sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Percakapan Inggris Guru dan Murid Mengenai Tugas Esai

Interaksi antara guru dan murid di sekolah adalah salah satu hal yang tidak dapat dihindari pasti akan terjadi. Pada umumnya, komunikasi yang dilakukan di antara kedua belah pihak bersangkutan dengan tugas ataupun pelajaran di kelas. Pada khususnya tugas, seringkali anak murid bercakap dengan gurunya untuk menanyakan tugas yang akan datang  ataupun menyerahkan hasil pekerjaan tugasnya.

Melihat dari hal tersebut, sepertinya komunikasi antara guru dan murid mengenai tugas sangatlah penting bagitu semua orang. Oleh karena itu, mengetahui cara bercakap mengenai tugas dalam bahasa Inggris sangatlah penting. Untuk membantu, berikut ini adalah contoh percakapan antara guru dan murid saat memberikan tugas esai dalam bahasa Inggris.

Contoh 1

A: Good morning, sir. How are you today? (Selamat pagi, pak. Bagaimana kabar Anda hari ini?)

B: Good morning, Alex. I am great. How are you? (Selamat pagi, Alex. Saya baik. Bagaimana kabarmu?)

A: I’m fine, sir. I would like to give you my essay assignment that you gave us a few days ago. (Saya baik-baik saja, pak. Saya ingin memberikan tugas esai yang Anda berikan beberapa hari yang lalu)

B: What essay assignment? (Tugas esai yang mana?)

A: The one about cultural impact of colonization? It’s an assignment from history class, sir. (Esai mengenai dampak budaya dari kolonisasi? Ini tugas dari kelas sejarah, pak)

B: Oh, right. That assignment! But isn’t that assignment will only be due next week? (Oh, iya. Tugas itu! Namun bukankah tugas tersebut masih untuk minggu depan?)

A: Oh… Is it? I must have misunderstand you when you explain the deadline in class. (Oh… Begitukah? Saya pasti salah mengira ketika Anda menjelaskan tenggat waktunya di kelas)

B: It is okay. Perhaps I talked too fast and you did not hear me when I said it’s due next week. (Tidak apa-apa. Mungkin saya berbicara terlalu cepat dan Anda tidak mendengar saya ketika saya mengatakan tenggat waktunya minggu depan)

A: Perhaps… I am so sorry, sir. Thank you for reminding me that it is due next week. (Mungkin… Mohon maaf sekali, pak. Terima kasih terlah mengingatkan saya bahwa ini untuk minggu depan)

B: No problem. But, if you want to turn in your assignment right now, I will be very happy to receive it. (Tidak masalah. Namun jika Anda ingin memberikan tugasnya sekarang, saya akan senang hati menerimanya)

A: No, I think I will turn it in next week too because there are some things I need to revise. There is too much grammatical and logical errors in this essay because I wrote it late last night when I’m already so sleepy. But thank you again, sir. (Tidak, sepertinya saya akan menyerahkannya minggu depan juga karena ada beberapa hal yang harus saya revisi. Ada terlalu banyak kesalahan tata bahasa dan logika dalam esai ini karena saya menulisnya tengah malam ketika sudah mengantuk)

B: Okay, of course. (Baiklah, tentu saja)

A: Thank you for your your understanding. Have a good day, sir. (Terima kasih atas pengertian Anda. Semoga hari Anda baik, pak)

B: Have a good day to you too. (Semoga hari Anda juga baik)

Contoh 2

A: Good afternoon, Ma’am. I’m Francis Dolan from your sociology class. May I come in? (Selamat siang, Bu. Saya Francis Dolan dari kelas sosiologi. Bolehkah saya masuk?)

B: Of course, Francis. Please come in and sit down. (Tentu saja, Francis. Silakan masuk dan duduk)

A: Thank you, Ma’am. (Terima kasih, Bu)

B: How are you today? Is there anything I could help you with? (Bagaimana kabarmu hari ini? Apakah ada yang bisa saya bantu?)

A: I’m fine, thank you. I am actually here just to turn in my essay assignment that you gave us a week ago. (Saya baik-baik saja, terima kasih. Saya sebenarnya di sini hanya untuk menyerahkan tugas esai yang Anda berikan minggu lalu)

B: An essay assignment? I’m sorry, Francis. But I think you have got it wrong. Last week I said that the assignment will be due in two weeks. That means that it is still due next week. (Tugas esai? Mohon maaf, Francis. Namun sepertinya Anda salah mengerti. Minggu lalu saya mengatakan bahwa tugasnya akan dikumpulkan dalam dua minggu. Itu artinya masih untuk minggu depan)

A: Oh my God. I’m so sorry, Ma’am. You are right. I forgot that you told us that so I thought it’s for this week. (Ya ampun. Maaf sekali, Bu. Anda benar. Saya lupa bahwa Anda memberitahu kami itu jadi saya pikir esainya untuk minggu ini)

B: No problem, I forgot things all the time too. (Tidak masalah, saya juga sering lupa)

A: Thank you so much for your understanding, Ma’am. That really helps. I’ll see you next week. (Terima kasih banyak atas pengertian Anda, Bu. Itu sungguh membantu. Saya akan berjumpa dengan Anda minggu depan)

B: No problem. See you, Francis. (Tidak masalah. Sampai jumpa nanti, Francis.)

Itulah dia contoh untuk percakapan guru dan murid mengenai tugas esai dalam bahasa Inggris beserta dengan terjemahannya. Semoga contoh tersebut dapat membantu Anda dalam mempelajari bahasa Inggris lebih lanjut.

 

Contoh Percakapan antara Tour Guide dengan Wisatawan Saat Menjelaskan Tempat Wisata
Contoh Percakapan Menolak Janji (Refusing an Appointment)
Percakapan Bertanya Petunjuk Arah dalam Bahasa Inggris
Percakapan Driver Taksi / Grab / Gocar dengan Penumpang Bule
Percakapan Bahasa Inggris Mengajukan Ujian Susulan
Percakapan Menanyakan Kabar dalam Bahasa Inggris
Contoh Percakapan Inggris di KFC
Percakapan Membeli Laptop dalam Bahasa Inggris
Pertanyaan atau Kalimat yang Sering Diucapkan di Tempat Parkir
Percakapan Polisi Interogasi Terduga Pelaku Kriminal (Police Interrogation)