sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Mengapa Mempelajari Bahasa Inggris Akan Bermanfaat di Masa Depan?

Bahasa Inggris bukan hanya sekedar bahasa asing yang kamu pelajari. Ada banyak manfaat yang bisa diperoleh dengan mempelajarinya. Beberapa diantaranya termasuk.

1. Mudah Dipelajari

Kebanyakan orang berpikir bahwa belajar bahasa Inggris itu sangat sulit. Sumber untuk belajar Bahasa ini sangat banyak. Ada kursus atau materi online yang bisa diperoleh, jadi Anda punya lebih banyak materi untuk bisa mempelajarinya.

Mulai dari buku, video, tayangan film, koran dan lain sebagainya. Ada banyak media untuk bisa dimanfaatkan. Topik yang dibahas juga bervariasi dan bahkan menglobal. Jadi, bahkan kalau Anda tidak mempelajarinya, akan terpapar oleh Bahasa ini.

2. Peluang Kerja

Banyak perusahaan mengharuskan karyawan mereka berbicara bahasa Inggris, khususnya usaha bertaraf Internasional. Dalam beberapa kasus, perusahaan-perusahaan ini mengharuskan pekerjanya hanya menggunakan bahasa Inggris.

Saat dunia semakin kecil dan saling terkair, bahasa yang paling umum digunakan akan sangat menguntungkan bila dikuasai. Kalau Anda ingin sukses dalam skala besar, mulailah dengan menguasai Bahasa Inggris.

3. Anda jadi lebih terdidik

Mengetahui bahasa asing seperti Bahasa Inggris berarti memperluas kekuatan otak Anda dan juga pengetahuan. Anda untuk mempelajari lebih banyak hal tentang dunia. Bahasa hanyalah sebagai penghantar. Tapi berbicara tentang banyak topik adalah kemampuan yang dapat membuat siapapun jadi lebih terpelajar.

4. Lebih percaya diri

Tidak bisa dipungkiri kalau menguasai Bahasa Inggris akan menambah rasa percaya diri dalam berbagai hal. Mulai dari performa sekolah, pekerjaan bahkan interaksi dengan orang lain.

Rasa percaya diri Anda semakin terasah dan meningkat hanya dengan bisa memahami atau bercakap-cakap dalam Bahasa Inggris. Dengan demikian, Anda akan lebih mantap untuk melalkukan banyak hal.

5. Membuka banyak pintu

Bahasa Inggris akan menjadi kesempatan untuk mengeluarkan seseorang dari kemiskinan, kebodohan bahkan ketidak pedulian. Ada banyak hal yang akan menjadi lebih mudah diakses setelah menguasai bahasa ini. Kalau Anda memiliki rasa ingin tahu yang besar, menguasai Bahasa Inggris bisa menjadi penghantarnya.

6. Berkomunikasi dengan banyak orang

Bahasa Inggris adalah bahasa yang banyak dikuasai orang. Orang-orang dengan bahasa ibu yang berbeda juga mempelajari bahasa ini sehingga walau pada dasarnya menguasai bahasa tertentu, dengan bisa memahami dan bercakap-cakap dengan Bahasa Inggris, Anda akan sangat terbantu dalam berkomunikasi dengan orang lain.

Sebagai bahasa Internasional, kemungkinan besar tiap orang menguasai dua atau tiga bahasa sekaligus dan salah satunya adalah Bahasa Inggris. Jadi, kalau Anda berminat untuk berkomunikasi dengan banyak orang, maka menguasai bahasa internasional ini adalah salah satu cara terbaik.

7. Berkesempatan keliling dunia

Bisa Bahasa Inggris juga menambah rasa percaya diri Anda untuk bepergian. Anda tidak takut kalau kesulitan dalam melihat dunia luar dan berbagai hal lainnya karena merasa memiliki kemampuan berkomunikasi yang cukup dengan Bahasa Inggris.

Walau tempat-tempat yang Anda tuju tidak memakai Bahasa Inggris. Ada kepercayaan kalau Bahasa Inggris akan bisa menjadi bekal yang cukup untuk berjalan-jalan ke negara manapun. Akan ada saja orang yang bisa diajak berbicara dengan bahasa ini.

