sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Perbedaan ‘To’ vs ‘For ‘

Ketika belajar Bahasa Inggris maka biasanya kita akan menemukan kata-kata yang berbeda namun memiliki makna yang mirip atau hampir sama. Ketika menemukan kata seperti itu tentu saja kita akan merasa kebingungan karena tidak tahu harus menggunakan yang mana.

Pada kesempatan kali ini kami akan mengajak anda untuk membahas mengenai perbedaan dari to dan juga for karena kedua kalimat itu seringkali digunakan dalam bahasa sehari-hari.

Di dalam bahasa Indonesia sendiri to dan juga for biasanya memiliki arti untuk. Namun kedua jenis kata ini memiliki perbedaan sehingga anda bisa menggunakan kedua kata ini untuk keadaan tertentu. Supaya anda lebih memahami penggunaan dari to dan for, maka simaklah ulasan lengkapnya di bawah ini ya.

Penggunaan to vs for

Karena kedua jenis kata ini bisa dianggap sama atau memiliki makna yang mirip, maka pada kesempatan ini kami akan mengajak anda dengan lengkap membahasnya. Jadi to atau for ini merupakan preposisi di dalam Bahasa Inggies yang memiliki kegunaan. Biasanya untuk for sendiri digunakan sebagai konjungsi. Sedangkan untuk to digunakan juga sebagai kata kerja infinitif dan kadang sebagai adverbia.

Kunci perbedaan kedua jenis kata ini adalah jika to sendiri diindikasikan untuk pergerakan atau perpindahan orang dari satu tempat ke tempat yang lainnya atau dari satu orang ke orang yang lainnya. Namun untuk for sendiri mengindikasikan tujuan atau aktivitas, ataupun akhir yang ingin dicapai.

Mungkin banyak orang yang masih kebingungan ketika menggunakan to atau for. Sehingga supaya anda lebih mudah penggunannya maka kali ini kami akan menjelaskannya secara detail dilengkapi dengan contoh kalimat dan juga artinya. Simak ulasannya di bawah ini ya.

Penggunaan to

Yang pertama kami akan mengajak anda untuk membahas secara lengkap mengenai penggunaan to. To sendiri merupakan jenis verb yang menunjukkan pergerakan ataupun perpindahan seseorang ataupun sesuatu dari satu tempat ke tempat yang lainnya.

Selain itu to juga bisa mengindikasikan perpindahan dari satu orang ke orang lain. To sendiri memiliki 3 peran di dalam Bahasa Inggris yaitu sebagai penanda kerja infinitif, sebagai adverbia, dan juga sebagai preposisi di dalam Bahasa Inggris.

Supaya lebih memahami bagaimana penggunaan dari to untuk 3 peran yang sudah kami sebutkan tadi maka berikut ini adalah beberapa contohnya.

  • Chani came here to give this to you for your birthday (Chani datang ke sini untuk memberikan ini kepadamu untuk ulang tahunmu)
  • The snow has piled up to the window (Salju telah menumpuk sampai ke jendela)
  • My dad working hours start from nine to four (Jam kerja ayahku dimulai dari pukul 9 sampai empat)
  • I prefer read my favorite novel to sleeping (Aku lebih suka membaca novel kesukaanku daripada tidur)
  • The school is around one hundred meters to the west from here (Sekolah berada sekitar seratus meter ke barat dari sini)
  • The stock prices rise up to 200 dollars (Harga saham naik hinga 200 dolar)
  • My uncle wants to build a house by the lake (Pamanku ingin membangun rumah di tepi danau)
  • The package could be delivered up to five days (Paket bisa dikirim hingga 5 hari)

Penggunaan for

Jika tadi kami sudah memberikan informasi mengenai penggunaan dari to dan juga contohnya. Maka sekarang ini kami akan memberikan anda informasi mengenai penggunaan for sehingga bisa membedakannya dengan mudah.

Seperti yang sudah kami bahas di atas tadi, penggunaan for sendiri mengindikasikan tujuan, sebuah titik yang ingin dicapai, kemudian sebuah objektif atau keinginan. Di dalam Bahasa Inggris, for sendiri mempunyai dua peran yaitu sebagai preposisi dan sebagai konjungsi.

Hal ini mengindikasikan bahwa for juga bisa digunakan untuk menyambung dua klausa menjadi satu kalimat yang kohesif. Supaya lebih jelas lagi dan bisa memahami mengenai penggunaan dari for, maka simaklah contoh berikut ini:

  • Lea working hard for her family (Lea bekerja keras untuk keluarganya)
  • I want to say thank you for giving me chance (Aku ingin berkata terima kasih karena kamu memberiku kesempatan)
  • I want to give the best for my best friend, so her could be happy (Aku ingin memberikan yang terbaik untuk sahabatku, agar ia bisa menjadi bahagia)
  • I made an appointment with Dr. Andi for 3 May (Aku membuat janji dengan Dr. Andi untuk 3 Mei)
  • The cup is for milk only (Gelas ini hanya untuk susu)
  • I cook this for her birthday (Aku memasak ini untuk ulang tahunnya)
  • This is what I have for tomorrow (Ini yang aku miliki untuk besok)
  • My husband brought breakfast for me (Suami saya membawakan sarapan untuk saya)

Itu tadi beberapa informasi yang bisa kami berikan kepada anda mengenai perbedaan dari to vs for. Kami juga memberikan beberapa contoh kalimat dan juga artinya, sehingga anda bisa menggunakannya sebagai contoh dalam percakapan sehari-hari menggunakan Bahasa Inggris. Kesimpulannya adalah to mengarah suatu perpindahan dari satu hal ke hal lain, sedangkan untuk for lebih mengarah ke sebuah hal yang berupa tujuan. Sekarang anda sudah tahu kan dimana letak perbedaannya? Semoga artikel yang kami berikan kali ini bisa berguna dan juga bermanfaat bagi anda yang sedang belajar Bahasa Inggris ya. Semoga membantu anda!

 

Perbedaan This, That, These, Those
Perbedaan Sebutan “Number”: Cardinal, Ordinal, Nominal
Perbedaan IELTS Academic dan General Training
Perbedaan Cap dan Hat dalam Bahasa Inggris
Perbedaan: Life, Live, Lives, dan Living
Perbedaan antara TOEFL IBT dan PBT
Perbedaan Action Verb, Transitive vs Intransitive Verbs
Perbedaan: Dateline vs Deadline
Perbedaan “Insane” dan “Crazy”
Perbedaan “Life” dan “Live”