sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Penggunaan “Because”, “Because Of,” dan “Due To “

Belajar mengenai Bahasa Inggris memang tak ada habisnya, akan ada selalu bahasan menarik dari Bahasa Inggris ini. Ketika belajar Bahasa Inggris maka anda tidak hanya harus mengetahui teorinya saja melainkan anda juga harus mulai belajar untuk mempraktekkannya dalam percakapan sehari-hari anda sheingga anda bisa lancar menggunakan bahasa ini.

Biasanya ketika sehari-hari kita diminta untuk menjelaskan alasan terjadinya suatu hal kita akan menggunakan because. Namun selain itu kita juga bisa menggunakan because, because of, dan juga due to. Masih banyak sekali orang yang tidak tahu apa perbedannya.

Maka dari kesempatan kali ini kami akan memberikan informasinya kepada anda dan juga contohnya sehingga anda bisa menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Because

Tentu saja kata yang satu ini sudah tidak asing lagi ya ditelinga kita, kita sudah sering medengar because yang memiliki arti sebab atau karena di dalam Baahsa Indonesia.

Supaya anda tahu bagaimana penggunaan yang tepat untuk because, maka kali ini kami akan menjelaskannya secara singkat sehingga anda bisa memahami dan mengerti ketika menggunakannya dalam kalimat.

Because sendiri merupakan kata penghubung atau jika di dalam Bahasa Inggris disebut juga sebagai subordinating conjuction yang mana menjembatani 1 klausa biasanya independent clause dengan klausa yang lain dependent clause. Selain itu because dikenal juga sebagai preposisi yang memiliki makna as a result of yang diikuti oleh noun atau noun phrase.

Supaya anda lebih memahami bagaimana penggunaan because, maka simaklah beberapa contoh kalimat yang ada di bawah ini:

  • I didn’t go to school yesterday because I was ill (Saya tidak pergi ke sekolah kemarin karena saya sakit)
  • Dina couldn’t buy the shoes she wanted because it’s so pricey (Dina tidak bisa membei sepatu yang ia inginkan karena itu sangat mahal)
  • We are late because the bus broke down (Kita terlambat karena busnya mogok)
  • Because they were so tired, they went to home at 7 p.m (Karena mereka sangat lelah, mereka pergi ke rumah pukul 7 malam)
  • Nathan left early because Michael and Sebastian had and argument (Nathan pergi lebih dulu karena Michael dan Sebastian bertengkar)

Because of

Jika tadi kita sudah membahas bagaimana penggunaan dari because, sekarang kami juga akan memberikan informasi kepada anda mengenai because of karena masih banyak sekali orang yang bingung harus menggunakan because atau because of ketika menjelaskan penyebab dari sesuatu.

Jadi because of ini digolongkan sebagai salah satu preposition, yang mana bisa diartikan sebagai penghubung juga, hanya saja because of ini biasanya diikuti oleh kata benda dan bukan klausa seperti because yang tadi sudah kita jelaskan di atas tadi.

Supaya anda lebih memahami bagaimana penggunaan dari because of maka simaklah beberapa contoh di bawah ini:

  • I didn’t go to school yesterday because of illnes (Saya tidak pergi ke sekolah kemarin karena sakit)
  • There were so many people in the café because of the discount and the gift (Banyak sekali orang di kafe ini karena diskon dan hadiah)
  • Because of the snow, the turnament was stopped (Karena salju, turnamen dihentikan)
  • I’m here because of Suho (Aku berada di sini karena Suho)
  • We are late because of him (Kita terlambat karena dia)

Due To

Jika tadi di atas kita sudah membahas mengenai penggunaan because dan because of yang hampir mirip, maka pada kesempatan kali ini kami akan mengajak anda untuk mengerti bagaimana penggunaan due to.

Jadi due to sendiri sebenarnya tidak jauh berbeda dengan penggunaan because ataupun because of yang tadi sudah kita bahas sebelumnya. Yang menjadi pembeda adalah due to ini terletak pada makna atau penggunan menurut tata bahasa bakunya.

Due to sendiri merupakan preposition yang memiliki makna seperti atas hasl dari atau menjelaskan mengenai penyebab. Due to digunakan untuk menjelaskan kata sifat yang menjelaskan benda.

Supaya anda lebih memahami bagaimana penggunaan dari due to maka simaklah beberapa contoh di bawah ini:

  • The car accident was due to her carelessness (Kecelakaan mobil itu karena kecerobohannya)
  • His frustation was due to that girl (Frustasinya disebabkan oleh gadis itu)
  • I guess my brother fainted due to her headhace (Aku berpikir bahwa kakakku pingsan karena sakit kepala)
  • Due to jobless, my brother had problems (Karena tidak memiliki pekerjaan, kakaku mengalami masalah)
  • Noni missed the course due to the rain (Noni ketinggalan kursus karena hujan)
  • Due to the covid-19 virus, I stayed home (Dikarenakan virus COVID019, saya tetap tinggal di rumah)
  • My uncle can’t attend my party due to rain (Pamanku tidak bisa menghadiri pestaku karena hujan)

Itu tadi beberapa informasi yang bisa kami bagikan kepada anda mengenai penggunaan dari because, because of, dan juga due to. Sekarang anda sudah paham kan apa perbedaan dari ketiga jenis preposisiton ini?

Memang secara arti memiliki arti yang hampir sama namun penggunaan dari ketiganya itu berbeda. Jadi kami menyarankan supaya anda banyak berlatih sehingga anda bisa menggunakan because, because of, dan juga due to dalam kalimat Bahasa Inggris atau dalam percakapan anda sehari-hari. Jika anda merasa aritkel ini berguna maka anda bisa membagikannya kepada teman-teman yang juga sedang belajar Bahasa Inggris.

 

Perbedaan antara Suggestion dan Recommendation dalam Bahasa Inggris
Perbedaan ‘Permit’ vs ‘Permission’
Penggunaan Tanda Petik ‘s’
Perbedaan Penggunaan Other dan Another dalam Bahasa Inggris
Penggunaan Yet dalam Bahasa Inggris Beserta Contohnya
Perbedaan “Even, Even Though, Even If, Even When, Even So”
Perbedaan Fill In dan Fill Out Beserta Contohnya
Perbedaan Gender dalam Bahasa Inggris
Penggunaan Literal vs Literally
Perbedaan Will, Would, Shall, Should, dan Could