padahal ada banyak kata dan kalimat yang maknanya berterima kasih.

Mari simak artikel ini hingga akhir agar kosakata Anda saat mengekspresikan rasa terima kasih lebih bervariasi.

Cara Mengungkapkan Rasa Terima Kasih dalam Bahasa Inggris

  1. Thanks / Thanks a bunch / Thanks a ton / Thanks a million / Thanks so much / Thank you / Thanks a lot / All I can say is thanks / All I can say is thank you

Deretan kalimat di atas artinya sama yakni terima kasih. Kalimatnya sederhana dan santai. Biasa digunakan jika sedang bersama teman-teman.

Contoh kalimat :

    • Thanks a million ! I really need this book. I haven’t done my homework yet since I don’t have this book. (Terima kasih banyak ! Saya sangat membutuhkan buku ini. Saya belum menyelesaikan pekerjaan rumahku karena tidak memiliki buku ini)
    • I want to watch this movie at the cinema but quite broke just to buy the ticket. It really nice of you for buying me the ticket. Thanks a ton, bro ! (Saya ingin menonton film ini di bioskop tapi tidak punya uang hanya untuk membeli tiket. Kamu sangat baik telah membelikan tiket untukku. Terima kasih banyak, saudara)
  1. I appreciate it / I really appreciate it / I truly appreciate it / I really appreciate everything you have done

Kalimat ini artinya bahwa Anda sangat menghargai apa yang telah dilakukan teman Anda untuk Anda.

Contoh kalimat :

I just can’t believe you gave this surprise party of my birthday. I really appreciate it. (Saya tidak menyangka kamu mengadakan pesta kejutan ulang tahunku. Saya benar-benar sangat menghargainya)

  1. You rock / You’re the best / You’re awesome

Saat teman Anda menolong Anda tanpa Anda harapkan sama sekali dan benar-benar membuat Anda terbantu, Anda dapat menggunakan dua kalimat ini yang berarti kamu yang terbaik.

Contoh kalimat :

I wouldn’t finish this homework at all without y You’re the best (Saya mungkin tidak akan menyelesaikan pekerjaan rumah ini tanpa bantuanmu. Kamu memang yang terbaik)

  1. I can’t thank you enough / I can’t thank you enough for / To say thank you is not enough

Jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, I can’t thank you enough berarti ucapan terima kasih saja tidak cukup, begitu pula dengan kalimat to say thank you is not enough yang bermakna sama. Hal ini hampir sama dengan kalimat I can’t thank you enough for. Hanya saja pada kalimat I can’t thank you enough for, Anda merujuk ke hal yang spesifik.

Contoh kalimat :

I can’t thank you enough for helping me fixed my broken car. (Ucapan terima kasih saja tidak cukup karena telah membantuku memperbaiki mobilku yang rusak)

  1. I’m so grateful for / I’m eternally grateful for / Eternally grateful / Beyond grateful / Grateful for your support / I’m really grateful for your help / Words can’t describe how grateful I am

Jika Anda ingin mengungkapkan rasa syukur karena telah dibantu oleh seseorang, Anda dapat mengucapkan kalimat-kalimat di atas. Kalimat di atas bermakna bahwa Anda sangat bersyukur atas pertolongan yang diberikan oleh seseorang.

Contoh kalimat :

    • I’m so grateful for having a best friend like you. You made my life easier when it was quite tough. Thank you so much. (Saya sangat bersyukur memiliki seorang sahabat sepertimu. Kamu membuat hidupku lebih mudah saat sedang dilanda kesulitan. Terima kasih banyak)
    • Don’t you know that your help means a lot to me ? Words can’t describe how grateful I am. (Tidakkah kamu tahu bahwa pertolonganmu sangat berarti untukku ? Kata-kata tidak dapat menjelaskan betapa bersyukurnya diriku)
  1. I don’t know what to say / What would I do without you ? / You shouldn’t have / How thoughtful of you

Anda pernah dikejutkan dengan seseorang yang melakukan suatu kebaikan untuk Anda dan Anda sama sekali tidak mengantisipasinya ? Misalnya, Anda sedang disibukkan dengan pekerjaan yang tenggat waktunya sebentar lagi. Anda bahkan melupakan kewajiban Anda di rumah.

Saudara Anda yang mengetahui hal ini memilih untuk meringankan beban Anda dengan mengerjakan tugas-tugas yang menjadi kewajiban Anda di rumah padahal selama ini Ia bahkan sangat jarang membantu Anda. Anda terkejut bukan ? Anda dapat mengucapkan kalimat di atas.

I don’t know what to say berarti Anda tidak tahu harus berkata apa lagi saking terkejutnya. Sementara kalimat what would I do without you artinya Anda tidak tahu apa jadinya Anda tanpa bantuannya. You shouldn’t have berarti Anda tidak ingin Ia merasa repot karena Anda. Terakhir yakni how thoughtful of you berarti betapa perhatiannya saudara Anda pada Anda.

Contoh kalimat :

I know that you’ve cleaned my room when I was busy with my work. You shouldn’t have. How thoughtful of you. Thanks a lot. (Saya tahu kamu telah membersihkan kamarku saat saya sibuk dengan pekerjaan. Kamu tidak perlu repot.  Kamu benar-benar perhatian. Terima kasih banyak)

  1. That’s very kind / It’s so kind of you to

Saat seseorang memuji pakaian yang Anda gunakan atau mengatakan hal baik tentang diri Anda, Anda dapat mengucapkan that’s very kind untuk mengungkapkan rasa terima kasih Anda. Kalimat that’s very kind bermakna Ia sangat baik (karena telah memuji Anda misalnya).

