sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Tips Menulis Essay Dalam Bahasa Inggris

Dalam menulis essay dalam Bahasa Inggris ada beberapa tahapan yang perlu dilakukan. Berikut adalah hal-hal yang bisa dilakukan.

  1. Pahami perintah: Ketahui persis apa yang diminta dari Anda. Ada baiknya untuk membuat essay menjadi beberapa bagian.
  2. Pilih Jenis Essay: Ada beberapa jenis essay dengan gaya penulisan dan cara penyampaian pesan. Narrative essay adalah penyampaian dalam bentuk cerita. Persuasive essay berusaha membujuk pembaca. Expository essay menjelaskan suatu proses dan Descriptive essay, menulis mengenai suatu pembahasan
  3. Rencana: Brainstorming dan atur ide-ide dalam bentuk poin-poin dan detail pendukungnya.
  4. Riset: Lakukan riset Anda. Gunakan kutipan dan parafrase tapi hindari menjiplak.
  5. Menulis Draf: tulis rancangan essay agar Anda mendapat gambaran hasilnya.
  6. Buat argumen kuat: Argumen utama akan menjadi poin utama sebagai landasan untuk essay.
  7. Koreksi: baca ulang essay sekali lagi dan buat revisi yang diperlukan.

Berikut adalah contoh esai dan tahapan untuk melakukannya dengan benar.

  1. Perintah :

Membuat Essay Descriptive tentang manfaat mendengarkan musik.

  1. Buat Judul Essay

Judul: The Benefits of Listening to Music (manfaat mendengarkan musik)

  1. Cari nara sumber, data dan statistik tentang temanya.

Introduction: Penjelasan mengenai rata-rata waktu yang diluangkan untuk mendengarkan musik dan manfaatnya.

  1. Membuat Draf dengan menarik suatu argumen

Thesis statement: Listening to music regularly brings gives benefit (mendengarkan musi secara rutin memberikan keuntungan)

  1. Mengembangkan Argument.
    • Music improves our mental health (musik meningkatkan kesehatan mental)
    • Music lowers stress(musik menurunkan stress)
    • Music makes us happier(musik membuat kita lebih bahagia)
    • Music improves cognitive performance.(musik meningkatkan penampilan kognitif)
    • Music strengthens our memory(musik memperkuat ingatan)
    • Music helps us to be more focus(musik membantu lebih fokus)
    • Music melt a social event(musik mencairkan situasi sosial)

Conclusion:

Listening to music is a nice hobby with many benefits.(mendengarkan musik adalah hobi bagus dengan banyak manfaat)

  1. Tulis Essay dan Baca kembali untuk melakukan revisi yang dibutuhkan.

Contoh Essay

Listening to music do many good more than people are aware of. The habit of putting on a song or an album and listen to it while driving, studying, cooking, or doing any other activities, has a major impact. People may think it is a small pointless effort. Yet, it triggers many positive outcomes.

Music has ways with our emotions. Research suggests what listening to music, especially the ones that we love can induce endorphin. This is the happy substance in our body that is simply causing the great feeling. Music also can lower your stress level. You have bad grades, are on a dateline, are confused about something, and many other conditions. Relax and listen to some music, your stress may not go away, but you will be better. In some situations, it may even improve your mental health, which is a very important subject these days.

Music improves a lot of our daily performance. Children have better cognitive and memory if they spend at least an hour listening to music. You can even do something while listening to music and it will have the same impact. This hobby can also strengthen our memory because we are relaxing our brains with some tunes.

Moreover, some types of music are said to have a great effect on making people smart. It helps us to be more focused while we are doing something important and stressful. That is why some people learn better while listening to music. You turn on the music and it will melt a social event. People will go dancing or just commenting on a song or singer.

Listening to music is a great activity and provides lots of positive impacts. It can be a nice hobby to have that can improves and strengthen many things in our lives. This hobby has many benefits, especially if you do it right.

Terjemahan:

Mendengarkan musik memberikan banyak manfaat lebih dari yang disadari orang. Kebiasaan menyetel lagu atau album dan mendengarkannya sambil mengemudi, belajar, memasak, atau melakukan aktivitas lainnya, berdampak besar. Orang mungkin berpikir itu adalah usaha kecil yang sia-sia. Namun, itu memicu banyak hasil positif.

Musik memiliki cara dengan emosi kita. Penelitian menunjukkan bahwa mendengarkan musik, terutama yang kita sukai, dapat menginduksi endorfin. Ini adalah zat bahagia dalam tubuh kita yang hanya menyebabkan perasaan hebat. Musik juga dapat menurunkan tingkat stres Anda. Anda memiliki nilai buruk, berada di dateline, bingung tentang sesuatu, dan banyak kondisi lainnya. Santai dan dengarkan musik, stres Anda mungkin tidak hilang, tetapi Anda akan menjadi lebih baik. Dalam beberapa situasi, itu bahkan dapat meningkatkan kesehatan mental Anda, yang merupakan subjek yang sangat penting akhir-akhir ini.

Musik meningkatkan banyak kinerja kita sehari-hari. Anak-anak memiliki kognitif dan memori yang lebih baik jika mereka menghabiskan setidaknya satu jam mendengarkan musik. Anda bahkan dapat melakukan sesuatu sambil mendengarkan musik dan itu akan memiliki dampak yang sama. Hobi ini juga dapat memperkuat daya ingat kita karena kita sedang merilekskan otak dengan beberapa nada.

Apalagi, beberapa jenis musik konon sangat berpengaruh dalam membuat orang menjadi pintar. Ini membantu kita untuk lebih fokus saat melakukan sesuatu yang penting dan membuat stres. Itulah mengapa beberapa orang belajar lebih baik sambil mendengarkan musik. Anda menyalakan musik dan itu akan mencairkan acara sosial. Orang-orang akan menari atau hanya mengomentari lagu atau penyanyi.

Mendengarkan musik adalah kegiatan yang hebat dan memberikan banyak dampak positif. Ini bisa menjadi hobi yang menyenangkan yang dapat meningkatkan dan memperkuat banyak hal dalam hidup kita. Hobi ini memiliki banyak manfaat, terutama jika Anda melakukannya dengan benar.

 

Membuat Surat Lamaran Pekerjaan dalam Bahasa Inggris (Cover Letter)
Contoh Private Letter untuk Orang Tua
Writing TOEFL: 4 Langkah Membuat Essay yang Terorganisir
Contoh Surat Bahasa Inggris: Lamaran Kerja Finance
Kesalahan Umum dalam Membuat Email (Common Email Mistakes in English)
Contoh Menulis Surat Cinta Kepada Pacar Lewat Surat Pos
Surat Lamaran Bahasa Inggris: Guru Bahasa Inggris
Tips Jitu Memberikan Presentasi Bahasa Inggris dengan Lancar
Cara Menulis Laporan (Report Text)
Penulisan Desimal dalam Bahasa Inggris