sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Membuat Surat Izin Terlambat Kerja

Ketepatan waktu menjadi sesuatu yang sangat penting ketika berada di dunia kerja profesional. Ketika Anda terlambat masuk kerja, ini tentu akan memberikan efek domino yang membuat kinerja seluruh team di tempat kerja menjadi terganggu. Dalam jangka panjang, hal tersebut bisa menyebabkan Anda diberhentikan dari tempat kerja karena dianggap kurang profesional dan tidak bertanggung jawab pada pekerjaan.

Tips Menulis Surat Ijin Terlambat Kerja

Dari pada mencari alasan untuk pembenaran diri ketika terlambat masuk kerja, ada baiknya untuk meminta maaf atas keterlambatan yang terjadi. Tetapi jika memungkinkan, Anda bisa mengajukan ijin untuk datang terlambat kerja sebelumnya. Supaya atasan di tempat Anda bekerja bisa mengantisipasi semua hal karena kehadiran Anda yang terlambat.

Ijin tersebut tidak cukup hanya diucapkan secara lisan atau telepon karena bisa dianggap kurang sopan. Karena itu ada baiknya untuk menuliskannya dalam sebuah surat yang bisa ditulis di kertas atau pun email sebagai bentuk rasa hormat kepada orang yang Anda mintai ijin tersebut (atasan Anda).

Simak beberapa tips menulis surat ijin terlambat kerja berikut ini.

  • Tuliskan detail tentang situasi yang terjadi, jelaskan alasan apa yang membuat Anda datang ke kantor tidak tepat waktu. Jelaskan situasi yang terjadi dengan sejujurnya dan tulus. Anda bisa menyebutkan detail waktu yang diharapkan untuk bisa sampai di kantor.
  • Akui masalah yang terjadi karena keterlambatan tersebut, sebutkan ketidaknyamanan yang mungkin akan terjadi karena oleh keterlambatan Anda. Misalnya, membuat klien, manajemen atau kolega menjadi kurang nyaman.
  • Akui dan bertanggung jawab, akui bahwa keterlambatan tersebut memang kesalahan Anda dan minta maaf dengan tulus. Beri tahu pada penerima surat yang Anda tulis bahwa Anda sama sekali tidak sengaja ingin melakukannya, tetapi lebih karena keadaan yang memang tak bisa dihindari.
  • Jelaskan penyebab keterlambatan dengan singkat dan jelas, lakukan ini tanpa membuat alasan terlalu banyak atau bahkan dibuat-buat. Bersikaplah jujur, sebab terlalu banyak beralasan bisa membuat penerima surat berpikir bahwa Anda mengada-ada dan tidak tulus.
  • Berjanjilah tak akan terulang lagi, jangan lupa buat peryataan jika Anda tidak akan mengulangi lagi hal tersebut di lain waktu.
  • Ungkapkan penyesalan secara tulus, misalnya dengan memberikan ungkapan rasa penyesalan Anda karena telah membuat perusahaan dan klien kecewa dan Anda sangat menyesalinya.
  • Sebutkan tindakan yang akan Anda lakukan untuk mengatasi situasi, misalnya saja Anda membuat klien tidak nyaman. Maka Anda bisa mencoba untuk mengirimkan surat permintaan maaf kepada mereka atas penyesalan Anda. Atau jika keterlambatan Anda mengakibatkan pekerjaan tidak selesai tepat waktu, maka ungkapkan jika Anda akan segera menyelesaikan semua pekerjaan yang tertunda secepat mungkin.

Lantas bagaimana caranya membuat surat ijin terlambat kerja? Jika Anda kebingungan mencari referensi untuk menulis surat ijin terlambat masuk kerja, simak dulu beberapa contoh format surat ijin berikut ini.

Hal ini akan membuat situasi menjadi lebih baik di lingkungan kerja. Namun ucapan lisan saja tentu masih kurang sehingga Anda bisa menunjukan penyesalan dengan menggunakan surat permintaan maaf atas keterlambatan kerja.

Format Surat Ijin Terlambat Kerja

Dalam surat ijin ini ada baiknya untuk menunjukan rasa tanggung jawab tanpa memperlihatkan sikap yang terlalu over dramatic. Akan lebih baik jika Anda bersikap jujur dan tulus ketika mengungkapkan alasan mengapa Anda terlambat masuk kerja. Terlebih karena surat ini termasuk formal, sehingga format penulisannya juga harus terlihat lebih profesional.

