sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Percakapan Membuat Pilihan dalam Bahasa Inggris

Conversation Exploring Options

Menentukan pilihan adalah cara yang kita lakukan untuk mendapatkan informasi atau pendapat dari orang lain untuk membuat suatu keputusan dari 1 atau lebih pilihan. Ada dua hal yang perlu kita perhatikan dalam menentukan pilihan yakni asking for input (meminta masukan) atau exploring options (mencari pilihan). Perbedaan dasar dari kedua hal tersebut adalah:

1. Asking for input

Frasa yang umumnya digunakan adalah :

  • What do you think about…? (Bagaimana pendapatmu tentang…?)
  • How do you feel about…? (Bagaimana menurutmu tentang…?)
  • Any ideas? (Ada ide?)
  • What are the alternatives? (Ada alternatif lain?)

Ketika kita meminta pendapat atau masukan dari orang lain berdasarkan frasa di atas artinya pada kondisi tersebut kita belum memiliki satu pun pilihan. Sehingga kita meminta masukan dari orang lain atas masalah atau hal yang kita hadapi. Atau dengan kata lain pilihan yang ada masih terbuka, semua masukan dapat digunakan.

2. Exploring options

Frasa yang umumnya digunakan adalah :

  • Let’s look at Option 1 (Mari kita lihat Opsi 1)
  • Let’s look at the next option (Mari kita lihat opsi berikutnya)
  • What (do you think) about plan B? (Apa pendapat kalian tentang plan B?)
  • How about the third alternative?(Bagaimana dengan alternatif ketiga?
  • Let’s consider Mary’s proposal. (Kita pertimbangkan proposal dari Mary)

Dalam mengeksplorasi atau mencari pilihan dengan melihat frasa di atas artinya pada kondisi tersebut kita sudah memiliki satu atau beberapa pilihan yang dapat digunakan. Namun kita membutuhkan masukan orang lain, atau pendapat orang lain opsi mana yang tepat digunakan.

Contoh Penerapan dalam Percakapan

Untuk memudahkan kita dalam memahami apa yang dimaksud dengan asking for input dan juga exploring options dapat dilihat pada contoh percakapan di bawah ini:

Asking for Input

Tom: I think we should start to discuss about our company field trip. Do you have any ideas Alan? (Kurasa kita harus mulai mendiskusikan tentang wisata kantor. Apa kau punya ide Alan?)

Alan: I’ve been wondering if it would be for fun trip or more to adventure trip? (Aku sedang bertanya-tanya apakah ini akan menjadi wisata senang-senang atau petualangan?)

Tom: I don’t think that the boss will agree with the adventure trip, even though the employees will love it. How do you feel about it Em? (Kupikir atasan tidak akan setuju dengan tema wisata petualangan, meskipun para karyawan akan sangat menyukainya. Bagaimana menurutmu Em?)

Ema: I know the boss will oppose it, but I think if we create a concept to combine both of fun and adventure trip he might change his mind. Don’t you think so? (Aku tau atasan akan menolaknya, tapi kurasa jika kita bisa membuat konsep dengan perpaduan tema wisata menyenangkan dan petualangan mungkin dia akan berubah pikiran. Tidakkah kalian pikir begitu?)

Alan: Hmm, that will needs an extra effort for the field committee but it’s possible. So how about that Tom, do you agree? (Hmm, itu akan membutuhkan usaha lebih bagi panitia lapangan tapi sangat mungkin. Jadi bagaimana menurutmu Tom, apa kau setuju?)

Tom: Okay, let’s try. We have to make the concept now, and I’ll try any way to convince our boss. (Oke, ayo kita coba. Kita harus segera membuat konsepnya, dan aku akan mencoba berbagai cara untuk meyakinkan atasan kita.)

Lalu untuk membedakan dengan exploring options mari kita simak percakapan di bawah ini:

Tom: Guys, I’ve made 3 options for our next company field trip. I want to know how you feel about these plan. (Teman-teman, aku sudah membuat 3 opsi untuk wisata kantor selanjutnya. Aku ingin tahu pendapat kalian tentang rencana ini.)

