sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Arti dan Penggunaan “See You” Dalam Bahasa Inggris

Ungkapan see you cukup sering ditemui dalam berbagai konteks Bahasa Inggris, baik tertulis maupun lisan. Tapi apa sebenarnya arti dari ungkapan see you itu sendiri? Dan bagaimana penggunaan see you yang tepat?

Untuk mengetahui lebih lanjut, langsung saja simak pembahasannya dibawah ini, ya!

Arti “See You”

See you dalam Bahasa Indonesia dapat diartikan dengan “sampai jumpa” atau “sampai ketemu”. Ungkapan ini digunakan sebagai salam perpisahan yang sifatnya tidak begitu formal. Biasanya ungkapan ini diucapkan kepada keluarga, teman, atau orang-orang yang sudah dikenal.

Meskipun digunakan sebagai salam perpisahan, see you cenderung diucapkan saat berpisah sementara. Bukan perpisahan selamanya atau perpisahan yang berniat tidak akan bertemu lagi. Mengucapkan see you sebagai salam perpisahan sebagai penanda dan harapan akan bertemu lagi suatu saat.

Pertemuan kembali ini bisa terjadi kapan saja, baik ada waktu yang pasti maupun belum. Misalnya berniat akan bertemu kembali besok, seminggu lagi, sebulan lagi, dan seterusnya. Atau masih belum diketahui pasti kapan akan bertemu lagi, tapi yang jelas sudah ada niatan untuk bertemu kembali.

Penggunaan “See You”

Ungkapan see you dapat digunakan dalam berbagai bentuk sesuai dengan konteks yang berlaku. Berikut beberapa penggunaan see you yang sering ditemui dalam Bahasa Inggris:

  • See you again

Bentuk yang pertama adalah see you again, yang artinya sampai bertemu lagi atau sampai jumpa lagi. Sesuai dengan artinya, see you again digunakan saat kita berpisah dengan tujuan akan bertemu lagi di lain waktu.

Contoh penggunaannya dapat dilihat pada contoh berikut:

    • It was a really nice meeting with you, Bianca. I hope we can continue our talk in another chance. See you again, Bianca! (Ini adalah meeting yang sangat menyenangkan denganmu, Bianca. Aku harap kita bisa melanjutkan pembicaraan kita di lain kesempatan. Sampai bertemu lagi, Bianca!)
    • Too bad it’s the time for me to go home. Let’s meet with others another time. See you again, buddy! (Sayang ini waktunya aku pulang. Ayo kita ketemu sama yang lain nanti. Sampai jumpa lagi, kawan!)
  • See you later

Ungkapan see you later dapat diartikan dengan “sampai jumpa lagi” atau “sampai jumpa nanti”. Ungkapan ini bisa digunakan sebagai salam perpisahan dengan tujuan akan bertemu beberapa waktu kemudian.

Misalnya dapat dilihat pada contoh berikut:

Joko: Budi, you didn’t forget that we will meet at Tono’s house tonight, right? (Budi, kamu nggak lupa kalau kita akan ketemu di rumah Tono malam ini, kan?)

Budi: Of course, I’m not forget. It’s Tono’s birthday anyway. See you later, Joko! (Tentu aja, aku nggak lupa. Ini kan ulang tahun Tono. Sampai ketemu nanti, Joko!)

  • See you soon

See you soon dalam Bahasa Indonesia dapat diartikan dengan “sampai bertemu lagi segera” atau “sampai jumpa segera”. Ungkapan ini diucapkan dengan harapan akan bertemu lagi dalam waktu dekat sesegera mungkin.

Untuk contoh penggunaannya dapat dilihat pada kalimat-kalimat berikut:

    • It’s upsetting that we must go on our separate ways now. But I believe that we will meet again. See you soon! (Sedih banget kita harus berjalan sendiri-sendiri sekarang. Tapi aku percaya kalau kita akan ketemu lagi. Sampai jumpa segera!)
    • My new house is only two hours away from here, so we can meet sometimes. See you soon, my friend! (Rumah baruku cuma dua jam dari sini, jadi kita bisa ketemu sesekali. Sampai ketemu segera, temanku!)
  • See you on top

Berbeda dengan yang lainnya, ungkapan see you on top tidak benar-benar digunakan sebagai salam perpisahan. Ungkapan see you on top kurang lebih berarti “sampai ketemu nanti saat kita sama-sama sukses”. Ungkapan ini biasa diucapkan baik kepada orang yang sedang berjuang dalam perjuangannya masing-masing.

Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada contoh berikut:

    • I know that you will always get what you want because your hardworking nature. See you on top, buddy! (Aku tahu kamu selalu mendapat apa yang kamu inginkan karena sifatmu yang bekerja keras. Sampa ketemu saat kita sama-sama sukses, kawan!)
    • I don’t really want to admit it, but I know that kind of thing won’t stop you. So, see you on top! (Aku sebenarnya nggak mau mengakui, tapi aku tahu kalau hal kayak gitu nggak akan menghentikan kamu. Jadi, sampai ketemu saat sukses!)
  • See you dengan waktu yang spesifik

Bentuk see you yang terakhir adalah ungkapan see you ditambah dengan waktu yang spesifik dan pasti. Misalnya besok, lusa, minggu depan, hari tertentu, dan lain sebagainya. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada contoh berikut:

    • This is all for the lesson today. See you tomorrow for the next lesson, students! (Sampai sini pelajaran kita hari ini. Sampai ketemu besok untuk pelajaran selanjutnya, murid-murid!)
    • We will hold another meeting next Monday, right? See you on Monday, then! (Kita akan adakan meeting selanjutnya Senin nanti, kan? Sampai ketemu hari Senin, kalau gitu!)
    • We will miss you for a whole month, but we hope you’re doing well in your job there. See you next month! (Kami akan kangen kamu selama satu bulan penuh, tapi kami harap kamu pekerjaan kamu lancar disana. Sampai ketemu bulan depan!)

Demikianlah pembahasan mengenai arti dari ungkapan see you dan berbagai penggunaannya dalam Bahasa Inggris. Pastikan kamu menggunakan ungkapan see you dengan tepat, ya.

Semoga informasi ini bermanfaat!

 

Arti Kata Savage dan Penggunaan Kata Savage
Penggunaan ‘BEEN’ vs ‘GONE’
Penggunaan Kata “Any”
Penggunaan Kata “Each”
Grammar-Conjunction: Apa itu Adverbial Conjunctions (Conjunctive Adverbs)?
Perbedaan “One”, “Ones”, dan “Once”
Gerund Sebagai Objek
Apa itu Kalimat Verbal & Nonverbal?
Apa itu Demonstrative Pronoun
Grammar: Apa itu Preference?