sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Kata Urutan untuk Memperlihatkan Proses dalam Bahasa Inggris

Dalam membentuk sebuah tulisan, Anda pasti memerlukan kata hubung agar membuat tulisan Anda dapat dibaca dengan lebih mudah. Salah satu kata hubung yang ada adalah untuk menunjukan urutan suatu kejadian atau yang menunjukan sebuah proses.

Dalam bahasa Inggris, kata hubung semacam itu juga ada dan disebut sebagai sequence word yang menunjukan urutan dari sebuah proses. Kata hubung urutan semacam ini cocok untuk digunakan jika Anda ingin memperlihatkan ada sebuah proses atau tahap yang terjadi seperti dalam petunjuk resep atau bahkan menunjukan arah jalan.

Ada beberapa cara untuk menunjukan proses yang terjadi dengan kata hubung urutan dalam bahasa Inggris. Untuk lebih jelasnya, mari kita lihat penjelasan di bawah ini mengenai beberapa cara yang ada.

First, second, third,… (Pertama, kedua, ketiga,…)

Kata hubung urutan satu ini kurang lebih sama dengan kata hubung dalam bahasa Indonesia. Dengan menggunakan kata urutan ini Anda dengan jelas menunjukan langkah prosesnya menggunakan penomoran. Berikut ini adalah contoh sebuah tulisan yang menggunakan kata urutan jenis satu ini.

First, boil 500ml of water for 5 minutes. Second, put 1 teaspoon of coffee and 1 teaspoon of sugar in your glass. Third, pour the boiling water into your glass. Fourth, stir well with your teaspoon and let it sit for a few minutes to let the coffee powder settle.

(Pertama, rebus 500ml air selama 5 menit. Kedua, masukan satu sendok teh kopi dan satu sendok teh gula dalam gelas Anda. Ketiga, tuangkan air mendidih ke dalam gelas Anda. Keempat, aduk dengan baik menggunakan sendok teh Anda dan diamkan selama beberapa menit untuk membiarkan bubuk kopinya mengendap)

Urutan yang menggunakan nomor sebagai kata hubung seperti ini dapat dilihat paling cocok digunakan untuk resep makanan atau minuman. Karena dengan menggunakan ini, bisa terlihat jelas proses yang harus dilakukan dari awal hingga akhir.

First, next, then, finally (Pertama, selanjutnya, kemudian, akhirnya)

Walaupun sama dengan cara sebelumnya yang dimulai dengan first (pertama), namun cara satu ini berbeda karena setelah tidak menggunakan penomoran lagi melainkan kata hubung biasa. Cara seperti ini juga bisa memperlihatkan proses yang jelas namun tidak menggunakan penomoran, hanya menyebutkan langkah-langkah selanjutnya. Berikut ini adalah contoh tulisan yang bisa menggunakan kata urutan dengan cara ini.

First, take the main street on that turn. Next, go down the road until you meet an intersection and turn right. Then, when you saw the hospital on your left, go right again on the next turn. Finally, you will see the park on your right a few meters after the corner.

(Pertama, ambil jalan utama di belokan itu. Selanjutnya, lurus terus di jalan tersebut hingga Anda menemui perempatan dan belok ke kanan. Kemudian, ketika Anda melihat rumah sakit di sebelah kiri Anda, belok kanan lagi di belokan selanjutnya. Akhirnya, Anda akan melihat taman di bagian kanan Anda beberapa meter setelah belokan)

Seperti yang dapat dilihat, cara memperlihat proses dengan kata hubung satu ini lebih cocok untuk digunakan dalam situasi menunjukan arah jalan. Namun, Anda juga dapat menggunakannya dalam situasi lain yang terlihat sesuai.

Before, after, later, while, lastly (Sebelumnya, setelahnya, nantinya, sambil, terakhir)

Cara satu ini sama sekali tidak menggunakan urutan yang berhubungan dengan nomor. Cara ini juga cocok untuk digunakan dalam situasi apapun, terutama dalam situasi formal. Biasanya kata hubung yang menunjukan urutan seperti ini digunakan dalam tulisan atau pidato formal. Berikut ini adalah contoh tulisan yang menggunakan kata-kata urutan tersebut.

Before I begin my speech, I would like to thank everyone in this room for your attention. After I received my orders to give a speech in this event, I was so delighted. Later in this event, we would learn more about our environment while having a free discussion on each table. Lastly, I would like everyone here to relax and have a nice night. Thank you.

(Sebelum saya memulai pidato saya, saya ingin berterima kasih kepada semua orang di dalam ruangan ini atas perhatiannya. Setelah saya menerima permintaan untuk memberikan pidato di acara ini, saya sangat senang. Nantinya di dalam acara ini, kita akan belajar lebih banyak mengenai lingkungan kita sambil memiliki diskusi bebas di setiap meja. Terakhir, saya ingin semua orang di sini untuk rileks dan memiliki malam yang baik. Terima kasih)

Dapat dilihat bahwa cara satu ini untuk menunjukan terjadinya proses tidak terlalu linear atau sama dengan cara-cara sebelumnya. Menggunakan kata hubung urutan yang satu ini, Anda bisa melihat bahwa prosesnya tidak selalu ke depan namun sempat mundur ke belakang lalu maju ke depan lagi. Mungkin jika Anda menggunakan cara satu ini, akan cukup menyulitkan atau membingungkan jika dalam situasi yang informal.

Secara keseluruhan, sudah ada tiga cara yang dipaparkan dalam topik kali ini. Itulah dia beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk memperlihatkan suatu proses dengan menggunakan kata hubung urutan. Walaupun mungkin terlihat cukup sulit untuk diingat, asal Anda mengerti pasti dapat menggunakannya dengan baik dan benar. Semoga dapat membantu Anda dalam mempelajari bahasa Inggris lebih lanjut dan memperlancar penggunaan bahasa Inggris di kehidupan Anda sehari-hari.

 

Kata Mutiara Bahasa Inggris tentang Cinta
Frasa/Kata/Kalimat yang Digunakan untuk Mengekspresikan Rasa Takut
Kalimat atau Kata Bahasa Inggris untuk Mengekspresikan Kesakitan
Frasa/Kata/Kalimat yang Digunakan dalam Diskusi
Kata, Kalimat, atau Ungkapan yang Mengekspresikan Rasa Penasaran
Frasa/Kata/Kalimat yang Digunakan dalam Perbankan
Kata-kata Bahasa Inggris yang Membingungkan
Frase/Kata/Kalimat untuk Mengekspresikan Kesedihan
Kata, Kalimat, atau Ungkapan untuk Menggambarkan Kebahagiaan dalam Bahasa Inggris
Frasa/Kata/Kalimat yang Hanya Digunakan di Kanada (Canadian English)