Alan: Go on Tom, I’m listening. I hope that one of this plan will satisfy the boss. (Lanjutkan Tom, aku mendengarkan. Aku harap rencana ini akan memuaskan atasan.)

Ema: Yes, I hope so. (Ya, aku harap begitu.)

Tom: So the first option is Bali, we can spend like 3 days here. We can do some stuff like fun bike, visiting temple, tourist spot or watching traditional dances.
The second option is Lombok, we can spend 3 days and do stuff like snorkeling, diving, visiting tourist spot, and so forth.
The third option is Jogja, we can spend 4 days. But I don’t know about this option, since it’s the only one meet our budget. So what do you think about this guys? (Jadi opsi pertama adalah Bali, kita dapat menghabiskan 3 hari disini. Kita dapat melakukan aktivitas seperti bersepeda, mengunjungi pura, ke tempat wisata atau melihat tari tradisional.
Opsi kedua adalah Lombok, kita dapat menghabiskan 3 hari dan melakukan aktivitas seperti snorkeling, menyelam, mengunjungi daerah wisata, dan semacamnya.
Opsi ketiga adalah Jogja, kita dapat menghabiskan 4 hari. Tapi aku tidak begitu tahu opsi ini, karena hanya ini yang cocok dengan anggaran kita. Jadi bagaimana pendapat kalian?)

Ema: I think Bali and Lombok will give us extra budget, you know about the accommodation and stuff. (Kurasa Bali dan Lombok akan membutuhkan anggaran lebih, seperti akomodasi dan semacamnya.)

Alan: Yes, I share the same idea with Ema. Jogja maybe a bit common place to visit, but we can do a lot of stuff there. How about search for new places around Jogja like Gunung Kidul, I heard they have tourism spot too. (Ya, aku juga berpikiran sama dengan Ema. Jogja mungkin agak terlalu umum untuk dikunjungi, tapi kita bisa melakukan banyak hal disana. Bagaimana jika kita mencari tempat baru di sekitar Jogja seperti Gunung Kidul, aku dengar disana ada lokasi wisata juga.)

Tom: Well, that’s interesting and also meet our budget even we still have an extra. (Itu menarik dan juga sesuai dengan anggaran bahkan kita punya sisa tambahan.)

Demikianlah contoh bagaimana cara mencari pilihan (exploring options) atau meminta pendapat kepada orang lain dalam bahasa Inggris. Jangan pernah ragu untuk mencoba frasa atau susunan kata yang lain dalam bahasa Inggris, karena itu adalah cara belajar terbaik. Salam.

 

Berbicara tentang Pendidikan dalam Bahasa Inggris
Menceritakan Orang Lain dalam Bahasa Inggris
Berbiacara tentang Keluarga dalam Bahasa Inggris
Cara Meminta Izin ke Toilet dalam Bahasa Inggris
Menanyakan Pekerjaan dalam Bahasa Inggris
Percakapan Menanyakan Hari (Asking for Days) dalam Bahasa Inggris
Percakapan Membuat Janji untuk Bertemu
Kata-kata / Kalimat Percakapan Guru di Kelas
Percakapan Bisnis: Mengingatkan Rapat dan Mengulang Kesepakatan Di Meeting Sebelumnya dalam Bahasa Inggris
Pertanyaan dan Kalimat yang Sering Diucapkan di Stasiun Kereta Api


 
Percakapan Membuat Pilihan dalam Bahasa Inggris
Menyela/Menginterupsi dalam Percakapan Bahasa Inggris
Memberikan Komentar dalam Percakapan Bahasa Inggris
Perbedaan Preposition In vs On vs Under
Bahasa Formal English dan Informal English
Contoh Ucapan Selamat Natal dalam Bahasa Inggris
Kesalahan Belajar Bahasa Inggris yang Umum
Apa Itu Oxymoron?
Imperatives: Cara Memberi Perintah dalam Bahasa Inggris
Cara Memberi Nasihat dalam Bahasa Inggris (Giving Advice)