sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Tip Supaya Percaya Diri Berbicara Bahasa Inggris

Walaupun sudah belajar Bahasa Inggris selama bertahun-tahun, cukup banyak English learners yang masih merasa gugup dan tidak percaya diri saat harus berbicara dalam Bahasa Inggris. Mereka takut jika orang lain akan menertawakan Bahasa Inggris mereka ketika mereka melakukan kesalahan. Rasa takut ini lah yang menyebabkan banyak di antara mereka yang jarang melatih kemampuan berbicara Bahasa Inggris mereka dengan berbicara langsung dengan orang lain.

Apabila kalian termasuk ke dalam tipe English learner di atas yang tidak memiliki kepercayaan diri saat berbicara Bahasa Inggris, di bawah ini terdapat tulisan yang menyajikan beberapa tips yang bisa diterapkan untuk membangun rasa percaya diri kalian saat berbicara menggunakan Bahasa Inggris. Mari kita langsung saja lihat tulisannya:

How to Build Confidence in Speaking English

1. Read Text Out Loud

Cara pertama yang bisa menumbuhkan rasa percaya diri saat berbicara dalam Bahasa Inggris adalah membaca suatu bacaan dalam Bahasa Inggris dengan nyaring. Jika dilihat dengan sekilas, cara ini memang seperti tidak ada hubungannya dengan membangun kepercayaan diri. Namun, cara ini sangat bisa membantu melatih pronunciation (pelafalan) Bahasa Inggris kita.

Dengan membaca nyaring, kita bisa membenarkan cara pelafalan kita yang salah saat itu juga. Semakin kita sering melatih cara pelafalan kita, semakin terbiasa kita untuk melafalkan kata-kata Bahasa Inggris. Alhasil kita akan lebih percaya diri saat berbicara menggunakan Bahasa Inggris.

Di bawah ini adalah beberapa tips yang bisa kita ikuti saat melatih pelafalan dengan membaca nyaring:

  • Sebisa mungkin pilihlah teks yang sesuai dengan level Bahasa Inggris kita. Jangan memilih bacaan dengan level terlalu di bawah atau terlalu di atas level kita. Ini dilakukan agar teks yang kita baca tidak terlalu sulit yang akan membuat kita kewalahan, atau terlalu gampang yang akan membuat kita bosan.
  • Pilih juga bacaan dengan topik yang menarik bagi kita agar kegiatan membaca nyaring lebih menyenangkan.
  • Rekamlah suara kita saat membaca teksnya, kemudian dengarkanlah hasil rekamannya untuk mencari tahu apakah kita melakukan kesalahan atau tidak. Jika melakukan kesalahan, catatlah apa kesalahannya, lalu koreksilah kesalahan tersebut.
  • Minta bantuan orang lain untuk mengoreksi kita
  • Lakukanlah membaca nyaring sekitar 5 sampai 10 menit setiap harinya agar kemampuan pelafalan kita cepat meningkat.

2. Don’t be Afraid of Making Mistakes

Rasa tidak percaya diri ketika berbicara Bahasa Inggris utamanya muncul karena perasaan takut akan membuat kesalahan. Padalah bukanlah sebuah dosa apabila kita membuat kesalah saat berbicara Bahasa Inggris. Faktanya, native speakers (para penutur asli Bahasa Inggris) pun tidak jarang membuat kesalahan saat mereka berbicara, dan mereka tidak masalah akan hal itu.

Sebenarnya, melakukan kesalahan saat berbicara menggunakan Bahasa Inggris itu bukanlah masalah besar selama lawan bicara kita mengerti apa maksud kita. Bahasa adalah alat untuk berkomunikasi, jadi kesalahan grammar atau pelafalan bukanlah hal yang harus dipikirkan selama apa yang ingin kita sampaikan diterima dengan baik oleh lawan bicara kita.

Jangan biarkan rasa takut salah menghalangi kita untuk berbicara Bahasa Inggris. Tidak apa-apa jika kita salah. Dari kesalahan kita bisa belajar. Ingatlah selalu bahwa berbicara menggunakan bahasa yang bukan bahasa ibu kita sendiri saja sudah merupakan pencapaian yang harus kita banggakan.

3. Listen and Repeat

Cara selanjutnya untuk membangun rasa percaya diri saat berbicara Bahasa Inggris adalah mendengarkan langsung native speakers berbicara kemudian kita ulangi apa yang telah ia ucapkan.

Bagaimana kita bisa mendengarkan langsung native speakers berbicara jika kita tidak punya kenalan native speakers? Saat ini kita hidup di era internet. Kita bisa memanfaatkan aplikasi, platform dan laman web di internet untuk membantu kita agar bisa mendengarkan langsung native speakers berbicara.

