sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Jawaban Wawancara Seberapa Baik Bekerja dengan Orang Lain

“Kekuatan dari sebuah tim adalah setiap anggotanya. Kekuatan dari tiap anggota adalah timnya” – Phil Jackson.

Ketika kita dihadapkan pada suatu wawancara, terutama sekali wawancara kerja, akan ada banyak pertanyaan yang disiapkan dan ditanyakan pada kita. Pertanyaan-pertanyaan yang diajukan dalam wawancara bertujuan untuk mengukur kemampuan kita sebagai calon karyawan baru dan menilai bisa atau tidaknya kita bekerja di kantor mereka. Salah satunya adalah pertanyaan tentang bekerja dalam tim atau bekerja dengan orang lain.

Saking pentingnya kerja sama dalam sebuah tim atau mampukah kita bekerja sama dengan orang lain, pertanyaan tentang hal ini dipastikan akan sering muncul.

Lalu, jawaban seperti apa yang dapat kita berikan ketika dihadapkan dengan pertanyaan seperti itu? Kali ini kita akan membahas beberapa contoh jawaban untuk pertanyaan wawancara tentang bekerja dengan orang lain dalam bentuk percakapan. Mari kita mulai belajar!

Contoh 1:

HRD member: You have answered all the basics questions given to you. Just one final question before we end this interview session, Miss Chopra. Are you good in working with your soon-to-be colleagues in this office?

Vinaya Chopra: Yes, I’m quite good at social skill and also working with people. When I was in an internship before I graduated from university, I met a lot of amazing people and I learnt a lot from them. From that experience, I managed to expand my skill that is needed in this office.

HRD member: That is an impressive answer, Miss Chopra. You will be informed of your interview result in a week. While waiting for the notification, please refrain yourself from applying a job application in other places until you get the result from us.

Vinaya Chopra: Understood, Sir. I will be waiting for the result and I thank you for this nice interview session.

(Anggota HRD: Anda sudah menjawab semua pertanyaan umum yang diberikan kepada Anda. Hanya satu lagi pertanyaan akhir sebelum kita akhiri sesi wawancara ini, Nona Chopra. Apakah Anda mampu bekerja sama dengan calon kolega Anda di kantor ini?

Vinaya Chopra: Ya, Pak. Saya cukup baik dalam kemampuan bersosialisasi dan juga bekerja dengan orang lain. Ketika saya magang sebelum saya lulus dari universitas, saya bertemu banyak orang yang luar biasa dan saya belajar banyak dari mereka. Dari pengalaman tersebut, saya berhasil mengembangkan kemampuan saya, yang mana dibutuhkan di kantor ini.

Anggota HRD: Itu tadi merupakan jawaban yang bagus sekali, Miss Chopra. Anda akan dihubungi mengenai hasil wawancara Anda dalam satu minggu. Sementara menunggu pemberitahuan, tolong tahan diri Anda dari melamar pekerjaan di tempat lain sampai Anda mendapatkan hasil dari kami.

Vinaya Chopra: Dimengerti, Pak. Saya akan menunggu hasilnya dan terimakasih atas sesi wawancara yang baik ini.)

Contoh 2:

Mrs. Granger: Just for your information, our office values individual skills. But, we also value people who can work well with their teammates because teamwork is very important here. So, Mr. Stones, do you think you work well with all the people in an office?

Jared Stones: I do think so, yes. It’s a wonderful thing to be working with people from different ages, with so many abilities and experince. Working with other people is an enjoyable experience for me. Plus, I know how to communicate in a good way and listen to what my teammates have to say regarding the work matters. Also, I’m ready to be a mediator if there’s any problem in my team.

Mrs. Granger: That is really an extraordinary answer, I must admit. That shows you are ready to face everything with your teammates. Well done, Mr. Stones. You convince me so hard at this point and we shall see the result in three or four days from now.

Jared Stones: That is a huge compliment, Mrs. Granger, thank you so, very much.

