sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Percakapan Tentang Hari Kemerdekaan dalam Bahasa Inggris

Hari Kemerdekaan yang jatuh tanggal 17 Agustus merupakan hari yang sangat berarti bagi seluruh rakyat Indonesia. Pada hari ini, kita merayakan kemerdekaan bangsa dan mengenang jasa-jasa para pahlawan. Hari Kemerdekaan biasanya akan menambah kecintaan kita pada negeri dan membangkitkan semangat nasionalisme.

Pembahasan kali ini akan memberikan beberapa contoh percakapan tentang Hari Kemerdekaan dalam Bahasa Inggris. Langsung saja simak contoh-contoh percakapannya dibawah ini, ya!

Contoh 1

Daughter: Mom, I need to find a costume for the Independence Day’s parade. My teacher said that we must wear hero’s costume or traditional clothes. (Ma, aku harus cari kostum buat pawai Hari Kemerdekaan. Guruku bilang kalau kami harus pakai kostum pahlawan atau pakaian adat)

Mother: Oh, is it that time again? I think you can wear the one that you wore last year, dear. (Oh, udah waktunya lagi, ya? Mama rasa kamu bisa pakai kostum yang kamu pakai tahun lalu, sayang)

Daughter: I don’t want, Mom! Why I wear the same one? Let’s just rent for the traditional clothes from the shop. It’s only for one day, so the fee won’t be expensive. (Aku nggak mau, Ma! Kenapa aku pakai yang sama? Udah sewa aja pakaian adat dari salon. Kan cuma buat satu hari, harganya nggak akan mahal)

Mother: Alright, alright. But don’t you have to attend ceremony in the morning? I remember that that last year you attended the ceremony before the parade, and you wore the school uniform. You changed the clothes at school, and it was so hassle. (Oke, oke. Tapi kamu kan harus upacara dulu paginya, ya? Mama ingat tahun lalu kamu ikut upacara dulu sebelum pawai, dan kamu pakai seragam sekolah. Kamu ganti baju di sekolah dan itu ribet banget)

Daughter: You don’t need to worry, Mom. My teacher said that we can wear the costume for this year’s ceremony. So, no need to changing clothes. (Mama nggak usah khawatir. Guruku bilang kita bisa pakai kostum untuk upacara tahun ini. Jadi nggak usah ganti baju)

Mother: That’s good. We just need to find the right costume, then. (Bagus kalau gitu. Sekarang kita tinggal cari kostum yang pas)

Contoh 2

Karin: Radit, I hear that you will give a speech on the Independence Day again. (Radit, aku dengar kamu akan pidato di Hari Kemerdekaan lagi)

Radit: Yeah, but I don’t know what topic that I should convey for the speech, Karin. (Yah, tapi aku nggak tahu topik apa buat pidatonya, Karin)

Karin: So that’s why you look dispirited? You did well last year, though. You can talk about our hero’s heroic story. Then raise the independence and nasionalism spirit of the audience. (Jadi karena itu kamu kelihatan nggak semangat? Kamu bagus pidatonya tahun kemarin, kok. Kamu bisa bahas tentang cerita heroik pahlawan kita. Terus membangkitkan semangat kemerdekaan dan nasionalisme penonton)

Radit: But I talked about the same topic last year too, Karin. I’m worried it’s getting bored and nothing new. (Tapi tahun kemarin aku bahas topik yang sama juga, Karin. Aku khawatir akan jadi ngebosenin dan nggak ada yang baru)

Karin: Yeah, but isn’t an independence speech all about that? We’re reminiscing our heroes’ sacrifices and raising the nasionalism spirit. If you think that it will boring, you can tell another heroes’ story that different from last year. (Yah, tapi pidato kemerdekaan kan emang tentang itu, kan? Kita mengenang pengorbanan para pahlawan dan meningkatkan semangat nasionalisme. Kalau bakal ngebosenin, kamu bisa ceritakan pahlawan yang beda dari tahun lalu)

Radit: You’re right, Karin. I will think about it. (Kamu benar, Karin. Aku akan pikirkan tentang itu)

Contoh 3

Indah: Bagus, why are you so down? You look so dispirited. (Bagus, kenapa kamu lesu banget? Kamu kelihatan nggak semangat)

Bagus: I don’t feel good, Indah. Independence Day is coming close, but we’re still in this pandemic. We can’t make fun events like how we did before. (Aku lagi bete, Indah. Hari Kemerdekaan sebentar lagi, tapi kita masih dalam pandemi begini. Kita nggak bisa buat acara-acara seru kayak dulu lagi)

Indah: Yeah, you’re right about the pandemic. But it didn’t mean we can’t make fun events! (Ya, kamu benar soal pandemi. Tapi nggak berarti kita nggak bisa buat acara seru!)

Bagus: What do you mean, Indah? (Apa maksud kamu, Indah?)

Indah: We still can make a fun and meaningful event for the Independence Day, Bagus. There are many ideas, such as cooking tutorial competition and mask painting competition. (Kita tetap bisa buat acara seru dan bermakna untuk Hari Kemerdekaan, Bagus. Ada banyak ide, seperti lomba tutorial masak dan melukis masker)

Bagus: Wait, mask painting competition sounds interesting. Can you elaborate more? (Tunggu, lomba melukis masker kedengarannya menarik. Kamu bisa jelaskan lebih lanjut?)

Indah: We just need to paint the mask, the one that we always wear these days, with creativity. We can also make it as a campaign for wearing mask. And of course, all of this competition can be held online. The competition really matches with our current condition, right? (Kita hanya perlu melukis masker, yang selalu kita pakai akhir-akhir ini, dengan kreativitas. Kita juga bisa membuat ini sebagai kampanye memakai masker. Dan tentu aja, keseluruhan lomba bisa digelar online. Lomba ini benar-benar cocok dengan kondisi kita sekarang, kan?)

Bagus: You’re right, Indah. Let’s plan for the event’s details! (Kamu benar, Indah. Ayo rencanakan detailnya acara itu!)

Demikianlah contoh-contoh percakapan tentang Hari Kemerdekaan dalam Bahasa Inggris. Semoga informasi ini bermanfaat!

 

Apa yang Harus Dikatakan Saat Wawancara Kerja dalam Bahasa Inggris?
Percakapan Tentang Keraguan dalam Bahasa Inggris
Menceritakan Orang Lain dalam Bahasa Inggris
Percakapan Bahasa Inggris Saat Wisuda Kelulusan Sekolah
Percakapan Bahasa Inggris: Belajar Kelompok
Pertanyaan saat Ngobrol dengan Gebetan dalam Bahasa Inggris
Percakapan antara Petugas Tiket Pesawat dan Pelanggan (Airline Counter Attendant & Customer Conversation)
Percakapan Giving Direction 
Percakapan Telepon: Meninggalkan Pesan di Voicemail
Percakapan Bahasa Inggris tentang Peternakan