Cobalah cari video atau podcast dengan penutur asli Bahasa Inggris sebagai host atau pembicaranya. Kita juga bisa mendengarkan langsung native speakers berbicara lewat film atau acara TV favorit kita. Selain itu, kita juga bisa mendengarkan native speakers berbicara lewat radio atau acara berita di TV. Akan tetapi, alih-alih kita menonton atau mendengarkannya begitu saja, kita harus benar-benar menaruh perhatian pada bagaimana cara mereka berbicara. Setelah itu, cobalah untuk meniru cara berbicara mereka.

Cara ini adalah salah satu cara yang menyenangkan untuk melatih kemampuan mendengarkan dan berbicara Bahasa Inggris kita. Dan tentu saja cara ini bisa membantu membangun rasa percaya diri kita ketika berbicara Bahasa Inggris.

4. Speak Slowly

Kita semua pasti ingin bisa berbicara Bahasa Inggris dengan tingkat kecepatan berbicara seperti para penutur asli. Akan tetapi, untuk mencapai tingkat tersebut, kita harus melatih kemampuan berbicara Bahasa Inggris kita dengan berbicara secara pelan terlebih dahulu. Sebenarnya, berbicara Bahasa Inggris secara pelan bisa membantu kita meningkatkan rasa percaya diri kita. Dengan berbicara pelan, kita bisa berpikir lebih lama apa yang akan kita katakan selanjutnya. Faktanya, berbicara pelan bisa membuat kita terdengar lebih tenang dan lebih percaya diri dibandingakn kita berbicara cepat.

5. Practice with Friends

Berlatih kemampuan berbicara Bahasa Inggris kita sendirian memang boleh. Akan tetapi terkadang jika kita berlatih sendirian, kita menemukan kesulitan tertentu. Misalnya saja seperti ketika kita ingin melatih bahasa tubuh kita atau saat ingin mengoreksi kesalahan yang kita tidak tahu. Kesulitan-kesulitan tersebut bisa diatasi dengan bantuan orang lain. Untuk itu, cobalah sesekali untuk berlatih dengan teman, keluarga, atau kenalan kita.

Usahakan kita berlatih dengan orang yang mahir berbahasa Inggris. Jika kita tidak mempunyai kenalan orang yang mahir Bahasa Inggris, berlatihlah dengan orang yang sama-sama sedang berusaha meningkatkan rasa percaya diri dalam berbicara Bahasa Inggris. Apabila kita belajar dengan orang yang memiliki tujuan sama dengan kita, kita bisa saling mengoreksi kesalahan satu sama lain.

Berlatih dengan orang lain juga bisa lebih cepat meningkatkan kemampuan berbicara Bahasa Inggris kita. Semakin baik kemampuan berbicara Bahasa Inggris, semakin percaya diri juga kita ketika berbicara Bahasa Inggris. Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk menemukan orang yang bisa kita ajak berlatih Bahasa Inggris bersama-sama:

  • Bergabung dengan komunitas atau klub Bahasa Inggris.
  • Bergabung dengan grup percakapan Bahasa Inggris online (English online conversation groups). Ada banyak laman web yang menyediakan wadah bagi para English learners untuk melatih kemampuan berbicara mereka secara online. Melalui grup percakapan, kita berkesempatan untuk bisa bercakap langsung dengan penutur asli Bahasa Inggris. Dengan cara ini kita bisa merasakan pengalaman berkomunikasi dengan mereka tanpa meninggalkan rumah.
  • Bergabung dengan forum online yang menggunakan Bahasa Inggris. Cara ini memang tidak akan mengharuskan kita berbicara. Namun, dengan bergabung forum tersebut, kita bisa melatih kemampuan menulis dan memperkaya kosakata Bahasa Inggris kita. Dengan cara ini juga kita bisa melatih rasa percaya diri kita dalam menggunakan Bahasa Inggris.

6. Set your Mindset and Attitude

Rajin melatih kemampuan Bahasa Inggris kita agar percaya diri ketika menggunakannya adalah hal yang patut dilakukan. Akan tetapi, berlatih saja tidak cukup untuk membangun rasa percaya diri kita. Kita juga harus mengatur pola pikir dan sikap kita terhadap diri kita sendiri. Maksudnya adalah kita harus yakin bahwa kita bisa. Teruslah mengatakan pada diri sendiri bahwa kita bisa.

Kita harus selalu berpikir poositif akan kemampuan Bahasa Inggris kita. Kita juga harus lebih fokus pada materi dan konsep Bahasa Inggris yang telah kita kuasai alih-alih fokus pada yang belum kita kuasai. Dengan cara ini kita bisa lebih mudah menumbuhkan rasa percaya diri kita saat menggunakan Bahasa Inggris.

