sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Contoh Surat Pribadi Tentang Liburan

Sebagai bahasa asing yang paling sering digunakan di seluruh dunia, bahasa Inggris seperti wajib untuk dipelajari jika Anda ingin menjadi masyarakat global sesungguhnya. Salah satu kegunaan mempelajari bahasa Inggris adalah agar Anda dapat bersurat dengan orang asing di luar negeri. Melakukan surat menyurat dengan orang asing akan cukup berguna untuk Anda semakin menguasai bahasa Inggris karena melakukan komunikasi dalam bahasa asing secara terus menerus akan membantu tahap pembelajaran.

Terdapat berbagai macam jenis surat yang biasanya dibuat, salah satunya adalah surat pribadi. Salah satu topik yang biasanya dibicarakan dalam surat pribadi adalah mengenai liburan. Seringkali teman pena Anda akan menanyakan apa yang Anda lakukan selama liburan, apakah Anda pergi ke tempat wisata? Dengan siapa saja? Semua hal itu biasanya dapat ditemukan di dalam surat pribadi.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah sejumlah contoh surat pribadi mengenai liburan.

Contoh 1:

Dear Julie,

How are you doing this week? It has been a though week in my household since my parents are both away and I have to take care of my younger siblings. My school holiday will be coming in a few weeks but I still have no plans to go anywhere during my holiday. What about you? Is it time for your school holiday too? If so, does your family have any plans for the holiday?

I hope that you’re having a good time in your country. I look forward to your letter soon.

With love,

Susan.

Terjemahan:

Kepada Julie,

Bagaimana kabar Anda minggu ini? Ini minggu yang berat di rumah saya karena orang tua saya keduanya sedang pergi dan saya harus mengurus adik-adik saya. Libur sekolah saya akan tiba dalam beberapa minggu lagi, namun saya masih belum memiliki rencana untuk pergi ke manapun selama liburan. Bagaimana dengan Anda? Apakah ini sudah waktunya untuk libur sekolah juga? Jika iya, apakah keluargamu memiliki rencana untuk liburan?

Saya harap Anda melalui waktu yang menyenangkan di negara Anda. Saya tidak sabar menunggu surat Anda secepatnya.

Dengan cinta,

Susan.

Contoh 2:

Dear Susan,

I am doing great this week actually. It’s finals week already for me and I think I have done a good job in studying because all of the exams were so easy for me! Since finals week has finally comes to an end, my holiday is here! My family have a plan to go to my grandmother’s house out of town for the holiday, just for a few days, though. It’s about 3 hours ride from my hometown.

I am so sorry to hear that you’re having a hard time there with your siblings. I hope that your parents will come back soon and goes on a holiday with you! I will let you know how my holiday went once I came back.

Lots of love,

Julie.

Terjemahan:

Kepada Susan,

Saya sebenarnya sangat baik minggu ini. Ini minggu ujian akhir untuk saya dan saya rasa saya sudah belajar dengan baik karena semua ujiannya sangat mudah untuk saya! Karena minggu ujian akhir sudah mencapai akhirnya, liburan saya telah tiba! Keluarga saya memiliki rencana untuk pergi ke rumah nenek saya di luar kota untuk liburan, namun hanya untuk beberapa hari. Tempatnya sekitar 3 jam perjalanan dari kota asal saya.

Saya sedih mendengar bahwa Anda melalui waktu yang sulit di sana dengan saudara-saudara Anda. Saya harap orang tua Anda segera kembali dan pergi berlibur bersama Anda! Saya akan menceritakan bagaimana pengalaman liburan saya setelah saya kembali.

Banyak cinta,

Julie.

Contoh 3:

Dear Julie,

Sorry for only getting back to you now. My parents already got back a week ago and we immediately goes to Los Angeles for the holiday! I was so happy because we saw a lot of amazing things there. We go to the Walk of Fame (it’s where there are stars with actor’s or singers name and autographs on the street), goes around town with a tour bus, and we saw Mariah Carey from a distance! However, we didn’t ask for an autograph or a photograph with her since she looks busy and we don’t wanna bother her. But I did have some photographs of me in front of Elton John’s house! I have put it on the back of the letter for you.

Turns out, I had an amazing holiday after all. Now I really don’t mind taking care of my siblings if I get to have an amazing holiday like this!

With love,

Susan.

Terjemahan:

Kepada Julie,

Maaf saya baru bisa balas surat Anda sekarang. Orang tua saya sudah kembali seminggu yang lalu dan kami langsung pergi ke Los Angeles untuk liburan! Saya sangat senang karena ada banyak hal-hal yang luar biasa di sana! Kami pergi ke Jalanan Ketenaran (Itu tempat di mana ada bintang dengan nama dan tanda tangan penyanyi atau aktor di jalanan), berkeliling kota dengan bis tur, dan kita melihat Mariah Carey dari kejauhan! Akan tetapi, kami tidak meminta tanda tangan atau foto bersama dengannya karena dia terlihat sibuk dan kami tidak ingin mengganggunya. Namun saya memiliki foto saya di depan rumah Elton John! Saya sudah menaruhnya di belakang surat untuk Anda.

Ternyata, saya melalui liburan yang luar biasa. Sekarang saya sungguh tidak keberatan harus mengurus adik-adik saya jika saya bisa memiliki liburan yang hebat seperti ini!

Dengan cinta,

Susan

Itulah dia contoh surat pribadi mengenai liburan yang ditulis dalam bahasa Inggris beserta terjemahan bahasa Indonesia. Dapat dilihat apa saja kalimat yang biasanya diucapkan mengenai liburan dalam bahasa Inggris dan kegiatannya. Semoga dapat membantu Anda dalam menggunakan bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari.

 

Pengertian dan Contoh Reported Speech
Apa Itu Application Letter?
Cara Membuat Kalimat Kemungkinan (Posibility) dalam Bahasa Inggris
Cara Membuat Catatan Rapat/Notulen (Minutes of Meeting) dalam Bahasa Inggris
Daftar Antonim Dalam Bahasa Inggris
Contoh Daily Activity dengan Simple Present Tense
Writing Tip: Jenis-Jenis Tanda baca dalam Bahasa Inggris (Punctuation)
Contoh Biodata Diri Dalam Bahasa Inggris
Cara Membuat Kalimat Meminta Izin (Permission) dalam Bahasa Inggris
Cara Menulis Tanggal dalam Bahasa Inggris