sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Cara untuk Membalas Ungkapan Ekspektasi

How To Respond To Expression Of Expectations

Memiliki ekspektasi terhadap suatu hal adalah hal yang wajar dan sering terjadi di kehidupan sehari-hari. Dalam bahasa Inggris terdapat cara sendiri untuk mengungkapkan ekspektasi pada suatu hal atau menunjukkan ekspektasi yang akan terjadi.

Kali ini kita akan mempelajari bagaimana cara untuk membalas ungkapan ekspektasi dalam bahasa Inggris. Akan tetapi, sebelum mempelajari bagaimana cara untuk membalasnya, alangkah baiknya jika terlebih dahulu mengerti dan mengenal seperti apa ungkapan ekspektasi dalam bahasa Inggris. Oleh karena itu, mari kita simak penjelasan lengkap kedua ekspresi atau ungkapan yang dapat digunakan beserta dengan balasannya.

Be Supposed To

Ungkapan satu ini merupakan bentuk ekspektasi yang lebih halus dan biasanya dalam bentuk ekspektasi orang lain terhadap suatu hal lainnya. Kata kerja ini memberikan makna bahwa seseorang berharap sesuatu akan terjadi. Be supposed to memiliki arti yang cukup mirip dengan should, hanya saja be supposed to memiliki makna bahwa orang lain lah yang memiliki ekspektasinya.

Berikut ini adalah beberapa contoh penggunaan be supposed to untuk mengungkapkan ekspektasi.

  • I am supposed to be at the office at 8 PM because my boss told me to go there. (Saya seharusnya berada di kantor pukul 8 malam karena bos saya menyuruh saya pergi ke sana)
  • He is supposed to be eating more to follow his doctor’s order. (Dia seharusnya makan lebih banyak untuk mengikuti suruhan dokternya)
  • They are supposed to arrive at 9 AM if they want to make it in time for the train (Mereka seharusnya tiba pukul 9 pagi jika mereka ingin tepat waktu untuk keretanya)
  • We are supposed to go to the hotel once we arrived at Paris (Kita seharusnya pergi ke hotel setelah tiba di Paris)

Setelah mengetahui seperti apa penggunaan be supposed to untuk mengungkapkan ekspektasi, maka selanjutnya bagaimana cara untuk membalasnya? Untuk mengetahuinya, mari kita simak beberapa contoh yang ada di bawah ini.

  • A: Aren’t you supposed to arrive at the airport before 7 PM? (Bukankah kau seharusnya tiba di bandara sebelum pukul 7 pagi?)
    B: I am. That is why I am going now. (Iya. Itulah mengapa aku akan pergi sekarang)
  • A: I am supposed to go to the office again later tonight. (Aku seharusnya pergi ke kantor lagi nanti malam)
    B: Did your boss told you to? (Apakah bos kamu yang menyuruhmu?)
    A: Yes, she said there are some things she wants to talk about (Iya, dia bilang ada beberapa hal yang ingin dia bicarakan)
  • A: I think we are supposed to meet the professor after class (Sepertinya kita seharusnya menemui sang dosen setelah kelas)
    B: You are right. Let’s go there right after this class is over (Kau benar. Mari ke sana langsung setelah kelas ini selesai)
  • A: Do you think we are supposed to pay him back? (Apakah menurutmu kita seharusnya membayar dia kembali?)
    B: I don’t think so. He said that he wants to give us the money, not lend us. (Sepertinya tidak. Ia bilang bahwa dia ingin memberikan kita uang, bukan meminjamkan)

Be To

Jika be supposed to merupakan ungkapan ekspektasi yang lebih halus dan masih belum pasti, be to justru sebaiknya. Ungkapan satu ini menunjukkan bahwa ekspektasi yang ada sudah lebih pasti dan lebih kuat akan terjadi. Sama seperti be supposed to, be to juga digunakan untuk mengharapkan orang lain melakukan sesuatu dalam bentuk permintaan atau kebutuhan.

Be to sendiri memiliki arti yang hampir sama dengan  must. Hanya saja, jika must lebih mengarah kepada suruhan atau kewajiban, be to hanya menunjukkan bahwa seseorang sangat mengharapkan suatu tindakan terjadi. Pengungkapan satu ini seringkali digunakan untuk memberikan pengharapan yang kuat contohnya seperti untuk sebuah peraturan.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah beberapa contoh penggunaan be to sebagai pengungkapan ekspektasi suatu hal.

He is to be arrive here at 9 AM if he follows the schedule right (Ia akan tiba di sini pukul 9 pagi jika dia mengikuti jadwalnya dengan benar)

I have a strong feeling that I am to be hired because of how well I did in the interview (Saya punya perasaan kuat bahwa saya akan diterima kerja karena betapa baiknya saya saat wawancara)

They are to be expelled together from school because of the criminal acts they did (Mereka akan dikeluarkan bersama dari sekolah karena tindak kriminal yang mereka lakukan)

We are to be coming over to Linda’s house at 10 PM tonight to sleepover. (Kami akan datang ke rumah Linda pukul 10 malam ini untuk menginap)

Lalu bagaimana caranya untuk membalas sebuah ungkapan ekspektasi dari orang lain menggunakan be to dalam bahasa Inggris? Berikut ini adalah beberapa contoh yang bisa Anda pelajari.

  • A: Is it true that this show is to be started at 8 PM? (Apakah benar bahwa acara ini akan dimulai pukul 8 malam?)
    B: That is correct. The show is to be started at 8 (Itu benar. Acara ini akan dimulai pukul 8)
  • A: I am to be transferred to work at New York branch (Aku akan dipindahkan untuk kerja di cabang New York)
    B: That is great! When are you expected to start there? (Itu bagus! Kapan kau diharapkan akan mulai bekerja di sana?)
    A: I am to be starting next week there (Aku akan mulai bekerja di sana minggu depan)

Itulah dia beberapa bentuk pengungkapan ekspektasi dan juga cara untuk membalas atau meresponnya dalam bahasa Inggris. Semoga dapat membantu Anda dalam mempelajari bahasa Inggris lebih lanjut.

 

Cara Menjelaskan Tujuan dalam Bahasa Inggris
Cara Mengutarakan Pikiran dalam Bahasa Inggris
Cara Mengungkapkan Gagasan yang Berlawanan dalam Bahasa Inggris
Kata / Ungkapan untuk Mengekspresikan Cinta / “I LOVE YOU”
Ungkapan & Percakapan untuk Menyatakan Persetujuan (Expressing Agreement)
Kata, Kalimat, atau Ungkapan yang Mengekspresikan Rasa Penasaran
Ungkapan tentang Permintaan (Making, Fulfilling dan Rejecting a Request)
Cara untuk Membalas Ungkapan Ekspektasi
Percakapan Mengungkapkan Rasa Sakit dan Lega dalam Bahasa Inggris
Idiom atau Ungkapan Bahasa Inggris yang Menggunakan Makanan pada Kalimatnya