(Ny. Granger: Supaya Anda ketahui, kantor kami menghargai kemampuan-kemampuan individu. Namun, kami juga menghargai orang-orang yang bisa bekerja baik dengan teman satu timnya karena kerja tim sangat penting di sini. Jadi, Tn. Stones, apakah Anda pikir Anda adalah orang yang bekerja dengan baik dengan orang-orang di dalam kantor?

Jared Stones: Saya rasa begitu, ya. Sangatlah luar biasa bisa bekerja dengan orang-orang dari berbagai rentang usia, dengan banyak keahlian dan pengalaman. Bekerja bersama orang lain adalah pengalaman yang menyenangkan untuk saya pribadi. Tambahan, saya paham bagaimana berkomunikasi dengan baik dan mendengarkan apa yang ingin dikatakan teman setim saya yang berkaitan dengan pekerjaan. Juga, saya siap menjadi penengah apabila ada masalah dalam tim saya.

Ny. Granger: Itu adalah satu jawaban yang luar biasa, harus saya akui. Jawaban Anda menunjukkan bahwa Anda siap menghadapi apapun bersama tim Anda. Bagus sekali, Tn. Stones. Anda benar-benar meyakinkan saya di tahapan ini dan kita akan lihat bagaimana hasilnya dalam tiga atau empat hari dari sekarang.

Jared Stones: Itu adalah sebuah pujian yang besar sekali, Ny, Granger, terimakasih sekali.)

Contoh 3:

Benny: All of the answers you have given me were very impressive, Mr. Lukman. However, there is one important thing I want to know. In this company, we value both personal and team works highly. As someone who applies for a job here, how are you feeling about working with people with various skills and experience?

Lukman: I’m comfortable working with those kind of people you describe. Generally speaking, I get along with so many kinds of people with different personalities, skills, and also experience. While I can learn from them, being on a team allows us to work together to get things done with both our individual and team abilities.

Benny: So… if we hire you, it means that you are ready to be placed in a team, if necessary?

Lukman: I am very ready if the company hires me and places me in a team. I’m willing to learn, work, and grow with them alongside with the company.

Benny: That is marvelous! Alright, Mr. Lukman, I hereby state that you are hired. Tomorrow, you can come to sign the contract paper. For the start, we will hire you for 1 year.

Lukman: That is fantastic, thank you so much, Mr. Benny!

(Benny: Semua jawaban yang sudah Anda berikan mengagumkan, Saudara Lukman. Namun, ada satu hal penting yang saya ingin ketahui. Di kantor ini, kami menghargai kerja individu dan kerja tim dengan tinggi. Sebagai seseorang yang melamar kerja di sini, bagaimana perasaan Anda harus bekerja dengan orang-orang dengan berbagai kemampuan dan pengalaman?

Lukman: Saya merasa nyaman bekerja dengan tipe-tipe orang seperti yang Anda deskripsikan. Bila berbicara secara umum, saya akrab dengan banyak orang dengan kepribadian, kemampuan, dan juga pengalaman yang beragam. Sembari belajar dari mereka, bekerja dalam tim membuat kami bekerja sama untuk menyelesaikan berbagai pekerjaan dengan kemampuan personal dan tim.

Benny: Jadi… jika kami mempekerjakan Anda, apa itu berarti Anda siap ditempatkan dalam tim, jika dibutuhkan?

Lukman: Saya sangat siap jika perusahaan mempekerjakan saya dan menempatkan saya ke dalam tim. Saya siap belajar, bekerja, dan bertumbuh bersama mereka dan juga kantor ini.

Benny: Mengagumkan! Baiklah, Saudara Lukman, dengan ini saya nyatakan bahwa Anda kami pekerjakan. Besok, Anda boleh datang untuk menandatangi surat kontrak. Untuk awalnya, kami akan mempekerjakan Anda selama 1 tahun.

Lukman: Sungguh luar biasa, terimakasih sekali, Pak Benny!)