7. Make a List of Your Strength

Selanjutnya, kita bisa membuat sebuah daftar yang berisi kemampuan Bahasa Inggris yang telah kita kuasai sampai saat ini. Meskipun terdengar kecil, hal ini bisa membuat kita percaya akan kemampuan kita. Saat kita tidak merasa percaya diri, kita bisa melihat daftar tersebut. Saat melihatnya, rasa percaya diri kita akan tumbuh lagi. Jika tidak percaya, silakan dicoba sendiri.

8. Be Calm

Disadari atau tidak, rasa gugup dan rasa tidak percaya diri bisa hilang jika kita tenang dan rileks saat berbicara Bahasa Inggris. Itulah mengapa kita harus mengingatkan diri untuk tetap tenang ketika berbicara menggunakan Bahasa Inggris. Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan agar kita tetap tenang dalam Berbahasa Inggris:

  • Tarik nafas dalam-dalam kemudian keluarkan dengan pelan. Ini memang terdengar sepele, tetapi cara ini bisa menambah kadar oksigen di dalam darah yang bisa mengurangi rasa gugup dan tidak percaya diri.
  • Berbicara pelan. Berbicara dengan pelan bisa membuat kita lebih rileks.
  • Berbagai macam penelitian telah membuktikan bahwa senyum bisa memberikan efek positif pada suasana hati kita. Senyum juga bisa membuat kita lebih bahagia dan lebih tenang. Oleh karena itu, jangan lupa untuk tersenyum saat berbahasa Inggris.

9. Picture Success in Your Mind

Cara selanjutnya yang bisa diterapkan untuk membantu kita membangun rasa percaya diri adalah dengan membayangkan diri kita sedang berbicara Bahasa Inggris dengan fasih dan jelas. Sebenarnya teknik membayangkan ini sudah umum digunakan oleh para atlit sebelum mereka bertanding. Itu karena membayangkan hasil positif dari sebuah situasi  akan membuat kita tahu apa tujuan kita dan kita akan lebih percaya diri dan semangat untuk menggapai tujuan tersebut.

10. Share Your Struggles

Cobalah untuk bercerita tentang keluh kesah kita saat berbicara Bahasa Inggris kepada orang yang kita percaya. Daripada kita menyimpan rasa kekesalan kita akan ketidakpercayaan diri kita saat menggunakan Bahasa Inggris, lebih baik kita mengeluarkan rasa kekesalan tersebut dengan bercerita kepada orang lain. Terkadang mengeluarkan rasa frustasi adalah hal terbaik yang bisa kita lakukan agar merasa lebih baik dan tenang. Saat kita merasa lebih baik, kita bisa melanjutkan berlatih Bahasa Inggris kita.

11. Practice and Prepare

Cara ini utamanya bisa dilakukan ketika kita akan berbicara menggunakan Bahasa Inggris di depan orang banyak. Misalnya saja saat presentasi atau berpidato.Berlatih dan menyiapkan apa saja yang akan kita ucapkan bisa membantu kita lebih percaya diri saat kita tampil nanti.

Ingatlah selalu untuk jangan pernah menghafalkan materi kita kata per kata karena kita akan mudah lupa. Sebaiknya, kita harus memahami dan menghafalkan pokok-pokok pentingnya saja. Salah satu cara untuk memantapkan diri kita adalah dengan menulis ulang material yang akan kita gunakan dengan kata-kata kita sendiri. Menulis ulang juga bisa membantu kita menghafal materinya. Semakin kita menguasai materi yang akan kita sampaikan saat berbicara di depan banyak orang, semakin mudah bagi kita untuk menumbuhkan rasa percaya diri kita saat tampil nanti.

Demikianlah artikel tentang cara membangun rasa percaya diri ketika berbicara menggunakan Bahasa Inggris. Semoga artikel ini bisa membantu dan memotivasi kita untuk berbicara Bahasa Inggris dengan percaya diri.

 

Speaking TOEFL: Sampaikan Pendapat dalam Speaking
Speaking TOEFL: Kenali Perbendaharaan Kata untuk Debat
10 Tips Membuat CV Bahasa Inggris Yang Menarik
Cara Berbicara tentang Hobi dalam Bahasa Inggris
Tip Supaya Percaya Diri Berbicara Bahasa Inggris
Speaking TOEFL: Seni Diplomasi dalam Percakapan Bahasa Inggris
Tips Jitu Memberikan Presentasi Bahasa Inggris dengan Lancar
Contoh Percakapan Membicarakan Buku dalam Bahasa Inggris
Menyela/Menginterupsi dalam Percakapan Bahasa Inggris
Contoh Percakapan Membicarakan Pendidikan dalam Bahasa Inggris