sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Penggunaan “Between” dan “Among”

Between dan among merupakan preposisi yang sering ditemukan dalam Bahasa Inggris. Secara harfiah keduanya memiliki arti serupa dalam Bahasa Indonesia, yaitu “antara” atau “diantara”. Namun tahukah kamu kalau kedua kata ini memiliki penggunaan yang berbeda?

Memang masih banyak orang yang belum mengetahui perbedaan penggunaan keduanya, sehingga salah menempatkannya. Karena itu, pembahasan kali ini akan mengulas mengenai penggunaan between dan among dalam Bahasa Inggris dengan tepat.

Simak penjelasannya sampai akhir, ya!

Penggunaan Between

Between digunakan untuk menjelaskan sesuatu yang berada diantara hal-hal atau benda-benda yang disebutkan apa saja. Selain itu, between juga dapat digunakan untuk menjelaskan dua sampai tiga hal yang berbeda namun masih dalam satu konteks.

Agar lebih jelas, berikut beberapa penggunaan between dalam Bahasa Inggris:

  • Menjelaskan sesuatu diantara dua hal

Penggunaan yang pertama adalah between untuk menjelaskan sesuatu diantara dua hal atau benda. Lebih jelasnya dapat dilihat pada contoh berikut:

My car was parked between the red car and the black car. (Mobilku diparkir antara sebuah mobil merah dan mobil hitam)

  • Menjelaskan dua hal yang berbeda

Between dapat digunakan untuk menjelaskan dua hal yang berbeda, namun masih dalam konteks yang terkait satu sama lain. Misalnya seperti pada contoh berikut:

When she said to go on with that ridiculous plan, I realized that there’s a blurred line between brave and reckless. (Ketika dia bilang untuk terus melanjutkan rencana konyol itu, aku sadar kalau ada batas kabur antara berani dan nekat)

  • Menjelaskan tiga hal yang berbeda

Bukan hanya dua hal, between juga dapat digunakan untuk menjelaskan tiga hal yang berbeda namun dalam konteks sama. Seperti yang dapat dilihat pada contoh berikut:

My mom told me to choose between steak, spaghetti, and pizza for dinner’s menu. (Ibuku menyuruhku untuk memilih antara steak, spageti, dan pizza untuk menu makan malam)

Penggunaan Among

Kebalikan dari between, among digunakan untuk menjelaskan sesuatu diantara banyak hal sekaligus tanpa dirincikan. Ketika menggunakan among, kata benda yang digunakan berupa kata majemuk tanpa dijelaskan atau dirincikan satu persatu.

Jadi kalau between digunakan untuk hal atau benda yang dirincikan, among digunakan untuk kelompok benda sekaligus. Misalnya sekelompok orang, sekumpulan tas, setumpuk buku, dan seterusnya.

Agar lebih jelas, silakan dilihat pada contoh-contoh berikut:

  • Her house is the biggest one among the houses in this housing. (Rumahnya yang paling besar diantara rumah-rumah di perumahan ini)
  • From far away, I can see he stood out among his peers. (Dari kejauhan, aku bisa lihat dia paling menonjol diantara teman-teman sebayanya)
  • She always said that she felt ugly when standing among her siblings. (Dia selalu bilang kalau dia merasa jelek ketika berdiri diantara saudara-saudaranya)

Penggunaan Between dan Among dalam Percakapan

Kita tentu perlu menerapkan penggunaan preposisi between dan among dalam percakapan sehari-hari. Agar lebih menguasai penggunaan kedua preposisi tersebut, berikut contohnya dalam percakapan.

Contoh  Percakapan Menggunakan Between

Doni: Dina, you didn’t wear your shoes yet, right? Please get my science book in my room! (Dina, kamu belum pakai sepatu, kan? Tolong ambilkan buku IPA aku di kamar!)

Dina: Urgh, you always did it! Why didn’t you bring it with you when you go out your room back then? (Urgh, kamu selalu begitu? Kenapa kamu nggak bawa itu sekalian pas kamu keluar kamar tadi?)

Doni: I’m forget, okay? And I already wear my shoes, mom will angry if I enter the house with it. Just take it or we will be late for school! (Aku lupa, ya. Dan aku udah keburu pakai sepatu, ibu nanti marah kalau aku masuk rumah pakai sepatu. Udah ambilin aja, nanti kita telat ke sekolah!)

Dina: Alright, alright. Where is it? (Iya, iya. Dimana bukunya?)

Doni: It is on my desk, between the dictionary and math book. Oh, please also bring the math book! (Itu ada diatas mejaku, diantara kamus dan buku matematika. Oh, tolong sekalian bawain buku matematika!)

Dina: Now I wonder what’s inside your bag if your books are on the desk (Sekarang aku jadi penasaran apa yang ada di dalam tas kamu kalau buku-buku kamu ada diatas meja)

Contoh Percakapan Menggunakan Among

Tiara: Oh, our school was the winner of Math Olympic? Is it on national scale? (Oh, sekalah kita jadi pemenang Olimpiade Matematika? Apa itu di skala nasional?)

July: You just realized it now, Tiara? It was a big news last week! And yes, it’s the National Olympic (Kamu baru sadar sekarang, Tiara? Itu heboh banget pekan lalu! Dan ya, itu Olimpiade Nasional)

Tiara: Really? Maybe when I was sick, July? (Benarkah? Mungkin pas aku lagi sakit, July?)

July: Oh, that’s right, it was that day! (Oh, iya betul, pas hari itu!)

Tiara: And who’s the representative of our school to join Math Olympic? Is it Doni again? (Dan siapa perwakilan sekolah kita yang ikut Olimpiade Matematika? Apa Doni lagi?)

July: Who else, Tiara? Doni is the smartest one among the students, no one beats him especially in Math (Siapa lagi, Tiara? Doni kan paling pintar diantara murid-murid, nggak ada yang ngalahin dia terutama di Matematika)

Tiara: Yeah, even though I think it’s a mystery because I never see him study seriously (Iya, meskipun aku pikir itu misteri karena aku nggak pernah lihat dia belajar serius)

Demikianlah pembahasan mengenai penggunaan preposisi between dan among beserta contohnya. Pastikan kamu memahami betul perbedaannya agar bisa menggunakannya dengan tepat. Semoga informasi ini bermanfaat!

 

Penggunaan Kata “Also”
Perbedaan Singular Noun dan Plural Noun
Perbedaan Their, They’re, dan There
Perbedaan Verb 1 & Verb –ing
Perbedaan “Following”, “Followers”, “Connecting”, “Preceding”, “After”, dan “Next”?
Perbedaan: Wake Up vs Get Up
Perbedaan That vs Which vs Who vs Whom
Penggunaan Or vs Nor
Perbedaan I Too, I Also, Me Too, dan Me Also
Perbedaan His Dan Her