sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Kapan Menggunakan ‘You & I’ vs ‘You & Me’

Anda yang sedang belajar Bahasa Inggris atau bahkan sudah lancar berbicara dalam Bahasa Inggris sesekali akan dibingungkan dengan penggunaan kata yang tepat dalam kalimat. Hal mudah untuk menyebutkan kata ganti orang (pronoun) terus menjadi perdebatan dan berbagai sumber menyatakan hal yang berbeda.

Penggunaan ‘You & I’ atau ‘You & Me’

Kapan menggunakan ‘You & I’ atau ‘You & Me‘adalah dua kata yang sering digunakan ketika seseorang berbicara tentang diri sendiri dan orang lain yang jadi lawan bicara. Keduanya dipakai untuk menterjemahkan “kamu “ dan “saya”. Penggunaannya berbeda sesuai dengan posisinya baik sebagai subjek atau objek.

Secara tata bahasa ketika keduanya digabungkan sebagai “kamu dan saya” menjadi baik ‘You & I’ atau ‘You & Me’. Keduanya memiliki arti yang sama. Namun, penggunaanya yang berbeda. Secara arti keduanya tidak membingungkan hanya dari sisi gramatikal.

Perbedaan “I” dan “Me”

Walaupun sudah jelas, namun mari kita bahas sedikit tentang kata ganti “saya” dalam Bahasa Inggris. Pronoun ada yang berupa subjek dan objek. Ada kata yang tetap sama, namun ada juga yang berubah.

I: Subjek

“I” berfungsi sebagai subjek dan ditempatkan pada awal kalimat. “I” berlaku sebagai nominative pronoun, yang berarti digunakan sebagai subjek pada kalimat. Berikut ini adalah contoh kalimatnya.

  • I went to the library last week. (Saya pergi ke perpustakaan minggu lalu)
  • I never like pineapple pizza (Saya tidak pernah suka pizza nanas)
  • I see you skipping school (saya lihat kamu membolos sekolah)
  • I didnt go to the dentist yesterday. (Saya tidak pergi ke dokter gigi kemarin)
  • I dont swim at the beach (saya tidak berenang di pantai)

Penggunaan kata “I” menjadi pelaku dari aksi yang dibahas dalam kalimat. Penggunaan “I” sesuai dengan tata bahasanya karena subjek berada di depan kalimat.

Kata “I” juga bisa berfungsi sebagai kata nominal pronoun setelah kata “to be”. Asalkan posisinya masih sebagai subjek maka bentuk pronoun yang digunakan masih “I”. Ini contohnya

  • It is Iwho you have been texting all this time (Itu saya yang selama ini telah berbalas pesan dengan mu).
  • It is I whom you have been taking all of your order (Itu adalah saya yang selama ini telah menerima pesanan Anda)

Pada bentuk kalimat seperti ini. Kata “I” ditulis setelah to be “is” sebagai predikat. Saya masih berposisi sebagai subjek oleh karena itu penggunaan yang tepat secara tata bahansa adalah “I” bukan “me”.

Me: Objek

Kata ganti saya ini diposisikan sebagai objek. Anda menggunakan kata ini kalau dalam kalimat berfungsi sebagai orang yang menerima aksi. Baik sebagai objek  langsung atau tidak langsung dari kata kerja atau predikat. Berikut adalah contohnya dalam kalimat.

  • Father gives me a very good advice (ayah memberikan ku nasihat yang sangat baik)
  • There is nothing else you can say to me (tidak ada lagi yang bisa kamu katakan pada ku)
  • They can not bring me down, no matter how hard they try. (mereka tidak bisa membuatku sedih, walaupun seberapa keras mereka berusaha)
  • She talks to me in a very soft voice (dia berbicara padaku dengan suara yang sangat halus)
  • Andre takes me out for dinner (Andre mengajakku keluar untuk makan malam)

Pada kalimat di atas, saya atau aku adalah objek langsung yang menerima nasihat atau perkataan. Oleh karena itu penggunaan kata ganti yang tepat adalah “me” bukan “I”

Kata “me” berfungsi sebagai objek tidak langsung ketika kalimat menyatakan kata kerja yang mengacu pada objek tertentu yang menguntungkan atau berkaitan dengan objek kata ganti orang. Ini contohnya dalam kalimat.

