sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Verb Tenses: Berbeda Waktu, Berbeda Pula Kata Kerjanya

Salah satu ciri khas dari bahasa Inggris adalah perbedaan struktur kata yang digunakan bergantung pada waktu sebuah kejadian. Kita bandingkan saja dengan bahasa Indonesia. Aktivitas apapun misalnya akan sama saja meski sudah terjadi tahun lalu, sedang terjadi sekarang, atau baru akan terjadi tahun depan.

Namun tidak dengan bahasa Inggris. Ada beberapa format kalimat atau tenses yang bisa dibagi menjadi tiga kategori:

  • Past tense
  • Present tense
  • Future tense

Artikel kali ini akan fokus membahas tentang kata kerja atau verb dan penggunaannya dalam kalimat berbeda waktu tersebut. Kita akan ulas satu persatu lengkap dengan penjelasan perbedaan waktunya. Namun sebelumnya, kita akan mengenal dulu peran kata kerja dalam sebuah kalimat.

Mengenal Kata Kerja (Verb)

Kata kerja adalah elemen yang wajib ada dalam sebuah kalimat. Fungsinya adalah untuk mengindikasikan bahwa terjadi sebuah aktivitas. Seperti yang disebutkan di atas, kata kerja bisa berbentuk dalam tiga zona waktu yaitu lampau (past), sekarang (present), dan masa depan (future). Selain itu, setiap kalimat atau tense juga dibagi lagi menjadi simple, continuous, perfect, dan perfect continuous.

Past tense

Kalimat lampau adalah yang sudah terjadi sebelum kalimat ini diucapkan sehingga ada perubahan bentuk kata kerja dari yang aslinya mendapat imbuhan –ed atau –d. Ada juga beberapa kata kerja yang benar-benar berubah bentuk.

Kata kerja lampau atau past tense ini biasanya juga memiliki ciri-ciri keterangan waktu seperti:

  • Earlier in the day
  • Yesterday
  • Last week
  • Three years ago

Berikut contohnya dalam kalimat:

1. Present tense

  • Last night, I read an entire novel. (Semalam, saya membaca habis seluruh novel.)

Kalimat di atas adalah bentuk simple past tense yang berarti aktivitas membaca buku telah selesai tadi malam. “Read” dalam kata di atas memang tampak sama seperti present tense namun cara membacanya sebenarnya berbeda.

2. Past continuous tense

  • I was reading Edgar Allan Poe last night. (Saya sedang membaca novel Edgar Allan Poe semalam.)

Berbeda dengan contoh pertama, kalimat ini adalah past continuous tense yang artinya sedang berlangsung.

3. Past perfect tense

  • I had read at least 100 books by the time I was twelve. (Saya sudah membaca sedikitnya 100 buku saat usia saya 12 tahun.)

Contoh ketiga ini adalah bentuk kalimat past perfect tense yatu menjelaskan aktivitas yang sudah lampau.

4. Past perfect continous

  • I had been reading for at least a year before my sister learned to read. (Saya telah membaca selama setahun sebelum adik saya mulai belajar membaca.)

Contoh keempat adalah kalimat past perfect continuous yaitu membaca buku telah berlangsung selama setahun sebelum ada aktivitas lain yang juga lampau dan dalam format past tense.

Present Tense

Simple present tense adalah kalimat dengan dua fungsi yaitu menggambarkan aktivitas yang sedang terjadi sekarang atau yang memang merupakan kebiasaan (happens regularly). Bergantung pada subjeknya, kata kerja dalam present tense menggunakan tambahan –s atau –es di bagian akhirnya.

Contoh:

1. Present Tense

  • Pauline doesn’t want to share the pie. She doesn’t think there is enough to go around. Her friends do not agree. (Pauline tidak mau berbagi pie karena belum tentu cukup untuk seharian. Teman-temannya tidak setuju.)

Kalimat di atas adalah present tense dengan bentuk kata kerja yang sesuai bentuk aslinya.

2. Present Continuous

Berikutnya adalah present continuous tense yang mengindikasikan bahwa kata kerja tersebut terjadi sekarang, sering, dan mungkin akan berlanjut di masa depan. Formatnya adalah:

To be (am/is/are) + verb (present participle)

Penggunaan present continuous menambah energi pada penulisan, dan membantu pembaca memahmi kapan itu terjadi.

Contoh:

  • Aunt Christine is warming up the car while Scott looks for his new leather coat. They are eating at Scott’s favorite restaurant today. (Bibi Christine sedang memanaskan mobil ketika Scott mencari jaket kulit barunya. Mereka makan di restoran favorit Scott hari ini.)

3. Present Perfect

Berikutnya ada present perfect tense yang mengacu pada aktivitas yang terjadi di masa lampau tanpa ada detil keterangan waktu. Bisa juga present perfect berupa aktivitas yang dimulai di masa lalu dan berlanjut hingga kini.

