sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Penggunaan “While” Dalam Kalimat

Membuat kalimat perlu memperhatikan semua unsurnya termasuk subjek predikat dan objek sebagai bentuk kalimat yang paling pendek. Dua kalimat dapat digabungkan dengan memakai kata sambung. Hal ini juga terdapat dalam Bahasa Inggris, salah satunya adalah kata “while”. Kata ini berfungsi sebagai kata untuk menyambungkan dua kalimat.

Bila diartikan dalam Bahasa Indonesia, kata “while” dapat memiliki makna yang berbeda-beda sesuai dengan kalimatnya. Oleh karena itu, kata ini juga kadang memiliki arti yang serupa dengan kata sambung lainnya seperti when, whereas atau although.

Pemakaian Kata “While” dalam Bahasa Inggris

Kita sering terpaku untuk membuat kalimat Bahasa Inggris yang baik tanpa membuat kesalahan. Padahal banyak kosa kata yang punya arti yang serupa. Pemilihan kata bisa memiliki beberapa pilihan dengan makna yang sama, sehingga tidak perlu merasa terbebani harus membuat kalimat tanpa cela.

Contohnya untuk pemakaian kata “while”, pemakaiannya dapat diganti dengan kata ganti lainnya. Sehingga kata sambung ini memiliki pemakaian yang cukup luas. Berikut beberapa diantaranya.

  • My father is driving while mother is looking at the map (Ayah saya sedang mengendarai mobil sementara ibu sedang melihat peta)

Disini while berarti sementara dimana ada dua kegiatan yang dilakukan bersama-sama.

  • My sister is doing her homework while someone knocks on the door (saudara perempuan saya sedang mengerjakan pekerjaan rumah saat ada seseorang yang mengetuk pintu)

Kalimat ini menerangkan ada sebuah kegiatan yang sedang dilakukan sementara ada kegiatan lain yang menginterupsi.

  • The teacher is explaining the lesson while the students are paying attention (Guru sedang menjelaskan pelajaran sedangkan murid memperhatikan)

Perhatikan Hal Ini Dalam Pemakaian Kata “While”

1. Waktu

Tata Bahasa Inggris sangat patuh dengan aturan tense. Jadi perhatikan kapan kegiatan satu dan dua dilakukan untuk menentukan tense pada kalimat. Kata “while” dengan waktu yang sama maka bentuknya pun harus sama. Bila ada satu kegiatan yang dilakukan dan ada kegiatan lain yang terjadi. Tentu tense yang dipakai juga berbeda.

  • I take a nap while father takes a drive (saya pergi tidur siang dan ayah pergi mengendarai mobil)
  • They are talking while the waiter come (mereka sedang berbicara saat pelayan datang)

2. Kegiatan

Pemakaian kata “while” juga perlu memperhatikan kegiatan atau (kata kerja) yang dipakai dalam kalimat. Bentuk present tense pada kalimat pertama kerap juga dipakai pada kalimat kedua. Hal ini tentu bila posisi kalimat berada dalam satu waktu. Perhatikan juga apakah subjek berbentuk singular atau plural, karena pembuatan kalimat tergantung pada kemampuan untuk memahami tata bahasa sesuai dengan tense.

  • Some teacher were in the teacher’s room while I went to see the principle (beberapa guru sedang ada diruang guru saat saya mencari Kepala Sekolah)
  • I will be in my office while you are fixing the pipes (saya akan berada dikantor sementara kamu membetulkan pipa-pipa)

3. Makna

Ada beberapa situasi dimana kata “while” dipakai. Oleh karena itu pahami kalimat untuk dapat mengerti makna dari penggunaan kata “while” pada kalimat tersebut.

  • My school is on the right while my home is on the left (sekolah saya ada dikanan sementara rumah saya ada dikiri)
  • I am practising my speech while father is reading a book (saya sedang berlatih pidato saat ayah membaca buku)

Perhatikan contoh kalimat penggunaan while di atas yang memiliki pemakaian untuk beberapa situasi yang beda saat menggabungkan dua kalimat. Sebagai kata sambung, kata “while” dapat berarti sementara, selagi, saat, walaupun demikian dan masih banyak lagi. Berikut adalah penjelasan singkatnya.

Kegiatan Pada Waktu Bersamaan

Penggunaan kata “while” paling sering digunakan untuk kegiatan yang dilakukan pada waktu yang sama dengan posisi yang sama. Saya sedang melakukan sesuatu dan ibu juga melakukan sesuatu. Berikut contohnya

  • The cats are sleeping while the dogs are barking (kucing-kucing sedang tidur sementara anjing-anjing sedang menyalak)
  • I am studying in my room while my brother is studying in his room. (saya sedang belajar dikamar saya sementara saudara laki-laki saya sedang belajar dikamarnya

Hal Yang Bertentangan

Kata “while” dapat juga dipakai untuk mengacu pada hal yang berbeda atau kontras. Karena dilakukan pada waktu yang bersamaan maka kata tersebut masih cocok untuk dipakai.

  • The animals in the zoo are in cages while the people are not (Binatang di Kebun Binatang ada di dalam kandang dan manusia tidak)
  • While I like to help, I dont have any money to lend (semntara saya ingin membantu, tapi saya tidak dapat meminjamkan uang)

“while” dapat memiliki arti yang sinonim dengan kata “whereas” yang berarti kegiatan bertentangan. Gunakan untuk mengekspresikan kontras misalnya membuat satu kalimat dimana fakta dan harapan berbeda.

Latar Belakang Kejadian

Kata “while” juga dapat dipakai saat melakukan kegiatan yang panjang durasinya dengan kejadian yang baru saja terjadi. Seperti peristiwa yang terjadi setelah kejadian yang lain misalnya gangguan sejenak.

  • I was sleeping when my mom woke me up (saya sedang tidur ketika ibu membangunkanmu)
  • We are at the library when the light goes out (kami sedang ada diperpustakaan saat mati lampu)

Demikianlah penggunaan kata “while” dalam bahasa Inggris sebagai bentuk kata sambung. Kata ini bisa digunakan untuk menjelaskan kegiatan yang terjadi pada waktu bersamaan, sesuatu yang  terinterupsi atau kejadian yang kontras. Penempatannya kata “while” bisa pada awal kalimat atau ditengah-tengah antara dua kalimat. Gunakan kata “while” dalam kalimat Bahasa Inggris sesuai dengan bentuk yang sudah dijelaskan di atas

 

Penggunaan If vs Whether
Penggunaan “Needless to Say”
Frasa atau Kalimat Certainty/Uncertainty (Yakin/Tidak Yakin)
Penggunaan Tanda Petik ‘s’
Perbedaan Makna House dan Home serta Penggunaannya dalam Bahasa Inggris
Frasa/Kalimat yang Digunakan dalam Memberikan Saran
Perbedaan Penggunaan Sick, Ill, Hurt, Pain, dan Ache
Perbedaan Penggunaan Me, Myself dan I
Kalimat Kecewa Bahasa Inggris & Artinya
Penggunaan “Based On My Experience”