  • My mother bring a cup of tea for me (Ibu membawakan secangkir teh untuk saya)
  • You shouldnt to all of this painting for me (Kamu tidak seharusnya membuat lukisan ini untukku)
  • You can give the card to me (kamu dapat memberikan kartunya pada saya)
  • Dont you talk to me in that tone (Jangan berbicara denganku dengan nada seperti itu)
  • Dr Alan gives pills for me to cure my headache (Dokter Alan memberikan saya pil untuk menyembuhkan sakit kepala saya)

Pada beberapa kalimat di atas. Penggunaan kata ganti orang “me” menjadi objek dari preposition “for atau to” penggunaannya secara tata bahasa termasuk tepat. Perhatikan bahwa kalimat tetap sesuai dengan contoh sebelumnya walau ada sedikit perbedaan.

Penggunaan “you and I” atau “you and me”

Bukan hanya orang yang belajar Bahasa Inggris saja yang bingung saat menentukan kapan memakai “you and I” atau “you and me”. Karena artinya yang sama sehingga bila digunakan baik dalam percakapan atau tulisan, maknanya masih bisa dipahami.

Penggunaan “you and I” atau “you and me” menandakan ada dua orang yang melakukan atau menerima aksi. Ada kamu dan saya. Lalu bagaimana penggunaannya yang benar? Berikut adalah ulasan lengkapnya.

“you and I” sebagai subjek

Ketika I berfungsi sebagai subjek, maka walau dipasangkan dengan kata lain seperti you and I, Anna and I, The Anwar and I. Posisinya tetap menjadi subjek yang diposisikan pada awal kalimat.

Secara gramatikal penempatannya dibelakang siapa saja yang jadi pasangannya. Sebagai bentuknya dalam kalimat adalah sebagai berikut.

  • Father and I just got back from a fishing trip (ayah dan saya baru saja pulang dari perjalanan memancing)
  • You and I managed finished the project on time (kamu dan saya berhasil menyelesaikan proyeknya tepat waktu)
  • My sister and I love cat and want to adopt one (Saudara perempuan saya dan saya suka dengan kucing dan berkeinginan untuk mengadopsi satu)
  • It is you and I who should clean all of this mess (Adalah kamu dan saya yang harus membersihkan semua kekacauan ini)
  • You and I makes a great team together (kamu dan saya adalah tim yang menakjubkan bersama)
  • You and I will take a trip together next year. (kamu dan saya akan bepergian bersama tahun depan)

Pada kalimat-kalimat diatas, dapat dilihat ada dua subjek pada kalimat. Sebagai subjek mapa digunakan “I” untuk menggantikan kata saya. Berbeda lagi untuk penggunaan “me” dalam kalimat

“you and me” sebagai objek

Kata me digunakan sebagai objek baik secara langsung atau tidak langsung. Walau ada dua orang yang menerima aksi, penggunaannya tetap memakai kata “me”. Jadi bisa jadi Abby and me, you and me, atau Dr Sandra and me. Asalkan setelah predikat maka penggunaan pronoun saya menggunakan kata “me”. Berikut adalah contohnya dalam kalimat.

  • They think my friends and me are up to no good. They are very wrong. (Mereka fikir teman-teman dan saya bermaksud melakukan sesuatu buruk. Mereka salah besar)
  • The goverment gives my team and me a throphy for our victory (pemerintah memberikan tim saya dan saya piala untuk kemenangan kami)
  • The teacher gives you and me a notes for our parents. (Pak guru memberikan kamu dan saya catatan untuk diberikan kepada orang tua kita)
  • The mall security does not allow you and me in. We need to change our uniform first. (penjaga keamanan di mall tidak akan mengijinkan kau dan aku masuk. Kita perlu mengganti pakaian terlebih dahulu)
  • The nice lady down the street give you and me cookies. (wanita yang baik hati dijalan itu memberikan kamu dan saya kue)
  • The nice weather makes you and me feels right at home (cuaca yang bagus membuat kamu dan saya merasa seperti berada di rumah)

Ini adalah penggunaan “you and me” yang benar dalam kalimat yang menggunakan mutiple objects. Jangan terbalik dengan penggunaan “I” yang berfungsi sebagai subjek. Gunakan bentuk kata ganti yang benar sesuai dengan bentuk dan makna kalimatnya.

