sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Perbedaan Become & Became

Saat kita belajar Bahasa Inggris, kita akan menemukan bahwa kalimat-kalimat dalam Bahasa Inggris sangat dipengaruhi oleh waktu saat aktivitas dalam suatu kalimat dilakukan, apakah aktivitas tersebut dilakukan di saat sekarang atau masa kini, masa lalu atau lampau, atau bahkan di masa depan.

Kali ini kita akan mempelajari dua kata yang ada hubungannya dengan hal tersebut, yaitu “become” dan “became”. Kita akan mengetahui apa yang membedakan kedua kata ini dan bagaimana kita menggunakannya dalam kalimat, yang tentu saja akan dihubungkan dengan beberapa jenis kata kerja yang ada.

“Become”

Secara harafiah, pengertian dari kata “become” adalah “menjadi”, yang merujuk pada suatu perubahan yang terjadi pada diri seseorang atau sesuatu. Perubahan atau transformasi yang terjadi biasanya merupakan perubahan dari kondisi yang lama ke kondisi yang baru.

Bagaimana kita menggunakan “become” dalam pembuatan kalimat Bahasa Inggris? Mari kita simak penjelasan di bawah ini:

  1. “Become” dapat digunakan pada subyek orang kedua tunggal dan jamak you (kamu), subyek orang pertama jamak we (kita atau kami), serta subyek orang ketiga jamak they (mereka).

Contoh kalimat 1:

    • Hey, Wendy! What is wrong with you, girl? Every time Peter passes in front of us, you suddenly become very nervous. I already have this suspicion but, still… you have to tell me the truth (Hei, Wendy! Ada apa denganmu, temanku? Setiap kali Peter lewat di depan kita, mendadak saja kau menjadi sangat gugup. Aku sudah punya kecurigaan tapi, tetap saja… kau harus mengatakan yang sebenarnya padaku)
    • They become the most popular group in school and so many students want to join them. One of the fact that makes all the students shock is that the most beautiful girl in school, Jill Gibson, wants to join their group, as well! (Mereka menjadi kelompok yang paling populer di sekolah dan banyak siswa yang ingin bergabung bersama mereka. Salah satu fakta yang membuat semua murid tercengang adalah gadis paling cantik di sekolah, Jill Gibson, juga ingin bergabung dengan kelompok mereka!)
    • We become the center of attention after trying some of the unique clothes in the thrift store (Kami menjadi pusat perhatian setelah mencoba beberapa pakaian yang unik di toko baju bekas)
  1. “Become” juga dapat digunakan untuk subyek orang ketiga tunggal it (kata ganti tunggal untuk hewan dan tumbuhan), she (kata ganti tunggal untuk nama perempuan), serta he (kata ganti tunggal untuk nama lelaki). Penulisan “become” sendiri menjadi “becomes” sebagai penanda subyek yang tunggal tersebut. Tetap menyebut nama orang atau jenis hewan sebagai subyek kalimat juga diperbolehkan.

Contoh kalimat 2:

    • In the animal kingdom, if there is a wolf who is so strong, it becomes the alpha or the leader of the pack (Dalam kerajaan hewan, bila ada serigala yang sangat kuat, ia menjadi alfa atau pemimpin kawanan tersebut)
    • She becomes the class representative for the upcoming writing contest in her school. Her classmates vote for her because her writing skills is really awesome (Dia menjadi perwakilan kelas untuk kontes menulis di sekolahnya yang akan datang. Teman-teman sekelasnya memilihnya karena kemampuan menulisnya sangat hebat)
    • He becomes a new member in his softball team. For now, he has to pay attention and learn things about softball before officially playing as one of his team’s players (Dia menjadi anggota baru dalam tim bola kastinya. Untuk sekarang, dia harus memerhatikan dan mempelajari semua hal tentang kasti sebelum secara resmi bermain sebagai salah satu pemain timnya)

“Became”

“Became” juga memiliki pengertian yang sama dengan saudara kembarnya “become”, yaitu “menjadi” yang menegaskan tentang adanya transformasi dari suatu keadaan lama ke keadaan yang baru.

Hal yang membedakan “became” dari “become” adalah “became” digunakan untuk kalimat yang kegiatan atau aktivitasnya telah dilakukan di masa lalu atau masa yang telah lewat. “Became” dapat digunakan pada semua subyek kalimat, baik yang tunggal ataupun yang jamak.

Mari kita lihat contoh-contoh kalimat yang mengandung “became” di dalamnya:

  • Queen Elizabeth II became the queen of The Great Britain on June 2nd, 1953 (Ratu Elizabeth II menjadi ratu Britania Raya pada tanggal 2 Juni 1953)
  • The moment Lizzie stopped bugging him and actually leaving him alone, he became curious and tried to dig information from Lizzie’s friends (Ketika Lizzie berhenti mengganggunya dan benar-benar meninggalkannya sendirian, dia menjadi penasaran dan mencoba menggali informasi dari teman-teman Lizzie)
  • Paul’s voice became deeper as he tried to sing that one song everybody can’t sing (Suara Paul menjadi lebih dalam saat dia mencoba menyanyikan satu lagu yang semua orang tidak dapat menyanyikannya)
  • You became slightly uncomfortable watching this movie. Maybe horror movies didn’t meet your taste? We can change it into some comedy movies, if you want (Kau menjadi sedikit tidak nyaman menonton film ini. Barangkali film horror bukan kesukaanmu? Kita bisa menggantinya dengan film komedi, kalau kau mau)
  • We became people’s laughing stock because we wore that chicken costume in the parade last week. It was awful and until now, I feel like I want to punch my own face (Kami menjadi bahan tertawaan orang-orang karena kami memakai kostum ayam itu di parade minggu lalu. Kejadian itu memalukan dan sampai sekarang, rasanya aku ingin memukul wajahku sendiri)

Demikian pembahasan mengenai “become” dan “became” yang disajikan artikel ini. Semoga artikel ini bisa menolong proses pembelajaran Bahasa Inggris yang sedang teman-teman geluti.

 

Perbedaan Ungkapan “well done”, “good job”, “great job”, “congrats”
Perbedaan “Economy”, “Economies”, “Economic”,  “Economically”
Perbedaan So vs Such
Perbedaan “Insane” dan “Crazy”
Perbedaan Congratulations dan Compliment
Perbedaan penggunaan akhiran S dan ‘S (Apostrope S)
Perbedaan Kalimat Imperative Vs Exclamatory
Perbedaan Many vs Much
Perbedaan “However”, “While”, “Despite”, “Although”, “Albeit”, dan “Nevertheless”
Perbedaan Penggunaan Little dan A Little dalam Bahasa Inggris