sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Membangun Kepercayaan Diri dalam Berbahasa Inggris

Percaya diri adalah sebuah hal yang menarik. Beberapa orang secara alami terlahir dengan memiliki bakat percaya diri yang tinggi. Untuk sisanya, akan merasa sulit dalam menaklukkan rasa percaya diri mereka, rasa percaya diri haruslah dibangun seiring dengan waktu.

Banyak orang yang belajar Bahasa Inggris tetapi tidak berlatih menggunakannya pada keseharian mereka karena mereka takut jika mereka salah atau jika mereka ditertawakan. Jangan khawatir, bahkan orang-orang yang menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa sehari-hari pun juga melakukan kesalahan dan tidak ada yang mentertawakannya. Jika Anda mau meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris, Anda perlu percaya diri dengan kemampuan Anda.

Berikut ini adalah beberapa cara yang mudah untuk Anda meningkatkan kepercayaan diri Anda dalam berbahasa inggris.

1. Bacalah Teks dengan Keras

Bacalah buku atau tulisan dengan lancar. Anda dapat membaca tulisan tersebut dengan perlahan dan pastikan pelafalannya benar, lakukan berkali-kali hingga Anda tidak lagi membuat kesalahan dalam membaca. Semakin sering Anda belajar untuk membaca dengan lancar, semakin percaya diri Anda nantinya. Setelah Anda dapat membaca dengan lancar, tambahlah kecepatan membaca Anda.

Kebanyakan orang berbicara menggunakan Bahasa Inggris di depan publik sengan perlahan. Berbicara dengan perlahan membuat Anda terdengan lebih percaya diri dan dapat dipercaya oleh pendengar. Berbicara dengan perlahan akan memberikan Anda sedikit waktu untuk berpikir apa yang akan Anda akan katakan selanjutnya. Jika Anda masih merasa tidak percaya diri untuk berbicara di depan orang banyak, mulailah dengan membaca dengan keras saat Anda berada di rumah. Apabila Anda telah merasa lebih percaya diri, tanyalah kepada guru Bahasa Inggris Anda untuk memberikan masukkan dalam penggunaan kata-kata yang lebih baik.

Bagaimana cara memulainya:

  1. Pilihlah tulisan yang terdiri dari 75-200 kata panjangnya. Pilihlah topik yang Anda rasa mudah untuk Anda membacanya, misalnya dari buku Bahasa Inggris dari kelas Anda, atau bacaan apapun yang menarik.
  2. Tanyalah kepada guru atau seseorang yang Anda tahu dia mahir berbahasa Inggris, mintalah dia untuk membacakan tulisan tersebut dengan lantang selagi Anda merekamnya. Anda juga dapat menggunakan potongan film atau acara TV, pilihlan yang menurut Anda paling Anda sukai.
  3. Dengarkan kembali rekaman tersebut sembari Anda membacakan tulisannya secara bersamaan.
  4. Lakukan hal ini beberapa kali sampai Anda merasa percaya diri dengan tulisan tersebut.
  5. Kemudian Anda dapat merekam suara Anda saat Anda berbicara dan bandingkan dengan rekaman suara sebelumnya.
  6. Gunakanlah tulisan lainnya dan lakukan kembali tahapan-tahapan tersebut.

Anda dapat meningkatkan kelancaran Anda dengan membaca 5 atau 10 menit saja setiap hari di rumah Anda dengan tulisan ataupun topik apapun yang Anda suka.

2. Percaya pada Guru Anda

Jika Anda mengikuti les atau kursus Bahasa Inggris, ingatlah bahwa guru Anda ada untuk membantu Anda membuat suasana belajar yang nyaman agar Anda dapat belajar dari kesalahan-kesalahan yang Anda buat. Membuat kesalahan dalam belajar Bahasa Inggris sangatlah penting karena dengan demikian Anda dapat mengetahui dimana letak kelemahan Anda yang kemudian harus Anda pelajari lebih tekun lagi. Kuncinya adalah cobalah untuk tidak membuat kesalahan yang sama berulang kali.

