sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Kumpulan Contoh Monolog dalam Bahasa Inggris Beserta Artinya

Kita tentu sudah familiar dengan dialog, yaitu pembicaraan dua arah yang biasanya dilakukan oleh dua orang atau lebih. Namun selain dialog, ada juga yang disebut dengan monolog. Kebalikan dari dialog, monolog adalah berbicara satu arah.

Monolog ini bisa beragam bentuknya. Monolog bisa berupa pidato di depan umum, perkenalan di kelas, atau bahkan berbicara dengan diri sendiri. Monolog juga bisa kita jumpai di film atau teater, dimana pemerannya dengan dirinya sendiri.

Pembahasan kali ini akan memberikan contoh-contoh monolog dalam Bahasa Inggris beserta artinya. Langsung saja simak pembahasannya di bawah ini, ya!

Contoh Monolog Perkenalan di Kelas

Contoh monolog yang pertama adalah perkenalan diri di depan kelas dalam Bahasa Inggris. Pada contoh ini, monolog dilakukan oleh seorang siswa pindahan. Simak contoh monolog berikut:

Hi, friends! Let me introduce myself. My name is Ghina Kusumawardhani. You can call me Ghina. I just moved to this city from Surabaya, and I completed my first year of high school there. We moved because of my parents’ job, and I continue my second grade in this school.

I was born and raised in Surabaya. I was graduated from Permata Bangsa Junior High School in Surabaya. Now I live with my parents and a younger sister in Jalan Chairil Anwar, there blocks from this school. Glad to meet you all! I hope we can be good friends. Thank you.

(Hai, teman-teman! Izinkan saya memperkenalkan diri. Nama saya Ghina Kusumawardhani. Kalian bisa panggil saya Ghina. Saya baru pindah ke kota ini dari Surabaya, dan saya sekolah SMA kelas 1 disana. Kami pindah karena pekerjaan orangtua, dan saya melanjutkan kelas dua di sekoal ini.

Saya dilahirkan dan dibesarkan di Surabaya. Saya lulus dari SMP Permata Bangsa di Surabaya. Sekarang saya tinggal dengan orangtua dan adik perempuan saya di Jalan Chairil Anwar, tiga blok dari sekolah ini. Senang bertemu dengan kalian! Saya harap kita bisa berteman baik. Terima kasih)

Contoh Monolog Pengalaman Liburan

Contoh monolog selanjutnya adalah seseorang yang menceritakan pengalaman liburannya. Simak contoh monolognya berikut ini:

On the last school holidays, I visited my grandparents in Sukabumi. It’s always fun to visit them and the village, because there are many things that I couldn’t see here. My grandfather taught me how to make a kite, then we made a beautiful kite together. My grandmother cooked many delicious food and cookies, I never get sick of them.

I hope on the next school holidays, I can visit them again. Until then, I hope my grandparents are healthy and doing well.

(Pada liburan sekolah lalu, aku mengunjungi kakek nenekku di Sukabumi. Selalu menyenangkan mengunjungi mereka dan desanya, karena banyak hal yang tidak bisa kulihat disini. Kakekku mengajariku cara membuat layang-layang, dan kami membuat sebuat layang-layang yang indah bersama. Nenekku memasak banyak makanan dan kue, aku tidak pernah bosan memakannya.

Aku harap pada liburan sekolah selanjutnya, aku bisa mengunjungi mereka lagi. Sampai saat itu, aku harap kakek nenekku sehat dan baik-baik saja)

Contoh Monolog Film

Contoh monolog yang terakhir adalah monolog dari sebuah film, American Beauty. Dalam film ini, seorang tokohnya yang bernama Lester melakukan monolog sebagai berikut:

I had always heard your entire life flashes in front of your eyes the second before you die. First of all, that one second isn’t a second at all. It stretches on forever, like an ocean of time. For me, it was lying on my back at Boy Scout Camp, watching falling stars. And yellow leaves from the maple trees that lined our street. Or my grandmother’s hands, and the way her skin seemed like paper. And the first time I saw my cousin Tony’s brand-new Firebird. And Janie, and Janie. And Carolyn.

I guess I could be pretty pissed off about what happened to me, but it’s hard to stay mad when there’s so much beauty in the world. Sometimes I feel like I’m seeing it all at once, and it’s too much. My heart fills up like a balloon that’s about to burst. And then I remember to relax, and stop trying to hold on to it, and then it flows through me like rain, and I can’t feel anything but gratitude for every single moment of my stupid little life. You have no idea what I’m talking about, I’m sure. But don’t worry. You will someday.

(Aku selalu dengar bahwa keseluruhan hidupmu akan terputar ulang di depan matamu pada detik sebelum kau mati. Pertama-tama, detik ini bukan sedetik sama sekali. Itu membentang selamanya, seperti lautan waktu. Bagiku, itu ketika aku merebahkan diri di perkemahan pramuka, melihat bintang-bintang jatuh. Dan daun-daun kuning dari pohon maple yang berjajar di jalanan. Atau tangan nenekku, dan kulitnya yang terlihat seperti kertas. Dan pertama kali aku melihat burung Firebird baru sepupuku Tony. Dan Janie, dan Janie. Dan Carolyn.

Aku rasa aku bisa merasa kesal dengan apa yang terjadi padaku, tapi sulit untuk terus marah ketika ada banyak sekali hal indah di dunia. Terkadang aku merasa aku melihat semuanya sekaligus, dan itu begitu berlebihan. Hatiku terisi penuh seperti balon yang akan meledak. Lalu aku ingat untuk tenang, dan berhenti mencoba memegangnya, lalu semuanya mengalir di dalam diriku seperti hujan, dan aku tidak bisa merasakan apapun selain berterima kasih atas setiap momen dalam hidupku yang bodoh. Kau tidak tahu apa yang aku bicarakan, aku yakin. Tapi jangan khawatir. Kau akan tahu suatu hari nanti.)

Demikianlah kumpulan contoh monolog dalam Bahasa Inggris beserta artinya. Semoga informasi ini bermanfaat!

 

Contoh Interview Kerja Untuk Lowongan Chef
Contoh Kalimat Larangan Menggunakan Bahasa Inggris
Penggunaan & Contoh Contraction
Apa Itu “Kata Seru” dan Contohnya dalam Bahasa Inggris
Penggunaan Kata “Instead” Beserta Contohnya Dalam Bahasa Inggris
Kalimat Saran Bahasa Inggris dan Artinya
Contoh Beberapa Percakapan Negosiasi: Di Kantin Sekolah
Contoh Kalimat Pasif dalam Bahasa Inggris
Contoh Surat Perjanjian Sewa Menyewa dalam Bahasa Inggris
Contoh Email Bahasa Inggris Formal