sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Hubungan Persaudaraan: Sibling, Brother, Sister, Only Child, Relative

Menjadi bagian dalam sebuah keluarga memberikan kita hubungan persaudaraan, seperti kakak, adik, sepupu, dan lain sebagainya. Pada pembahasan kali ini, kita akan mengulas mengenai hubungan persaudaraan dalam Bahasa Inggris.

Langsung saja simak pembahasannya dibawah ini, ya!

Sibling

Sibling merupakan saudara yang sama-sama memiliki kedudukan sebagai anak dalam keluarga. Sibling bisa digunakan untuk saudara yang lebih tua maupun yang lebih muda, atau yang dikenal juga dengan sebutan kakak dan adik. Sibling juga dapat digunakan untuk semua jenis kelamin, baik saudara laki-laki maupun perempuan.

Berikut beberapa contoh penggunaan kata sibling secara umum:

  • I have five siblings and I’m the oldest one. (Saya punya lima orang saudara kandung dan saya adalah anak paling tua)
  • There is a sibling rivalry between Thor and Loki. (Ada persaingan saudara antara Thor dan Loki)

Sibling dapat berupa saudara kandung atau yang memiliki hubungan darah, memiliki orangtua yang sama baik salah satunya saja atau keduanya. Namun sibling bisa juga digunakan untuk saudara yang tidak memiliki hubungan darah. Lebih jelasnya akan dibahas pada bagian selanjutnya.

Blood related sibling

Sibling biasanya menunjukkan hubungan saudara kandung yang terikat dengan darah. Berikut beberapa istilah sibling yang memiliki hubungan darah atau blood related siblingi:

  • Full sibling: saudara kandung yang memiliki kedua orangtua yang sama. Hubungan saudara ini yang paling umum ditemukan dalam masyarakat, dan biasanya disebut sibling
  • Half-sibling: saudara tiri yang berasal dari salah satu orangtua saja, bukan keduanya. Misalnya saudara satu ibu, yang berarti memiliki ayah berbeda. Atau saudara satu ayah, yang memiliki ibu berbeda.

Non-blood related sibling

Selain hubungan darah, ada juga sibling yang tidak memiliki hubungan darah. Hubungan persaudaraan ini disebut juga dengan non-blood related sibling. Berikut beberapa istilah dalam non-blood related sibling:

  • Stepsibling: saudara tiri yang tidak memiliki orangtua yang sama. Biasanya saudara tiri ini terhubung karena pernikahan kedua dari orangtua mereka. Misalnya dalam sebuah keluarga sang ayah memiliki anak dari pernikahan sebelumnya, dan sang ibu juga demikian. Maka kedua anak ini merupakan saudara tiri yang memiliki kedua orangtua kandung yang berbeda.
  • Adoptive sibling: saudara angkat. Bisa jadi merupakan saudara yang diangkat anak oleh orangtua kandung. Atau bisa juga sesama anak angkat yang diasuh dalam sebuah keluarga.
  • Foster sibling: saudara yang terhubung karena tinggal di panti asuhan yang sama.
  • Sibling inlaw: saudara dari suami atau istri, dikenal juga dengan sebutan saudara ipar.
  • Cosibling: pasangan dari sibling in-law, yaitu suami atau istri dari saudara ipar.

Brother & Sister

Selanjutnya kita akan membahas hubungan persaudaraan yang masih berhubungan dengan sibling, yaitu brother dan sister. Brother dan sister merupakan saudara yang termasuk ke dalam sibling, yaitu saudara laki-laki dan saudara perempuan.

Brother adalah saudara laki-laki, baik lebih tua maupun lebih muda. Berikut beberapa penggunaan kata brother dalam Bahasa Inggris:

  • I always fight with my younger brother because he keeps getting on my nerves. (Aku selalu bertengkar dengan adik laki-lakiku karena dia terus membuatku kesal)
  • My older brother is overprotective and I can’t get any friend. (Kakak laki-lakiku terlalu protektif dan aku nggak bisa dapat teman)

Sedangkan sister adalah saudara perempuan, baik lebih tua maupun lebih muda. Berikut beberapa penggunaan kata sister dalam Bahasa Inggris:

  • My younger sister broke my toys again! (Adik perempuanku merusakkan mainanku lagi!)
  • I got scolded by my older sister because I wear her dress without permission. (Aku dimarahi kakak perempuanku karena aku pakai bajunya tanpa izin)

Only Child

Only child adalah anak tunggal atau anak satu-satunya dalam sebuah keluarga. Only child tidak memiliki saudara kandung atau sibling. Berikut beberapa contoh penggunaan kata only child dalam Bahasa Inggris:

  • I’m the only child in the family, I got no brother or sister. (Aku anak satu-satunya dalam keluarga, aku tidak punya saudara laki-laki atau perempuan)
  • Since she is the only child, she doesn’t know how it feel to have sibling. (Karena dia adalah anak tunggal, dia tidak tahu bagaimana rasanya punya saudara)

Relative

Relative adalah anggota keluarga lainnya diluar keluarga inti, biasanya merupakan sanak saudara dari keluarga besar. Bisa merupakan saudara yang masih memiliki hubungan dekat, seperti paman, bibi, atau sepupu. Namun bisa juga saudara yang jaraknya lebih jauh, seperti paman dari sepupu ayah.

Berikut contoh penggunaan kata relative dalam Bahasa Inggris:

  • My family is such a really big family and I have many relatives. (Keluargaku adalah keluarga yang sangat besar dan aku punya banyak saudara)
  • I have a distant relative in that town. (Aku punya saudara jauh di kota itu)

Salah satu yang termasuk ke dalam relative adalah cousin atau sepupu. Saudara sepupu merupakan anak dari paman atau bibi, yang biasanya dianggap seperti kakak atau adik sendiri. Apalagi jika saudara sepupu tersebut tidak terlalu jauh jarak usianya.

Berikut contoh penggunaan kata cousin dalam Bahasa Inggris:

  • I’m pretty close with my cousin Dina because we’re at the same age. (Aku cukup dekat dengan sepupuku Dina karena kami sebaya)
  • Every weekend, I get together with my cousins at grandpa’s home. (Setiap akhir pekan, aku berkumpul dengan sepupu-sepupuku di rumah kakek)

Demikianlah pembahasan mengenai hubungan persaudaraan dalam Bahasa Inggris. semoga informasi ini bermanfaat!

 

Percakapan Pribadi Menanyakan Status Hubungan dan Domisili
Kosakata Seputar Hubungan (Dating & Marriage)
Hubungan Persaudaraan: Sibling, Brother, Sister, Only Child, Relative
Perbedaan Sister, Brother, Sister in Law, Brother In Law, Big Brother, Little Sister
Grammar-Pronoun: Apa itu Relative Pronoun?
Apa itu Relative Clause?
Frase untuk Mendeskripsikan Status Hubungan