sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Perbedaan Used To, Be Used To, dan Get Used To dalam Bahasa Inggris

Mempelajari bahasa Inggris mungkin cukup sulit pada awalnya karena terdapat begitu banyak hal yang harus dibedakan. Salah satunya adalah cara untuk membedakan frasa used to, be used to, dan get used to dalam bahasa Inggris. Ketiga frasa tersebut semuanya menggunakan used to akan tetapi artinya sangatlah berbeda.

Tanpa mengenali konteksnya, kita dapat mengetahui apa arti semantik yang berbeda dari ketiga frasa berikut ini. Untuk dapat mengenalinya lebih jelas dan membedakannya dari satu sama lain, mari simak penjelasan lengkap di bawah berikut ini.

Used To

Used to digunakan untuk menunjukkan sesuatu yang selalu terjadi atau telah terjadi di masa lalu. Akan tetapi, hal tersebut tidak lagi terjadi saat ini atau dapat dibilang bahwa hal tersebut sudah tidak dilakukan lagi saat ini.

Jika Anda menggunakan used to dan diikuti dengan kata kerja infinitif, maka Anda pernah melakukan hal tersebut, Anda beberapa kali melakukannya di masa lampau, namun Anda tidak melakukannya lagi sekarang. Selain itu, hal ini bisa juga digunakan untuk mengungkapkan situasi yang ada di masa lalu namun sudah tidak ada lagi saat ini.

Berikut ini adalah beberapa contoh kalimat yang menggunakan frasa used to beserta dengan terjemahannya:

  • I used to live in Indonesia when I was younger (Saya dulu tinggal di Indonesia ketika saya lebih muda)
  • She used to take the bus to school every day when she was in high school (Dia dulu naik bis untuk pergi ke sekolah setiap hari ketika dia masih SMA)
  • I used to like wearing dresses but now I only wear jeans (Saya dulu suka mengenakan gaun namun sekarang saya hanya mengenakan celana jeans)
  • She used to have long hair but now she cuts it short (Dia dulu memiliki rambut panjang namun sekarang dia memotong rambutnya menjadi pendek)
  • They used to hate vegetables but now they could eat it heartily (Mereka dulu benci sayuran namun sekarang mereka bisa memakannya dengan senang)
  • Why don’t you like wearing skirts anymore like you used to? (Kenapa kau tidak suka mengenakan rok lagi seperti yang dulu kau biasa lakukan?)
  • I don’t used to smoke when I was in college (Saya dulu tidak merokok ketika saya masih berkuliah)

Be Used To

Be used to digunakan untuk mengatakan bahwa suatu hal itu normal atau biasa dilakukan atau merupakan situasi yang biasa. Jika Anda sudah terbiasa dengan suatu hal, atau Anda sudah sering melakukan atau mengalaminya, maka hal tersebut tidaklah aneh lagi, bukan hal yang baru ataupun sulit untuk Anda.

Berikut ini adalah beberapa contoh kalimat yang menggunakan frasa be used to beserta dengan terjemahannya:

  • I don’t mind getting up early because I am used to it. (Saya tidak keberatan bangun tidur lebih pagi karena saya sudah terbiasa dengan itu)
  • He is used to get his heart broken since he was a teenager. (Dia sudah terbiasa patah hati sejak dia masih remaja)
  • They are used to listening the neighbours bickering in the night. (Mereka terbiasa mendengarkan tetangganya adu mulut di malam hari)
  • I am now used to living alone since my dog has died last year. (Saya sekarang terbiasa dengan hidup sendiri sejak anjing saya mati tahun lalu)
  • Stella is used to people commenting on her beautiful hair. (Stella terbiasa dengan orang-orang yang berkomentar tentang rambut indahnya)
  • I am not used to talking in English because I am still learning. (Saya tidak terbiasa berbicara dalam bahasa Inggris karena saya masih belajar)
  • She is not used to taking the bike to work. (Dia tidak terbiasa naik sepeda untuk pergi ke tempat kerjanya)

Get Used To

Get used to menunjukkan bahwa suatu hal tengah dalam proses menjadi hal yang normal atau sering dilakukan. Dalam kata lain, sebelumnya suatu kegiatan atau situasi ini tidaklah normal atau telah sering dilakukan, namun seiring berjalannya waktu, hal tersebut akan menjadi normal. Biasanya frasa ini digunakan untuk suatu kebiasaan atau keadaan yang baru saja sedang mulai terjadi berulang.

Berikut ini adalah beberapa contoh kalimat yang menggunakan get used to beserta dengan terjemahannya:

  • I don’t like living in a small town but I get used to it. (Saya tidak suka tinggal di kota yang kecil namun saya mulai terbiasa dengan itu)
  • She usually wears sandals but she got used to high heels now (Dia biasanya mengenakan sendal namun sekarang dia sudah terbiasa mengenakan sepatu hak tinggi)
  • I will get used to taking the bike to work if I do it every day (Saya akan terbiasa menggunakan sepeda untuk pergi ke tempat kerja jika saya melakukannya setiap hari)
  • Ever since I moved here, the neighbors has been very loud at night, but I get used to it (Sejak saya pindah ke sini, para tetangga sangat berisik di malam hari, namun saya mulai terbiasa dengan hal itu)
  • I get used to eating healthily ever since I got typhus last month (Saya mulai terbiasa untuk makan makanan sehat sejak saya terkena penyakit tipus bulan lalu)
  • I can’t get used to sleeping early because I always got sleepy late at night. (Saya tidak bisa terbiasa tidur lebih dini karena saya selalu mengantuk ketika sudah larut malam)
  • I got used to his English accent after a few months being friends with him (Saya sudah terbiasa dengan aksen Inggrisnya setelah beberapa bulan berteman dengannya)

Itulah dia penjelasan yang mendalam mengenai perbedaan antara used to, be used to, dan get used to dalam bahasa Inggris. Semoga penjelasan kali ini dapat membantu Anda dalam mempelajari bahasa Inggris lebih lanjut. Jangan lupa untuk menggunakannya sehari-hari agar terus dilatih setiap saat.

 

Perbedaan antara Still, Yet, dan Already dalam Bahasa Inggris
Perbedaan Penggunaan Another, Other, Others, dan the Other
Perbedaan: Beside vs Besides
Perbedaan Penggunaan Must, Have To, Should
Perbedaan Kalimat Imperative Vs Exclamatory
Perbedaan Noun dan Pronoun
Perbedaan Penggunaan Do, Be, dan Have
Perbedaan Can I, Could I dan May I
Perbedaan Among dan Between
Perbedaan Penggunaan Only dan Just