Saat Anda belajar, tanamkan dipikiran Anda bahwa tidak akan ada yang mentertawakan Anda jika Anda membuat kesalaha. Anda harus yakin kalau guru Anda sedang berusaha keras untuk memastikan bahwa Anda akan belajar sampai titik tertinggi Anda. Jangan lupa bahwa guru Anda ada untuk mengapresiasi usaha Anda yang telah mencapai target-target yang telah ditetapkan. Mereka ingin memotivasi Anda agar Anda terus belajar, berlatih, dan mereka akan memberitahu Anda jika Anda melakukannya dengan benar.

Jika Anda mau merasa lebih nyaman saat berada di kelas, cobalah untuk mengenal guru Anda lebih dekat. Misalnya Anda dapat saling bercerita dengan guru Anda mengenai hobi atau cerita yang menurut Anda menarik. Jika Anda sudah dapat menceritakan informasi tentang diri Anda ke guru Anda, nantinya akan terasa lebih mudah untuk mengatakan kesulitan Anda dalam pelajaran ke guru Anda.

3. Bekerja Dalam Tim Berjumlah Maksimal 5 Orang

Banyak orang merasa gugup saat mereka berbicara di depan orang banyak. Cobalah menggunakan Bahasa Inggris pada grup yang jumlahnya lebih kecil untuk membangun kepercayaan diri Anda. Bagikan cerita kesalahan dalam berbicara ke sesama. Semakin banyak Anda tertawa akan lucunya kesalahan tersebut, semakin sedikit juga rasa takut Anda dalam membuat kesalahan.

Berikut ini adalah tips untuk membuat grup kecil:

  1. Carilah sekolah, pusat pembelajaran, kampus, atau perpustakaan yang menawarkan kelas Bahasa Inggris
  2. Jika Anda sudah terdaftar dalam sebuah kelas, tanyalah kepada guru Anda apakah dia dapat mengatur untuk dapat bekerja dalam grup yang berjumlah sedikit
  3. Tanya kepada beberapa peserta di dalam kelas Anda jika mereka mau untuk latihan di luar jam kelas. Beberapa saran bisa Anda dapatkan saat waktu makan siang, setelah jam kerja, ataupun di akhir minggu
  4. Anda dapat membuat grup Anda sendiri dengan cara membuat iklan dan menempelkannya di papan kantor Anda atau perpustakaan

4. Perbanyak Teman Ekspatriat yang Menggunakan Bahasa Inggris

Semakin banyak Anda berlatih, semakin percaya diri Anda dalam menggunakan Bahasa Inggris untuk berkomunikasi. Salah satu cara yang luar biasa untuk belajar Bahasa Inggris adalah dengan berteman dengan teman-teman yang hanya dapat berkomunikasi dengan Bahasa Inggris atau ekspatriat. Saat Anda memiliki teman seperti itu, Anda akan dipaksa untuk berkomunikasi hanya menggunakan Bahasa Inggris dengan mereka sebagai ganti dari menggunakan Bahasa Indonesia. Mereka tidak akan menghakimi Anda karena kemampuan Bahasa Inggris Anda. Mereka hanya ingin bertemu teman-teman baru di daerah baru.

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi bagaimana memiliki teman-teman yang menggunakan Bahasa Inggris:

  1. Bergabunglah dengan grup professional, atau lokasi-lokasi dimana pembaca acaranya menggunakan Bahasa Inggris dalam acara internasional seperti club dan bar. Tempat-tempat seperti ini akan memiliki campuran orang-orang local dan juga ekspatriat
  2. Temukan website ekspatriat dimana Anda dapat berkumpul dengan mereka
  3. Banyak website ekspatriat yang menawarkan pertukaran belajar bahasa, Anda dapat mengajari mereka Bahasa Indonesia dan mereka juga akan dengan senang mengajarkan Anda untuk melatih Bahasa Inggris Anda
  4. Salah satu aplikasi yang terkenal untuk bertemu dengan ekspatriat adalah dengan menggunakan Couchsurfing. Aplikasi ini memungkinkan Anda bertemu orang-orang mulai dari ekspatriat hingga orang local yang Anda dapat ajak untuk berkumpul.

