sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Kapan Menggunakan ‘Hanged’ atau ‘Hung’ dalam Bahasa Inggris

Bahasa Inggris memang tidak mudah untuk dipelajari pada awalnya. Akan tetapi, dengan membiasakan diri dengan tata bahasa asing satu ini, pasti semua orang dapat menguasainya pada akhirnya.

Salah satu hal yang sering menjadi kesulitan bagi banyak orang dalam mempelajari bahasa Inggris adalah membedakan beberapa kosakata atau bentuk kata kerja yang sepertinya sama tetapi memiliki arti yang berbeda. Bahkan terkadang, perbedaan antara dua kosakata yang terlihat sama saja ternyata sangat bergantung pada penggunaannya.

Salah satunya adalah ketika kita harus membedakan kapan menggunakan hanged atau hung dalam bahasa Inggris. Tentu keduanya memiliki arti yang sama dalam bahasa Indonesia, yaitu digantung. Namun ternyata, terdapat peraturan sendiri untuk mengetahui konteks mana yang tepat untuk menggunakan salah satunya.

Lalu apa sebenarnya perbedaan dari kedua kata tersebut dan kapan sebaiknya kita menggunakannya masing-masing? Mari simak penjelasan lebih mendalam berikut ini.

Bentuk Lampau Dari Kata Hang

Baik hanged atau hung merupakan bentuk lampau dari kata kerja to hang yang berarti gantung. Akan tetapi, terdapat perbedaan dalam cara penggunaannya, tepatnya konteks kalimat yang akan menampung kata kerja tersebut.

Hung merupakan bentuk lampau dari kata kerja to hang, dan artinya adalah menggantung atau digantung. Namun hal yang digantung biasanya adalah benda seperti baju, lukisan, dan lain sebagainya.

Sedangkan Hanged merupakan bentuk lampau dari kata kerja to hang yang juga memiliki arti menggantung atau digantung. Tetapi bentuk ini digunakan apabila konteksnya adalah menggantung atau membunuh manusia. Arti lebih jelasnya adalah membunuh seseorang dengan menggantungnya menggunakan tali di lehernya. Maka jelas bahwa kedua bentuk lampau dari kata kerja yang sama tersebut ternyata memiliki arti yang sangat berbeda.

Kapan Menggunakan Hung

Pakaian dapat digantung dengan menggunakan gantungan baju dan lukisan dapat digantung di tembok. Untuk memudahkan, biasanya orang-orang selalu mengingat bahwa hung adalah untuk benda dan hanged adalah untuk manusia.

Namun hal tersebut tidak selalu berlaku karena ada beberapa situasi yang membuat orang tergantung tetapi tidak menyebabkan kematian. Contohnya ketika seseorang menggantung ke tali ketika akan bermain flying fox, maka bentuk lampau yang akan digunakan adalah hung karena bukan digantung untuk membunuh.

Sebagai contoh yang lebih jelas, berikut ini adalah sejumlah kalimat yang secara benar menggunakan bentuk kata kerja hung.

Once I moved into my new apartment, I hung all of my clothes on a hanger and put them in the closet (Setelah saya pindah ke apartemen baru saya, saya menggantung seluruh pakaian saya di gantungan baju dan menaruhnya di dalam lemari)

I hung a drawing made by my 4 years old son on my living room wall (Saya menggantung gambar yang dibuat oleh anak saya yang ebrumur 4 tahun di tembok ruang tamu)

To maintain the safety during this bungee jumping activity, the participants must be hung tightly to be able to get hauled back up (Untuk menjaga keamanan selama kegiatan bungee jumping, para partisipan harus digantung dengan erat agar dapat ditarik kembali ke atas)

Kapan Menggunakan Hanged

Apabila Anda kebingungan harus menggunakan hung atau hanged dalam suatu kalimat, Anda bisa melihat apakah kalimat tersebut membicarakan tentang pembunuhan atau bunuh diri. Apabila iya, maka bentuk yang cocok untuk digunakan adalah hanged. Sebagai contohnya, berikut ini adalah beberapa kalimat yang menggunakan kata hanged.

He was hanged for murder in the year 1920 (Dia digantung karena membunuh pada tahun 1920)

It is not rare for a mentally ill patient to commit suicide, one of the most famous way is when they hanged themselves (Tidak jarang untuk seorang pasien penyakit mental untuk melakukan bunuh diri, salah satu cara paling terkenal untuk melakukannya adalah ketika mereka menggantung diri)

It was acceptable back in the day to see a man hanged in the square (Dulu dapat diterima untuk melihat seseorang digantung di lapangan)

Sulitnya Membedakan Hang dan Hung

Dahulu kala, tidak jarang ketika seorang penjahat tertangkap dan dieksekusi di umum dengan cara digantung. Oleh karena itu, sering kali sejarah zaman dulu menuliskan bahwa seseorang digantung. Tetapi terkadang penggunaan hanged dan hung dapat digunakan dalam satu konteks yang sama. Contohnya untuk menunjukkan seseorang digantung hingga meninggal, maka tetap menggunakan hanged, tetapi untuk menjelaskan orang tersebut tetap tergantung selama beberapa lama, maka menggunakan hung. Berikut ini adalah contoh kalimatnya.

The criminal was hanged as a way of execution in 1809. He was hung for a week at the centre of the city. (Sang kriminal digantung sebagai cara eksekusi di tahun 1809. Dia digantung selama seminggu di pusat kota)

Selain kesulitan membedakan penggunaan hanged dan hung yang bisa digunakan dalam satu konteks yang sama, beberapa frasa yang memuat kata hang juga dapat membingungkan beberapa penulis. Contohnya frasa hang out yang tidak ada hubungan dengan gantung, tetapi justru berarti nongkrong dalam bahasa Indonesia. Sedangkan bentuk lampaunya adalah hung out bukan hanged out. Sebagai contohnya, berikut ini adalah kalimat yang menggunakan hang out dan hung out.

My friends and I hang out at my family’s villa to spend the summer (Teman-teman dan saya nongkrong di villa milik keluarga saya untuk menghabiskan musim panas)

We hanged out at my family’s villa last summer (Kami nongkrong di villa milik keluarga saya musim panas yang lalu)

Selain itu, ada juga frasa lain dalam bahasa Inggris yang menggunakan hung tetapi memiliki arti yang sangat berbeda. Frasa hung up dalam bahasa Inggris biasanya memiliki arti reaksi berlebihan seperti kesal atau marah terhadap sesuatu yang biasa saja. Sebagai contohnya, berikut ini adalah kalimat yang menggunakan hung up.

I know I forgot to call you today, but I was busy with work, don’t get so hung up on it (Saya tahu saya lupa menghubungi Anda hari ini, tapi saya sibuk dengan kerjaan, jangan terlalu kesal karena itu)

Itulah dia penjelasan lengkap mengenai kapan seharusnya menggunakan hanged atau hung dalam bahasa Inggris. Semoga dapat membantu Anda dalam mempelajari bahasa Inggris lebih baik.

 

Cara Menggunakan Koma dengan Benar
Kapan Membutuhkan Tanda Pisah (Hyphen) dalam Bahasa Inggris
Kapan Menggunakan ‘You & I’ vs ‘You & Me’
Kapan Menggunakan ‘Hanged’ atau ‘Hung’ dalam Bahasa Inggris
Kapan Tanda Tanya (Question Tag) Dipakai?
Contoh-contoh Dialog Bahasa Inggris Menggunakan Passive Voice