sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Bagaimana Cara untuk Membalas Ungkapan Kewajiban

How To Respond To Expression Of Necessity

Mengungkapkan kewajiban untuk orang lain ataupun menerima suatu ungkapan kewajiban dari orang lain adalah salah satu hal yang sering terjadi, terutama dalam dunia kerja. Kewajiban atau suruhan ini dapat juga dilancarkan dengan menggunakan bahasa Inggris dengan menggunakan beberapa kata kerja tertentu. Meski begitu, bagaimana caranya untuk membalas suatu ungkapan kewajiban atau suruhan dari orang lain?

Untuk mengerti bagaimana cara untuk menjawab atau membalas suatu ungkapan kewajiban atau suruhan dari orang lain, Anda juga harus harus mengerti seperti apa saja bentuk ungkapan yang ada. Oleh karena itu, berikut ini adalah dua bentuk yang mengekspresikan sebuah kewajiban atau keharusan.

Have To / Have Got To

Kata kerja satu ini dapat digunakan untuk mengekspresikan keharusan atau kewajiban dalam melakukan sesuatu. Kata kerja satu ini juga dapat digunakan untuk menggambarkan kewajiban yang telah terjadi di masa lalu, yang harus terjadi saat ini, dan yang harus terjadi di masa depan. Untuk setiap keterangan waktu, terdapat perubahan bentuk kata kerjanya. Pada umumnya, penggunaan have to digunakan untuk suatu kewajiban yang berulang kali dilakukan atau sering dilakukan.

Jika Anda ingin menunjukkan sebuah kewajiban pada masa lalu, maka kata kerja have to harus berubah menjadi had to. Berikut ini adalah contohnya:

  • I had to attend the meeting last Thursday (Saya harus mendatangi rapat hari Kamis yang lalu)
  • He had to give a wedding gift yesterday (Dia harus memberikan hadiah pernikahan kemarin)
  • They always had to take the bus to school in the past (Mereka selalu harus naik bis untuk ke sekolah dulunya)
  • We usually had to leave before 8 AM to avoid traffic (Kami biasanya harus pergi sebelum pukul 8 pagi untuk menghindari kemacetan)

Sedangkan jika Anda ingin menunjukkan sebuah kewajiban pada saat ini atau pada masa depan, maka Anda dapat menggunakan have to  ataupun has to sesuai dengan subjeknya. Berikut ini adalah contohnya:

  • I have to go to the bathroom every few hours because I am having a diarrhea (Saya harus ke kamar mandi selama beberapa jam sekali karena saya sedang diare)
  • He has to leave early tomorrow to catch his flight (Dia harus pergi lebih dini besok untuk mengejar penerbangannya)
  • They often have to stay up late at night just to finish their homeworks (Mereka seringkali harus begadang hingga tengah malam hanya untuk menyelesaikan tugasnya)
  • We have to meet our teacher today to discuss our class project (Kami harus bertemu dengan guru kami hari ini untuk mendiskusikan proyek kelas)

Setelah mengetahui bentuk ungkapan untuk menyatakan kewajiban, maka bagaimana Anda dapat meresponnya? Untuk dapat mengetahuinya, mari kita lihat beberapa contoh berikut ini.

  • A: You would have to go to the library before you go to lunch today to pick up the book. (Kau harus pergi ke perpustakaan sebelum makan siang besok untuk mengambil bukunya)
    B: Of course, I would go to the library first. (Tentu saja, aku akan pergi ke perpustakaan dulu)
  • A: Did you had to attend your friend’s birthday party yesterday? (Apakah kau harus datang ke pesta ulang tahun kawanmu kemarin?)
    B: Yes, i had to attend it because he invited me (Iya, Aku harus mendatanginya karena dia mengundangku)

Must / Must Not

Meskipun memiliki arti yang sama, yaitu “harus”, dengan have to, terdapat sedikit perbedaan dengan penggunaan must atau must not sebagai penanda sebuah kewajiban. Jika have to dapat digunakan untuk kewajiban masa lalu, must hanya dapat digunakan untuk saat ini dan masa depan. Dari segi arti juga must memiliki penekanan yang lebih genting dibandingkan have to.

Sementara itu, must not digunakan jika Anda ingin menunjukkan betapa pentingnya atau betapa wajibnya agar sesuatu tidak terjadi. Sebagai contohnya, berikut adalah beberapa kalimat yang menggunakan must dan must not.

  • I must attend the concert tomorrow (Aku harus datang ke konser besok)
  • I must not be late at eating lunch or else my stomach would hurt again (Aku harus tidak telat makan siang jika tidak perutku akan sakit lagi)
  • He must arrive at the office before 8AM (Ia harus tiba di kantor sebelum pukul 8 pagi)
  • He must not talk to the Prime Minister unless he is being addressed to (Ia harus tidak berbicara ke Perdana Menteri kecuali ia dipanggil)
  • They must take the History exam today to pass the class (Mereka harus ujian sejarah hari ini untuk lulus dari kelasnya)
  • They must not look at each other’s notes (Mereka tidak boleh melihat catatan satu sama lain)

Lantas, bagaimana cara untuk merespon ungkapan keharusan atau kewajiban yang menggunakan must atau must not? Untuk mengetahui caranya, mari kita lihat beberapa contoh di bawah ini.

  • A: You must not drink milk or else you will have another diarrhea! (Kau tidak boleh minum susu atau tidak kau akan diare lagi!)
    B: Okay, then. I will not drink milk again (Baiklah, kalau begitu. Aku tidak akan minum susu lagi)
  • A: You must buy the cake for our dinner party tonight (Kau harus membeli kue untuk pesta makan malam nanti malam)
    B: I will buy the cake on my way home (Aku akan membeli kuenya di jalan pulang)
  • A: Don’t forget that you must take your medicine after you eat (Jangan lupa bahwa kau harus meminum obatmu setelah makan)
    B: I won’t forget it (Aku tidak akan melupakannya)

Itulah dia cara untuk merespon atau membalas ungkapan kewajiban atau keharusan dalam bahasa Inggris. Semoga dapat membantu Anda dalam mempelajari bahasa Inggris lebih lanjut.

 

Cara Menjelaskan Tujuan dalam Bahasa Inggris
Kata, Kalimat, atau Ungkapan yang Mengekspresikan Terima Kasih dan Rasa Syukur
Cara Mengungkapkan Keterkejutan dalam Bahasa Inggris
Percakapan Mengungkapkan Rasa Sakit dan Lega dalam Bahasa Inggris
Ungkapan & Percakapan untuk Menyatakan Persetujuan (Expressing Agreement)
Kata / Ungkapan untuk Mengekspresikan Cinta / “I LOVE YOU”
Cara Membalas Surat Pengunduran Diri dalam Bahasa Inggris
Ungkapan yang Mengandung Bagian Tubuh
Ungkapan & Percakapan untuk Menyatakan Rasa Tidak Percaya (Expressing Disbelief)
Cara Menyatakan Kewajiban dalam Bahasa Inggris