sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Mendeskripsikan Bentuk dan Ukuran dalam Lisan & Tulisan

Ketika membicarakan hal-hal yang tampak di sekeliling kita, deskripsi yang kita berikan tak akan lepas dari bentuk dan ukurannya. Kali ini, kita akan membahas tentang ragam bentuk dan ukuran dalam bahasa Inggris yang dapat diceritakan melalui lisan maupun tulisan.

Selamat belajar.

Contoh Cerita Lisan

Di bawah ini merupakan contoh percakapan seputar bentuk dan ukuran tentang benda-benda yang ada di sekitar.

Dialog I

A: I heard you went to fair last night. (Kudengar kau pergi ke pasar malam kemarin)

B: I did. It was pretty fun there. (Ya benar. Sangat menyenangkan di sana)

A: What did you get? (Apa yang kau dapatkan)

B: There was a lot of stuff right there, but my favorite was the lanterns. They came in various shapes and sizes—round, cylinder, and many others. (Ada banyak sekali barang di sana, tapi favoritku adalah lampionnya. Ada beragam bentuk dan ukuran—bundar, tabung, dan banyak lagi)

A: And what did you get for yourself? (Apa yang kau beli untuk dirimu?)

B: Well, I bought this bulbous light that resembles the moon. (Aku membeli lampu bulat yang mirip dengan bulan)

A: How big is that? (Seberapa besar?)

B: Not so big, yet not so tiny. I need to hold it with both of my hands so it won’t slide down. (Tidak sebegitu besar, tapi juga tidak begitu kecil. Aku harus memeganginya dengan kedua tangan agar tidak menggelincir)

A: What else did you find there? (Apa lagi yang kau temukan di sana?)

B: Some nice Italian cuisines, cool apparels, and miniature animals. The very tiny dogs and cats were super cute. (Masakan Italia yang enak, busana-busana keren, dan miniature binatang. Mainan anjing dan kucing yang amat kecil sangatlah lucu)

A: What about the gigantic Christmas tree? (Bagaimana dengan pohon Natal raksasanya?)

B: It was there. Just like they said, it’s really huge. I don’t know how they get to decorate it—it’s quite tall. (Ada di sana. Seperti yang mereka katakan, ukurannya besar sekali. Aku tidak paham bagaimana cara mereka menghiasnya—pohonnya sangat tinggi)

Dialog II

A: Did you just get a new phone? (Apa kamu baru membeli ponsel baru?)

B: I did. And I think I like it better than the old one. (Ya. Dan kurasa aku lebih menyukainya daripada yang lama)

A: How is the design? (Bagaimanakah desainnya?)

B: It has medium screen which is 5 inches wide that fits my hand perfectly, and it’s really thin. It’s one of the lightest phone I’ve ever had. What about your new apartment? (Layarnya berukuran sedang sebesar 5 inchi dan pas di tanganku, serta amatlah tipis. Ini salah satu ponsel paling ringan yang aku punya. Bagaimana dengan apartemen barumu?)

A: It’s pretty nice. It wasn’t as narrow as the previous one yet not so broad, but spacious enough to keep my great, rectangle mirror in there. It also has a small balcony where I can enjoy the view of the city on the cubic chair. There’s also this large, oval pool on the same flat. (Cukup bagus. Tidak sesempit yang sebelumnya tapi juga tidak begitu lebar, tapi cukup luas untuk menyimpan cermin persegi empatku yang besar. Juga ada balkon kecil untuk menikmati pemandangan kota di atas kursi kubus. Ada pula kolam renang oval yang luas di lantai yang sama)

B: That sounds interesting. (Kedengarannya menarik)

Contoh Cerita Tulisan

Selanjutnya, teks di bawah ini akan mencerita tentang deskripsi bentuk dan ukuran dari benda-benda yang dijumpai di toko perlengkapan binatang.

Yesterday I went to a pet shop. I was in love with this petite dog with curly, white hair. He has round eyes and teeny nose. His short legs make him look very cute. Despite his little body, he is actually fat. At first I thought it was his thick hair, but he’s pretty heavy for his size.

I got him an average crate that comes in the shape of a box. There’s nothing special about it, just a regular wire cage painted in black. There’s a chunky mattress on the base that will make my dog feel more comfortable.

Next, I bought him dry food. I wanted to buy the bone-shaped biscuits but the price was a bit expensive. So I chose the cheaper dog treat. It doesn’t have interesting look but my pup seems to love it so much.

Kemarin aku pergi ke toko perlengkapan binatang. Aku jatuh hati pada seekor anjing mungil dengan bulu keriting berwarna putih. Ia memiliki mata bulat dan hidung yang amat kecil. Kakinya yang pendek membuatnya tampak sangat imut. Meskipun tubuhnya kecil, ia sebenarnya gemuk. Awalnya ku kira bulunya saja yang tebal, tapi nyatanya ia cukup berat untuk ukuran sepertinya.

Aku membelikannya kandang berukuran sedang yang berbentuk seperti kotak.  Tidak ada yang spesial darinya, hanya kandang kawat biasa yang dicat hitam. Ada matras tebal di bagian dasar yang akan membuat anjingku merasa lebih nyaman.

Kemudian, aku membelikannya makanan anjing. Awalnya aku hendak membeli biskuit berbentuk tulang, akan tetapi harganya agak mahal. Jadi aku membeli makanan anjing yang lebih murah. Tampilannya tidak menarik namun sepertinya anjingku amat menyukainya.

 

Percakapan Inggris: Saat Wawancara Kerja (In The Job Interview)
Percakapan Menanyakan Alamat dalam Bahasa Inggris
Contoh Percakapan tentang Travel dalam Bahasa Inggris
Percakapan Memberi Nasihat atau Peringatan dalam Bahasa Inggris
Percakapan Izin Tidak Masuk Kelas Karena Sakit dalam Bahasa Inggris
Conversation: Percakapan Dokter & Pasien tentang Diagnosa dalam Bahasa Inggris
Bertanya dan Menceritakan Pekerjaan dalam Bahasa Inggris
Cara Membuat Wanita Terkesan dalam Bahasa Inggris
Kalimat Percakapan untuk Meminta, Memberi, Menolak Sesuatu (Asking, Giving, Refusing)
Contoh Percakapan di Apotek dalam Bahasa Inggris


 
Mendeskripsikan Bentuk dan Ukuran dalam Lisan & Tulisan
Membicarakan Pekerjaan dalam Bahasa Inggris
Cara Memulai Percakapan dalam Bahasa Inggris
Mendeskripsikan Warna dalam Lisan & Tulisan
Percakapan tentang Tujuan Hidup dalam Bahasa Inggris
Percakapan Mengekspresikan Suka atau Tidak Suka dalam Bahasa Inggris
Percakapan tentang Kriminalitas dalam Bahasa Inggris
Percakapan Menanyakan atau Memberikan Kepastian (Conversation Asking and Giving Certainty)
Bertanya dan Memberikan Petunjuk Arah dalam Bahasa Inggris
Percakapan tentang Pekerjaan dalam Bahasa Inggris