5. Bergabunglah Dengan Grup Percakapan Online

Ada sangat banyak sekali grup percakapan online dengan berbagai bahasa. Website-website ini adalah opsi yang bagus karena Anda dapat melakukan percakapan dengan orang-orang yang menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa sehari-hari saat Anda berada di rumah Anda. Anda hanya butuh untuk membuat profil diri Anda, kemudian kapan Anda ada waktu dan bagaimana cara agar orang-orang dapat menghubungi Anda.

Cobalah untuk menggunakan Skype atau Google Hangout karena sudah sangat banyak orang menggunakannya diseluruh dunia. Beberapa website juga menawarkan obrolan secara langsung agar memudahkan Anda untuk berhubungan dengan banyak orang secara online. Gunakanlah waktu Anda secara efektif dengan cara menentukan topik yang ingin Anda diskusikan sebelum Anda bertemu. Anda dapat menyiapkan beberapa materi seperti vocabulary atau pertanyaan-pertanyaan yang Anda ingin tanyakan. Janganlah terlalu kaku, nikmati pengalaman belajar Anda. Semakin Anda menikmati waktu belajar Anda, Anda akan semakin nyaman dan mudah menyerap ilmu tersebut.

6. Bergabung Dengan Grup atau Forum yang Menggunakan Bahasa Inggris

Bergabunglah dengan grup Facebook atau forum online yang mengharuskan Anda untuk berinteraksi dengan orang-orang menggunakan Bahasa Inggris. Ini juga memberikan Anda kesempatan untuk mengasah kemampuan Bahasa Inggris Anda di luar kelas tanpa meninggalkan rasa nyaman seperti di rumah Anda.

Berikut ini ada beberapa tips yang Anda dapat gunakan:

  1. Jika Anda merasa gugup menggunakan nama asli Anda, Anda dapat menggunakan nama samara untuk profil Anda
  2. Beberapa forum yang menurut Anda menarik dapat menjadi langkah awal untuk belajar Bahasa Inggris. Jika Anda merasa kurang yakin, cobalah pikirkan hobi Anda misalnya fotografi, jalan-jalan, acara tv, film, atau makanan. Semakin Anda merasa tertarik akan suatu hal, semakin besar kemungkinannya Anda akan ikut berpartisipasi dalam forum tersebut
  3. Mulailah dengan membaca diskusi yang sedang berlangsung. Setelah 2 atau 3 minggu, cobalah untuk menjawab beberapa pertanyaan yang orang lain ajukan dan ikutlah untuk berdiskusi. Anda juga dapat memberikan pertanyaan ke forum tersebut dan Anda dapat merespon jawaban yang Anda dapatkan
  4. Jika Anda tidak mendapatkan satupun ide, cobalah untuk meliat topik teratas di Twitter. Anda dapat mengganti lokasi Anda ke negara yang menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa sehari-hari dan lihatlah topik teratas saat itu. Bisa juga dengan mencari tAnda pagar pada topik-topik yang Anda sukai.

7. Jangan Berlebihan

Semakin cepat Anda berusaha untuk mempelajari Bahasa Inggris, semakin besar tekanan yang Anda berikan ke diri Anda sendiri. Kuncinya adalah dengan belajar lebih tenang. Anda akan merasa sedikit lebih gugup ketika Anda telah membuat beberapa kali kesalahan saat Anda belajar.