Berikut format penulisan untuk surat ijin terlambat kerja,

Nama Anda
Alamat rumah lengkap dengan kode pos
Nomor telepon
Alamat email
Tanggal surat dibuat

 Nama penerima surat
Jabatan di tempat kerja
Nama perusahaan tempat kerja
Alamat kantor lengkap dengan kode pos   

Salam pembuka

Perihal atau Res atau hanya dituliskan Re: saja

Isi surat (isi surat bisa berupa permohonan yang sesuai dengan perihal surat, tulis dengan jelas, singkat dan padat serta tidak berbelit-belit.)

Salam penutup

Tanda tangan Anda

Nama lengkap Anda

Format tersebut bisa Anda gunakan untuk menuliskan surat ijin terlambat kerja. Perhatikan setiap detail penulisan, jangan sampai ada kata atau kalimat yang salah atau keliru. Karena bisa-bisa atasan tidak memberikan persetujuan atas ijin yang Anda ajukan tersebut.

Contoh Surat Ijin Terlambat Kerja

Terlambat kerja terkadang bisa memicu munculnya masalah yang jauh lebih besar dalam pekerjaan, bahkan dapat membuat alur kerja perusahaan tempat Anda bekerja menjadi terhambat. Contoh surat ijin terlambat kerja berikut ini akan memberi Anda gambaran bagaimana cara membuatnya nanti ketika dibutuhkan.  Berikut diantaranya.

Contoh pertama

Indira Suwagi
Kampung Bali
Tanah Abang, Central Jakarta,
10250
085644446644
indira.suwagi@email.com
10/10/2020 

Mr. Rudy Hadisuwarno
Manager, Bright Company Ltd.
East Cempaka Putih, Central Jakarta
10250 

Respected Mr. Hadisuwarno

Re: Letter of Permission to Come Late To Work

As you know, I am one of the employed in your company about the capacity of graphic design. I have to report for work daily from 8 am to 4 pm. 

However, this is not going to be possible for the foreseeable future. That is because my personal computer was broke which I have to bring it to computer service. 

For this reason, I can only report for work at 1 pm. This translates to a 4 hours delay.

Kindly accept my plea favorably. I do promise to resume duty as soon as the problem is fully solved. On the same note, I shall arrange for compensation later on. For any urgent matters, kindly reach me on 085644446644.

Faithfully yours, 

(signature)

Indira Suwagi

Terjemahan:

Indira Suwagi
Kampung Bali
Tanah Abang, Jakarta Pusat,
10250
085644446644
indira.suwagi@email.com
10/10/2020

Bapak Rudy Hadisuwarno
Manajer, Bright Company Ltd.
Cempaka Putih Timur, Jakarta Pusat
10250

Yang terhormat Bapak Hadisuwarno

Perihal: Surat Izin Datang Terlambat Bekerja

Seperti yang Anda ketahui, saya salah satu pekerja di perusahaan Anda tentang kapasitas desain grafis. Saya harus melapor untuk bekerja setiap hari dari jam 8 pagi sampai jam 4 sore.

Namun, ini tidak akan mungkin terjadi di masa mendatang. Itu karena komputer pribadi saya rusak sehingga saya harus membawanya ke layanan komputer.

Untuk alasan ini, saya hanya dapat melapor untuk bekerja pada jam 1 siang. Ini berarti penundaan 4 jam.

Mohon terima permohonan saya dengan baik. Saya berjanji untuk melanjutkan tugas segera setelah masalah terselesaikan sepenuhnya. Pada catatan yang sama, saya akan mengatur kompensasi nanti. Untuk masalah yang mendesak, silakan hubungi saya di 085644446644.

Hormat saya,

Indira Suwagi

Contoh kedua

Jika di contoh pertama adalah surat ijin terlambat kerja, maka di contoh berikutnya ini adalah contoh surat permohonan maaf karena datang terlambat kerja. Di surat permohonan maaf ini lebih merupakan surat lanjutan yang menyatakan permohonan maaf atau ungkapan penyesalan karena keterlambatan yang terjadi mengakibatkan berbagai masalah di perusahaan. Surat ini juga bisa menjadi pernyataan tertulis bahwa tidak akan mengulangi hal serupa di kemudian hari. Berikut contoh selengkapnya.

