sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Percakapan Tentang Penolakan dalam Bahasa Inggris

Mungkin kita sering dihadapkan dengan beberapa kondisi dimana kita dimintai tolong oleh orang lain mungkin sahabat atau keluarga kita sendiri. Sebagai contoh saja mungkin anda dimintai teman anda untuk menemani mereka pergi ke pesta orang lain atau mungkin contoh yang simpel saja anda diminta menemani ibu anda untuk pergi berbelanja ke pasar.

Namun kemudian anda tidak bisa karena sudah ada janji lain atau mungkin sedang melakukan aktivitas yang sangat penting. Sebenarnya jika seperti itu maka kita bisa langsung menolaknya, namun supaya lebih sopan kita bisa menolak mereka menggunakan bahasa yang sopan dan halus.

Pada kesempatan kali ini kami akan mengajak anda semua untuk tahu bagaimana mengatakan penolakan kepada orang lain menggunakan Bahasa Inggris yang sopan. Simak ulasan lengkapnya di artikel di bawah ini ya!

Beberapa contoh kalimat penolakan dalam Bahasa Inggris

Jika anda merasa tidak enak untuk menolaknya secara langsung, maka anda harus mengatakan kepada orang lain yang mengajak anda dengan sopan atau dengan kalimat penolakan secara halus. Berikut adalah beberapa contoh kalimat penolakan dalam Bahasa Inggris yang nantinya bisa anda gunakan untuk menolak ajakan seseorang:

1) I am sorry I can’t (Saya minta maaf saya tidak bisa)

Kalimat pertama yang sederhana ini menjelaskan bahwa anda sedang tidak bisa.

Contoh kalimat:

Helena, I am sorry I can’t join to your birthday party (Helena, aku minta maaf aku tidak bisa bergabung ke pesta ulang tahunmu)

2) I am afraid I am committed to something else (Saya khawatir karena saya ada janji dengan hal lain)

Jika anda ingin menolak seseorang karena anda memiliki komitmen atau janji lain kepada orang-orang maka anda bisa menggunakan kalimat yang satu ini.

Contoh kalimat:

Actually, I want to join to your party, but I am afraid I am committed to something else (Sebenarnya saya ingin bergabung di pesta anda, namun saya khawatir karena saya ada janji dengan hal lain)

3) I can’t right now, maybe next time (Saya tidak bisa sekarang, mungkin lain kali)

Anda mungkin diajak seseorang untuk pergi ke suatu tempat atau mungkin diajak untuk melakukan hal lain namun anda sedang tidak bisa atau berhalangan saat itu maka anda bisa menggunakan kalimat ini. Karena anda berpikiran bahwa di kesempatan lain anda bisa mengiyakan ajakan dari orang tersebut.

Contoh kalimat:

It’s amazing! But I can’t ritght now maybe next time (Itu sungguh mengesankan! Tetapi aku tidak bisa sekarang, mungkin lain kali!)

4) Unfortunately, I have had a few things come up (Sayangnya, saya memiliki hal lain yang harus diurus)

Mungkin ketika diajak orang lain dan kita bisa mengiyakan ajakan mereka, ada beberapa alasan. Jika anda tidak bisa menerima ajakan orang itu karena ada beberapa hal penting lainnya yang lebih dulu harus anda urus atau selesaikan maka anda bisa menggunakan kalimat ini.

Contoh kalimat:

I want to join your class, unfortunately I have had a few things come up (Aku ingin mengikuti kelasmu, sayangnya aku memiliki hal lain yang harus diurus)

5) I can’t at the time, but I’m happy to help you next time (Saya tidak bisa sekarang, tapi saya akan senang membantu anda lain waktu)

Ketika ada orang lain yang mungkin meminta bantuan kepada anda, namun anda sedang berhalangan membantu mereka maka daripada anda hanya mengatakan bahwa anda tidak bisa membantu mereka saat ini maka anda bisa mengatakan juga akan membantu mereka di lain kesempatan dengan menggunakan kalimat kelima ini.

Contoh kalimat:

I am sorry I can’t at the time, but I’m happy to help you next time (Aku minta maaf aku tidak bisa sekarang, tapi aku akan senang membantumu di lain waktu)

Contoh percakapan penolakan dalam Bahasa Inggris

Jika tadi kita sudah tahu beberapa contoh kalimat penolakan secara halus dalam Bahasa Inggris maka sekarang kami akan memberikan contoh percakapan penolakan dalam Bahasa Inggris sehingga anda lebih paham dalam penggunaannya. Berikut adalah contoh percapakannya beserta dengan artinya:

Dialogue 1

A: I was so sad that my mother’s favorite plate broke (Aku sangat sedih karena piring kesukaan ibuku pecah)

B: How did it happen? (Bagaimana itu bisa terjadi?)

A: I accidentally nudged while playing ball in the kitchen with my brother (Aku tidak sengaja menyenggolnya ketika sedang bermain bola di dapur bersama adikku)

B: That is your fault (Itu kesalahanmu)

A: Can you help me to fix it? (Bisakah kamu membantuku membereskannya?)

B: Actually, I want to help you to fixing it, but I am afraid I am committed to something else (Sebenarnya aku ingin membantumu untuk memperbaikinya, namun aku khawatir karena aku ada janji dengan hal lain)

A: No problem, thank you (Tidak masalah, terima kasih)

Itu tadi beberapa informasi yang bisa kami sampaikan kepada anda mengenai contoh beberapa kalimat dan percakapan mengenai penolakan dalam Bahasa Inggris. Semoga dengan informasi di atas kami bisa membantu anda untuk lebih mudah memahami bagaimana menolak orang dengan halus dan juga dengan sopan menggunakan Bahasa Inggris. Supaya anda bisa menolak orang lain dengan sopan menggunakan Bahasa Inggris maka sebisa mungkin supaya anda memperbanyak kosakata Bahasa Inggris ya.

 

Contoh Percakapan Membicarakan Buku dalam Bahasa Inggris
Pertanyaan Bahasa Inggris untuk Orang Tinggi
Percakapan Inggris dengan Teman Baru Kuliah Dimana
Percakapan tentang Kriminalitas dalam Bahasa Inggris
Percakapan di Toko Sepatu dalam Bahasa Inggris
Percakapan Driver Taksi / Grab / Gocar dengan Penumpang Bule
Contoh Percakapan Membuat Janji Bertemu Dokter (Doctor Appointment)
Percakapan Negosiasi Gaji dalam Bahasa Inggris
Bagaimana Menyampaikan Pendapat dalam Bahasa Inggris
Percakapan Memesan Tiket Pesawat lewat Telepon dalam Bahasa Inggris