sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Mendeskripsikan Kepribadian Seseorang (How to Describe Personalities in English)

Banyak hal dapat dilakukan menjelaskan seseorang. Melalui penjelasan fisik atau kepribadiannya. Untuk memudahkan bisa disertai penjelasan untuk suatu personality agar dapat lebih gampang dimengerti.

Hal ini memudahkan pemahaman bila kosa kata yang dipakai untuk menggambarkan kepribadian dinilai sulit atau perlu penjelasan. Berikut adalah contoh beberapa kata Bahasa Inggris untuk menggambarkan kepribadian.

Adjective (kata sifat) untuk Personality

Berikut adalah beberapa kata sifat atau adjective dalam Bahasa inggris yang bisa dipakai untuk menjelaskan kepribadian. Berikut adalah contoh kosa kata sifat beserta kalimat penjelasnya.

  • Shy (pemalu)

She doesnt say much. She is really shy (dia tidak banyak berkata-kata. Ia sangat pemalu)

  • Gentle (lembut)

Anna is a very gentle teacher. She speaks softly and move gracefully (Anna adalah guru yang sangat lembut. Dia berbicara dengan pelan dan berjalan sangat anggun).

  • Creative (kreatif)

My mother is creative! She makes her own bag, table clothes and many more (Ibu saya sangat kreatif! Dia membuat tas, taplak mejanya sendiri dan masih banyak lagi)

  • Diligent (rajin)

I like to think that I am diligent. I always study at home for the materials before I learnt it at school (saya pikir kalau saya rajin. Saya selalu belajar di rumah untuk material sebelum dipelajari disekolah).

  • Stingy (pelit)

A person is stingy if they are really thight with money (seseorang yang pelit adalah mereka yang sangat ketat dengan uang).

  • Friendly (bersahabat)

My sister is a very friendly person. She makes friends easily (saudara perempuan saya sangat bersahabat. Dia dapat membuat teman dengan sangat mudah)

Percakapan mengenai personality

Dialog dapat membahas mengenai kepribadian. Bisa mengenai kepribadian diri maupun bertanya kepada orang lain mengenai kepribadian orang lain. Berikut adalah contohnya.

  • A : That is the new teacher (itu adalah guru yang baru)
    B : What does she like ? (bagaimana kepribadiannya?)
    A : She is a funny teacher. She makes a lot of jokes (dia adalah guru yang lucu. Dia membuat banyak lelucon)
  • X : I dont know how to communicate with your brother. He is very quiet (saya tidak tahu bagaimana caranya berbicara dengan saudara laki-lakimu. Dia sangat pendiam)
    Y : He is only like that with new people. When you get to know him. He is really nice (Dia hanya begitu dengan orang baru. Ketika kamu sudah mengenalnya sebenarnya ia sangat baik)
  • A: Do you know the new student? (apakah kamu tahu murid yang baru itu?)
    B : Alex? Yeah he is my neighbour (Alex? Ya dia adalah tetangga saya)
    A : What is his personality? (bagaimana kepribadiannya?)
    B : He is very humble. He never brag about his wealth (dia sangat rendah hati. Dia tidak pernah menyombongkan tentang kekayaannya)
  • A : I always wonder what does living with a great painer feel likes? (Saya selalu bertanya-tanya bagaimana rasanya tinggal dengan seorang pelukis terkenal?)
    B : He is a moody person. Sometimes he is happy and some days not so much. (dia adalah orang yang sangat moody. Kadang ia bisa senang seharian dan hari-hari lainnya tidak terlalu)
  • X : How would you describe yourself in three words? (bagaimana dirimu menjelaskan kepribadianmu dalam tiga kata?)
    Y : introvert, attentive and friendly. I like to keep things for myself but at the sametimes I think I can make friends easily. I always makes eveything about them. That is why people think I am attentive because I do put my attention to others. (introvert, perhatian dan mudah berteman. Saya sukan memendam hal-hal pribadi untuk diri saya sendiri dan pada saat yang bersamaan saya dapat berteman dengan mudah. Saya sangat suka untuk mendengarkan masalah orang lain. Oleh karena itulah orang berfikir saya perhatian karena seringkali saya mendahulukan orang lain.