Bentuknya adalah memiliki elemen have atau has bergantung pada subjeknya. Penting untuk diingat bahwa dalam present perfect kamu tidak bisa menggunakannya jika ada keterangan waktu yang spesifik. Kalimat ini juga bisa menerangkan aktivitas lampau yang masih terjadi hingga kini.

Contoh:

  • I have walked on this path before. (Saya sudah pernah berjalan di sini sebelumnya.)
  • We have eaten the lasagna here. (Kami telah memakan lasagna di sini.)

Future Tense

1. Simple future tense

Kalimat ini digunakan untuk berbicara tentang aktivitas yang belum dilakukan. Formulanya adalah will + verb atau (am/is/are) + going to + verb yang digunakan dalam bentuk aslinya. Lalu, future tense juga tidak terpengaruh dengan subjek karena yang digunakan pasti bentuk singular. Contoh:

  • I am going to learn a new language. (Saya akan belajar bahasa baru.)
  • My brothers are going to sleep till noon if no one wakes them up. (Kakak-kakakku akan tidur sampai sore jika tidak ada yang membangunkan.)
  • You are going to see what I mean. (Kamu akan melihat apa yang kumaksud.)

2. Future Perfect

Selanjutnya adalah future perfect yang fungsinya untuk menjelaskan aktivitas yang akan selesai dalam waktu tertentu di masa depan. Formulanya adalah will have + (past participle). Lagi-lagi tidak terpengaruh dengan subjek jamak atau tunggal. Kalimat ini digunakan saat ingin menggambarkan tahapan aktivitas di masa depan. Contoh:

  • The parade will have ended by the time Chester gets out of bed. At 8 o’clock I will have left. (Paradenya akan berakhir saat Chester bangun. Pukul 8, saya akan berangkat.)

3. Future Continuous

Kalimat yang satu ini disebut juga dengan future progressive tense yang mengindikasikan sesuatu yang akan terjadi di masa depan dan masih akan terjadi untuk waktu yang cukup lama. Formulanya adalah will + be + present participle (verb+ing). Contoh:

  • I will be meeting with the management about my raise. (Saya akan bertemu dengan pihak manajemen tentang kenaikan gaji.)
  • Michael will be running marathon this Saturday. (Michael akan lari marathon hari Sabtu depan.)

4. Future Perfect Continuous

Kalimat yang terakhir disebut juga dengan future perfect progressive, yang menjelaskan aktivitas yang terus berlangsung hingga waktu tertentu di masa depan. Formulanya adalah will + have + been + present participle (verb+ing). Aktivitas dalam kalimat ini bisa bermula dari masa lampau, masa kini, atau masa depan. Contoh:

  • In November, I will have been working at my company for three years. (Di bulan November nanti, saya telah bekerja di perusahaan ini selama tiga tahun.)
  • At five o’clock, I will have been waiting for thirty minutes. (Pada pukul 5, saya telah menunggu selama 30 menit.)

Terlihat kan bagaimana format kata kerja bisa berubah, ditambah lagi dengan beberapa kata kerja irregular verbs yang berubah sepenuhnya seperti:

  • Speak – spoke – spoken
  • Feel – felt – felt
  • Go – went – gone
  • Lay – laid – laid
  • Ride – rode – ridden
  • Write – wrote – written

Serta masih banyak lagi bentuk kata kerja yang berbeda saat digunakan di zona waktu berbeda. Semoga penjelasan di atas bisa membantu ya!

 

Past Tense: Simple Past vs Past Continuous
Grammar-Verb: Apa itu Infinitive Verb?
9 Contoh Dialog Inggris: Menanyakan Jam/Waktu (About Time)
Grammar-Verb: Apa itu Modal Verb?
33 Irregular Verbs & Contoh Kalimatnya
Present Tense: Simple Present vs Present Continuous
Contoh Percakapan Mengganti Waktu Janji Pertemuan (Change an appointment)
Grammar-Verb: Apa itu Subjunctive Verb?
Cara Menulis & Membaca Waktu dalam Bahasa Inggris (Jam, Tanggal, Tahun)
Grammar-Verb: Apa itu Linking Verb?


 
Apa Itu Collective Noun?
Verb Tenses: Berbeda Waktu, Berbeda Pula Kata Kerjanya
Mengenal Lebih Jauh “Simple Past Tense”
Adverb of Frequency: Always, Usually, Often, Sometimes, Never
Apa itu Phrasal Verbs?
Kenali Perbedaan Prepositions & Conjunctions
Mencerna Perbedaan Infinitive dan Gerund
Perbedaan Simple Past & Past Participle
Daftar Phrasal Verbs yang Sering Dipakai
Perbedaan Gerund After Prepositions vs Gerund as Subject vs Gerund as Object