8. Mendorong keinginan untuk berkembang

Bahasa bukan hanya dipakai untuk berkomunikasi, tapi juga mendorong keinginan untuk tumbuh dan berkembang. Berbeda kalau Anda hanya menguasai satu bahasa saja. Keinginan Anda untuk keluar dari kota kelahiran Anda akan menjadi lebih kecil.

Bahasa Inggris bisa membantu Anda untuk menginginkan pekerjaan yang lebih tinggi atau bepergian ke tempat yang lebih jauh. Kalau keinginan tersebut dipadukan dengan tekad, maka tidak ada hal yang tidak bisa dicapai.

9. Memudahkan Anda mempelajari banyak hal

Buku kuliah umumnya dalam Bahasa Inggris. Selain itu, buku dalam bahasa tersebut jumlahnya lebih banyak dari pada literasi dalam Bahasa Indonesia. Jadi, kalau Anda berminat untuk memperluas wawasan, maka bahasa Inggris dapat membantu untuk mewujudkannya.

10. Bahasa Bisnis

Menjadi pegawai dalam stuatu perusahaan berarti harus berkomunikasi dengan berbagai pihak yang mungkin tidak menguasai Bahasa Indonesia. Oleh karena itu, Bahasa Inggris jadi bahasa yang paling umum dalam dunia bisnis.

Kalau Anda ingin mengembangkan usaha menjadi global, maka kuasai bahasanya terlebih dahulu. Kalau Anda seorang pegawai yang ingin naik pangkat atau gaji, beberapa perusahaan mengharuskan karyawannya untuk bisa memahami dan berbicara dalam Bahasa Inggris.

11. Memahami Tutorial

Cara mengoperasionalkan ponsel dan elektronik lainnya kerap ditulis dalam Bahasa Inggris. Jadi, kalau Anda bisa membaca tulisan dalam Bahasa Inggris, bahasa ini akan memudahkan Anda untuk menggunakan benda-benda elektronik apalagi yang berasal dari negara lain atau barang import.

12. Meningkatkan pendidikan

Bahasa Inggris dipakai oleh mahasiswa atau pelajar internasional dalam mendapatkan pelajaran. Jadi, Anda bisa belajar di Russia atau Swedia dengan hanya berbekal dengan bahasa Inggris sebagai siswa Internasional. Anda memiliki banyak kesempatan untuk mendapatkan beasiswa dan berbagai peluang pendidikan lainnya.

13. Memperluas Jaringan

Siapapun yang menguasai Bahasa Inggris maka akan bisa berbicara dengan lebih banyak orang. Dengan demikian, Anda memperluas jaringan Anda dan dapat memanfaatkannya pada saat-saat yang diperlukan.

Orang lain juga akan lebih mudah berkomunikasi dengan Anda karena merasa pesan yang disampaikan akan mudah dipahami. Jadi, orang lain pun akan tergerak untuk berbicara dengan Anda.

Itulah beberapa hal yang dapat membantu Anda ketika mulai belajar Bahasa Inggris. Kalau dilihat, ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan baik secara langsung maupun tidak langsung. Oleh karena itu, belajarlah Bahasa ini dan dapatkan berbagai keuntungannya.

 

Kosakata Bahasa Inggris Saat Travelling ke Luar Negeri
Kumpulan Kosakata Bahasa Inggris Mengenai Organ dalam Tubuh Manusia
Cara Menceritakan Diri Sendiri dalam Bahasa Inggris
Mempelajari dan Menguasai Reading Comprehension dalam Bahasa Inggris
Perbedaan Bahasa Inggris Kuno vs Bahasa Inggris Modern
Popular English Proverbs (Peribahasa Bahasa Inggris Populer)
Writing Tip: Singkatan dalam Bahasa Inggris (ABBREVIATIONS)
Percakapan saat Check-Out Hotel dalam Bahasa Inggris
Cara Mudah Belajar Bahasa Inggris Bagi Pemula 
English Idiom: Memuji dalam Bahasa Inggris