sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Memahami Perbedaan Kata Grateful, Gratitude, Appreciative, dan Thankful

Dalam Bahasa Inggris, rasa terima kasih dan bersyukur dapat disampaikan menggunakan beberapa istilah. Diantaranya adalah grateful, gratitude, appreciative, dan thankful.

Pada pembahasan kali ini, kita akan mengulas lebih lanjut mengenai makna dan perbedaan dari keempat kata tersebut. Langsung saja simak pembahasannya dibawah ini, ya!

Grateful

Grateful adalah ungkapan rasa terima kasih yang mendalam atas kebaikan atau pemberian yang didapat dari orang lain. Kata grateful juga bisa digunakan ketika kita merasa bersyukur atas pemberian dari Tuhan. Grateful merupakan adjective atau kata sifat.

Misalnya seperti yang dapat dilihat pada contoh berikut:

  • I’m grateful for your help all this time. (Aku berterima kasih atas bantuan kamu selama ini)
  • I’m really grateful to God for this life. (Aku sangat berterima kasih pada Tuhan atas hidup ini)
  • She sends a grateful present to him. (Dia mengirimkan hadiah tanda terima kasih kepadanya)

Grateful dapat juga digunakan untuk sesuatu yang menyenangkan dan menenangkan pikiran. Seperti sesuatu yang relaxing atau memberikan efek healing. Contohnya seperti yang dapat dilihat pada kalimat berikut:

  • I really like this cottage, and I got a grateful rest (Aku sangat suka penginapan ini, dan aku mendapat istirahat yang menangkan disini)
  • I feel a grateful breeze greets my face as soon as I got here. (Aku merasakan semilir angin yang menenangkan menyapa wajahku begitu aku tiba disini)
  • He always told about how that grateful chance changes his life forever. (Dia selalu menceritakan tentang bagaimana pengalaman menyenangkan itu mengubah hidupnya selamanya)

Kesalahan penulisan grateful

Hal lain yang perlu diketahui tentang grateful adalah kesalahan penulisan dari kata ini, yaitu greatful. Banyak orang yang menggunakan kata greatful dan mengira kata itu berarti serupa dengan grateful. Ada juga yang mengira bahwa greatful adalah gabungan dari kata grateful dengan great (hebat).

Padahal kata greatful merupakan kata yang salah, baik dari segi grammar maupun spelling. Jika ingin mengungkapkan rasa terima kasih yang besar, kita bisa menggunakan kata grateful saja. Atau jika ingin mengungkapkan sesuatu yang hebat, kita cukup menggunakan kata great saja.

Gratitude

Jika grateful adalah ungkapan rasa terima kasih, maka gratitude adalah rasa terima kasih itu sendiri. Gratitude juga dapat diartikan sebagai perasaan bersyukur yang mendalam kepada Tuhan. Selain itu, gratitude dapat digunakan untuk menyampaikan rasa penghargaan atas karya atau jasa orang lain.

Gratitude merupakan kata benda atau noun. Penggunaan kata ini akan berbeda dari grateful ketika diletakkan dalam kalimat. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada contoh berikut ini:

  • We remember with gratitude those who died defending our country. (Kami mengenang dengan penuh rasa terima kasih mereka yang gugur membela negara)
  • People give many kinds of present to him in gratitude. (Orang-orang memberikan banyak jenis hadiah untuk dia dengan rasa terima kasih)
  • I couldn’t go through the incident without your help. I owe you a debt of gratitude. (Aku tidak bisa melewati insiden itu tanpa bantuan kamu. Aku berhutang rasa terima kasih yang besar padamu)

Appreciative

Appreciative merupakan adjective atau kata sifat yang dapat digunakan untuk menunjukkan rasa terima kasih. Misalnya seperti yang dapat dilihat pada contoh kalimat berikut ini:

  • I’m very appreciative of all the support you gave me. (Aku sangat berterima kasih atas semua dukungan yang kamu beri padaku)
  • Radit is genuinely appreciative of all the success he had. (Radit sungguh-sungguh bersyukur atas kesuksesan yang ia miliki)
  • Karin was appreciative of her good luck that bring her up to this point. (Karin bersyukur keberuntungannya membawa dia sampai ke titik ini)

Selain rasa terima kasih, appreciative juga dapat digunakan untuk memberikan penghargaan terhadap orang lain. Atau bisa diartikan dengan perasaan menghargai apa yang dilakukan atau diberikan orang lain. Makna appreciative ini mirip dengan kata gratitude yang dibahas pada bagian sebelumnya.

Lebih jelasnya dapat dilihat pada contoh berikut:

  • The company is very appreciative of your huge contribution for team. (Perusahaan sangat menghargai kontribusi besar kamu untuk tim)
  • That great performance had brought appreciative applause from audience. (Pertunjukan hebat itu mendatangkan tepuk tangan penghargaan dari penonton)
  • His goal is to be playing lots of gigs to appreciative crowds and for the album to do well. (Tujuannya adalah untuk tampil pada banyak acara di hadapan penonton yang menghargai dan albumnya sukses)

Thankful

Ungkapan rasa terima kasih dan bersyukur yang terakhir adalah thankful. Thankful cukup sering digunakan dalam berbagai konteks, apalagi kata ini mirip dengan kata thank you itu sendiri. Thankful merupakan adjective atau kata sifat.

Berikut contoh penggunaan kata thankful sebagai ungkapan rasa terima kasih:

  • I’m thankful that the meeting didn’t last long, because I’m so sleepy. (Aku sangat berterima kasih rapatnya tidak lama, karena aku sangat mengantuk)
  • Let’s make an earnest and thankful prayer for God. (Mari berdoa dengan sungguh-sungguh dan penuh rasa syukur pada Tuhan)

Kata thankful juga dapat berarti senang dan lega atas sesuatu yang terjadi. Biasanya kita menggunakan kata ini setelah berhasil melewati kejadian yang menegangkan, menakutkan, atau tidak menyenangkan.

Lebih jelasnya dapat dilihat pada contoh berikut:

  • People of that nation were thankful that the war was finally over. (Orang-orang di negara itu merasa bersyukur akhirnya perang itu berakhir)
  • We’re really thankful that the competition is over now. (Kami sangat lega karena kompetisi itu sudah berakhir sekarang)

Demikianlah pembahasan mengenai kata-kata yang dapat digunakan sebagai ungkapan rasa terima kasih dan syukur. Semoga informasi ini bermanfaat!

 

Kata, Kalimat, atau Ungkapan yang Mengekspresikan Terima Kasih dan Rasa Syukur
Perbedaan Gender dalam Bahasa Inggris
Memahami Kata Permission, Prohibition, Obligation, dan No obligation
Perbedaan Cringe, Awkward, Lame, Cliche, Embarrassing
Perbedaan Two, To, Too
Perbedaan Kata Life vs Live
Perbedaan Irony vs Paradox VS Oxymoron vs Antithesis vs Contrast
Frase/Kata/Kalimat untuk Mengekspresikan Kesedihan
Perbedaan “Blessed”, “Grateful”,  & “Thankful”
Perbedaan Necessity, Expectation, dan Obligation