Contoh 4:

Elena York: I’m quite interested in the way you answers all the previous questions and also your personality. Say… from your point of view as a worker, do you feel more at ease working on your own or working with different people in a group?

Yejun Kim: Madam York, I can say and assure you that I feel at ease working on my own and also working in a group. We can combine what we have, such as working abilities, to finish the works earlier. Also, I value communication in a group, so that when we have a challenge to face, we can overcome it together.

Elena York: Oh, I didn’t expect that, but that is one smart answer, Mr. Kim! I’m amazed at how clever of you to say that. With that being said, your interview is over. We will contact you in 4 days about the result. Until that time, I hope you stay healthy, Mr. Kim.

(Elena York: Saya cukup tertarik dengan cara Anda menjawab semua pertanyaan sebelumnya dan juga kepribadian Anda. Katakan… dari sudut pandang Anda sebagai seorang pekerja, apakah Anda merasa lebih mudah bekerja sendirian atau bekerja dengan beragam orang dalam sebuah grup?

Yejun Kim: Nyonya York, saya bisa katakan dan yakinkan Anda bahwa saya merasa mudah bekerja sendirian dan juga bekerja dalam grup. Kami bisa menggabungkan apa yang kita miliki, seperti kemampuan dalam bekerja, untuk menyelesaikan semua pekerjaan lebih awal. Saya juga menghargai komunikasi dalam grup, jadi ketika kami menghadapi sebuah tantangan, kami bisa melaluinya bersama.

Elena York: Oh, saya tidak menyangkanya tetapi itu adalah jawaban yang cerdas, Mr. Kim! Saya kagum pada kepandaian Anda mengatakan itu. Dan dengan ini, wawancara Anda sudah selesai. Kami akan menghubungi Anda dalam 4 hari mengenai hasilnya. Sampai saat itu tiba, saya harap Anda senantiasa sehat, Mr. Kim.)

Itulah 4 contoh percakapan dalam Bahasa Inggris tentang bagaimana menjawab pertanyaan dalam wawancara tentang bagaimana kita bekerja dengan teman dalam grup atau tim yang dapat artikel ini berikan. Tetap semangat dalam menggapai pekerjaan impian teman-teman semua!

Artikel Lainnya

Jawaban Pertanyaan Interview: Describe What You Do In Your Current Position
Jawaban Pertanyaan Interview: ‘TELL ME ABOUT A TIME YOU DISAGREED WITH A DECISION. WHAT DID YOU DO ?’
Memperkenalkan Diri dengan Sopan dalam Suatu Wawancara
Jawaban Wawancara Seberapa Baik Bekerja dengan Orang Lain
Contoh Percakapan Wawancara Kerja dalam Bahasa Inggris & Artinya
Jawaban Interview: How Do You Handle Failure?
Job Interview: What Did You Like Least About Your Last Position?
Jawaban Pertanyaan Interview: What Makes You Unique?
Contoh Jawaban Interview: Why do you want to leave (or have left) your current job?
Jawaban Pertanyaan Wawancara Seputar Gaji yang Diinginkan

 

Jawaban Pertanyaan Job Interview: “Why Do You Want To Leave Your Current Job?”
Contoh Pertanyaan & Jawaban untuk Melanjutkan Obrolan dalam Bahasa Inggris
Berbagai Jawaban untuk Pertanyaan “How Was Your Day”
Mempersiapkan Diri dalam Interview Kerja Bahasa Inggris
Jawaban Interview: How Do You Handle Stress and Pressure?
Contoh Pertanyaan dan Jawaban untuk Anak-Anak
Contoh Pertanyaan dan Jawaban Ice Breaking dalam Bahasa Inggris
Berbagai Jawaban untuk Pertanyaan “Why Did You Apply This Position?”
Contoh Percakapan Inggris: Wawancara Kerja untuk Guru Bahasa Inggris
Jawaban Pertanyaan Interview: Why do you want this job?