Tips:

  1. Bagi tujuan Anda ke bagian-bagian kecil. Contohnya adalah jika Anda ingin belajar 50 kata setiap bulan, Anda dapat melakukannya dengan menghafalkan setidaknya 2 kata per hari. Terdenger lebih mudah bukan?
  2. Ganti tujuan Anda jika dibutuhkan. Jika Anda membuat tujuan yang menyulitkan diri Anda sendiri seperti membaca satu buku berbahasa Inggris setiap bulannya, mungkin Anda dapat mengubahnya menjadi membaca majalah atau beberapa artikel saja dalam satu bulan. Jangan lupa untuk mengevaluasi hasil kerja Anda setiap bulan atau bisa juga setiap minggu. Hasil evaluasi tersebut dapat menunjukkan kepada diri Anda apakah Anda seharusnya menambahkan beban Anda atau mungkin malah mengurangi beban bacaan Anda.

8. Hindari Menunda-nunda

Hal yang wajar apabila Anda menunda pekerjaan Anda, terlebih jika Anda merasa tidak yakin dengan apa yang Anda lakukan. Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat membantu Anda agar Anda tidak menunda-nunda waktu belajar Anda:

  1. Buatlah jadwal kapan Anda akan belajar Bahasa Inggris. Anda bisa meminta tolong kepada sanak saudara Anda ataupun teman-teman Anda untuk mengingatkan Anda akan jadwal belajar Bahasa Inggris yang telah Anda buat. Mereka juga dapat menanyakan kepada Anda apa yang Anda dapatkan dari hasil belajar Anda pada setiap minggu. Tekanan dari orang-orang terdekat Anda dapat menjadi sebuah motivasi untuk terus belajar sesuai jadwal yang Anda buat, karena dikemudian hari mereka akan mengecek hasil belajar Anda
  2. Berikan diri Anda hadiah setiap kali Anda belajar sesuai dengan jadwal yang telah Anda tetapkan. Ini akan memotivasi diri Anda saat Anda merasa malas untuk belajar Bahasa Inggris.
  3. Carilah teman yang juga sedang belajar Bahasa Inggris. Katakanlah apa tujuan Anda dan tanyalah apalah tujuan teman Anda. Pada akhir minggu atau akhir bulan, katakanlah kepada dia seberapa jauh kemajuan Anda. Anda juga dapat mencurahkan kesulitan Anda dalam belajar, hal yang sama juga dapat dilakukan oleh teman Anda.

9. Ingatlah Tujuan Anda Belajar Bahasa Inggris

Wajar sekali Anda merasa frustrasi jika Anda tidak percaya diri kalau Anda telah memiliki kemajuan dalam belajar. Setiap kali Anda merasa seperti ini, penting untuk Anda mengingatkan diri Anda sendiri mengapa Anda memulai belajar Bahasa Inggris. Namun, janganlah bergantung kepada tujuan eksternal Anda untuk memotivasi diri Anda. Sebaiknya, Anda mengetahui juga mengapa Anda mau belajar Bahasa Inggris untuk diri Anda juga. Sebagai contoh, Anda mau belajar Bahasa Inggris untuk meningkatkan karir Anda ke jenjang yang lebih tinggi. Sehingga Anda dapat mendapatkan kenaikan jabatan yang selama ini Anda telah nanti-nanti. Anda ingin kenaikan jabatan sehingga Anda mendapatkan gaji yang lebih besar dan Anda dapat membeli lebih banyak barang yang selama ini Anda damba-dambakan.

Jika Anda mengikuti beberapa langkah di atas, dalam beberapa bulan Anda akan merasakan perbedaan yang cukup besar dari kemampuan Anda berbahasa Inggirs, mulai dari rasa percaya diri Anda hingga kelancaran Anda dalam berbicara. Semoga dapat membantu Anda dalam menggunakan bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari ke depannya.

 

Membangun Kepercayaan Diri dalam Berbahasa Inggris
Tip Supaya Percaya Diri Berbicara Bahasa Inggris