Indira Suwagi
Kampung Bali
Tanah Abang, Central Jakarta,
10250
085644446644
indira.suwagi@email.com
10/10/2020

Mr. Rudy Hadisuwarno
Manager, Bright Company Ltd.
East Cempaka Putih, Central Jakarta
10250 

Respected Mr. Hadisuwarno

Re: Letter of apology for Being Late To Work

Please kindly accept my apology for my late arrival this morning. Being tardy isn’t one among my issues. This has been the fisrt time and that i understand how it’s going to have caused you to second guess my ability to handle responsibility. i’m taking this chance to compose a handwritten apology letter to strengthen my regret that I arrived late.

My tardiness put you in a clumsy position, I understand that. It not only made me look bad but you also , as you’ve put your trust in me to be ready to act responsibly and with professionalism. When an employee doesn’t show abreast of time, it comes across as not caring about their position, not wishing to contribute to creating their department shine. i’m sincerely pitying that, the pain and embarrassment that it caused you.

It is with an important heart that I accept my role during this . That i’m totally liable for my late arrival. I’d wish to take this point to state that it’ll never happen again which i will be able to move forward with any and every one suggestions to form this example right in order that I again can earn your trust.

If there’s anything that I can do to convince you that I’ll nevermore be tardy, then please let me know. I’m hospitable making myself a far better employee for the corporate , and I’ll do whatever it takes to make sure that this never happens again.

Sincerely,

(Indira Suwagi)

Terjemahan:

Indira Suwagi
Kampung Bali
Tanah Abang, Jakarta Pusat,
10250
085644446644
indira.suwagi@email.com
10/10/2020

Bapak Rudy Hadisuwarno
Manajer, Bright Company Ltd.
Cempaka Putih Timur, Jakarta Pusat
10250

Bapak Hadisuwarno yang terhormat

Perihal: Surat Permohonan Maaf atas Keterlambatan Masuk Kerja

Mohon terima permintaan maaf saya atas kedatangan saya yang terlambat pagi ini. Terlambat bukanlah salah satu masalah saya. Ini adalah pertama kalinya dan saya mengerti bagaimana hal itu akan menyebabkan Anda menebak-nebak kemampuan saya dalam hal tanggung jawab. Saya menggunakan kesempatan ini untuk menulis surat permintaan maaf dengan tulisan tangan untuk memperkuat penyesalan saya karena saya datang terlambat.

Keterlambatan saya menempatkan Anda pada posisi yang canggung, saya mengerti hal tersebut. Itu tidak hanya membuat saya terlihat buruk tetapi Anda juga, karena Anda telah mempercayai saya untuk siap bertindak secara bertanggung jawab dan profesionalisme. Ketika seorang karyawan tidak menunjukkan perkembangan waktu, itu dianggap tidak peduli dengan posisi mereka, tidak ingin berkontribusi untuk membuat divisi kerja mereka bersinar. Saya dengan tulus meminta maaf tentang itu, rasa sakit dan malu yang ditimbulkannya kepada Anda.

Dengan sepenuh hati saya menerima peran saya selama ini. Bahwa saya benar-benar bertanggung jawab atas kedatangan saya yang terlambat. Saya ingin mengambil poin ini untuk menyatakan bahwa itu tidak akan pernah terjadi lagi yang saya akan dapat bergerak maju dengan setiap dan setiap saran untuk membentuk contoh ini benar agar saya dapat kembali mendapatkan kepercayaan Anda.

Jika ada yang bisa saya lakukan untuk meyakinkan Anda bahwa saya tidak akan pernah terlambat, tolong beri tahu saya. Saya dengan senang hati menjadikan diri saya sebagai karyawan yang jauh lebih baik untuk perusahaan, dan saya akan melakukan apa pun untuk memastikan hal ini tidak akan pernah terjadi lagi.

Hormat saya,

(Indira Suwagi)

 

Contoh Surat Argumentatif dalam Bahasa Inggris
Contoh Surat Lamaran Kerja Engineer dalam Bahasa Inggris
Contoh Surat Orang Tua Murid Kepada Kepala Sekolah Mengenai Bayar SPP Dalam Bahasa Inggris
Contoh Surat Pribadi Tentang Liburan
Contoh Surat Pengunduran Diri dengan Alasan Mengikuti Suami dalam Bahasa Inggris
Contoh Percakapan Wawancara Kerja Sebagai Staf Admin dalam Bahasa Inggris
Percakapan Inggris: Saat Wawancara Kerja (In The Job Interview)
Apa yang Harus Dikatakan Saat Wawancara Kerja dalam Bahasa Inggris?
Contoh Surat Cinta Pendek dari Laki-Laki Ke Perempuan
Contoh Percakapan Inggris: Wawancara Kerja untuk Guru Bahasa Inggris