Begitu juga dengan kalimat it’s so kind of you to, hanya saja pada kalimat ini Anda langsung menyebutkan secara spesifik perbuatannya yang menurut Anda sangat baik.

Contoh kalimat :

Bella : Where do you buy your dress ? It’s so cute. It suits you. (Di mana kamu membeli pakaianmu ? Itu sangat lucu. Cocok untukmu)

Anna   : Oh, that’s very kind. I buy it online. I’ll send you the link of the store. (Oh, kamu sangat baik. Saya membelinya online. Saya akan mengirimkan   tautan tokonya)

  1. Thank you for your assistance with / Thank you for taking the time to / Thank you ever so much for / Thank you for your attention to

Kalimat di atas sifatnya lebih formal. Cocok digunakan saat sedang dalam lingkungan kantor atau situasi yang formal dan profesional. Thank you for taking the time to maksudnya adalah Anda berterima kasih karena seseorang telah menyempatkan waktunya untuk melakukan sesuatu untuk Anda.

Thank you for your assistance with berarti Anda berterima kasih karena seseorang telah membantu atau mendampingi Anda untuk mengerjakan sesuatu hal. Begitu juga dengan kalimat thank you ever so much for yang berarti Anda berterima kasih atas kesediaan orang lain meringankan beban Anda atau membantu Anda.

Thank you for your attention to berarti Anda berterima kasih karena seseorang menaruh perhatian pada sesuatu yang juga menjadi fokus perhatian Anda.

Contoh kalimat :

    • Thank you for your assistance with this problem. I truly appreciate it. (Terima kasih untuk bantuan Anda untuk masalah ini. Saya sangat menghargainya)
    • I’ve been trying to reach you today and your secretary said you’re busy with the meeting. Thank you for taking the time to call me back. I really appreciate it. (Saya berusaha menghubungi Anda hari ini dan sekretaris Anda mengatakan bahwa Anda sedang sibuk dengan pertemuan. Terima kasih banyak untuk menyempatkan waktu menghubungiku. Saya sangat menghargainya)
    • Thank you for your attention to this problem. I’m really grateful to have a coworker like you. (Terima kasih atas perhatianmu pada hal ini. Saya sangat bersyukur memiliki rekan kerja seperti Anda)
  1. I couldn’t have done it without you / Thanks for having my back / Thanks for being in my corner

Saat seseorang selalu ada untuk mendukung dan membantu Anda dalam kondisi apapun terutama saat Anda sedang susah, kalimat di atas cocok untuk digunakan saat berterima kasih atas keberadaannya di sisi Anda selama masa-masa sulit.

I couldn’t have done it without you jika diterjemahkan berarti saya tidak dapat menyelesaikannya tanpa bantuanmu. Sementara kalimat thanks for having my back berarti terima kasih karena mendukungku, begitu juga dengan thanks for being in my corner.

Contoh kalimat :

    • It’s comforting me to have a brother like you during this tough time. Thanks for being in my corner. Thanks a million. (Sangat menenangkan untukku memiliki saudara sepertimu selama masa sulit ini. Terima kasih untuk selalu berada disisiku. Terima kasih banyak)
    • Thanks for having my back on this matter. I truly appreciate it. (Terima kasih telah mendukungku dalam hal ini. Saya sangat menghargainya)
  1. I owe you

Kalimat ini berarti Anda berterima kasih dan berharap suatu saat nanti dapat melakukan suatu hal yang sama dengan apa yang dilakukannya untuk Anda yakni menolongnya. Anda merasa berutang kebaikan padanya dan berharap membalasnya suatu saat nanti.

Contoh kalimat :

Thanks for staying late tonight and help me to finish the task. I owe you one. Just tell me if you need me someday. (Terima kasih karena bersedia lembur dan membantuku menyelesaikan tugas ini. Saya berutang padamu. Katakan saja jika suatu saat nanti kamu membutuhkan bantuanku)

Masih banyak ungkapan untuk mengekspresikan rasa terima kasih. Mulai dari yang santai hingga sifatnya profesional. Untuk saat ini beberapa contoh yang kami berikan dapat Anda gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Selamat mencoba.

 

Mengekspresikan Rasa Cinta, Amarah, Malu, dan Kekesalan dalam Bahasa Inggris
Contoh Surat Bahasa Inggris: Berterima Kasih atas Pembayaran
Contoh Surat Ucapan Terima Kasih kepada Orang Tua dalam Bahasa Inggris
Percakapan Menanyakan Rasa Makanan dalam Bahasa Inggris
Cara Mengungkapkan Larangan (Expressing Prohibition)
Cara Mengungkapkan Kewajiban / Keharusan (Expressing Obligation)
Mengeluarkan Ide dengan Jelas (How to Express Ideas in English Clearly)
Percakapan Mengungkapkan Sudut Pandang Pendapat (Expressing Point of View)
Berbagai Ungkapan Terima Kasih dalam Bahasa Inggris
Kata, Kalimat, atau Ungkapan yang Mengekspresikan Rasa Penasaran