Perkenalan Diri

Memperkenalkan diri sendiri bisa bercerita tentang umur, alamat atau hobi. Penambahan kepribadian juga adalah bentuk kalimat menjelaskan tentang kepribadian seseorang. Ingat bahwa bisa jadi seseorang merasa memiliki beberapa sifat. Berikut contohnya.

  • I am a really easy-going person. However I tent to be shy around people that I dont know. (saya adalah orang yang sangat mudah beradaptasi. Namun kadang bila berada disekeliling orang baru, saya cenderung jadi pemalu)
  • I am pretty sociable. I have no problem starting a conversation. I smoetimes can even be too talkactive (saya cukup mudah bersosialisasi. Saya tidak memiliki masalah memulai percakapan. Saya kadang bahkan dapat terlalu banyak bicara)
  • I am a reserved person. It takes times for me to open to other people (saya adalah orang yang tertutup. Butuh waktu bagi saya untuk terbuka dengan orang lain)
  • I am not really quiet, although I prefer to listen than speak up my mind. I choose my words really carefully. (saya sebenarnya tidak terlalu pendiam, walaupun saya lebih memilih untuk mendengar dari pada mengutarakan pendapat. Saya memilih perkataan saya dengan sangat hati-hati)

Menjelaskan Kepribadian Orang Lain

Di lain waktu kita perlu menjelaskan kepribadian orang terdekat kita pada orang lain untuk tingkah lakunya yang dapat menimbulkan kesalahpahaman. Hal ini jadi penting untuk memperjelas sebuah tindakan yang tidak ingin dianggap sebagai bagian dari kepribadian diri.

  • I am so sorry. My Brother can be annoying sometimes. He likes to make jokes, just sometimes they are not funny. (saya meminta maaf. Saudara laki-laki saya dapat jadi orang yang menyebalkan kadang-kadang. Dia suka membuat kelakar dan kadang-kadang leluconnya tidak lucu)
  • I know people may think my sister is very lazy. She always come to school late and often forget to do her homework. She love coding and often lost track of time. She is just a very focus person. (saya tahu orang bisa berfikir kalau saudara perempuan saya sangat malas. Dia selalu datang kesekolah terlambat dan sering lupa mengerjakan pekerjaan rumahnya. Dia sangat suka membuat kode dan sering lupa waktu. Dia adalah orang yang sangat fokus)
  • Dont get me wrong My father is not a a strict person He is just have some very trong opinion. (Jangan salah. Ayah saya bukan orang yang kaku. Ia hanya memiliki beberapa opinion yang sangat kuat)

Idiom untuk personality

Penjelasan mengenai Kepribadian juga dapat memakai Idiom. Ada berbagai perumpamaan dan Idiom yang dapat dipakai untuk menjelaskan tentang sifat seseorang. Berikut diantaranya.

  • Cheapskate (pelit)

You are such a cheapskate. I cant believe you dont want to spend a dim for our date (kamu adalah orang yang pelit. Saya tidak percaya kalau kamu tidak mau mengeluarkan sepeserpun untuk kencan ini)

  • Couch potato (malas)

That is what he does everyday. He sat and watch TV all day. What a potato couch (Itulah yang dilakukannya setiap hari. Dia duduk seharian dan menonton TV. Dia benar-benar seseorang yang pemalas)

  • Down to earth (rendah hati)

I like making friends with Anna. She is such a down to earth person. Every plans that she makes is always reasonable and totally doable. (saya suka berteman dengan Anna. Dia adalah orang yang rendah hati. Setiap rencana yang dibuatnya selalu masuk akan dan benar-benar bisa dilaksanakan)

  • Go getter (energetik)

My mom is a go-getter. She doesnt like to sit around and do nothing. There is always something to keep her busy. (Ibu saya adalah seseorang yang energetik. Dia tidak suka duduk-duduk dan tidak melakukan apapun. Selalu ada hal yang membuatnya sibuk.)

  • Come out of the shell (lebih bersosialisasi)

After high school Brian has finally come out of his shell. He makes more friends and do many activities. (setelah masuk SMU Brian akhirnya jadi lebih mudah bersosialisasi. Dia berteman lebih mudah dan melakukan lebih banyak aktifitas)

  • Behind the times (ketinggalan jaman)

My mother have no email or social account. She is really behind her times. (Ibu saya tidak punya email atau akun sosial media. Dia benar-benar ketinggalan jaman.)

