sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Mengatakan Tidak Setuju (Disagreeing)

Di dalam kehidupan sehari-hari tentu saja kita akan dihadapkan dengan keputusan atau mungkin dengan pendapat orang lain. Biasanya kita akan merespon dengan kata setuju jika kita merasa sependapat dengan mereka atau mungkin mengungkapkan tidak setuju ketika kita tidak sependapat dengan mereka.

Secara sederhana, maka agreement memiliki arti setuju atau persetujuan sedangkan disagreement memiliki arti tidak setuju. Kali ini kami akan membahas mengenai disagreement atau disagreeing sehingga anda nantinya yang ingin mengungkapkan pendapat tidak setuju anda dalam Bahasa Inggris akan diberi kemudahan.

Apa itu disagreeing dan kapan penggunannya?

Sebelum kami memberikan contoh dari phrase for disagreeing, maka pada kesempatan kali ini kami akan mengajak anda untuk lebih dulu tahu apa itu pengertian dari disagreeing karena masih banyak sekali orang yang belum tahu dan tidak memahaminya dengan baik. Jadi disagreeing adalah pertentangan atau tidak setuju.

Ini merupakan kebalikan dari setuju atau persetujuan, dalam hal ini anda bisa saja menentang sebuah pendapat karena anda merasa bahwa itu berbeda dari pandangan anda, atau mungkin anda bisa juga menentang sebuah kesepakatan, menentang kerja asma, dan menentang dalam kondisi lainnya. Pertentangan cenderung memiliki konotasi negatif karena anda ataupun orang ketiga tidak setuju dengan sebuah hal yang telah dinyatakan atau ditetapkan.

Setelah anda tahu mengenai pengertiannya, maka sekarang anda juga tahu kapan harusnya anda menggunakan phrase disagreeing ini. Anda bisa menggunakan disagreeing ataupun agreeing ketika dihadapkan dengan suatu yang harus mengambil suatu keputusan. Misalnya saja dalam ranah yang profesional seperti di dalam pekerjaan anda. Ketika anda misalnya saja menawarkan kesepakatan atau perjanjian dengan klien anda di dalam pekerjaan anda, maka disitulah disagreeing dan agreeing dibutuhkan.

Kalimat untuk pertentangan (Phase for disagreeing)

Setelah tahu apa arti dari disagreeing dan juga paham kapan penggunannya, maka sekarang ini kami mengajak anda untuk tahu bagaimana cara mengungkapkan disagreeing di dalam Bahasa Inggris menggunakan beberapa frasa. Kami memberikan informasi mengenai contoh kalimat dan juga artinya sehingga anda bisa menggunakannya dalam percakapan sehari-hari anda.

  • I’m not so sure about that (Saya tidak begitu yakin tentang itu)

Jika anda merasa tidak yakin dengan pendapat atau pun ucapan yang dikatakan oleh lawan bicara anda, dan tidak sepakat dengan pendapatnya maka untuk mengungkapkan disagreeing anda bisa menggunakan kalimat ini. Berikut merupakan contoh dialognya:

A: It means it’s true that he took the money all this time (Berarti benar jika selama ini dia yang mengambil uang itu)

B: I’m not so sure about that, it could be someone else who took it (Saya tidak begitu yakin tentang itu, bisa saja orang lain yang mengambilnya)

  • I am afraid I don’t agree (Saya khawatir saya tidak setuju)

Atau jika anda merasa bahwa pendapat orang yang anda ajak bicara itu tidak terlalu membuat anda yakin atau belum pasti dan anda merasa ragu atau khawatir untuk menyetujuinya maka anda bisa mengatakan pertentangan dengan kalimat ini.

A: We better report Larry to his mother (Sebaiknya kita melaporkan Larry pada ibunya)

B: I’m afraid I don’t agree (Saya khawatir saya tidak setuju)

  • I don’t think so (Saya tidak berpikir seperti itu)

Ketika menanggapi perkataan atau pendapat orang lain, maka pikiran orang itu tidak selalu sama dengan kita. Terkadang pikiran atau sudut pandang mereka berbeda. Ketika seperti itu maka anda bisa menggunakan kalimat disagreeing ini untuk mengungkapkan ketidaksetujuan anda.

A: This item is expensive but looks cheap (Barang ini mahal tapi terlihat murahan)

B: I don’t think so, I think this item looks classy (Saya tidak berpikir seperti itu, menurut saya barang ini terlihat berkelas)

  • I totally disagree (Saya sangat tidak setuju)

Jika kemudian anda merasa sangat tidak setuju dengan pendapat seseorang atau mungkin hal yang diungkapkan seseorang maka anda bisa juga menggunakan kalimat ini.

A: I thought we could leave Joe alone, he took so long (Saya pikir kita bisa meninggalkan Joe sendirian, dia terlalu lama)

B: I totally disagree, we can’t leave him because he is our best friend (Saya sangat tidak setuju, kita tidak bisa meninggalkan dia karena dia adalah sahabat kita)

  • I accept what you are saying but… (Saya menerima apa yang anda katakan tetapi….)

Anda juga bisa menyatakan bagaimana pendapat anda, awalnya anda bisa menerima apa yang mereka katakan namun mengungkapkan alasan mengapa anda tidak menyetujui pendapat mereka. Dengan begitu lawan bicara anda bisa tahu mengapa anda menolak mereka atau tidak setuju dengan mereka sehingga menjadi lebih jelas.

A: She is a liar, I don’t want to be her friends anymore (Dia pembohong, aku tidak ingin menjadi temannya lagi)

B: I accept what you are saying but remember that she once helped you (Aku menerima apa yang kamu katakan tetapi ingatlah bahwa dia pernah menolongmu.

  • That’s not how I see it (Saya tidak melihatnya seperti itu)

Anda juga bisa mengungkapkan ketidaksetujuan anda atau tidak sepakatnya anda kepada orang lain menggunakan kalimat ini. Supaya lebih memahaminya maka perhatikan dialog yang ada di bawah ini.

A: Did you see that Andi is not comfortable around Sera? (Apakah akmu melihat bahwa Andi kurang nyaman ketika berada di dekat Sera?)

B: That’s now how I see (Saya tidak melihatnya seperti itu)

Itu tadi beberapa informasi yang bisa kami sampaikan kepada anda mengenai phrases of disagreeing. Semoga artikel yang kami berikan ini bisa berguna dan membantu anda semuanya.

 

Cara Mengatakan Kamu Jelek (How to Say Ugly Politely)
Mengatakan Tidak Setuju (Disagreeing)
Cara-cara Mengatakan “Saya Mau Tidur”
Cara Lain Mengatakan “I Like It”
Cara Lain Mengatakan “Yes”
Cara Mengatakan “Good Job”
Cara Lain Mengatakan Excuse Me Beserta Jawabannya
Berbagai Cara Mengatakan Kenyang dalam Bahasa Inggris
Cara Lain Mengatakan Congratulations
Cara Lain Mengatakan “I Know” / “I Understand”