Itu adalah perbedaan dalam Bahasa Inggris untuk penggunaan “you and I” atau “you and me”. Walau maknanya sama, namun secara tata bahasa posisinya dalam kalimat perbeda antara subjek dan objek.

Tips Membedakan “You and I” atau “you and me”

Mengetahui apakah penggunaan kata ganti sudah benar atau belum dapat melakukan tips yang sederhana berikut. Untuk “you and I” atau “you and me” ada beberapa hal yang bisa diterapkan untuk memastikan pilihan kata gantinya sudah tepat.

  • Perkataan dan tata bahasa yang benar tidak selalu sama

Kita tidak selalu berbicara dengan grammar yang tepat. Namun untuk penulisan dan perbincangan yang memerlukan perkataan formal perlu memperhatikan tata bahasa yang tepat. Mungkin kita terbiasa mendengar har seperti

    • You and me together (kamu dan saya bersama-sama) yang seharusnya You and I together
    • They talk about you and I in a horrable way (mereka berbicara tentang kamu dan saya dengan cara yang sangat tidak baik.
    • There is no such thing as you and me (tidak ada yang namanya kamu dan saya) yang benar adalah there is no such thing as you and I.

Contoh kalimat tersebut terlihat dan terdengar benar dan dapat dipahami. Namun sebenarnya penempatannya yang salah. Jadi selalu mengacu pada aturan awal dari penulisan pronoun untuk menulis kalimat seperti ini yang menggunakan objek atau subjek ganda.

  • Hilangkan kata ganti di depannya

Anda dapat mengetahui apakan penempatan “you and I” atau “you and me”  sudah benar dengan menghilangkan satu kata ganti orang dan melihat apakah kalimat tetap logis. Berikut contohnya.

“My mom and me love opera” (ibu saya dan saya menyukai opera)

Hilangkan kata my mom dan Anda akan mendapatkan kalimat seperti ini

“me love opera” (saya menyukai opera) – tentu penempatannya jadi lebih jelas salah.

  • S-P-O-K

Mengetahui posisi benar tiap kata selalu dikembalikan ke format awal kalimat. Ingat bahwa belajar bahasa apapun susunan katanya selalu S-P-O-K. Walau bisa saja ada yang berbeda. Untuk mengetahui penggunaan “I” atau “me” yang benar, cari mana subjek, predikat dan objek dari sebuah kalimat.

    • You and I love hiking together (kamu dan saya suka mendaki bersama)

You and I adalah subjek, love adalah verb sebagai predikat dan objeknya adalah hiking together.

    • They say that you and me have a lot in common (mereka berkata kalau kamu dan saya memiliki banyak kesamaan)

They adalah subjek dalam kalimat. Say sebagai predikat sementara you and me adalah objeknya.

Latihan dan pertimbangan tata bahasa yang hati-hati akan membuat pilihan kata Anda menjadi lebih tertata sesuai kaidah Bahasa Inggris yang baik dan benar. Dengan demikian Anda dapat memutuskan kapan menggunakan “you & i” atau “you & me” yang tepat. Ulasan di atas seharusnya dapat menjelaskan kapan waktu yang tepat untuk penggunaan kedua kata ganti orang tersebut.

 

Contoh-contoh Dialog Bahasa Inggris Menggunakan Passive Voice
Cara Menggunakan Koma dengan Benar
Kapan Menggunakan ‘You & I’ vs ‘You & Me’
Kapan Membutuhkan Tanda Pisah (Hyphen) dalam Bahasa Inggris
Kapan Menggunakan ‘Hanged’ atau ‘Hung’ dalam Bahasa Inggris
Kapan Tanda Tanya (Question Tag) Dipakai?