Persamaan Kata (Sinonim)

Ada sebuah kata sifat yang dapat memakai beberapa kosa kata untuk menjelaskan sebuah kepribadian. Ada beberapa adjective yang memiliki persamaan makna walaupun katanya berbeda. Berikut adalah contohnya.

  • Annoying (menyebalkan)

He can be very annoying somestimes. He keep makes pranks that goes too far. (dia bisa sangat menyebalkan kadangkala. Dia terus menerus mengerjai orang lain dan seringkali sudah keterlaluan)

Kata lain yang bisa digunakan adalah

  • He is abnoxious person. I cant stand being around him (dia adalah orang yang menyebalkan. Saya tidak tahan dekat0dekat dengannya)
  • Things that he do makes me embarrassed. He can be very embarassing (hal-hal yang dia lakukan sering membuatku malu. Kadang dia bisa sangat memalukan)
  • He get on my nerve a lot. He is very irritating. (dia bisa membuatku emosi. Dia adalah orang yang sangat menyebalkan)
  • Reliable (terpecaya)

I know that I can trust her with y secret. He is my very reliable friend (saya tahu kalau saya dapat mempercayai rahasia saya dengannya. Dia adalah teman yang sangat terpecaya)

Kata yang bisa digunakan adalah

  • He is very trustworthy. You can believe him with just about anything (dia sangat terpecaya. Kamu dapat mempercayakannya dengan apa saja)
  • I think I am a very dependable person. You just tell what to do and I will delivery my very best effort. (saya rasa bahsa saya adalah orang yang sangat dapat diandalkan. Kamu hanya perlu mengatakan apa yang perlu saya lakukan dan saya akan menuntaskannya dengan usaha paling baik)

Contoh Percakapan tentang kepribadian

A : Hi my name is stella. I am a new student. I live in Kenanga Regency. I am diligent and very friendly. I hope we all can be friends (nama saya Stella. Saya adalah murid baru. Saya tinggal di perumahan Kenangan. Saya rajin dan sangat ramah. Saya harap kita semua dapat berteman)

B : My name is Alan. I am also a new student. I am 14 years old. I tent to be more quiet. I dont really like talking. (nama saya Alan. Saya juga murid baru. Usia saya 14 tahun. Saya cenderung pendiam. Saya tidak terlalu suka berbincang-bincang)

C : Hi My name is Alice welcome to our class, please sit down ( Hi nama saya Alice. Selamat datang ke kelas kami. Silahkan duduk.)

A : Who is the next teacher and what subject? (siapa guru berikutnya dan pelajaran apa yang diajarinya?)

C : Next is Mrs Sandra she is strict teacher. She teacher math and often asks us questions (berikutnya adalah Ibu Sandra. Dia adalah guru yang sangat ketat. Dia mengajar matematika dan sering bertanya pada murid)

Demikianlah beberapa cara how to describe personalities in English. Kita dapat memakai kata sifat dan idiom untuk menjelaskan bagaimana sifat kita atau orang yang kita kenal. Perbanyak penguasaan kosa katamu untuk dapat menjelaskan berbagai kepribadian untuk memudahkan orang lain memahami tindak tanduk kita dan alasan yang ada dibelakangnya.

 

Cara Menyela / Menginterupsi Pembicaraan Seseorang
Rumus Mendeskripsikan Film dalam Bahasa Indonesia
Rumus Mendeskripsikan Anggota Keluarga dalam Bahasa Inggris
Descriptive Text: Mendeskripsikan Tempat dalam Bahasa Inggris
Berbicara tentang Kepribadian dalam Bahasa Inggris
Cara Meminta Maaf Kepada Seseorang di Jalan
Percakapan Bahasa Inggris: Menyatakan Cinta kepada Seseorang
Cara Mendeskripsikan Hewan (Describe an Animal) dalam Bahasa Inggris
Cara Mendeskripsikan Diagram Proses (Process Chart) dalam Bahasa Inggris
Formula Mendeskripsikan Orang (Descriptioning Person)